Suspend Tajdid

2 kali dilihat
Langsung ke pesan pertama yang belum dibaca

azhar udin

belum dibaca,
4 Nov 2010, 21.38.0304/11/10
kepadatajdi...@googlegroups.com
Perlukah ada Suspend (kurSus Pendek) ?
Hal apa saja yang perlu di Suspendkan?
Lokasi di IRC?

--
Sent from Gmail for mobile | mobile.google.com

adi sucipto

belum dibaca,
4 Nov 2010, 23.25.0904/11/10

2010/11/5 azhar udin <azha...@gmail.com>

Perlukah ada Suspend (kurSus Pendek) ?
Hal apa saja yang perlu di Suspendkan?
Lokasi di IRC?
1. Pemaketan :) (walopun ntar masih di pc masing2)
2. Kesenian (ni yg kurang n ga jalan)
3. Infrastruktur  (ni persiapan setup server)

Arif Rohman Hakim

belum dibaca,
5 Nov 2010, 10.43.5305/11/10
kepadatajdi...@googlegroups.com
perlu, besok sabtu 6 nov jam 8 malam kumpul ya

Arif Rohman Hakim
Semarang Linux http://semarang.linux.or.id  http://ubuntu-semarang.org
Solo Linux     http://solo.linux.or.id      http://solo.foss-id.web.id
Blankon        http://blankonlinux.or.id
Tajdid Linux   http://tajdidlinux.org

azhar udin

belum dibaca,
6 Nov 2010, 05.43.3306/11/10
2010/11/5 Arif Rohman Hakim <arifr...@gmail.com>:

> perlu, besok sabtu 6 nov jam 8 malam kumpul ya

Kumpul yang ini termasuk Suspend Tajdid juga kah?
Sepertinya terlalu banyak agenda kalo Suspend digabung di sini juga.

Usul saya, malam ini kita fokus di rapat saja bapak2.
Suspend-nya lain kali.

Demikian.
matur nuwun.

Arif Rohman Hakim

belum dibaca,
6 Nov 2010, 06.03.4106/11/10
kepadatajdi...@googlegroups.com
2010/11/6 azhar udin <azha...@gmail.com>:

ok, yang mimpin co tajdid, moderator manajer rillis

Mahyuddin Susanto

belum dibaca,
6 Nov 2010, 06.36.5006/11/10
kepadatajdi...@googlegroups.com
2010/11/5 azhar udin <azha...@gmail.com>:

> Perlukah ada Suspend (kurSus Pendek) ?
> Hal apa saja yang perlu di Suspendkan?
> Lokasi di IRC?

Menurut saya perlu, tapi agendanya apa? mau bahas apa? Contohnya, dari
tim Juru masak mau masak apa? bumbunya apa? siapa yang masak.

Kalo dari Infrastruktur kan bisa jelas, mau install apa siapa yang
install, kena di install. jadi kelo bisa SusPend e cepet, efektif,
bermanfaat, jadi acara ngobrol ngalor-ngidul bisa di cut banyak.

demikian usul saya

muhammad nurul ihsan

belum dibaca,
6 Nov 2010, 07.40.1206/11/10
kepadatajdi...@googlegroups.com
bos... mohon ijin blm bisa aktif ya... tq

2010/11/6 Mahyuddin Susanto <udi...@gmail.com>

--
Distro studi dan dakwah Islam.
* Website          : http://tajdidlinux.org

azhar udin

belum dibaca,
13 Nov 2010, 09.44.3913/11/10
kepadatajdi...@googlegroups.com
> Menurut saya perlu, tapi agendanya apa? mau bahas apa?

Karna saya gak pinter, saya perlu belajar hal-hal berikut ini :

* Suspend Pemaketan
** mengerti apa itu paket
** mengenal jenis-jenis paket
** mengerti bagaimana proses instalasi paket aplikasi
** mengerti berbagai metode pemaketan
** bisa membuat paket dari sumbernya (tarbal)
** bisa membuat paket sumber (misal membuat deb-src)
** bisa membuat paket dari sumber paket yang ada (misal dari deb-src)
** bisa membuat paket meta
** bisa memelihara paket yang sudah ada
** standar penamaan paket
* Suspend Kesenian
** mengerti apa itu tema
** mengerti apa saja komponen penyusun tema
** mengenal berbagai format berkas (gambar) yang akan digunakan
** bisa membuat masing-masing komponen tema
** bisa memodifikasi tema yang ada
** bisa membuat tema dari awal ::: tingkat lanjut :)
* Suspend Infrastuktur
** Apa itu infrastruktur
** Apa saja yang diperlukan dan bagaimana men-set-up-nya
** SDM yang dibutuhkan
** Memelihara infrastruktur (monitoring dsb)
** Berkenalan dengan wiki ::: diperdalam di suspend lanjutan
** Berkenalan dengan version control ::: diperdalam di suspend lanjutan
** Berkenalan dengan ticket ::: diperdalam di suspend lanjutan
* Suspend Lumbung Paket (LP)/Repositori
** Apa itu LP
** Berbagai model LP
** Distro Linux dan LP-nya, bagaimana cara kerjanya
** Perangkat yang digunakan
** Membuat LP
** Merawat LP
* Suspend Merakit Live Linux dan Mendistribusikannya
* Suspend Sedikit Tentang Shell (Bonus)
** Apa itu shell
** Berbagai jenis shell
** Berkenalan dengan Bash
** Otomatisasi dengan Bash

kalau yang lain mau nambahin monggo.
kita belajar bareng2, pinter gak pinter harus ikut belajar.

