Infrastruktur baru dari Fedora

Hansen

to Bla...@googlegroups.com
Salam,

Fedora 7 sebentar lagi akan keluar dan banyak perubahan yang terjadi.
Salah satunya ada aplikasi yang akan mempermudah bikin distro turunan
Fedora. BlankOn masih berminat diteruskan? ;-)

http://www.redhat.com/archives/fedora-announce-list/2007-May/msg00002.html

--
hansen
http://hansen.alfansa.org

Rusmanto

to Bla...@googlegroups.com
Hansen wrote:
> [...]
> Salah satunya ada aplikasi yang akan mempermudah bikin distro turunan
> Fedora. BlankOn masih berminat diteruskan? ;-)

Ya, BlankOn masih menunggu leader baru,
setelah pak mdamt dan pak sofyan tidak sanggup lagi,
kecuali salah satunya mau turun gunung :-)
Atau ada yang sudah siap menggantikannya?

Rus

Mohammad DAMT

to Bla...@googlegroups.com

Bukan bermaksud ingin jadi leader lagi, tapi cuma mau usul.
Bagaimana kalau pindah aliran ke Ubuntu *-)

Strateginya, kita pakai semua paket milik Ubuntu, tapi kita tambah satu
paket meta yang akan menghapus paket bawaan Ubuntu yang tidak diperlukan
dan menginstal paket bawaan Blankon. Jadi prosesnya lebih sederhana,
kita tidak usah rekompilasi paket lagi dari ulang, cukup mendefinisikan
apa yang kita mau ambil dari Ubuntu dan apa yang mau kita kurangi. Tapi
syaratnya kita harus punya mesin repositori yang harus terus hidup di
Indonesia, misalnya di OpenIXP. Mungkin bisa minta bantuan
kambing/sapi/komo untuk mirror.

Proses pengembangannya juga lebih simpel, tinggal instal Ubuntu, dan
kembangkan paket .deb di situ, unggah ke repositori. Selesai. Cuma ada
satu proses tambahan untuk membuat ISO CDnya.

Bagaimana?

Hansen

to Bla...@googlegroups.com
Menarik juga ;-)

Salah satu perubahan besar di Fedora 7 adalah adanya tool-tool untuk
mempermudah pembuatan spin atau distro turunan. Bikin definisi
aplikasi apa aja yang mau di include di kickstart file, jalankan pungi
jadi deh ISO-nya. Kalau gak salah malah sudah ada aplikasi gui segala
yang fungsinya adalah membuat distro pribadi ;-)

Jadi dari segi kemudahan pembuatan distro bisa dikatakan seimbang,
tinggal orang2 yang terlibat itu beraliran debian atau redhat :-D

Mohammad DAMT

to Bla...@googlegroups.com
Pada hari Kamis, tanggal 10/05/2007 pukul 17:59 +0700, Hansen menulis:
> [...]
>
> Jadi dari segi kemudahan pembuatan distro bisa dikatakan seimbang,
> tinggal orang2 yang terlibat itu beraliran debian atau redhat :-D

Permasalahannya, pada pengembangannya apakah harus punya Fedora 7 dulu?
Apakah distro tersebut bisa diupgrade hanya dengan mengganti konfigurasi
repositori?

Misalnya kalau berbasis Debian kan tinggal ganti repositori ke sistem
baru, kemudian jalankan apt-get dist-upgrade, makan indomie sebentar,
lantas sistem sudah siap. Kalau di Fedora saya tidak tahu apakah ada
fasilitas seperti ini atau tidak. Dari situ para pengembang bisa punya
sistem yang sama tanpa harus login dulu ke server kompilasi seperti pada
zaman BlankOn 1.0.

Misalnya kita mau ikut Ubuntu, sekarang tinggal pasang Feisty (baik dari
CD atau pun upgrade dari Edgy atau bahkan Hoary), kemudian pasang juga
repositori Ubuntu rilis berikutnya (Gutsy Gibbon) yang akan rilis bulan
Oktober tahun ini. Kemudian pada saat yang sama kita siapkan paket
BlankOn. Pada saat Gutsy dirilis kita juga dapat merilis BlankOn, pada
saat yang sama.

