Big Players in Chip Design Buy Into India

dikshie

to tekno...@googlegroups.com

http://www.spectrum.ieee.org/mar06/3039

walah india lagi

--
-dikshie-

baskara

to tekno...@googlegroups.com
On 3/2/06, dikshie <dik...@gmail.com> wrote:

> http://www.spectrum.ieee.org/mar06/3039
>
> walah india lagi

Tenaga kerja di India yang "siap dididik" ada banyak. Wajar.
Chip maker: "Hi, I need persons to be assigned in IC design
division.How many do you have?"
IIT: "We have 800 now, Sir."

*hihihi..intermezzo saja..*

m.c. ptrwn

to teknologia

soalnya dulu tahun 1985 pas baru satu orang india yang paham IC design
, yang satu orang itu ngajak dan ngasih tahu ke tetangga, kawan dan
adik-adiknya supaya belajar IC design dan kerja di Intel :-)

-mcp

Arie Reynaldi Z

to tekno...@googlegroups.com

> soalnya dulu tahun 1985 pas baru satu orang india yang paham IC design
> , yang satu orang itu ngajak dan ngasih tahu ke tetangga, kawan dan
> adik-adiknya supaya belajar IC design dan kerja di Intel :-)

Tahun 1985 di Indonesia belum ada komputer pak :-D. Kampus saya dulu
di daerah grogol, ada fakultas informatika sekitar tahun 1994an..
sebelumnya.. boro2 bikin IC.. pake atari aja udah girang banget.. :-))

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id

m.c. ptrwn

to teknologia

taon 1985 juga orang india pada masih terkena bencana kelaparan dan ada
kejadian bencana gas beracun di Bhopal.

indonesia jelas masih jauh lebih enak saat itu. bahkan sampai pada saat
ini.

Iya gak bang david ? :-)

-mcp

baskara

to tekno...@googlegroups.com
On 3/2/06, m.c. ptrwn <cpat...@gmail.com> wrote:

> [...]
> kejadian bencana gas beracun di Bhopal.
>
> indonesia jelas masih jauh lebih enak saat itu. bahkan sampai pada saat

Setuju. Belajar desain IC belum tentu membutuhkan komputer. Modal
pensil, kertas, dan brainware. ;-) Belajar networking juga bisa begitu
asal caranya bener. Networking itu kan ilmu gaib, gak jelas wujudnya.
Cukup dibayangkan dan digambar saja. =))
btw. rekan seangkatan saya yang sekarang di Intel malaysia masih
teriak-teriak tuh cari orang bidang desain IC. :-)

David Sudjiman

to tekno...@googlegroups.com
m.c. ptrwn wrote:
> [...]
> kejadian bencana gas beracun di Bhopal.
>
> indonesia jelas masih jauh lebih enak saat itu. bahkan sampai pada saat

Tul! Rasanya kalo nda kepepet tuh ilmu jarang kepake. Rasanya semua pada
tahu ttg ilmu kepepet.

--
thx
David Sudjiman

http://www.davidsudjiman.info

David Sudjiman

to tekno...@googlegroups.com
baskara wrote:
> [...]
> btw. rekan seangkatan saya yang sekarang di Intel malaysia masih
> teriak-teriak tuh cari orang bidang desain IC. :-)

Ndak tau juga ya. Saya mungkin salah karena tidak mendapatkan angka yang
pasti.

Kebanyakan, angkatan dibawah kita pada umumnya punya niatan kalo belajar
komputer bisa gampang mencari kerjanya dan rata2 pada jadi sys/net-admin
(atau programmer). Itu mungkin karena banyak rekan2 seniornya pada jadi
begituan. Jadi, ya, 'tergantung temen' juga sih.

Mungkin kalo tempat diskusi seperti teknologia ini diperbanyak dan
orang2 seperti MCP dan rekan2 yang lain yang kerjanya yang rada beda.
Mungkin faktor influence seperti ini juga bisa diperbanyak.

Jadi inget dulu di warta ekonomi ada yang membahas mengenai buying
faktor dari sebuah buku. CMIIW, saya tidak ingat secara pasti angkanya.
10% orang beli barang karena melakukan riset terlebih dahulu, 20% orang
beli barang karena tergantung dari orang2 riset ini, sedangkan 40% orang
beli barang sebenarnya karena ikut2an saja. Contohnya windows, berapa
banyak yang bener2 membandingkan produk kemudian milih Windows dan
berapa yang ikut2an minta diinstallin photoshop n AutoCad :-).

Sama juga masalah kerjaan. Kalo networkingnya disitu2 juga, ya nda jauh
dari pohonnya deh :-)

Budi Rahardjo

to tekno...@googlegroups.com
On 3/2/06, Arie Reynaldi Z <rey...@gmail.com> wrote:

> Tahun 1985 di Indonesia belum ada komputer pak :-D. