OOT garansi pengiriman

32 vues

Bambang

non lue,
25 mai 2021, 09:26:5825/05/2021
à Android Milis
Rekan-rekan id-Android

Jumat lalu, saya beli sesuatu di online shop.
Barang nya hanya seukuran amplop A4.
Pengiriman yang dipilih adalah "Same Day"  dari goJek.
Transaksi sebelum jam 12.
Jam 3-4 an, saya dua kali terima telepon dari kurir yang menanyakan besar barang yang dibeli dan akan diberi ekstra tip ndak... karena mereka (kata nya) harus bayar parkir di tempat seller (mangga dua jakarta).
Mereka hanya dapat 12 ribu (?)...dan masih dipotong dua ribu untuk  "parkir".
Antara percaya dan tidak...
saya jawab silakan berurusan dengan seller.

Akhirnya driver ke tiga ambil tanpa tanya tanya.

Hari ini saya belanja... lagi-lagi saya pilih GoSend sameday...
entah seller nya dimana karena hanya kelihatan area nya (jakarta utara).
Transaksi diproses jam 11.30.
Tetapi sampai sore-malam ini, tidak berhasil menemukan driver.
Sistem (GoJek) menjanjikan untuk memproses besok mulai jam 8.

Saya koq merasa layanan pengiriman GoSend semakin menurun.
Kalau barang tidak penting...
saya lebih memilih kurir biasa (jne, jnt, siCepat, tiki)
biasa nya tidak lebih dari 48 jam sudah diterima (untuk sesama Jakarta)...
Bahkan seringkali di bawah 24 jam.

Pertanyaan saya:
Apakah ada guna nya Jaminan Pengiriman Tepat Waktu sesuai yang tetcetak di invoice (gambar terlampir)?

Mohon sharing nya.

Salam,
Bambang

IMG-20210525-WA0159.jpg

leo 5354

non lue,
25 mai 2021, 09:40:2025/05/2021
à id-an...@googlegroups.com
Baru dengar kasus kurir Go-send minta tip dengan alasan bayar parkir di kawasan Mangga 2.
Sepengetahuan saya, mereka memarkirkan motor2nya di tengah jalan (sepanjang pembatas jalur TransJakarta) depan ITC atau Mangga 2 Mal.
Selama ini sering beli dari Tokopedia (keliatan dari lampiran invoice) dengan pengiriman Go-Send tapi belum pernah sampai kejadian seperti yg dishare.

--
===========
Ayo Subscribe >> Channel YouTube

Kontak Admin:
IG https://www.instagram.com/agushamonangan

abdul majid

non lue,
25 mai 2021, 09:54:5325/05/2021
à id-an...@googlegroups.com
Saya pernah tuh, pake gosend same day, gk dapet2 driver, harusnya sampai jam 2 siang, sampe rumah jam 9malem, itu dialihkan ke grabsameday

leo 5354

non lue,
25 mai 2021, 10:14:0025/05/2021
à id-an...@googlegroups.com
Pengiriman Sameday kan memang ga dijamin sampai jam brp cuma dijanjikan sampai hari yg sama karena kurirnya ga cuma ngambil 1 barang orderan saja tapi beberapa sekaligus untuk dikirim di hari yg sama.

Bambang

non lue,
25 mai 2021, 10:20:2425/05/2021
à Android Milis
Saya sudah dua kali diminta ongkos parkir di mangga dua.
Dan waktu saya chat ke seller...
mereka jawab "di ikhlas kan saja, cuma (sekian) ribu".

🙂

Bambang

Bambang

non lue,
25 mai 2021, 10:38:4825/05/2021
à Android Milis
Kalau layanan same day...
Hari nya sama...
Itupun biasa nya transaksi sebelum jam 3 sore.

Kalau instan... 3-4 jam dan bisa setelah jam 3 sore.

