İlk okunmamış mesaja atla

Gunaris

okunmadı,
30 Tem 2021 06:51:5030.07.2021
alıcı Gunaris

https://www.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-012302867/spesifikasi-laptop-merah-putih-rp10-juta-cuma-setara-chromebook

Jika CPU Cel 1.1GHz, RAM 4GB, eMMC 32GB dan chrome OS harganya 10jt (2.4 triliun untuk 240rb biji).

Maka beli ke saya, saya kasih spek 10x lipat, itu sudah termasuk laba untuk saya. Setidaknya dapat CPU Intel i7-10th dan SSD 256GB.

Ini yang sering beli barang dari luar negeri, pasti tahu namanya Chromebook, spek sama persis. Harga modal sampai di Indonesia kisaran 3.2-3.7jtan. Harga asli disananya dibawah 3jt, shipping cost saat ini US-ID 400rb/kg. ETA dari US ke ID sejak pandemi ini 5 minggu. Sebelum pandemi bisa 2 minggu untuk air freight.

Jika bukan merk Chromebook, pesan dari China, maka lebih murah lagi, bisa dibawah 2jt harganya. Dan sepertinya yang saya baca bukan merk Chromebook yang akan dipakai, tapi kerjasama dengan Zyrex lalu dinamai merah putih. Ini akan murah lagi.

Harga 2jt itu harga jual, harga modal dibawah itu sudah dikurangi ongkos kirim dari China ke Indonesia kisaran 250rb/kg dengan estimasi kedatangan 2 mingguan pakai udara. Sudah dikurangi laba buat yang impor. Jadi 1 unit notebook ongkir udara kisaran 170rb.

Jika waktu pakai masih lama, pengiriman bisa pakai laut, biaya 6jt/m3, sangat murah lagi. Jadi 1 unit notebook ongkir laut hanya 50rban.

Modal disana kisaraan 1,4jtan.

Ini sama halnya bukan buatan Indonesia, tapi rakitan Indonesia. Ini bukan bikin sistem, bukan bikin notebook. Bedanya apa?

Design for manufacture and assembly (DFMA) itu adalah praktek perancangan produk dengan beberapa pertimbangan, dirakit dan diuji dengan biaya tertentu, kualitas dan kehandalan sistem sesuai rencana, bisa memuaskan kebutuhan pelanggan dan bisa bersaing  dengan produk yang sudah ada dipasaran.

Kalau hanya perakitan itu beli part by part, semua desain utuh sudah dari pabriknya. Tidak semua part di impor, dari Indonesia ada beberapa part buatan lokal, lalu dirakit di Indonesia. Bisa jadi dinamai dengan nama baru. Ini seperti 2 merk yang sudah lama jualan di Indonesia.

Stage diatasnya, pernah saya lakukan saat membuat tablet dengan merk G-Tab dan GPS merk Navigate untuk street level navigation kisaran 5 tahunan lalu. Saya minta dari pabrik bikin desain dan speknya sesuai dengan yang saya minta. Desain kita yang bayar, hak atas desain adalah hak saya. Lalu mereka juga melakukan pabrikasi. Lalu saya impor dan saya jual di Indonesia.

Adalagi yang stage nya sudah diatasnya dikit, desain board sampai desain eksterior notebook dari orang Indonesia. Tapi pabrikasi part tetap dari China. Dirakit di Indonesia. Ini harusnya namanya juga masih buatan luar negeri. TKDN masih kecil.

Dua bulan lalu ada rekan yang cari Chromebook dengan spek sama dengan diatas, budget 4jt dan bayar mundur 3-5 bulan dengan jumlah puluhan ribu unit ke saya. Jika stok bisa memenuhi dan tembus ke pabrik, akan dibuatkan proyek penunjukkan. Ternyata ini to baru keluar di berita. Saya langsung bilang tidak bisa.

Lihat betapa kurang literasinya atau justru over pedenya berita ini.