Rusmanto

to Bla...@googlegroups.com
Mohammad DAMT wrote:

> [...]
> Oktober tahun ini. Kemudian pada saat yang sama kita siapkan paket
> BlankOn. Pada saat Gutsy dirilis kita juga dapat merilis BlankOn, pada

Saya sangat setuju kita pindah ke basis Ubuntu.
Dua alasan lain yang mendorong saya setuju adalah:

1. Pemerintah melalui program IGOS telah meneruskan
distro BlankOn berbasis Fedora, antara lain WaroengIGOS,
IGOS Nusantara, dan segera rilis IGOS Server, dan lain-lain.

2. Belum ada yang serius membuat Ubuntu versi Indonesia.

Saya siap mengoordinasi pencarian sponsor, termasuk mencari
hosting untuk server-nya.

Siapa yang siap mengoordinasi pengembangan BlankOn-Ubuntu ini?
Mdamt bisa secara remote?

Rus

Hansen

to Bla...@googlegroups.com
Semenjak Yum mulai matang upgrade distro lewat repositori sebetulnya
emang sudah bisa walaupun tidak direkomendasikan. Untuk Fedora 7 dan
seterusnya akan jadi lebih mudah. BTW, mengingat kita negara miskin
bandwidth, lebih cepat upgrade distro lewat CD sebetulnya, kalau orang
kampus lain lagi ceritanya ;-)

Kalau tidak salah turunan ubuntu di indonesia sudah ada seperti dede
atau yang dari UGM, khusus untuk pendidikan. Malah sepengetahuan saya
lebih banyak turunan ubuntu daripada fedora.

Tapi lagi2 emang terserah yang mau terlibat aja sih ;-)

Mohammad DAMT

to Bla...@googlegroups.com
Pada hari Jumat, tanggal 11/05/2007 pukul 07:28 +0700, Rusmanto menulis:
> Siapa yang siap mengoordinasi pengembangan BlankOn-Ubuntu ini?
> Mdamt bisa secara remote?

Kalau koordinasi saya khawatir nanti keteteran :(
Kalau ikut pelihara satu-dua paket saya bersedia.

Mohammad DAMT

to Bla...@googlegroups.com

Saya tawarkan ke komunitas id-ubuntu. Dan mereka tertarik :-)
Gimana?

Sir BATS

to BlankOn

On May 12, 11:05 pm, "Mohammad DAMT" <mohammad.d...@gmail.com> wrote:

> Saya tawarkan ke komunitas id-ubuntu. Dan mereka tertarik :-)
> Gimana?

selamat malam menjelang pagi :=)

saya salah satu member id-ubuntu tapi bukan penggiat komunitas;
ketertarikan saya pada linux hanya sebatas sebagai pengguna dan jauh
dari cukup dalam kemampuan teknis. Perlu sedikit saya jelaskan, karena
keinginan untuk "berkontribusi" saya saat ini melakukan distribusi
ubuntu secara "gratis" (hanya ini yg bisa saya lakukan). Artinya saya
melakukan burning sendiri dan mengirimkan kepada yang berminat tanpa
memungut biaya :=)

Pak Moh Damt melontarkan pengembangan linux BlankOn yg menurut beliau
mulai mandeg, atau tersendat. member milis id-ubuntu menanggapi
positif lontaran tsb. Saya mencoba mengakses situs BlankOn dan ini
merupakan TradeMark milik YLPI, apabila isu ini menjadi semakin besar
maka dibutuhkan pembahan komprehensif antara YLPI dengan entah apa
nantinya.

saya berasal dari dunia wiraswasta saat ini bergerak di bidang
shipping industry; pemikiran saya dibutuhkan sebuah wadah untuk open
source dan diusahakan tidak cuma bersifat "volunteer" tapi wadah ini
harus mampu "menghidupi" kontributornya atau orang2 yang terlibat
didalamnya, semua format, visi, misi masih dalam angan-angan saja.
Tapi dari angan2 kita bisa memulai dan barangkali saja nasib baik
bersama kita mengiringi kemauan dan kerja keras.

saya pribadi buta dalam bidang bisnis open source; tapi saya
berkeyakinan open source bisa diubah menjadi sebuah industri tanpa
kehilangan filosofi "open source"-nya.

meski saya bukan moderator id-ubuntu; tidak ada salahnya personil yg
terlibat BlankOn bisa bergabung ke id-ubuntu dan kita berdiskusi di
sana.

salam
st (sutan) sabri

Mohammad DAMT

to Bla...@googlegroups.com
> meski saya bukan moderator id-ubuntu; tidak ada salahnya personil yg
> terlibat BlankOn bisa bergabung ke id-ubuntu dan kita berdiskusi di
> sana.

