[Tentang Qatar] Tips Seputar Tiket Pesawat

Syarif Achmad

Feb 10, 2009, 1:20:29 AM2/10/09
to tentan...@googlegroups.com
Walaupun liburan summer masih lima bulan lagi, para expat Indonesia di Qatar sudah mulai ancang2 untuk mempersiapkan liburan, yang umumnya berencana untuk pulang kampung ke Indonesia. Aku sendiri sempat posting bbrp informasi mengenai bagaimana mendapatkan tiket murah, eTicket, cara menghemat tiket pesawat dan review Emirates Airline. Nah, berikut ini beberapa tips dari (lagi2) Pak Indra mengenai strategi pemesanan tiket pesawat udara.

Apa yang mempengaruhi harga Tiket Pesawat?
  1. Waktu Pesan, semakin jauh hari keberangkatan, semakin besar kesempatan untuk mendapat tiket murah
  2. Waktu Validasi, 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun. Semakin pendek waktu valid tiket, maka harganya akan semakin murah.
  3. Refundable or non refundable. Tiket dengan kondisi non-refundable (tidak bisa ditukar uang/dikembalikan) lebih murah dibanding tiket refundable.
  4. Endorseable or Non Endorseable. Non Endorseable (tidak bisa ditransfer ke pesawat lain) lebih murah.
  5. Fix date or Non Fixed Date. Fixed date lebih murah.
  6. Direct Flight or Stop Over. Direct Flight lebih mahal. Contoh Tiket Qatar Airways lebih mahal daripada tiket pesawat lain.
  7. Season. Peak Season (Summer, End Year, Haj) lebih mahal dari pada Low Season.
  8. Cabin Class. Kelas ekonomi juga masih terbagi lagi ke beberapa sub class seperti K, L, M, B, Q. Biasanya Q (quebec) class adalah kelas aling murah, tapi biasanya kurang fleksibel kalau kita mau ganti jadual atau terpaksa tambah biaya untuk di upgrade ke kelas ekonomi yang lebih tinggi, misalnya Economic class L atau M.
Bagaimana memesan tiket pesawat ke Indonesia di Qatar ?
  1. Lewat Travel Agent, seperti Mannai, Regency, Al-Deera dll. Di Qatar agen2 ini biasanya mengambil service charge 100 - 200 QR per tiket. Adapun keuntungan dengan cara ini adalah biasanya lokasi dekat dengan rumah dan bisa minta dicarikan alternatif tiket pesawat lain yang ada.
  2. Lewat Internet. Bisa di www.emirates.com atau www.qatarairways.com atau www.etihadairways.com. Keuntungan cara ini adalah bahwa kita ebih fleksible dalam memilih tanggal, lihat jadual penerbangan, pilih seat, bahkan memilih menu makanan dan kegiatan ini dapat dilakukan darimana saja. Selain itu, tidak ada biaya service charge travel agent. Pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan Credit Card atau datang ke Kantor Airline ybs. Begitu juga dengan konfirmasi, bisa dilakukan secara On Line maupun Direct.

Memesan Tiket Pesawat dari Indonesia ke Qatar.

Pemesanan tiket pesawat dari Indonesia ke Qatar sebaiknya dilakukan dari Travel Agent yang ada di Indonesia, harganya seringkali lebih murah daripada kalau beli di Qatar. Selain itu, memesan dari Indonesia juga lebih fleksible kalau terpaksa tukar jadual atau batal tiket.

--
Posting oleh Syarif Achmad ke Tentang Qatar pada 2/10/2009 09:07:00 AM

Chief Seto

Feb 10, 2009, 6:24:21 PM2/10/09
to tentangqatar
27 Desember 2008 kemaren saya pulang ke Batam naik Emirates. Berhubung
klo landing di Jakarta masih harus connecting lagi 1,5 jam terbang ke
Batam jadinya saya milih landing di Singapore aja trus lanjut nyebrang
pake ferry dari Harbour Front ke Batam Centre Ferry Terminal. Harga
tiket Emirates yg saya dapet juga lumayan murah, cuma QR1360, tapi
transit di Dubai dan Colombo. Klo pake Qatar Airways sih ga pake
transit, tembak langsung dari Doha ke Singapore dgn harga tiket saat
itu udh mencapai QR4600..