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210723071449-37-262967/ri-bikin-laptop-merah-putih-mau-saingi-macbook

https://www.cnbcindonesia.com/news/20210723190126-4-263212/mau-bikin-laptop-saingan-macbook-ini-persiapan-ri

Jangankan Macbook, bikin mirip Axioo dan Zyrex saja kemungkinan besar belum bisa. Berapa coba TKDN nya? 10% ada gak? Apa yang bisa dibikin di Indonesia? Print buku manual dan box saja? CPU, IC, transistor, capasitor, resistor, induktor, jack, connector, battery, LCD, charger, dll sudah bisa? Lihat di Tokopedia, Bukalapak, JD, Shopee, dll yang jualan charger gak ada yang buatan Indonesia, semua import dari China. Itu hanya charger lho, belum lainnya.

Jika ingin jadi bangsa besar, maka harus bikin tahapan demi tahapan untuk berubah menjadi lebih baik. Tidak bisa instan seperti sulapan. Tidak bisa serta merta menjadi seperti perusahaan besar yang selama ini sudah melakukan perbaikan demi perbaikan sekian puluh tahun. Saya secara pribadi justru lebih menghargai jika pemerintah mengakui kekurangannya sehingga bisa bersama-sama dibantu apa yang diperlukan.

Rakyat kita sudah cerdas, tidak bisa dibohongi lagi.

Gunaris

Fajar Edisya Putera

okunmadı,
30 Tem 2021 06:58:2030.07.2021
alıcı id-an...@googlegroups.com
kalau nggak salah sudah di koreksi sama pihak kemendikbud 10 juta itu laptop dan pernak pernik, router, printer dll… walaupun saya nggak mudeng juga, tiap anak di kasih printer, router buat apaan ya? kayaknya bingung jawabnya yang bikin kebijakan karena sudah pada pada tau harga masyarakat indonesia

from iphone

Eko Prasetiyo

okunmadı,
30 Tem 2021 07:07:1630.07.2021
alıcı id-android
barangkali termasuk buat koneksi jaringannya, macam BTS, tower, fiber optic dll termasuk server buat cloud datanya, dan jangan lupa infrastruktur listriknya jg.

--
(^-^)v

Mohamad Dakhwani Priyatno

okunmadı,
30 Tem 2021 07:10:5930.07.2021
alıcı id-an...@googlegroups.com
Proyek politik ini Mas. Sama seperti proyek EsMP dulu. Dari link berita yg di kasih saja sudah kelihatan mau di buat heboh nya. Terus, apa siswa2 akan terus belajar online. Dengan kondisi ini saja anak2 kita sudah jauh dari maksimal belajarnya.

Jujur saya dah cape dengan media2 seperti ini, seharusnya memberikan edukasi. Mau sampai kapan begini terus.

Rino Joe

okunmadı,
30 Tem 2021 07:58:5330.07.2021
alıcı id-an...@googlegroups.com
Dan pada akhirnya tetap akan jalan ini projek dgn spek dan harga tersebut, bodo amatan pendapat dan opini masyarakat, dan  kita cuma bisa ngedumel doang kan....

Toni Stiawan

okunmadı,
30 Tem 2021 11:06:5830.07.2021
alıcı id-an...@googlegroups.com

Gunaris

okunmadı,
30 Tem 2021 11:14:4930.07.2021
alıcı id-an...@googlegroups.com

Iya om.

Anggap router 200k, printer + scanner 350k

Thank you

Gunaris

http://wa.me/628113698888

https://linktr.ee/otomasi

Gunaris

okunmadı,
30 Tem 2021 11:16:5430.07.2021
alıcı id-an...@googlegroups.com

Ini adalah grafik kendala siswa saat belajar jarak jauh. Belum lagi banyak guru yang bercerita ke saya, orang tua murid jangankan beli kuota, buat makan sehari-hari saja tidak ada. Pun tidak punya ponsel untuk berselancar di internet.

Artinya internet adalah barang mewah yang tidak semua siswa bisa menggapainya.

Chromebook were born on the web. They are a web-first device. Using them without web access isn’t ideal.

OS Chrome adalah OS yang ketergantungan terhadap internetnya sangat tinggi.

Saya bingung, pengambil keputusan ini sebenarnya menyasar pasar siapa?

Rerrerence:

- https://www.facebook.com/inforck/posts/2887184858203090

- https://support.google.com/chromebook/answer/3214688?hl=en

- https://www.chrmbook.com/no-wifi-2/