Terlepas apakah BlankOn akan dikembangkan dengan basis Ubuntu atau
tidak, saya coba jabarkan proses turunan Ubuntu di sini:

http://wiki.ubuntu-id.org/mdamt/DistroBaru

Mohammad DAMT

to Bla...@googlegroups.com

Bagaimana kawan2? Apakah setuju pindah ke Ubuntu? Perlu voting?
Diam berarti setuju? :-)

Kelebihan:
- Fasilitas disediakan penuh oleh Canonical melalui launchpad.net
(pencatatan bug, gudang kode, penerjemahan, tanya jawab, dsb)
- Dukungan komunitas ubuntu-id (sukarelawan, wiki, dsb)
- Tanggal rilis yang seragam dengan Ubuntu

Kekurangan:
- Perlu tulis buku lagi karena ada perbedaan dgn Fedora

Bagaimana pak Rus? Teman2 di ubuntu-id menunggu persetujuan dari tim
BlankOn lama, kalau tidak setuju sih juga tidak apa2 karena ada usulan
juga untuk tetap lanjut dengan ada atau tidak adanya persetujuan dari
BlankOn (tapi dengan nama lain).

Dicky Wahyu Purnomo

to Bla...@googlegroups.com
Mohammad DAMT wrote:

> [...]
> BlankOn lama, kalau tidak setuju sih juga tidak apa2 karena ada usulan
> juga untuk tetap lanjut dengan ada atau tidak adanya persetujuan dari

Suara gw masih penting gak sih ? :)) * just kidding *

Gw setuju aja pindah ke ubuntu!

Untuk server hosting ... gw bisa kasih space di server gw yg baru.
quota bandwidth jg masih lega :D

Firdaus Tjahyadi

to Bla...@googlegroups.com

Pada tanggal 14/05/07, Mohammad DAMT <mohamm...@gmail.com> menulis:

On 5/12/07, Mohammad DAMT <mohamm...@gmail.com> wrote:

> [...]
>
> http://wiki.ubuntu-id.org/mdamt/DistroBaru

Bagaimana kawan2? Apakah setuju pindah ke Ubuntu? Perlu voting?

kalo saya setuju hehehehe :D

st sabri

to Bla...@googlegroups.com, id-u...@googlegroups.com

--------- GENERATED BY Dicky Wahyu Purnomo
DD : Mon, 14 May 2007 13:14:30 +0700
FROM : Dicky Wahyu Purnomo <dicky...@gmail.com>

---

Mohon maaf, sy member id-ubuntu. Mohon dipertimbangkan dengan mendalam
untuk tetap menggunakan nama BlankOn. Bagaimanapun BlankOn sudah punya
nama yg lumayan baik. Saya kira formatnya : BlankOn tim akan di-perkaya
oleh relawan/relawati baru dari id-ubuntu dan lanjut mengembangkan
BlankOn dengan "basis" baru :=))

(maaf cross-posting; demi kebaikan)

salam

Rusmanto

to Bla...@googlegroups.com
st sabri wrote:

> [...]
> quota bandwidth jg masih lega :D
>
> ---
>
> Mohon maaf, sy member id-ubuntu. Mohon dipertimbangkan dengan mendalam

Mengacu thread ini, termasuk reply Daus,
saatnya ketuk palu...hehehe, buat distro BlankOn-Ubuntu.

YPLI tetap mendukung pengembangan distro berbasis Fedora,
misalnya untuk membantu tim IGOS, pemda-pemda, dan
siapa saja yang ingin mengembangkan distro turunan BlankOn.

Soal nama, sebaiknya didiskusikan lebih lanjut, karena
menyangkut marketing jangka panjang.
Sekadar ide:
1. BlankOn-Ubuntu
2. BlankOnUbuntu
3. Blankbuntu
4. BObuntu
5. BUbuntu

Rus

Majalah.Linux

to Bla...@googlegroups.com
On 5/15/07, Rusmanto <r...@infolinux.co.id> wrote:

> [...]
> siapa saja yang ingin mengembangkan distro turunan BlankOn.
>
> Soal nama, sebaiknya didiskusikan lebih lanjut, karena

berarti namanya tidak boleh hanya blankon saja ya pak. kalo blankon
saja harus fedora base. untuk distro lain harus ada embel-embel
dibelakan blankonnya, kira kira sperti itu ya pak?