Alternatif pesawat dari Doha ke Singapore juga lebih banyak daripada
ke Jakarta. Dari hasil browsing saya lihat bisa pake Air Srilanka, Air
India, Air Philipine, Jet Airways, Royal Jordan, MAS, SAA, PIA dll
sesuai selera.

TAPIIII...

Saya nyesel juga naik pesawat transit2 gitu.. Niatnya sih mau ngirit,
ga taunya njerit..

Ternyata Emirates cuma allow bagasi 20kg doang buat penumpang ekonomi
ke Singapore, pdhl bagasi saya full oleh2 30kg belum termasuk hand
carry.. Jadilah saya harus bayar excess bagage QR1000 utk 10kg,
ampyuuun.. Lama perjalanan dari mulai keluar apartemen di Najma sampai
dengan masuk rumah di Batam yg jaraknya hanya 600m dari terminal ferry
total habis 25 jam. Begitu nyampe badan rasanya kyak patah2, pinggang
kyak encok, belum lagi besoknya masuk angin..

Ternyata di Dubai bandaranya guede bgt, mana kita harus jalan dari
ujung keujung utk pindah pesawat pula sambil nenteng2 hand carry dan
manggul ransel isi laptop dan handycam. Mending klo bandaranya sepi,
bandaranya kyak pasar induk kramatjati gitu, rame bgt, mau jalan aja
susah saking padatnya..

Pas boarding ke colombo ternyata didudukin bdua bareng bule yg
badannya guede bgt. Udh badan saya gede, duduk ama kingkong pula,
makin jadi saya ga bisa tidur karna duduknya harus miring terus biar
muat duduk bedua ama nih bule.. Pengen pindah duduk eh pesawatnya
penuh, nasiiib nasib..
Mana pesawatnya saat itu ga tau kenapa bau banget, pramugarinya ampe
bolak balik nyemprotin pengharum ruangan di cabin saking bau keringet
nyengat bgt.. Nyampe di Singapore udh maghrib (klo pake Qatar Airways
nyampenya siang), jadilah keburu2 naik MRT ke pelabuhan ferry supaya
ga ketinggalan last boat. Mau naik MRT juga ga gampang, naik turun
tangga juga, belum lagi di Harbour Front, mesti lewatin Mall padat dlu
sblm nyampe di terminal ferrynya..

Belajar dari pengalaman itu saya kapok naik pesawat transit2 lagi..
Murah tapi modar sama aja bo'ong, mendingan keluar duit lebih tpi
nyaman en ga kecapean karna harus transit2 dan gonta ganti pesawat..
Next time better I take direct flight from DOH to SIN by QR :(

On Feb 10, 1:20 pm, Syarif Achmad <mysya...@gmail.com> wrote:
> [...]
> Adapun keuntungan dengan cara ini adalah biasanya lokasi dekat dengan
> rumah dan bisa minta dicarikan alternatif tiket pesawat lain yang ada.

hermanto st.pangeran

Feb 10, 2009, 9:55:53 PM2/10/09
to tentan...@googlegroups.com
Halo teman2 di Qatar,
Salam kenal, saya mau test untuk bekerja di Saudi, tapi saya awam info
tentang Saudi.
Jika ada dari teman yg tahu every thinks tentang Saudi mohon bantu saya.
Terima kasih sebelumnya
Manto

Syarif

Feb 10, 2009, 10:50:14 PM2/10/09
to Chief Seto, tentan...@googlegroups.com
Kan waktu pesan tiket ketahuan bakalan transit dimana aja. Kalo
transitnya sampai dua kali sih memang lumayan capek.
Dengar2 kalo naik Qatar Airways DOH-CGK, sekarang tetap harus turun di
Singapore? Bener gak ya?

slamet riyadi

Feb 10, 2009, 11:18:21 PM2/10/09
to tentan...@googlegroups.com
   Betul Pak syarif.. di Singapore..kita harus turun dulu.
   pemeriksaannya juga sama ketat dengan abudabhi loh hehehehehehe

Fadjar A. Nugroho

Feb 11, 2009, 1:39:51 AM2/11/09
to tentan...@googlegroups.com
Chief Seto: Semua penumpang tujuan Asia selatan punya bau yang sama (sorry bukan racist tapi itu kenyataan)
Pak syarif:
Betul pak, itu security policy baru dari CIAS (Changi Intl Airport Service). Kita harus disembark, bawa semua barang-barang, trus masuk lagi ke ruang tunggu lagi melalui X ray. Tapi kalo mo belanja di duty free sempet ko.. asal gak lama2 ntar ketinggalan. Jadi mungkin bukan security policy kali ya, tapi memberi orang kesempatan untuk belanja, soalnya pendapatan Singapore Airlines dan CIAS lagi turun.

