Fonta Aksara Jawa Unicode

Putu Wiramaswara Widya

to BlankOn-dev
Selamat Siang

Agar pengembangannya menjadi lebih jelas, di waktu senggang ini saya
sudah rampungkan fonta Aksara Jawa yang sudah berbasis Unicode.
Walaupun belum rampung total, tapi diharapkan para pengembang untuk
mencoba-coba terlebih dahulu.

Fonta ini dibuat berdasarkan glyph yang ada di Font Hanacaraka
Freeware buatan Mas Budi Sayoga tahun 2006. Jika misalkan ada
alternatif glyph lainnya yang sudah bebas, maka tinggal di replace
saja.

Untuk basisnya, fonta ini menggunakan teknologi SIL Graphite. Tapi
anehnya, fonta ini tidak bekerja dengan baik pada pustaka Pango yang
ada di Ubuntu Lucid (mungkin belum mendukung sistem penulisan yang ada
di Unicode 5.2). Padahal Fonta Bali yang juga saya sudah buatkan versi
Graphite-nya bisa dirender dan dimanipulasi dengan baik (tentu dengan
tambahan pustaka "pango-graphite" dari repository
http://packages.sil.org/ubuntu)

Fonta ini juga bisa digunakan di OpenOffice.org baik di versi Windows
maupun Linux, jadi tidak perlu lagi risau mengenai masalah
penggunaannya dalam bidang pengetikan.

Untuk metode input, masih belum saya buat. Mungkin ada teman-teman
yang berniat membantu untuk pengembangan lebih lanjut.

Sekian dan terima kasih.

Lampiran :
* Jawa-Graphite.ttf <--- berkas fonta, silahkan salin ke folder ~/.fonts
* Jawa.sfd <-- sumber dari Font, bisa dibuka melalui aplikasi Fontforge
* Jawa.gdl <-- Tabel aturan-aturan penulisan berbasis Graphite

--
Putu Wiramaswara Widya
Siswa SMA Negeri 1 Semarapura

Blog : http://wirama.web.id
Gtalk : initrunlevel0
Facebook : http://facebook.com/wiramaswara
Twitter : @wiramaswara
Plurk : @initrunlevel0

Jawa-Graphite.ttf
Jawa.sfd
Jawa.gdl

Putu Wiramaswara Widya

to BlankOn-dev
Pada tanggal 25/10/10, Putu Wiramaswara Widya <initru...@gmail.com> menulis:

> [...]
> * Jawa.sfd <-- sumber dari Font, bisa dibuka melalui aplikasi Fontforge
> * Jawa.gdl <-- Tabel aturan-aturan penulisan berbasis Graphite

Oh iya, tidak lupa saya sertakan contoh rendering yang benar. Pada
gambar di lampiran, rendering yang benar untuk menuliskan kata
"Blangkon" ada pada jendela "LibreOffice" di sebelah kiri. Sementara
jendela di kanan menggunakan aplikasi Abiword yang pustakanya berbasis
GTK+ dan Pango.

Saya belum mencoba menggunakannya di Ubuntu Maverick. Kemungkinan
besar Pango yang sudah disertakan di versi tersebut sudah mendukung
penggunaan Aksara Jawa untuk proses rendering fonta.

Selection_004.jpeg

Mohammad Anwari

to blank...@googlegroups.com, Putu Wiramaswara Widya, BlankOn-dev

> Untuk metode input, masih belum saya buat. Mungkin ada teman-teman
> yang berniat membantu untuk pengembangan lebih lanjut.

Mohon sempatkan waktu untuk adakan lokakarya supaya benar2 ada yang membantu. Saya tidak yakin kalau teman2 sudah paham semua caranya.

princeofgiri

to Blank...@googlegroups.com
Maaf top posting,

Wah.. bingung.. ndak ngerti sama sekali saya.

:(

Putu Wiramaswara Widya

to blank...@googlegroups.com
Pada tanggal 26/10/10, princeofgiri <prince...@di.blankon.in> menulis:

> Maaf top posting,
>

> Wah.. bingung.. ndak ngerti sama sekali saya.
>
> :(

Wah kalau begitu saya buatkan postingan di blog aja lah [0]

[0] http://www.wirama.web.id/2010/10/fonta-dan-metode-input-aksara-jawa.html

Metode input juga sudah dibuat, jadi tinggal di-tes saja.
Pak Heri KOSLA kok gak nongol-nongol ya?

Mohammad Anwari

to blank...@googlegroups.com
Pada 26 Oktober 2010 13.53, Putu Wiramaswara Widya
<initru...@gmail.com> menulis:

> Metode input juga sudah dibuat, jadi tinggal di-tes saja.
> Pak Heri KOSLA kok gak nongol-nongol ya?

Mohon kode sumber skrip Graphite-nya dan langkah2 yang harus dilakukan
untuk membangun fontanya.

Putu Wiramaswara Widya

to blank...@googlegroups.com
Pada tanggal 26/10/10, Mohammad Anwari <md...@di.blankon.in> menulis:

> Mohon kode sumber skrip Graphite-nya dan langkah2 yang harus dilakukan
> untuk membangun fontanya.

Kode sumber *updated version* ada di lampiran, termasuk berkas metode
input untuk scim-tables (jawa.txt).

Untuk membangun fonta, perlu dipasang perangkat lunak grcompiler dari
repository http://packages.sil.org/ubuntu. Kemudian ttf fonta yang
masih mentah dipadukan dengan tabel Graphite dengan perintah :

$ grcompiler tabel.gdl fonta-mentah.ttf fonta-jadi.ttf

Untuk menggunakannya dengan Pango, harus memasang paket
"pango-graphite" dari repository SIL Graphite.

Sekian dan terima kasih

Jawa.txt
Jawa.gdl
Jawa.sfd

Mohammad Anwari

to blank...@googlegroups.com
Pada 26 Oktober 2010 17.39, Putu Wiramaswara Widya
<initru...@gmail.com> menulis:

> Untuk menggunakannya dengan Pango, harus memasang paket
> "pango-graphite" dari repository SIL Graphite.

Apa bedanya dengan yang ada di lumbung BlankOn?

Putu Wiramaswara Widya

to blank...@googlegroups.com
Pada tanggal 26/10/10, Mohammad Anwari <md...@di.blankon.in> menulis:
> Apa bedanya dengan yang ada di lumbung BlankOn?

paket itu bikin gtk+ membeku sejak zaman baheula :D

Mohammad Anwari

to blank...@googlegroups.com
Pada 26 Oktober 2010 17.45, Putu Wiramaswara Widya
<initru...@gmail.com> menulis:

> paket itu bikin gtk+ membeku sejak zaman baheula :D

Itu kode sumbernya ada di mana? (yang di SIL)

Putu Wiramaswara Widya

to blank...@googlegroups.com
Pada tanggal 26/10/10, Mohammad Anwari <md...@di.blankon.in> menulis:
> Itu kode sumbernya ada di mana? (yang di SIL)

saya nggak tahu, cuman saya dapetnya lewat perintah "apt-get source" saja.