--
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
mari kita dukung program igos pemerintah

Rusmanto

to Bla...@googlegroups.com
Majalah.Linux wrote:

> berarti namanya tidak boleh hanya blankon saja ya pak. kalo blankon
> saja harus fedora base. untuk distro lain harus ada embel-embel
> dibelakan blankonnya, kira kira sperti itu ya pak?

Ya, itu usulan saya, karena saya lihat
pengguna/penggemar fedora based juga besar.

Tapi jika akhirnya teman-teman di milis ini dan milis ubuntu
sepakat pakai BlankOn saja, saya ikut :-)

Rus

st sabri

to Bla...@googlegroups.com, id-u...@googlegroups.com
--------- GENERATED BY Rusmanto
DD : Tue, 15 May 2007 11:58:44 +0700
FROM : Rusmanto <r...@infolinux.co.id>

----

Dear Pak Rus,

untuk menggunakan nama ubuntu kayaknya harus ada "ijin" resmi deh kerna
itu menyangkut "trade mark" milik canonical. Selain itu "misi" dan
"ide" dasar pembahasan ini adalah melanjutkan BlankOn. Tapi Pak DAMT
terlalu antusia (dan maaf mungkin agak kesel dengan temen2 blankOn
hehehe .. jangan diambil ati) hingga mau kudeta segala atau bikin
distro baru. Kalo bikin distro baru maka "situasi" BlankOn akan tetep
begitu. atau setelah menyaksikan antusias id-ubuntu tim blankOn jadi
"terjaga" ... ya bagus aja :=))

usul saya sih tetap menggunakan nama BlankOn ... tinggal menunggu
pemilik BlankOn legowo apa tidak menerima perkembangan baru ini.

salam

fade2blac

to Bla...@googlegroups.com

:-)
kalau ditanya pribadi, saya keberatan. Kalau saya kemukakan alasannya
nanti bisa jadi trol hehehe.. Tapi demokrasi, saya serahkan pada
keputusan bersama. Tidak ada masalah dengan keputusan ganti ke Ubuntu.

Yang selalu jadi PR bukanlah memakai distro apa. Tapi bagaimana
mekanismenya sehingga distro ini bisa sustain. Ubuntu bisa sustain
karena ada Mark. Debian bisa sustain karena mekanismenya ketat. Kalau
Fedora dan OpenSuSE sudah jelas.

Jadi itu PR yang besarnya.

Silakan, jika mau dimulai.

--
fade2blac

Rusmanto

to Bla...@googlegroups.com
fade2blac wrote:
> [...]
> mekanismenya sehingga distro ini bisa sustain. Ubuntu bisa sustain
> karena ada Mark. Debian bisa sustain karena mekanismenya ketat. Kalau

Saya sependapat, itu masalah yang masih berat
untuk komunitas Linux di Indonesia.
Mudah-mudahan dengan pindah ke basis Ubuntu,
dapat dukungan yang lebih luas, dan ada yang bisa
dan mampu mempimpin developement dan maintenance dengan baik.

Jadi bisa dilepaskan keputusannya ke milis id-ubuntu
untuk mendiskusikan distro blankon 2?
Atau yang berminat blankon 2 diminta masuk milis blankon?

Rus

st sabri

to Bla...@googlegroups.com, id-u...@googlegroups.com

--------- GENERATED BY Rusmanto
DD : Tue, 15 May 2007 13:28:41 +0700
[...]

Dear Pak Rus dan BalnkOn-er,

untuk saat ini dari hasil "iseng-iseng" yg dilontarkan Pak DAMT.
tentang BlankOn sudah menjadi guliran bola salju. BlankOn 2 atau apapun
nanti namanya (dan sudah tampak mayoritas pengen nama tetap BlankOn).
Bola di tangan YPLI.

saat ini kita akan menentukan "format"; apakah id-ubuntu akan masuk ke
YPLI dan bersama-sama mengembangkan dan memaintain BlankOn atau
bagaimana? untuk tahun pertama sesungguhnya akan lebih baik BlankOn
di-urus pengurus lama dengan tambahan "tenaga" dari id-ubuntu, sambil
kaderisasi nanti ada "peremajaan" ; mungkin visi & misi juga bisa
dikembangkan lebih jauh. Misal YPLI menjadi "komersial" atau ada wadah
lain yg dibutuhkan itu langkah lebih lanjut.

