Mari membuat isi sources.list (Tadinya: Re: [id-ubuntu] Re: tzdata)

Fajran Iman Rusadi

to id-u...@googlegroups.com
2008/10/17 hendra <mailto...@gmail.com>:

> Iya Bro, cuma lupa alamat2nya.

Biar gak bingung2, gak lupa2, gak nanya2 sebelum nyoba, silakan aja
langsung cicipin aplikasi kecil tuk ngebuat isi sources.list.

http://arsip.ubuntu-id.org/a/sources.list/

Itu ditulis pake javascript, jadi pastikan nyalain javascript yak :D
Bisa juga disimpan ke komputer sendiri (jangan lupa masukin juga
jquery.js [1]) supaya bisa dibuka secara offline tanpa harus terhubung
dg internet.

Repo kodingan bisa diintip di
http://github.com/fajran/pembuat-sourceslist/tree/master

[1] http://arsip.ubuntu-id.org/a/sources.list/jquery.js

--
Iang-
http://fajran.web.id y!m: fajran

Superbiji »

to id-u...@googlegroups.com
2008/10/16 Fajran Iman Rusadi <faj...@gmail.com>:

wow........... manteb thanks

Abdul Arfan

to id-u...@googlegroups.com
karena kodingannya rapi dan enak dibaca makanya saya
bisa buat versi saya sendiri di

http://abdul.arfan.googlepages.com/index.html

ada sedikit modifikasi aja

--
Abdul Arfan
http://arfan86.blogspot.com

Superbiji »

to id-u...@googlegroups.com
2008/10/16 Abdul Arfan <abdul...@gmail.com>:

wow juga.. saran: kalau yang ini defaultnya dicentang saja:
* Universe - Perangkat lunak bebas dengan dukungan dari komunitas
* Multiverse - Perangkat lunak bebas dengan dukungan dari komunitas
* Updates - Berisi paket-paket perbaikan yang direkomendasikan
* Security - Berisi paket-paket perbaikan yang bersifat sangat penting

Fajran Iman Rusadi

to id-u...@googlegroups.com
2008/10/16 Superbiji » <supe...@gmail.com>:

> [...]
> * Updates - Berisi paket-paket perbaikan yang direkomendasikan
> * Security - Berisi paket-paket perbaikan yang bersifat sangat penting

yayaya.. opsi yang sudah terpilih secara default memang sebaiknya
adalah opsi yang disarankan untuk dipilih. terima kasih.

░▒▓ ɹɐzǝupɐɥʞ ɐzɹıɯ ▓▒░

to id-u...@googlegroups.com

sekalian nanya
opsi untuk repo source yang "community" ga ada yah di generator nya yah ?

--
-=-=-=-=

milisdad

to id-ubuntu

On Oct 16, 12:20 pm, "Fajran Iman Rusadi" <faj...@gmail.com> wrote:

> Biar gak bingung2, gak lupa2, gak nanya2 sebelum nyoba, silakan aja
> langsung cicipin aplikasi kecil tuk ngebuat isi sources.list.
>
> http://arsip.ubuntu-id.org/a/sources.list/

Makasih Om Iang telah membuatkan aplikasinya [0].
Semoga bermanfaat.

[0]http://milisdad.blogspot.com/2008/10/ribut-dengan-sourceslist.html

Fajran Iman Rusadi

to id-u...@googlegroups.com
On Fri, Oct 17, 2008 at 2:55 AM, ░▒▓ ɹɐzǝupɐɥʞ ɐzɹıɯ ▓▒░
<mir...@gmail.com> wrote:

> sekalian nanya
> opsi untuk repo source yang "community" ga ada yah di generator nya yah ?

