Boleh ga jual CD Blank ON

Andrew

to BlankOn
Mau tanya dong..
boleh ga saya menjual cd linux blank on dengan motivasi untuk
menyerbarluaskan linux dan tentunya untuk profit juga..
mohon tanggapannya.
THX

Utian Ayuba

to Bla...@googlegroups.com

boleh, jual yang banyak ya :)

--
Utian Ayuba

-mna-

to Bla...@googlegroups.com
Tidak saja boleh, tapi wajib....

[...]

Gunakan FOSS: legal, menghemat devisa dan mencerdaskan bangsa!!!

olanuxer

to Bla...@googlegroups.com
On Thu, Jun 25, 2009 at 7:43 AM, Andrew<cc.b...@gmail.com> wrote:
> boleh ga saya menjual cd linux blank on

asal harganya gak seperti wins ori :)

--
M. Olan Wardiansyah (olanuxer)
Linux User #468082, Ubuntu User #23039

-mna-

to Bla...@googlegroups.com
Sebenarnya, harga diserahkan ke mekanisme pasar. Tidak ada peraturan yang mengaturnya. Kalau bisa jual lebih mahal dari Windows, kenapa tidak?
Tapi kalau jual seperti itu, siapa yang mau beli?

-mna-
Gunakan FOSS: legal, menghemat devisa dan mencerdaskan bangsa!!!

to Bla...@googlegroups.com
Ada aturannya, gak boleh jual sistem operasi dan aplikasinya, jadi
sebenarnya blankon 'tidak boleh' dijual, yg diperbolehkan adalah
menjual cd berisi blankon. Jadi harga dasarnya adalah harga cd dan
jasa membakarnya. Boleh juga ditambahin biaya marketing ;-) kalau
seperti itu gak bakal lebih mahal dari windows.
Maaf top posting.
--
Sent from my mobile device

Hansen
http://hansen.alfansa.org http://teknologipraktis.org
Please avoid sending me proprietary format (.doc, .xls, etc.) attachments

isnawan

to Bla...@googlegroups.com
2009/6/27 Hansen <hansen....@gmail.com>:

> [...]
> jasa membakarnya. Boleh juga ditambahin biaya marketing ;-) kalau
> seperti itu gak bakal lebih mahal dari windows.

hmmm,...
jika pun CD yg isinya Blankon bisa dijual lbh mahal daripada Windows,
sebenarnya gpp jg kan?

isnawan

Aldebaran Chandra

to Bla...@googlegroups.com
Maaf top posting, saya ingin menambahkan contoh kasus...
Ilustrasinya begini, terkait dg adanya SE MenPAN yg mewajibkan
penggunaan Open Source di instansi pemerintah, maka kita jual eceran
CD BlankON (atau DVD kalau memang kita tambahkan pengaya, dsb.) Dengan
harga murah sebagai pengganti biaya bakar dan unduh. Selain itu, kita
jual juga seharga DVD OS Proprietary akan tetapi full support untuk
1PC/Laptop (Siapa tau sound atau wireless nggak bisa digunakan, maka
kita bantu).
Nah, dg cara ini kita bisa jualan ke instansi pemerintah dg harga
RpXX,-/komputer yg diinstall, belum lagi nanti ada jasa migrasi
mengingat sistem kepegawaian dan sistem pengawasan masih berbasis OS
Proprietary. Lalu juga bisa jualan jasa training&workshop berbasis
BlankON juga nantinya...

Pada tanggal 27/06/09, isnawan <isn...@slunik.com> menulis:
--
Dikirim dari perangkat seluler saya

http://broewd.tk

http://linuxpontianak.org

Hansen

to Bla...@googlegroups.com
Kalo cd blankon bisa seharga windows asli itu kebangetan, wong modal
gak sampai 20rb ;-) kalau yg seperti mas aldebaran itu yg dijual
suportnya, itu boleh. Coba baca2 di gnu.org tentang masalah
komersialisasi ini.

ancurit

to Bla...@googlegroups.com

2009/6/27 Aldebaran Chandra <aldebara...@gmail.com>

sebagai pengganti biaya bakar dan unduh.

Bisa klo seperti itu..

full support untuk
1PC/Laptop (Siapa tau sound atau wireless nggak bisa digunakan, maka
kita bantu). Lalu juga bisa jualan jasa training&workshop berbasis BlankON juga nantinya...

Nie kan salah satu cara cannonical dapet omzet, mangkanya sampe skrg bs hidup dan ngasih CD gratis ke smua orang.. (CMIIW)
Ibaratnya seperti kita ngasih duit buat jasa servis komputer ke konsumen mengenai troubleshooting..

