LULUS DRIVING TEST..

Chief Seto

to tentangqatar
Melanjutkan posting saya terdahulu yaitu:

"MAU TAU KENAPA KENDARAAN DI QATAR SERING TABRAKAN ??'

Saya kabarkan bahwa pagi ini saya telah LULUS Ujian/Test dengan Polisi
utk mendapatkan SIM Qatar, Isya Allah selasa ini 25/11/08 SIM udh bisa
diambil di Karwa.

Mengenai sikap si Instruktur yg rada kurang bersahabat ternyata bisa
berubah 180 derajat setelah saya mengikuti tips yg dianjurkan di TQ.
Sebagaimana dianjurkan di TQ utk menggunakan pakaian yg rapi agar si
Instruktur segan dengan kita, saya coba mengikuti anjuran tersebut.
Biasanya saya menggunakan kaos dan jeans saja, tapi di hari ketiga
hingga hari terakhir course saya ga ganti baju kerja alias tetep pake
Coverall/Wearpack orange khas QatarGas lengkap dengan segala
atributnya. Kebetulan selama course saya diantar supir kantor langsung
dari Ras Laffan menuju Karwa di Industrial Area, jadi emg ga sempet
kerumah dulu utk ganti baju. Walhasil si Instruktur langsung manis
ngajarinnya, sama sekali ga mbentak2 lagi seperti sebelumnya, malah
nanya2in lowongan segala. Alhamdulillah, ternyata tips dari TQ emang
bener2 mujarab..

Setelah melewati course selama 7 hari berturut2 yg berakhir hari kamis
kemaren 20/11/08 saya langsung ikut police test hari ini tgl 23/11/08.
Masih dengan 'sengaja' menggunakan coverall QatarGas saya tiba di
Karwa sekitar jam setengah 5 subuh berdua dengan rekan sekantor saya
sesama Indonesian, Rezky. Kami menjadi yg pertama tiba di Karwa dan
saya mendapatkan kesempatan pertama utk test rambu2 lalulintas. Hanya
kurang dari semenit saya lolos test 5 macam rambu yg diajukan si
Polisi, lalu dilanjutkan dengan pocket parking. Saya dapet urutan ke 7
utk pocket parking dan Alhamdulillah langsung lolos dalam waktu
sekitar 3 menit saja, setelah itu langsung disuruh masuk bis utk
roadtest di Industrial Area.

Baru keluar beberapa ratus meter dari halaman parkir Karwa saya
langsung diminta pindah ke mobil utk test dan saya dapet urutan ke 6.
Polisi yg mendampingi test bener2 cool, santai en baik2 aja.. Ga
banyak comment dan sama sekali ga cerewet kyak si instruktur. Roadtest
rupanya agak menegangkan juga terutama bagi yg mendapat kesempatan
awal, soalnya kondisi jalan raya Industrial Area di pagi hari sangat
padat bahkan sempat terjadi kemacetan di runabout pertama, beda dengan
saat course. Orang Philipina yg mendapat kesempatan ke 3 adalah yg
paling sial, dia grogi setengah mati saat ketemu jalan macet bahkan
sampe jalan di tanah, lupa pake sen dan ga berani nembus kemacetan di
runabout saking banyaknya kendaraan berat dsitu. Akhirnya setelah bus
Karwa yg ngekor di belakang kami menghalangi kendaraan yg dtg dari
kanan barulah dia bisa masuk. Orang ke 4 juga bermasalah, mobilnya
mundur sendiri ampe 6 meter dari pertigaan. Rupanya dia masih belum
bisa ngimbangin kopling dan gas padahal handbrake udh diturunin. Si
polisi sempet ngediemin aja, tpi krn mundurnya makin jauh akhirnya
direm juga ama si Polisi dan org ini failed. Org ke 5 lumayan smooth,
ganti gigi dan beloknya juga smooth, cuma ga pernah inget pake sen dan
liat spion, akhirnya dia failed.

Setelah berputar2 dalam kawasan Industrial bergantian hingga 2 peserta
akhirnya tibalah giliran saya yg di tes. Alhamdulillah saya dapet
bagian di dlm area Street 46 yg sepi, jadi ga banyak gangguannya. Saya
berusaha se-relax mungkin tanpa mempedulikan ada polisi disamping
saya. Saya seperti nyetir sendirian dengan gaya nyetir saya yg
biasanya di Indonesia, saya berusaha ganti persneling selembut mungkin
tanpa mesin sempat meraung dan berbelok se-smooth mungkin tanpa
membuat posisi si Polisi bergeser dari tempat duduknya. Kurang dari 5
menit saya jalan tanpa ada kesalahan dan si Polisi nyuruh saya
berhenti utk berganti dengan peserta yg lain. Saat itu saya udh yakin
lolos krn si Polisi senyum2 aja sambil bilang 'goood..'

Setelah semua selesai kami kembali ke bus dan diantar ke kantor Karwa
utk melihat hasil test, dan diumumkan bahwa hanya 5 org yg failed
tidak termasuk saya dan Rezky. Kami lalu diminta kembali ke Karwa pada
hari selasa 25/11/08 utk mengambil SIM kami.. Alhamdulillah semuanya
berhasil dilewati dengan baik dan saya pun segera mengabari rekan2
dirumah, keluarga di Indonesia dan yg pasti pada atasan saya di kantor
krn emang dia yg concern bgt ama test saya hari itu.. Rasanya seperti
baru lulus UAN, tinggal rencananya sore ini kami akan merayakan
kelulusan dengan makan Pizza Hut bersama keluarga Najma
Bahagia.........