Itu source code udah saya publikasikan. Silakan dilanjutkan :D

░▒▓ ɹɐzǝupɐɥʞ ɐzɹıɯ ▓▒░

to id-u...@googlegroups.com
2008/10/17 Fajran Iman Rusadi <faj...@gmail.com>:

> Itu source code udah saya publikasikan. Silakan dilanjutkan :D
>

> --
> Iang-
> http://fajran.web.id y!m: fajran

nanya
waktu opsi
# Universe - Perangkat lunak bebas dengan dukungan dari komunitas
# Multiverse - Perangkat lunak bebas dengan dukungan dari komunitas
saya disable ( UNCHECK )

yang mmuncul
deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ hardy main restricted
deb-src http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ hardy main restricted

deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ hardy-updates main restricted
deb-src http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ hardy-updates main restricted

deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ hardy-security main restricted
deb-src http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ hardy-security main restricted
----
kalau saya enable ( checklist )

deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ hardy main restricted universe multiverse
deb-src http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ hardy main restricted
universe multiverse

[...]

ini saya yang "kurang pengetahuan" apa emang salah out put ?
kalau ga salah ( kalau ga salah loh yah )

dulu itu jamannya ( waktu saya pake komunitas ) versi 6.x ( jamannya
MTR masih di komunitas )
kal;au ga salah ada community community nya gitu deh

~~BSKSS ( Betulin saya kalau saya salah )

Abdul Arfan

to id-u...@googlegroups.com
2008/10/17 Fajran Iman Rusadi <faj...@gmail.com>:
> Itu source code udah saya publikasikan. Silakan dilanjutkan :D

yep, lagipula kodingannya enak dibaca kok.

Fajran Iman Rusadi

to id-u...@googlegroups.com
On Fri, Oct 17, 2008 at 8:22 AM, ░▒▓ ɹɐzǝupɐɥʞ ɐzɹıɯ ▓▒░
<mir...@gmail.com> wrote:

> dulu itu jamannya ( waktu saya pake komunitas ) versi 6.x ( jamannya
> MTR masih di komunitas )
> kal;au ga salah ada community community nya gitu deh

Seperti apa itu?

Yang bisa dibuat oleh tu aplikasi itu adalah isi sources.list menuju
ke repositori Ubuntu yang sesuai dengan repositori utama. Selain itu,
ada asumsi juga bahwa setiap mirror yang terdaftar di sana mengandung
repo untuk seluruh rilis ubuntu.

Jadi kalau yang aneh2 ngga saya masukkan karena sulit untuk
menggunakan asumsi di atas.

Lagipula, andai perlu nambahin sesuatu, ya silakan saja ditambahkan sendiri =P

Fajran Iman Rusadi

<mir...@gmail.com> wrote:

> ini saya yang "kurang pengetahuan" apa emang salah out put ?
> kalau ga salah ( kalau ga salah loh yah )

tolong tunjukan bagian yang salah supaya membantu saya memperbaiki
bagian yang salah.

Kemas Antonius

to id-ubuntu
Terima kasih Mas Iang atas aplikasinya. Ini sangat membantu sekali.
Dulu saya sering kali menggunakan aplikasi Source-O-Matic buatannya
Dennis Kaarsemaker. Sekarang aplikasi tersebut tidak ada lagi. Sempat
terpikir untuk buat sendiri, tapi kunjung gak sempat terus.

Sekedar usulan tambahan untuk fitur, bagaimana kalau ditambahkan juga
sejumlah repositori untuk aplikasi-aplikasi tertentu yang sering
dipakai, seperti Opera, Medibuntu, Skype, dlsb? Apakah tidak ada
keinginan untuk "go international" dengan menambah repositori untuk
negara-negara lain? Saya rasa akan banyak pengguna Ubuntu di dunia ini
yang merasakan manfaatnya.

Sekali lagi, thumbs up!

Salam,
Kemas

Fajran Iman Rusadi

to id-u...@googlegroups.com
On Fri, Oct 17, 2008 at 9:28 AM, Kemas Antonius <kyant...@gmail.com> wrote:

> [...]
> keinginan untuk "go international" dengan menambah repositori untuk
> negara-negara lain? Saya rasa akan banyak pengguna Ubuntu di dunia ini

niat awal sih memang ingin mendaftarkan seluruh repo yang ada di dunia
ini.. tapi yahh.. blom sempet dibuat di kerjaan satu-dua jam yg
kemaren itu. Hehe..

