[Tentang Qatar] Beli Mobil Seken

Syarif Achmad

to tentan...@googlegroups.com
Mumpung ada pertanyaan di milis tentang mobil seken, berikut ini bbrp informasi yg sempat aku kumpulkan seputar mobil seken.
  • Mencari mobil seken sumbernya bisa bermacam2, mulai dari koran, QatarLiving, iklan di supermarket (al Meera, Family Food Center, Food Palace, dll), iklan di intranet kantor dan juga di milis TentangQatar. Kita bisa dengan mudah mensortir dengan melihat mileage mobil tersebut. Kalo perhitungan kasarku, untuk pemakaian 12000-15000km per tahun itu masih wajar. Kalo lebih dari itu, kaya'nya mobilnya kerja keras tuh. Selain itu, rata2 temen2 lebih nyaman kalo beli mobil dari sesama Indonesia, atau paling tidak dari Malaysia/Spore. Walaupun sebenernya nggak semua orang arab memperlakukan mobil secara tidak wajar.
  • Kalo sudah ketemu yg cocok, lihat kondisinya. Secara feeling dan pengetahuan mesin dasar aja. Misalnya ternyata bener2 cocok harga dan spec-nya, bisa dipastikan dengan membawa mobil tersebut ke bengkel pengetesan mobil bekas yg banyak berjejer di salwa road. Biasanya mereka memajang plang "German Technology". Dengan membayar 200QR kita akan mendapatkan informasi lengkap tentang kondisi mobil. Tidak hanya melakukan cek kondisi mobil dengan komputer, mereka juga akan melakukan road test terhadap mobil tersebut.
  • Masalah surat menyurat, pastikan bahwa nama si penjual sama dengan yg ada di isthimara. Biasanya polisi tidak minta surat apa2 selain STNK dan asuransi.
  • Setelah benar2 mantap dengan pilihan Anda, langsung datang ke kantor polisi di Madina Khalifa, atau bandara atau dekat Wholesale market. Di situ kita tinggal menunjukkan istimara lama dan ID pemilik baru. BTW, jangan lupa untuk memastikan asuransi masih valid dan bila perlu transfer kepemilikan asuransi. Dengan membayar kurang lebih 200QR, prosesnya selesai. Tidak lebih dari 10 menit saja.
  • Tinggal bayar ke pemilik lama, selesai

Mungkin ada yg punya pengalaman lain?

--
Posting oleh Syarif Achmad ke Tentang Qatar pada 11/23/2008 02:38:00 PM

Chief Seto

to tentangqatar
Buat yg lagi cari mobil seken di Qatar, silakan buka www.qatarsale.com
Didalemnya byk ditawarkan mobil2 berbagai type yg mau dijual lengkap
dgn foto, spec, harga dan contact number si penjual..
Menurut saya ini malah lebih lengkap dari yg di QatarLiving, silakan
mencoba..

On 23 Nov, 18:55, Syarif Achmad <mysya...@gmail.com> wrote:
> [...]
> prosesnya selesai. Tidak lebih dari 10 menit saja.
> - Tinggal bayar ke pemilik lama, selesai

mikha

Nov 23, 2008, 9:54:59 PM11/23/08
to tentan...@googlegroups.com
Pak syarif Yth, bengkel pengetesan mobil bekas itu mengetes apa saja..?

apakah hanya mesin dan kaki kaki saja, ataukah bodi bekas tabrakan pun di tes...?

Regards

mikha

agus trianto

Nov 23, 2008, 10:36:18 PM11/23/08
to tentan...@googlegroups.com
Assalamu'alaikum,

Pengetesan mobil bekas sebelum membeli atau populer di qatar dengan computer test , sepertinya sudah menjadi kelaziman namun kalau pembeli sudah yakin mobilnya bagus dan percaya kepada pemiliknya ( biasanya temen sendiri ) nggak perlu di test.
Tapi menurut saya pribadi , sangat di anjurkan untuk di test saja , biar kita yakin mobilnya memang bagus karena di analisa secara detail dengan bantuan alat alat dan komputer ( terutama engine nya ). Sedangkan untuk bagian bagian body , chassis , kaki kaki dan bagian mechanical lainnya di check secara visual dengan teliti , kadang kita terhenyak waktu di kasih tahu oleh tekhnisi di situ , kadang ada yang chassisnya bengkok , bekas tabrakan dll , padahal nampaknya menurut kita mobil nya kelihatan bagus dan masih gress.

Trus setelah itu mereka akan ajak kita untuk drive test , di situ akan ketahuan mengenai ke-stabilan mobilnya , gear box nya masih Ok apa nggak , dan mungkin ada noise atau suara suara aneh dll.

Singkatnya , setelah semua di check , mereka akan kasih tahu hasilnya secara detail , dan sepanjang pengetahuan saya ( karena sudah berkali kali ganti mobil bekas ) mereka jujur  nggak ada pat gulipat atau kong kalikong atau apalah dengan pemilik mobil nya.

Saran saya bagi yang mo hunting mobil bekas , daripada ntar nyesal mending di check dan test di ahlinya sebelum di putuskan membeli.
Semoga bermanfaat.
Udah dulu mo berangkat gawe ....

Wassalam,
Agus 6559509

Abu Hafifa

to tentan...@googlegroups.com
Waalaikumussalam,
Thanks infonya...really useful
Diskusi lanjut...
Bagaimana dengan mobil yang di beli di luar Qatar, seperti Jordan, tapi sudah di register di Qatar..
Apakah aman jika di beli sebagai mobil second?
Apakah ada kendala dari masalah administrasi di Qatar? Termasuk jika di jual kembali? nantinya?

Ada yang nawarin, kondisi bagus dan harga menarik.

Mohon pencerahannya...

Salaam,