Usul saya lagi (jadi banyak usul saya nih) kita mulai jum'at depan, 19
November 2010 pukul 20.00 WIB
di #tajdid-linux @irc.freenode.net. Materi sesuai urutan daftar di atas.

Pemateri, ada yang berminat?

Ini kerja keras yang harus kita lakukan menyongsong rilis (bukan
prototipe) Kauman dst

acep

belum dibaca,
13 Nov 2010, 10.10.3813/11/10
kepadatajdi...@googlegroups.com
hmmmm aku blm bisa pemaketan maksimal sih :(
coba ntar si udienz kali ja bisa milih paket2 suspend-nya :)

azhar udin

belum dibaca,
15 Nov 2010, 01.03.2315/11/10
kepadatajdi...@googlegroups.com
Sampaikanlah walau satu command
:)

> --
> [...]

Mahyuddin Susanto

belum dibaca,
15 Nov 2010, 03.20.2115/11/10
Pada 13 November 2010 21.44, azhar udin <azha...@gmail.com> menulis:

> Karna saya gak pinter, saya perlu belajar hal-hal berikut ini :

karena saya juga ga pinter maka saya cuman bisa kasih link dan info :D

> [...]
>                ** bisa membuat paket sumber (misal membuat deb-src)
>                ** bisa membuat paket dari sumber paket yang ada (misal dari deb-src)

Pemaketan bisa lihat di sini dulu
http://solo.linux.or.id/membuat-paket-debian/ ini pembuatan paket dari Nol
https://wiki.ubuntu.com/PackagingGuide
http://dev.blankonlinux.or.id/wiki/Pemaket/PanduanPembuatanPaket
http://dev.blankonlinux.or.id/wiki/Pemaket/PanduanPembuatanPaketMotu
http://dev.blankonlinux.or.id/wiki/Pemaket/Kelas/Kelas080608
http://dl2.foss-id.web.id/dokumen/ubuntu/packagingguide.pdf
http://cecunguk.blankonlinux.or.id/~iang/video/motu/getting_started.ogg
http://cecunguk.blankonlinux.or.id/~iang/video/motu/packaging_101.ogg

> [...]
>                ** bisa membuat masing-masing komponen tema
>                ** bisa memodifikasi tema yang ada
>                ** bisa membuat tema dari awal ::: tingkat lanjut :)

Sinyal buruk :D

> [...]
>                ** Berkenalan dengan version control ::: diperdalam di suspend lanjutan
>                ** Berkenalan dengan ticket ::: diperdalam di suspend lanjutan

Usulan saya, biar enak cari referensi karena BlankOn juga pake ini:
Wiki+tiket+browser cvs dengan Trac
Version Control pake Bzr
Monitoring? silakan pilih mrtg, cacti, munin, nagios

> [...]
>                ** Apa itu LP
>                ** Berbagai model LP
>                ** Distro Linux dan LP-nya, bagaimana cara kerjanya

Bisa pake reprepro, yang jadi masalah adalah bagaimana caranya agar
pabrik paket secara otomatis akan membuat paket kiriman dev. yang
sudah bisa mengatasi problem ini di negara kita ya BlankOn dengan
irgsh.boi nya

>        * Suspend Merakit Live Linux dan Mendistribusikannya
> [...]

sudo apt-get install abs-guide

> [...]
>
> Pemateri, ada yang berminat?
>
> Ini kerja keras yang harus kita lakukan menyongsong rilis (bukan

udienz at gmail dot com

Mahyuddin Susanto

belum dibaca,
17 Nov 2010, 19.12.4317/11/10
kepadatajdi...@googlegroups.com

Angat trit ke atas...

ada yang sudah nyubak? ada yang kesulitan?

Mahyuddin Susanto

belum dibaca,
17 Nov 2010, 19.21.2617/11/10
Pada 18 November 2010 07.12, Mahyuddin Susanto <udi...@gmail.com> menulis:

> Angat trit ke atas...
>
> ada yang sudah nyubak? ada yang kesulitan?
>
> --
> Mahyuddin Susanto
> udienz at gmail dot com

ada sedikit trik, silakan baca
* http://skyisgrey.org/blog/debootstrap-dchroot.html
* https://wiki.ubuntu.com/DebootstrapChroot

Intinya, seumpama sistem anda adalah lucid dan pengen ngoprek paket
natty kita bisa pake emulasi menggunakan debootstrap tanpa 'mengotori;
sistem lucid kita. bisa juga dijalanken di semua distro debian based,
tapi saya belum coba di centos, katanya sih bisa namun kudu pake skrip
cem-macem yang biking puyeng tujuh kelilink

Pake metode ini lebih 'enteng' di system daripada menggunakan virtualbox/vmware

azhar udin

belum dibaca,
18 Nov 2010, 06.25.5618/11/10
kepadatajdi...@googlegroups.com

> Angat trit ke atas...

ikut nyundul...

> ada yang sudah nyubak? ada yang kesulitan?

nyoba yang petunjuk dari video motu Ubuntu untuk maketin ayat2 semesta
masih bermasalah di skrip rules-nya
masih ada masalah di proses "cleaning" (dh_clean ?)
errornya saya lupa :)

jum'at malam besok kita oprek skrip ini pak, boleh?

Balas ke semua
Balas ke penulis
Teruskan
0 pesan baru