Tuk repo "lain-lain" yang mas sebut itu, saya perlu tau bagaimana cara
menggunakannya (tau URL dsb dsb..). Bisa tolong didaftarkan di sini
gtu?

Oya, silakah loh kalo mo membantu ikutan ngoding juga :D itu source
code udah saya publikasikan. Hehehe..

░▒▓ ɹɐzǝupɐɥʞ ɐzɹıɯ ▓▒░

to id-u...@googlegroups.com
2008/10/17 Fajran Iman Rusadi <faj...@gmail.com>:

ntah deh
kayaknya saya yang lupa nih
nanti kalau nemu saya coba update deh
kalau ga nemu2 berarti saya yang salah :p

thx..
kalau dulu sayah pake yang ubuntu punya
terus ganti URL nya manual
sekarang tinggal copas

--
-=-=-=-=

░▒▓ ɹɐzǝupɐɥʞ ɐzɹıɯ ▓▒░

to id-u...@googlegroups.com
2008/10/17 ░▒▓ ɹɐzǝupɐɥʞ ɐzɹıɯ ▓▒░ <mir...@gmail.com>:
-=[disapu]=-
oot : dulu saya liatnya di UBUNTU-NL source o matic nya
tapi skrg kyknya web nya ( halaman tersebut ) sudah 404 :((
nanti saya update begitu ketemu

--
-=-=-=-=

Kemas Antonius

to id-ubuntu
Hehe terima kasih Mas atas tawarannya. Karena kesibukan sehari-hari,
rasanya saat ini belum bisa bantu. Maaf ya. Mungkin sudah saatnya
orang lain yang ikut bantu ngoding, biar ada regenerasi. Saya yakin
banyak teman-teman kita yang bisa bantu. Ayo teman-teman, ini saatnya
untuk berkontribusi! ;)

Mengenai link-link yang dimaksud, ada satu cara cepat, yaitu dengan
menginstal Ubuntu Tweak. Setelah terinstal, jalankan dan pura-pura
menginstal sejumlah aplikasi yang dinginkan dan refresh sources.list
menggunakan tombol yang ada di Ubuntu Tweak. Nah, Ubuntu Tweak akan
menambahkan sejumlah repositori baru untuk aplikasi yang mau diinstal
tadi di sources.list, repositori itulah yang kita pakai. Semoga
membantu.

Salam,
Kemas

Kemas Antonius

to id-ubuntu
Memang benar aplikasi itu dulunya adanya di Ubuntu-NL. Tapi sayangnya
setelah dicari-cari dan bahkan menghubungi Dennis-nya secara langsung
(tidak dibalas!), sampai saat ini saya belum menemukan aplikasi serupa
di mana pun juga. Sekedar informasi, Dennis ini juga terkenal dengan
Seveas' Ubuntu Packages-nya (http://mirror3.ubuntulinux.nl/) dan
Falcon (http://www.kaarsemaker.net/software/falcon/). Sekali lagi
sayang, proyek ini pun telantar hehehe... Ibarat pepatah orang bule,
"There is another life beyond Ubuntu" atau "Life is not all about
Ubuntu" :D

Salam,
Kemas

Fajran Iman Rusadi

> [...]
> keinginan untuk "go international" dengan menambah repositori untuk
> negara-negara lain? Saya rasa akan banyak pengguna Ubuntu di dunia ini

yak silakan dicoba.. masih anget dari dapur =D

http://arsip.ubuntu-id.org/a/sources.list.global/

saking angetnya, source codenya masih lumayan berantakan.. hehehe..

Fajran Iman Rusadi

to id-u...@googlegroups.com
2008/10/25 Fajran Iman Rusadi <faj...@gmail.com>:

Oya, yang ini ditaro di cabang terpisah bernama "global".

http://github.com/fajran/pembuat-sourceslist/tree/global

si aplikasi skr bisa lebih dikonfigurasi dg ngubah2 data/data.json
(contoh: http://github.com/fajran/pembuat-sourceslist/tree/global/data/data.json).
daftar mirror di pelbagai negara jg diletakkan di berkas terpisah
(contoh: http://github.com/fajran/pembuat-sourceslist/tree/global/data/mirrors.json)