Jadi silahken, "pemilik" BlankOn bermusyawaroh dan menyampaikan hasil
finalnya. Kira-kira pointnya sbb :

- Nama tetap BlankOn.
- Tim lama BlankOn tetap sebagai main aktor dibantu id-ubuntu.
- Rumah BlankOn tetap di YPLI atau di id-ubuntu, tampaknya id-ubuntu
harus juga berbenah karena hal ini sebelumnya mungkin belum terpikirkan
oleh mereka.

saya pribadi hanya penggembira dan masih "muallaf" dalam kemampuan
teknis per-Linux-an.

Usulan "content", basis, paket, dll menyusul setelah "masalah pokok"
diatas final. Apa perlu "kopi darat" lokasi saya di tuban, tapi siap ke
jakarta, jogya, atau wilayah di pulau jawa lain. paling jauh bali
deh :=))

salam

Mohammad DAMT

to Bla...@googlegroups.com
Pada hari Selasa, tanggal 15/05/2007 pukul 12:19 +0700, st sabri
menulis:

> untuk menggunakan nama ubuntu kayaknya harus ada "ijin" resmi deh kerna
> itu menyangkut "trade mark" milik canonical. Selain itu "misi" dan

Ya, embel2 Ubuntu harus ada ijin resmi.

> "ide" dasar pembahasan ini adalah melanjutkan BlankOn. Tapi Pak DAMT
> terlalu antusia (dan maaf mungkin agak kesel dengan temen2 blankOn
> hehehe .. jangan diambil ati) hingga mau kudeta segala atau bikin

Heheh bukan kesel sih, tapi sayang saja kalo ngga diteruskan.
Mau teruskan sendiri tenaganya sudah ngga ada, makanya minta bantuan
ubuntu-id yang tenaganya masih banyak.

Mohammad DAMT

to Bla...@googlegroups.com
Pada hari Selasa, tanggal 15/05/2007 pukul 05:36 +0700, fade2blac
menulis:

> kalau ditanya pribadi, saya keberatan. Kalau saya kemukakan alasannya
> nanti bisa jadi trol hehehe.. Tapi demokrasi, saya serahkan pada

Ya sudah jangan :-)

> keputusan bersama. Tidak ada masalah dengan keputusan ganti ke Ubuntu.

Ok, berarti +1 dari pak Sofyan juga.

> [...]
> mekanismenya sehingga distro ini bisa sustain. Ubuntu bisa sustain
> karena ada Mark. Debian bisa sustain karena mekanismenya ketat. Kalau

Betul pak, makanya saya usulkan pindah ke Ubuntu karena mau untung
(bukan ubuntung). Fasilitas disediakan oleh Canonical, jadi masalah
pengembangan sudah memadai tidak perlu buat baru lagi. Dukungan
komunitasnya juga cukup ramai dibandingkan yang dulu. Ya mudah2an saja
tetap ramai.

Mohammad DAMT

to Bla...@googlegroups.com
Pada hari Selasa, tanggal 15/05/2007 pukul 13:28 +0700, Rusmanto
menulis:

> Jadi bisa dilepaskan keputusannya ke milis id-ubuntu
> untuk mendiskusikan distro blankon 2?
> Atau yang berminat blankon 2 diminta masuk milis blankon?

Menurut hemat saya, kalau tetap pakai blankon ya pembahasannya dilakukan
di milis blankon. Biarkan ubuntu-id tetap juga melayani masalah2 di
Ubuntu upstream. Jadi tim lama blankon juga terus dapat mengikuti tanpa
harus pindah milis dan rumahnya tetap di bawah YPLI.

Kalau setuju silakan pak Rus ketok palunya :-)

Soal nama:
- BlankOn <- Saya lebih suka ini saja
- BlankOn II
- BlankOn ][ <- Mungkin ini sudah dimerek-dagangkan oleh Apple.

fade2blac

to Bla...@googlegroups.com
On Tue, May 15, 2007 at 10:17:28AM +0300, Mohammad DAMT wrote:

> [...]
> Ubuntu upstream. Jadi tim lama blankon juga terus dapat mengikuti tanpa
> harus pindah milis dan rumahnya tetap di bawah YPLI.