Mohon dibenarkan jika saya salah.. Makasih

--
[id-ubuntu] http://groups.google.co.id/group/id-ubuntu
[KLuB] http://groups.google.co.id/group/klub-linux-bandung

Aldebaran Chandra

to Bla...@googlegroups.com
Pada tanggal 26/06/09, ancurit <panc...@gmail.com> menulis:

> [...]
> mengenai troubleshooting..
>
> Mohon dibenarkan jika saya salah.. Makasih

AFAIK, info yg anda berikan itu bener...
BTW OOT dikit ya, terkait dg ilustrasi kasus yg saya berikan dan SE
01/M.PAN/03/2009 ttg wajibnya penggunaan Open Source, apakahBlankON
selaku distro buatan anak negeri menjadi Distro default untuk instansi
pemerintah nantinya?
Ada yg bisa kasih komentar?

--
http://broewd.tk

http://linuxpontianak.org

-mna-

to Bla...@googlegroups.com
Kalau menjadi distro default kemungkinan tidak. Karena sedemikian luasnya FOSS itu -OS Linux dalam hal ini, maka kebutuhan masing-masing pemerintahan (atau bahkan perorangan) akan dapat didekati dari berbagai sisi.

Namun demikian, karena BlankOn dikembangkan untuk menjawab kebutuhan OS bagi masyarakat Indonesia, maka BlankOn memiliki kans yang besar untuk menjadi mayoritas.

Demikian pendapat saya.

> [...]

> gak sampai 20rb ;-) kalau yg seperti mas aldebaran itu yg dijual
> suportnya, itu boleh. Coba baca2 di gnu.org tentang masalah

ada ya yg bisa membatasi harga penjualan CD berisi Blankon?
kalau memang yg beli mau, mahalpun jg tidak masalah.

yg menjadi masalah, kalau di jual mahal ya pada mending milih beli di
juragan kambing atau toko baliwae.
atau malah donlot sendiri.

mengenai batasan berapa rupiah harga CD berisi Blankon boleh dijual: tidak ada.

mau dijual mahal boleh.
di-free kan sebagai bonus USB disk juga boleh.
dipaketin dalam penjualan laptop/PC silakan.

isnawan

Rusmanto

to Bla...@googlegroups.com
isnawan wrote:
> mengenai batasan berapa rupiah harga CD berisi Blankon boleh dijual: tidak ada.
>
> mau dijual mahal boleh.
> di-free kan sebagai bonus USB disk juga boleh.
> dipaketin dalam penjualan laptop/PC silakan.

Secara hukum formal bisa seperti di atas,
tidak larangan menjual CD berisi software Linux BlankOn
selama kedua pihak (penjual dan pembeli) sepakat.

Jika membandingkan harga software, tidak hanya sistem operasi,
tapi juga aplikasi (Office, Grafis, dll.)

Contoh rincian ini dapat dijadikan pegangan
dalam menentukan biaya/harga Paket Linux BlankOn:

A. BIAYA DASAR PENGADAAN BARANG

0. Biaya lisensi = 0.
1. Biaya CD dan isinya (harga software) = 10.000
2. Biaya cetak buku manual = Rp 40.000
3. Biaya pengiriman = Rp 20.000

Total biaya penyerahan paket BlankOn = Rp 70.000,- (biaya lisensi = 0)

B. BIAYA AFTER SALES DASAR

4. Biaya instalasi dasar per komputer = 250.000
5. Biaya support via email 1 bulan = 120.000
6. Biaya pelatihan per pengguna = 330.000

Total biaya after sales dalam sebulan = Rp 700.000

C. BIAYA LAIN-LAIN: AFTER SALES LANJUTAN

7. Biaya support on site per jam = 500.000
8. Biaya update CD/DVD per 6 bulan = 100.000
9. ...

Rus

adi sucipto

to Bla...@googlegroups.com

[...]

menarik juga tuh supporting linux gt.... mumpung da penerimaan siswa baru sekalian promosi linux di SMK yang da jurusane komputer kayaknya laku tuh.... cd-nya ja kalo supportnya ya buat sekolahan yang gurunya malas oprek2 linux.... gt kali ya.....
cuma khayalanku semalam sih gt....

Andrias Yohanson

to Bla...@googlegroups.com

[...]

Wah boleh juga tuh usulnya, ada yang mau kerja lepas nggak, aku cari ordernya, ntar aku tawarin sama partnet bisnis disini. Siapa yang mau support tuk jasa migrasi, implementasi, dan traning?

aji sudarmawan

to Bla...@googlegroups.com

2009/6/30 Rusmanto <rusm...@gmail.com>

wew, maknyus deh infonya...makin semangat nie belajar Blankon..!!!

ttd
ajibon