Membawa emas batangan ke Indonesia

Sasongko Adjie

to tentan...@googlegroups.com
Assalamu'alaikum,
Rekan2 TQers yang terhormat,

Mungkin topik ini pernah dibahas sebelumnya. Apakah kita bisa membawa pulang emas batangan/biskuit dari Gulf/Fardan exchange? Apakah bakal ada masalah di custom/bea cukai bandara Soetta? dan kalaupun lolos, kira2 gimana cara jualnya, apakah toko2 emas di pasar mau menerima?

Terimakasih

--
Thanks and regards,
Didik Adji Sasongko

bidin.u...@gmail.com

to tentan...@googlegroups.com
Kalau bawanya ga berkilo kilo, kantongin aja di celana atau di jas, ga ada masalah. Kalau ga salah kadar tola disini agak lebih ringan dibandingkan dengan emas aneka tambang, jadi harganya agak rendah dikit.

Sent from my BlackBerry® smartphone from Qtel

From: Sasongko Adjie <da.sa...@gmail.com>
Date: Fri, 13 Jul 2012 07:59:48 +0300
Subject: [tentangqatar] Membawa emas batangan ke Indonesia

Edy Suhendra

to tentan...@googlegroups.com
kalo transit via Dubai/Abu Dhabi hati-hati pak... semuanya pakai pintu scanner...

to tentan...@googlegroups.com
Hasil tanya-tanya ke beberapa toko emas di kotaku, emas batangan dari Singapura dan Middle East harganya akan berkurang antara Rp.3000 ~ 5000 / gramnya. Ayo siapa berani Jual ??

Yg lagi menikmati nikmatnya pantai penuh ombak dan berpohon kelapa.
Afif Umr

iskand...@gmail.com

to tentan...@googlegroups.com
Lebıh rıngan maksudnya gımana pak?

1 gram d qatar gak 1 gram d aneka tambang? :)
Atau 24 karat d qatar presentase kadar mas nya beda dr aneka tambang?
Setau sy kadar ada standardıze nya

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Date: Fri, 13 Jul 2012 06:52:11 +0000

Bidin Ulumuddin

to tentan...@googlegroups.com
Iya, yang beda kadar emasnya, mereka mengukurnya dengan cara diukur berat jenisnya, kadar masa dari sini sedikit lebih rendah dibandingkan dengan emas batangan aneka tambang, dia ukur dengan cara dicelupkan kedalam air sehingga bisa dit
entukan berat jenisnya.

wassalam, Bidin

makmuri dahlan

to tentan...@googlegroups.com
mas klo khawatir  susah baw titip aja depan rumah ga papa......

klo jual di indonesia toko emas yg besar mereka mau kok...

(sudah ditanyakan....)

Edyanto Kian

to tentan...@googlegroups.com

Kalo takut ribet dibandara dan malah bikin tidak nyaman, mending dijual atau nitip temen yg disini.

Doni Bharata

to tentan...@googlegroups.com
Emas batangan dari Gulf exchange tidak bisa dijual oleh orang yang
tidak membelinya dari gulf exchange. Mereka (GE) cek Qatar ID si
penjual, lalu mencocokkan dengan ID yang tertulis di nota pembeliannya
dulu.
Kalo tidak sama tidak diterima.

Jadi nota pembelian emas di GE berlaku sebagai sertifikat kepemilikan
emas yang tidak bisa dipindahtangankan.
Sudah saya konfirmasi hal ini ke GE.

On 7/26/12, Edyanto Kian <caked...@gmail.com> wrote:
> Kalo takut ribet dibandara dan malah bikin tidak nyaman, mending dijual
> atau nitip temen yg disini.

jhoni sahputra

to tentan...@googlegroups.com
saya rasa membawa pulang emas batangan tidak ada masalah, tapi gak tau juga klo ukurannya sudah berkilo-kilo yah. saya alhamdulillah beberapa kali bawa tidak masalah, tapi ya memang ukurannya gak besar. pengalaman pernah bawa dari kuwait, qatar, dan dubai. di dubai sendiri harusnya tidak masalah karena di transit airport kan memang ada yg jual bahkan sampe kiloan ukurannya.

di soetta yang paling mengkuatirkan ketika mau keluar airport, suka di suruh taro barang utk security check melalui scanner. pernah tas punggung saya yang di dalamnya ada emas beli dari luar dimasukin scanner sebelum keluar airport dan gak ada masalah, paling kalaupun mau pake trik, klo emasnya misalkan banyak batangan nya bisa di sebar-sebar (di koper besar bagasi di tumpuk2, di tas pinggang, di kantong, dsb) krn biasanya yg masuk scanner security check sebelum keluar cm 1-2 tas aja. tp klo bisa sih ya jangan terlalu gede ukuran nya jadi tidak perlu berurusan dengan bea cukai.

untuk jual di indo saya belum pernah, tapi klo titip di BRI syariah pernah dan sampai saat ini selalu ditebus kembali. utk titip di BRI syariah, mereka tidak lihat itu emas antam ataupun emas dari luar seperti suisse batangan, koin dengan lambang dubai / australia, ataupun batangan tolas yang bisa didapatkan dari toko emas india di lulu gharafa, BRI syariah menghargai sesuai dengan hitungan emas saat itu sesuai dengan gram-nya, bahkan orng bank-nya sempat kagum karena sangat jarang bisa lihat koin emas dari luar negeri dengan ukiran khas negara lain :)

Hery Bukhory

to tentangqatar
Di up lagi.. Mohon info yg pernah bawa emas batangan semisal 10 tola atau 100gr kira kira dibandara masalah tidak yah?

Abu Rayyan

to Milis TQ
Masbucho,

Sependek pengalaman kami saat demob last Jan 2017, bawa emas batangan dengan jumlah mencapai 100gr masih bisa dilakukan.
Dengan catatan, tola ada beberapa biji yg ditotal mencapai 10 tola.

Saya bawa sekitar 2 Tola di Hand Baggage, Istri bawa juga, dan 3 anak juga bawa masing² yg diselipkan di Tas mereka.

Kalau mau di declare juga bisa, bawa aja surat beli nya.
Untuk barang bawaan subject di atas USD250/orang, sepertinya kena pajak deh saat masuk Indonesia. Tapi klo keluarga, kalo ga salah max allowance USD1,000/pax.

Wassalam
Abu Rayyan