Untuk yang udah lama gak pulang, jangan lupa untuk tidak bawa cairan (minuman/jus/makanan bayi dll) yang lebih dari 100ml di kabin. Di check ini bagage boleh.
Detailnya di sini: http://ilmuterbang.com/

Daeng Igo

Feb 11, 2009, 7:10:44 AM2/11/09
to tentan...@googlegroups.com
Betul, Om. Kemaren saya harus turun ke Changi padahal bawa 2 babies
yang masih dibawah 3 tahun :) Alhamdulillah dari Singapore ke Doha
kedua-duanya tidur pulas di dalam baby basin. Thanks to Qatar Airways
:)

Edy Harjito

Feb 11, 2009, 10:08:50 AM2/11/09
to tentan...@googlegroups.com
Dari pengalaman saya pakai:
Qatar Airway : tempat duduknya sempit, saya pikir krn itu tujuan Indonesia saja, ternyata pernah nyoba QR dibayari kantor ke London juga sama sempitnya.
Emirates : nggak enak , transit di dubai 4 jam dan hrs turun/naik di changi
Etihad: pesawatya lega dan bagasinya bisa 50 kg.

Selama ini kalao beli tiket via online and CC.

Rgds, Edy

Rizal28

Feb 11, 2009, 1:55:31 PM2/11/09
to tentangqatar
Iya sayangnya sekarang QA mesti transit di Singapore untuk tujuan
Jakarta. Padahal saya sudah hampir pesan QA, bgtu tahu dari teman yg
baru pulang cuti dan mesti harus transit plus kena imbas random
periksa laptop di imigrasi Changi. Jadinya lebih baik naik maskapai
UAE aja yg transitnya duluan di UAE.

Saya coba tes pakai sistem booking duluan online dan bayar di office
Emirates Doha Airport malah jatuhnya labih mahal karena office
Emirates-Airport tidak bisa gesek kartu debit/CC dan mereka meminta
saya melakukan pembayaran di kantor travel QAS dekat counter check -in
airport, sayangnya yang ada saya mesti membayar service charge
tambahan 170Qr+harga tiket.

Jadi kalau memang mau murah lbh baik pakai kartu kredit saja lewat e-
ticketing, tidak ada charge macam-macam lagi.

Salam,
Rizal

On 11 Feb, 18:08, Edy Harjito <eharj...@gmail.com> wrote:
> [...]
> Etihad: pesawatya lega dan bagasinya bisa 50 kg.
>
> Selama ini kalao beli tiket via online and CC.

indrapur

Feb 11, 2009, 8:48:36 PM2/11/09
to tentan...@googlegroups.com
Beberapa kali saya bayar tiket Online di Kantor Emirate (dekat Lulu) dengan kartu Debit, gak ada masalah tuh?
Kenapa bayarnya di Kantor Emirate Airport yaa?

Wassalam,
IP

iyon maryono

Feb 12, 2009, 3:57:12 AM2/12/09
to tentan...@googlegroups.com

Kawan kawan yang Budiman,
Tipsa bagus sekali dan sangat berguna.

Saya mau tanya, ada saudara saya beli tiket J-D-J Qatar Airways, terus berhubung suatu hal, pulangnya dari Doha ke jakarta mau delay, barang sehari atau dua hari.
Kemana yang termudah saya arrange nya?. Tiketnya status open...apa kena charge juga.
Maunya sih jangan sampai arrange di jakarta, kejauhan...

Ditunggu sharing info dan tipsnya.

salam,

IYon

Feb 12, 2009, 9:57:42 AM2/12/09
to tentan...@googlegroups.com
Coba tanyakan ke Qatar Airways Customer Service No. 449 6666 dengan menyebutkan Code Booking atau No. Tiket atau paling jelek Nama keluarga dan tanggal keberangkatan.

Kalau masih ada seat, bisa di berikan sesuai dengan tanggal yang diminta.

Mudah2an Kelas tiket ekonominya bukan yang paling rendah, dan Qatar airways tidak mengenakan biaya tambahan.

Silahkan dicoba.

Wassalam,
IP

iyon maryono

Feb 12, 2009, 4:36:42 PM2/12/09
to tentan...@googlegroups.com

Terimakasih Bapak 2x saran sarannya.