Btw dari ubuntu-id yang commit berapa orang? Sebelum diketok palu, bisa
dilist dulu yang bikin komitmen? Erwin? Priyadi? Daus? Yang lain?

> [...]
> - BlankOn <- Saya lebih suka ini saja
> - BlankOn II
> - BlankOn ][ <- Mungkin ini sudah dimerek-dagangkan oleh Apple.

Kalau Apple yang pegang bukannya jadi: iBlankOn?

--
fade2blac

Mohammad DAMT

to Bla...@googlegroups.com
Pada hari Selasa, tanggal 15/05/2007 pukul 07:34 +0700, fade2blac
menulis:

> Btw dari ubuntu-id yang commit berapa orang?

http://wiki.ubuntu-id.org/DistroBaru

Cuma agak khawatir juga orang2nya sering bercanda, jadi di tempat serius
macam di wiki juga masih bercanda :-/

> Kalau Apple yang pegang bukannya jadi: iBlankOn?

:-)
Maksudnya "][" nya itu. kan ada Apple ][

Rusmanto

to Bla...@googlegroups.com
Mohammad DAMT wrote:
> Menurut hemat saya, kalau tetap pakai blankon ya pembahasannya dilakukan
> di milis blankon.

Setuju, karena milis BlankOn telah lama kita jadikan
milis pengembangan distro BlankOn 2 yang terhenti itu.

> [...]
> - BlankOn <- Saya lebih suka ini saja
> - BlankOn II
> - BlankOn ][ <- Mungkin ini sudah dimerek-dagangkan oleh Apple.

Saya usul BlankOn II, Blankon 2.0, atau BlakOn 2007,
karena yang pertama itu ada tambahan 1.0
sehingga aneh kalau BlankOn saja.

Rus

st sabri

to Bla...@googlegroups.com, mohamm...@gmail.com
--------- GENERATED BY Mohammad DAMT
DD : Tue, 15 May 2007 10:38:47 +0300
FROM : Mohammad DAMT <mohamm...@gmail.com>

menulis:
> [...]

Cuma agak khawatir juga orang2nya sering bercanda, jadi di tempat
serius macam di wiki juga masih bercanda :-/

maklum pak banyak anak muda, tapi khan "pemuda harapan bangsa". Justru
bagus anak-anak muda akan menangani hal ini hingga bisa berumur
panjang, atau malah berantakan.

salam

Andy Apdhani

to Bla...@googlegroups.com
Mohammad DAMT wrote:
> Pada hari Selasa, tanggal 15/05/2007 pukul 07:34 +0700, fade2blac
>
> http://wiki.ubuntu-id.org/DistroBaru
>
> Cuma agak khawatir juga orang2nya sering bercanda, jadi di tempat serius
> macam di wiki juga masih bercanda :-/

Saya Insya Allah siap untuk commit membantu di BlankOn. Oh iya sekalian
memperkenalkan diri nama saya Andy dari milis sebelah. Tertarik untuk menjadi
pemaket pada BlankOn jika diperkenankan namun masih perlu bimbingan lebih
lanjut. Singkat saja perkenalannya dan salam kenal untuk semua penghuni milis.

--

[ Andy Apdhani ]
-

Herry Wibowo

to Bla...@googlegroups.com
Pada tanggal 15/05/07, fade2blac <sp...@postpi.com> menulis:

Ya, kembali lagi pada volunteer2nya, commit nggak pada tujuan awal.
Seperti pada post sy sebelumnya yang mengingatkan para volunteer agar
tetap teguh pada pendirian, kl msh setengah2 ya lebih baik jgn, buang2
waktu. Tp sy punya keyakinan kuat didalam hati bahwa project ini akan
tetap sustain. Semoga

--
Herry W.

Herry Wibowo

to Bla...@googlegroups.com
Pada tanggal 15/05/07, Majalah. Linux <majala...@gmail.com> menulis:

> [...]

Sekedar ide juga :

BlinkOn .... bagus jg kyknya...

--
Herry W.

Andi Darmawan

to Bla...@googlegroups.com
On 15/05/07, Andy Apdhani <imth...@gmail.com> wrote:

> [...]
> lanjut. Singkat saja perkenalannya dan salam kenal untuk semua penghuni milis.