Bambang

On Tue, May 25, 2021, 20:54 abdul majid <abedul...@gmail.com> wrote:

Abdul Hadi G

non lue,
25 mai 2021, 13:05:2525/05/2021
à Android Forum
Sy beberapa kali mengalami seperti itu bos leo, dan (baru ngeh) biasanya memang kalau sellernya (yg berbeda2) dari mangga dua dan sekitarnya. Nggak tau apa mall disana memang tidak ada parkir khusus utk ojol jadi kena tarif parkir atau gmn.

On Tue, May 25, 2021, 20:40 leo 5354 <leo535...@gmail.com> wrote:

mave

non lue,
25 mai 2021, 13:47:2825/05/2021
à id-an...@googlegroups.com
gak ada..ojol parkir di pinggir jalan semua biasanya di premanin parkir sm org2 sana nya..cmiiw

Zaki

non lue,
26 mai 2021, 00:06:4226/05/2021
à id-an...@googlegroups.com
Kalau di telp minta tips parkir belum pernah tp pas sampe rumah minta uang parkir pernah, agak maksa.
Memang setau saya gosend/Grab harga sdh include semua (ga tau ya sekarang) tp ya itu kadang cuma dapat order kecil tp masih dipotong parkir lagi, seharusnya dr pihak grab/gojek sudah memikirkan masalah parkir. Parkir yg saya maksud disini entah di dalam maupun diluar (preman).
Blm lama di bandung supir grab di tusuk karena masalah parkir, alhamdulillah selamat tp luka dibagian leher/dada

Btw klu saya, anggap aja saya yg naik otomatis parkir dan tol ya saya yg bayar.

On Tue, May 25, 2021, 20:26 Bambang <bamban...@gmail.com> wrote:

Riko Ariananda

non lue,
26 mai 2021, 00:17:0726/05/2021
à Indonesian Android Community [id-android]
Iya om.
Lagian ga seberapa kan nilai nya. Anggap lah parkir 2rb.

Kalau pun bohong, kan urusan mereka dgn yg maha kuasa. Buat kita ya jadi ladang pahala. Yg penting kita ikhlas. Ga seberapa nominal nya dibandingkan rezeki yg kita peroleh vs penghasilan mereka.

Saya pun masih banyak belajar dari istri saya yg rutin ksh tips buat driver gosend/gofood.

------
Riko Ariananda
Sent from my Mi 10T Pro

Edwin Dulam

non lue,
26 mai 2021, 00:50:1226/05/2021
à id-an...@googlegroups.com
Nahh saya setuju banget sama pandangan Om Riko.

Saya sendiri pun sering minta driver tolong antar sampai titik tujuan sesuai instruksi di aplikasi, bukan di pinggir jalan atau di lobby Mall, dan setelah itu saya berikan uang sekitar 5rb sampai 10rb.

Memang perlu diingat kembali bahwa nilai nya sangat kecil bagi kita, tapi mungkin berarti buat mereka.
Coba bayangkan kalau tidak ada mereka, kita sendiri yang harus pickup, habis waktu, tenaga dan uang bensin.

Jadi saya rasa ikhlasin aja Om, saya yakin nilainya tidak seberapa, yang paling penting adalah cara mereka minta nya apakah sopan atau tidak.

Regards,
Edwin

Herry SW

non lue,
26 mai 2021, 01:00:0726/05/2021
à id-an...@googlegroups.com
Saya jarang menggunakan layanan Go-Send maupun Grab Express. Selama ini
sih tak pernah diminta uang parkir.

Kalau Go Food dan--terutama--Grab Food, saya sering diminta uang parkir.
Bahkan, ketika saya membeli makanan di tempat yang saya tahu pasti tak
ada tukang parkirnya.

Pernah juga ada driver yang minta uang parkir Rp5.000. Saya iseng minta
difotokan karcis parkirnya. Eh.. diberi foto tiket parkir mobil. Padahal,
dia naik motor.

Daripada gegeran, ya biasanya saya beri saja uang parkir yang diminta.