Syarif

to tentan...@googlegroups.com
Selamat buat Mas Seto & Mas Rezky.

Mudah2an ilmu drivingnya dipakai untuk membuat jalanan Doha lebih
manusiawi, aman dan nyaman.

BTW, saya kebagian pizza gak nih? :P

2008/11/23 Chief Seto <seto.b...@gmail.com>:
--
Wassalam
Syarif

Sudarmanto Muadji

to tentan...@googlegroups.com
selamat pak. coba di cek Nationality-nya bener ndak nulisnya ? :)

cakmanto

to tentan...@googlegroups.com
selamat buat chief dan keluarga Najma Bahagia...

iya, betulll...
sekalian cek Nationality di SIM, punya saya tertulis INDONSIA (typo - huruf E hilang)
tapi gapapa koq, 'kan di sini terbiasa dengan tulisan "Arab Gundul"

INDONSIA atau INDONESIA artinya sama aja... hehehe...

to tentan...@googlegroups.com
ceritanya seru banget tapi terkesan angkuh dech..

Angkuh ga angkuh tuh gmana yg baca aja..

Toh saya cuma ikut anjuran, menerapkan dan menceritakan 100% apa
adanya..
Point yg mana yg angkuh menurut saudara?

On 23 Nov, 16:36, jerry sosa <archimedes.bont...@yahoo.com> wrote:
> ceritanya seru banget tapi terkesan angkuh dech..
>
> ________________________________

Chief Seto

to tentangqatar
Sama2 pak syarief.. Terima kasih juga atas tips2nya..
Silakan dateng sore ini klo mo ikut pesta pizza bersama keluarga
Najma..

On 23 Nov, 15:13, Syarif <mysya...@gmail.com> wrote:
> Selamat buat Mas Seto & Mas Rezky.
>
> Mudah2an ilmu drivingnya dipakai untuk membuat jalanan Doha lebih
> [...]

Chief Seto

to tentangqatar
Buat CakManto dan Pak Edy,

Ok nanti saya coba cek spellingnya.. Tpi klo emg udh baku nulisnya
INDONSIA semua ya gpp, yg penting punya SIM he..he..

On 23 Nov, 16:05, Sudarmanto Muadji <cakma...@yahoo.co.id> wrote:
> selamat pak. coba di cek Nationality-nya bener ndak nulisnya ? :)
>
> cakmanto
>
> ________________________________

Reno Renaldi

to tentan...@googlegroups.com
Congrats Mas Seto dan Mas Rezky

Abu Hafifa

to tentan...@googlegroups.com
Rekans,
Ada yang punya tips, tulisan untuk membeli mobil second di Qatar?
Saya rencana, mau cari mobil second yang usia < 3 tahun, artinya masih dalam masa garansi.
Ada yang punya pengalaman?
Surat-2 apa aja yang biasa harus di perhatikan..?

Thanks.

Taufiq

to tentan...@googlegroups.com
saya sih beli >3 tahun -- tapi secara prinsip sama aja dengan beli mobil di indonesia - mesin & body harus sehat - yang lain-nya:

1. pengalaman saya - pelunasan di kantor polisi - sekalian balik nama, karena ada kemungkinan ada pelanggaran lalu lintas oleh pemilik sebelumnya -- nah pada saat balik nama ketauan apakah ada pelanggarana atau tidak sehingga harus di settle oleh pemilik kendaraan sebelumnya.
2. kasih tanda jadi secukupnya -- lalu minta copy istimara (STNK) untuk pengurusan surat pengantar dari kantor anda (anda perlu surat pengantar NOC - No objection letter - dari kantor anda untuk bisa BBN) -- saya ga ngerti isi NOC karena suratnya bahasa arab..
3. BBN di kantor polisi (saya dulu di madinat kalifa) dengan membawa NOC, ID card pembeli  & penjual - pembayaran dengan card (kartu kredit / debit ) ga bisa cash..
4. 5 menit istimara atas nama anda beres..
5. Jangan sekali2 melakukan pelunasan / pembayaran dengan jumlah yang besar sebelum BBN - pengalaman teman saya - istimara asli hilang dan pemilik sebelumnya udah balik kampung - ngga terlacak -- hiks

Fadjar A. Nugroho

Nov 23, 2008, 2:10:18 PM11/23/08
to tentan...@googlegroups.com
gak ngerti, apanya yang angkuh?

Iskandar A

Nov 23, 2008, 2:16:19 PM11/23/08
to tentan...@googlegroups.com

Kalo aku bilang sih malah menarik sajiannya

Aku kebayang kek baca koping ho gitu…

Makmuri Kasirun

to tentan...@googlegroups.com

Iya tuh saya juga bingung yg mana yg angkuhnya yah….

Kl yg say tangkep mah pengalaman yg successful once time test only

Dan malah bias buat belajar gimana trick dan ngetricknya biar bias lulus dalam satu kali test

Anyway ada trick khusus masalah teknik atau trick pd saat pocket parking apa ga ?

Missal tandrambu disini kita harus banting kiri abis ato kanan abis baru mindur ato maju, ato maju mundur dulu baru banting kanan ato kiri, ato malah ga banting banting mundur aja he….he…

Please yg punya trick tertentu ….tolong dishare…..

Syarif

to tentan...@googlegroups.com