Salam kenal juga untuk semuanya, nama saya Andi Darmawan atau Belutz.
Seperti Andy Apdhani saya dari milis sebelah dan tertarik untuk
menjadi tim pemaket. Walaupun saya belum pernah membuat paket, saya
berniat untuk belajar.

--
Andi 'Belutz' Darmawan
http://www.belutz.net

Muhammad Bayu

to Bla...@googlegroups.com

Saya juga insya Allah siap! Ga bercandaan kok walo saya suka bercanda ;). Yakin lah sumpah boss..

Muhammad Bayu

to Bla...@googlegroups.com
Woops, perlu pake nama asli yak :D. Sama saya juga dari milis kamar sebelah (lebih deket kan? :D). Nama saya Bayu ato mbay ato rametux. Sementara siap jadi tester aja dulu. Belajar dari bawah aja dulu deh. ;)

Herry Wibowo

to Bla...@googlegroups.com

> [...]
> (lebih deket kan? :D). Nama saya Bayu ato mbay ato rametux. Sementara siap
> jadi tester aja dulu. Belajar dari bawah aja dulu deh. ;)

Ayo ayo semangat semangat... yang lainnya ditunggu. Sy siap jd apa aja. Ayo....

--
Herry W.

di...@diki.or.id

to Bla...@googlegroups.com
> Saya usul BlankOn II, Blankon 2.0, atau BlakOn 2007,
> karena yang pertama itu ada tambahan 1.0
> sehingga aneh kalau BlankOn saja.

Salam kenal,

Mau sumbang masukan sedikit, kalau dari segi konsistensi dan brand
existing sepertinya "BlankOn" saja sudah perfect .
(Di booklet2 foss undp/unesco/iosn saya lihat citranya sudah ok dan
membanggakan tuh: BlankOn, Indonesian GNU/Linux, sayang kalo dirubah).

Kalaupun ada tambahan xxxx di belakangnya perlu dipikirkan juga apakah
itu versioning system yang terukur (2.1.8 misalnya), atau tahun rilis
(2007, cocok untuk skenario rilis setahun sekali seperti yg sedikit
disebutkan di milis), atau kalau sesuai rencana mas mdamt (rilis
bareng setiap versi Ubuntu) mungkin terbuka juga kemungkinan penomoran
versi ala ubuntu yang menggunakan kombinasi tahun bulan: 6.10, 7.04,
beserta codename pra rilisnya tentunya, "Gajah Gede" instead of "Gutsy
Gibon" misalnya ;)

IMHO sih tetap di nama BlankOn aja. Kalaupun mau menambah sedikit rasa
lain: semoga bisa ada kemungkinan juga untuk modifikasi visual
(blankon birunya diwarnai coklat-oranye ala ubuntu misalnya).

Sekedar masukan dari newbie :D
Regards,
Niwatori
www.diki.or.id

Herry Wibowo

to Bla...@googlegroups.com
Pada tanggal 16/05/07, di...@diki.or.id <di...@diki.or.id> menulis:

> [...]

> versi ala ubuntu yang menggunakan kombinasi tahun bulan: 6.10, 7.04,
> beserta codename pra rilisnya tentunya, "Gajah Gede" instead of "Gutsy

Sy setuju kl rilisnya setahun sekali, Tp dlm waktu enam bulan sudah
ada prarilis sehingga dlm kurun waktu enam bulan sisanya kita bisa
menambal lubang2 yang ada.

> IMHO sih tetap di nama BlankOn aja. Kalaupun mau menambah sedikit rasa
> lain: semoga bisa ada kemungkinan juga untuk modifikasi visual
> (blankon birunya diwarnai coklat-oranye ala ubuntu misalnya).

Wah, pengen jd artisnya nih, baca grokking the gimp dulu ahh....

--
Herry W.

Erwien Samantha Y

to Bla...@googlegroups.com
On 5/15/07, fade2blac <sp...@postpi.com> wrote:

> Btw dari ubuntu-id yang commit berapa orang? Sebelum diketok palu, bisa
> dilist dulu yang bikin komitmen? Erwin? Priyadi? Daus? Yang lain?

Meskipun belum pernah ngoprek paket2 untuk ubuntu/deb ..
Insya'allah aku bisa ikutan membantu2 ngoprek dan sekalian belajar2 lagi ..
So .. count me in!