Salam,

Herry SW

> --
> [...]

26 mai 2021, 01:02:5226/05/2021
à Android Forum
Sependapat dgn om Edwin dan om Riko.
Sy biasa kirimnya ke daerah ciledug.  Pernah ngerasain sendiri pergi naik motor ke mangdu dari ciledug, abis 3 botol teh pucuk 😅 blm sama makan dll. Jadi kalau mereka minta uang parkir 2rb - 5rb dan kalau mereka bawa item utk 10 customer, anggaplah tiap customer patungan bayarin ongkos minum dan makan. Msh blm sebanding dgn capeknya mereka hehehe...

Zaki

non lue,
26 mai 2021, 02:01:3126/05/2021
à id-an...@googlegroups.com
Iya pak Herry, memang ada aja sih oknum driver yang nakal, makanya saya tulisnya "maksa" minta uang parkir.
Tapi dari jumlah saya menggunakan jasa pengiriman barang dr kedua aplikasi tersebut, yang saya ingat, baru alami 1-2 kali diminta uang parkir.
Kalau go/grab food blm pernah alami diminta parkir.

Hendry Aripin

non lue,
27 mai 2021, 21:24:4527/05/2021
à id-an...@googlegroups.com
pengalaman dulu iseng nguber, ngegrab, nge-gocar itu tol, parkir semua minta ke penumpang.. and syukur penumpangnya rata2 tahu ini.. terutama penumpang uber ..

rata2 mereka udh siap dgn etoll mereka sendiri.. sdgkan grab bs dimasukan ke tagihan mereka, krn oas sampai tujuan ada kolom input biaya tambahan...

Jim

non lue,
27 mai 2021, 22:09:1327/05/2021
à [id-android] Indonesian Android Community
gini nih yang bikin aturan si platform, tapi yang ribut jadinya antara mitra dan konsumen

karena memang platform tidak mengatur spesifik soal biaya tambahan yang timbul saat pemesanan. sedangkan realitanya, biaya tambahan ini meski tidak pasti, tapi frekuensinya cukup sering sehingga agak mengganggu cashflow mitra. buat konsumen, ekspektasinya biaya sudah tercover semua dari tampilan aplikasi.

untuk kasus om hsw yang ojolnya minta duit parkir meskipun beliau tahu pasti bahwa tempat pemesanan gak perlu parkir, mungkin memang sama ojolnya dipukul rata semua orderan dimintain duit parkir. ibarat getok admin fee untuk semua transaksi, karena tidak dicover di aplikasi ojol. supaya total omset sang ojol tidak banyak terkurangi parkir. atau memang ojolnya nakal menganggap konsumen awam soal duit parkir, sehingga langsung digetok tambahan duit parkir untuk semua order.

sedangkan untuk bayar tol, karena nilainya cukup signifikan terhadap ongkos, saya sih tahu diri untuk cover biaya tol sendiri.

bahkan buat merchant warung makanan justru mungkin paling dirugikan karena harga yang tampil di aplikasi pasti akan dipotong 20% untuk komisi platform. padahal harga makanan sudah diketahui umum. jadi dia gak bisa sembarangan mark up.

Herry SW

non lue,
28 mai 2021, 01:28:4428/05/2021
à id-an...@googlegroups.com
Tentang biaya tol ini, saya pernah ketemu driver nakal.

Saya lupa driver apa. Yang dulu driver bisa menambahkan biaya lain-lain
di aplikasi.

Kejadiannya di Jakarta. Saya bayar biaya tol sendiri menggunakan kartu
e-Money milik pribadi. Eh... di totalan aplikasi, driver menambahkan
biaya tol puluhan ribu rupiah (lebih mahal daripada tarif seharusnya).

Untung struk transaksi pembayaran tol tidak saya buang. Itu saya jadikan
bukti penunjang saat mengajukan komplain ke pengelola aplikasi.

Salam,

Herry SW
Répondre à tous
Répondre à l'auteur