UNtuk kasus seperti itu ternyata cukup mudah dan cepat solusinya. Alhamdulilah, problem nya sudah selesai. dan kena 50 USD = 200 riyal untuk tiket 6 bulan yang sudah habis, dan satu tiket lain free untuk 3 bulan. Memang kita harus datang ke counternya QA di doha banyak bisa dilihat di internet, kalau cuma telpon mereka tidak mau mengangkat, biar sampai naik darah juga hanya mesin saja yang jawab. Saya datang ke QA office di dekat Imigrasi, sebelum under pass land mark dari arah Al waab dekat lampu merah.

Setelah kita kasih tiket yang mau diubah, mereka akan check dan setelah OK, mereka akan print paper baru. Jadi memang kita harus datang ke QA, cepat dan mudah urusannya, jangan lupa kalau mau tanya tentang bagasi sekalian, saya dpt jatah 30 kg/orang. lumayan

Semoga bermanfaat, untuk yang punya kasus serupa dikemudian hari.

Iyon  BH6.

Feb 13, 2009, 12:23:45 AM2/13/09
to tentan...@googlegroups.com
Syukur alhamdulillah sudah terselesaikan masalahnya.
Selama ini saya tidak pernah mendapat masalah jika tilpon QA 4496666. Mungkin waktu itu sudah diluar jam kerja mereka.

Wassalam,
IP

uno

Feb 13, 2009, 8:13:29 AM2/13/09
to tentangqatar
Saya pernah ngalamin kasus yg sama seperti pak Iyon, dengan qatar
airways n dengan etihad juga, dua2nya sama kena cas juga, bedanya
pelayanan etihat untuk urusan ini lebih baik di banding qatar airways.
customer servicenya lebih pro aktif...menghubungi terus by phnoe
setiap hari mengabarkan seat availblenya, sampai akhirnya dapat juga
di hari terakhir sesuai yg kita ingin rubah jadwal tsb.

salam,

On Feb 13, 12:23 pm, indrapur <indra...@indo.net.id> wrote:
> [...]
> Selama ini saya tidak pernah mendapat masalah jika tilpon QA 4496666.
> Mungkin waktu itu sudah diluar jam kerja mereka.

iyon maryono

Feb 13, 2009, 1:15:19 PM2/13/09
to tentan...@googlegroups.com

Saya mau pulang ke indo, bawa Bayi usia +/- 3 bulan, bisa di share yang punya pengalaman seputar tips2x untuk memudahkan manage bayi ketika terbang, maklum pasti bayi sering nangis belum lagi harus transit di singapore.

Terimaksih, dan salam

iyon  BH6

robby robby

Feb 13, 2009, 2:22:28 PM2/13/09
to tentan...@googlegroups.com
Mas,

Kalo bawa bayi yg paling penting pada saat take off atau landing, harus disusui supaya gak nangis. jgn lupa minta baby cot pada saat pesen tiket dan minta tempat duduk deket pintu masuk.
sekian tips dari saya

Wasalam

Robbi
--- On Sat, 14/2/09, iyon maryono <i_mary...@yahoo.com> wrote:

New Email addresses available on Yahoo!
Hurry before someone else does!

Fadjar A. Nugroho

Feb 13, 2009, 4:35:41 PM2/13/09
to tentan...@googlegroups.com
Pak Iyon,
Pertama kali saya bawa bayi dari Doha, umur 40 hari. Di bawah ini beberapa tips dari saya, kalau salah tolong di koreksi.

koleksi tips ada di :
 http://ilmuterbang.com/index.php/blog-mainmenu-9/blog-umum-mainmenu-82/109-penerbangan-yang-aman-dan-nyaman
Semua gambar di link di atas adalah pesawat QR.

1. Check in tidak perlu bilang kalau bawa bayi, karena status tiket sudah infant. Maka jika naik QR akan di tempatkan di baris paling depan yang ada baby bassinet. gambar meja baby bassinet ada di link di atas. Jika anda ditempatkan di kursi lain karena kesalahan di check in counter, jangan sungkan2  untuk minta dipindahkan ke tempat dengan baby bassinet pada awak kabin (karena biasanya orang Indonesia agak nrimo). Kecuali kalau jumlah bayi melebihi jumlah baby bassinet di pesawat.