Erwien Samantha Y

Mico Siahaan

to Bla...@googlegroups.com
Saya sempat buat beberapa paket untuk BlankOn 2. Saya terus terang
masih berminat untuk buat paket untuk BlankOn. Jadi, saya daftar ulang
ya. Btw, perlu segera sibuat guideline untuk pemaket nih. Bagi yang
pernah membuat paket ubuntu/deb sebelumnya, mohon bantuannya.

--
Mico Siahaan
---

Visit our shop: http://www.immanuelbookstore.com

Andy Apdhani

to Bla...@googlegroups.com
Mico Siahaan wrote:
> [...]
> ya. Btw, perlu segera sibuat guideline untuk pemaket nih. Bagi yang
> pernah membuat paket ubuntu/deb sebelumnya, mohon bantuannya.

Untuk quick start ini ada beberapa bacaan yang mungkin berguna sebelum guideline
resmi tersedia:
https://wiki.ubuntu.com/UbuntuDevelopment
https://help.ubuntu.com/6.10/ubuntu/packagingguide/C/index.html
http://www.debian.org/doc/maint-guide/
http://www.debian.org/doc/debian-policy/

Yuk ah mari & salam.

--

[ Andy Apdhani ]
-

Rusmanto

to Bla...@googlegroups.com
di...@diki.or.id wrote:

> IMHO sih tetap di nama BlankOn aja. Kalaupun mau menambah sedikit rasa
> lain: semoga bisa ada kemungkinan juga untuk modifikasi visual
> (blankon birunya diwarnai coklat-oranye ala ubuntu misalnya).

Ya, kelihatannya sudah mulai membulat
sepakat menggunakan nama BlankOn.

Berikutnya menentukan kode nama dan penomoran versinya,
apakah II (usulan mdamt), 2 (usulan rus),
2007 (seperti Mandriva), 7.10 (Ubuntu), atau yang lain?
Lalu apa kode rilis pertama di 2007 ini?

Rus

Erwien Samantha Y

to Bla...@googlegroups.com
> [...]
> apakah II (usulan mdamt), 2 (usulan rus),
> 2007 (seperti Mandriva), 7.10 (Ubuntu), atau yang lain?
> Lalu apa kode rilis pertama di 2007 ini?

Vote for BlankOn 2007 ! Biar keliatan fresh.
Untuk kode rilis "Sumpah Pemuda" kalau Rilisnya nanti bisa pas tanggal
28 Oct 2008.

Kenapa "Sumpah Pemuda", membuat kita tertantang kita bisa "bersumpah"
untuk bisa melanjutkan BlankOn ke rilis-rilis berikutnya.

Erwien Samantha.

sir BATS

to Bla...@googlegroups.com

Apakah harus pakai "code name"? Kalo saya lebih setuju tahun BlankOn
2007 - lebih mudah diingat dan ditandai oleh usernya. Tapi jadi mirip
Gentoo 2007.1 juga IGOS-Nusantara pakai kode ini kayaknya. Atau pakai
kode BlankOn 2.07 BlankOn 2-07 apa gitulah.

salam

--

Registered User :
Linux # 421968

Mohammad DAMT

to Bla...@googlegroups.com

Barusan iseng gunakan nama Konde:
https://launchpad.net/konde

Ini adalah tempat untuk Distro Baru nantinya. Isinya masih kosong.
Silakan para peminat untuk juga bergabung di launchpad untuk kolaborasi
lebih lanjut (buka akun di launchpad lantas klik url diatas dan pilih
join project)

https://blueprints.launchpad.net/konde/

Nanti dokumentasi ada di url ini. Beberapa rangka sudah ada di situ.

Kalau kurang sreg namanya bisa diganti lagi (mungkin bikin proyek baru
di launchpad dan isi konde dipindah ke proyek baru), ini saya buat hanya
untuk segera memulai.

Selain dokumentasi dan cetak biru, kita juga bisa mulai bikin tim di
situ.

Soal nama, saya +1 untuk "BlankOn 2".

Hansen

to Bla...@googlegroups.com
Sepertinya jadi bergairah lagi nih dengan ganti ke Ubuntu. Selamat aja
deh, saya mungkin blm bisa bantu2. Lagi males belajar yang lain ;-)
Kalau janji mau bantuin tapi ternyata loyo jadi enggak enak :-)

--
hansen
http://hansen.alfansa.org

Resza Ciptadi