2. Pesan baby meal pada waktu check in. Biasanya akan disediakan baby meal seperti Gerber yang ada di Carrefour, tapi jangan lupa check untuk umur berapa di kemasan makanan tersebut karena mereka menyediakan baby meal tanpa ada kriteria umur (kriteria infant sampai dengan 2 tahun). Tapi kadang2 catering lupa memasukkannya biarpun kita sudah pesan. Atau rasanya tidak disukai bayi anda, jadi siapkan makanan bayi anda, kalau bisa jangan yang berbentuk cair.

3. Kalau bayi anda perlu makanan khusus dalam bentuk cair, anda harus menempatkannya di tempat yang berukuran maks. 100ml. Kalau tidak bisa maka anda harus berurusan dengan security bandara dan menerangkan makanan tersebut. Bahkan harus membuka dan mencobanya di tempat.  Susu bayi bubuk sangat praktis, karena anda bisa minta air hangat di pesawat.

http://ilmuterbang.com/index.php/blog-mainmenu-9/blog-umum-mainmenu-82/185-tidak-boleh-bawa-air-minum-ke-pesawat

4.  Pada waktu take off dan landing, untuk bayi +/- 3 bulan, anda diharuskan menggendongnya, jangan lupa minta infant seat belt untuk bayi anda. Baby bassinet akan dipasang setelah take off dan di lepas sebelum landing.

5. Di baby bassinet, bayi anda dapat tidur di depan anda, jangan lupa pakaikan sabuk pengaman karena turbulence bisa dan pernah melempar penumpang dewasa/awak kabin sampai ke langit-langit. Jika terjadi guncangan atau cuaca buruk, ambil bayi anda dan kenakan sabuk pengaman bagi anda sendiri dan bayi anda.

6.  Di toilet juga ada meja lipat untuk mengganti popok atau membersihkan bayi anda. Kalau bingung toilet mana yang ada mejanya, tanya saja pada awak kabin, toilet with baby table.

7. Pada waktu take off sampai ketinggian jelajah, dan pada waktu turun, susui, atau beri minuman di botol untuk menghindari sakit di telinga.

8. Konsultasi dokter sebelum terbang jika anak anda pilek, karena bisa menyumbat telinga dan hidung. Mungkin dokter mengijinkan terbang dengan diberi obat tetes hidung. Jika dokter khawatir, sebaiknya tunda penerbangan anda.

9. Jika terjadi dekompresi, (kabin pesawat kehilangan tekanan) pakai masker oksigen anda sebelum memakaikannya pada bayi anda. Jika anda memakaikan topeng oksigen ini pada anak anda sebelum anda sendiri memakainya, dikhawatirkan anda akan jatuh pingsan sebelumnya, atau bahkan sebelum anda selesai menolong anak anda memakai topeng oksigen.

10. Siapkan pakaian yang menutup seluruh badan bayi agar tetap hangat, karena suhu dipesawat antara 20-24 derajat C.

11. Beri minum/susu juga makanan sesering mungkin untuk menghindari dehidrasi karena udara di kabin sangat kering. Biasanya bayi yang kenyang tidak akan rewel di penerbangan.

12. Jangan lupa diaper (pampers), karena dipesawat tidak disediakan. Mungkin bisa bawa agak lebih banyak dari biasanya untuk mengantisipasi delay.

Kalau ada yang saya ingat lagi akan saya tambahkan.

fadjar

iyon maryono

Feb 13, 2009, 8:41:31 PM2/13/09
to tentan...@googlegroups.com

Pak FAjar
Terimakasih info dan tips.nya. sangat bagus. Pertanyaan tersisa.
1. Apa perlu membawa Baby sleeping Bag. (Tas Bayi). Buat tenteng2x bayi dibandara, atau didalam pesawat sekalipun. Ini tidak praktis sebenarnya, karena cukup berat. Apa enaknya di gendong saja ke dan selama di pesawat.
2. BAby Coat. Pesan dulu pas check in atau minta di pesawat?. Saya belum pesan pada saat buy tiket. spt kata Pak Ari.
3. SAya akan bawa susu bubuk, air mineral, dan air panas dalam jumlah satu botol aqua ini allowable di airport doha dan singapore ?.

Terimakasih, dan salam
IyoN

Apr 29, 2014, 12:33:59 AM4/29/14
to tentan...@googlegroups.com
mas, untuk harga tiket dari jakarta ke doha-qatar sekarang berapa ya? ada info tiket murah ke sana gak? terimakasih. mohon infonya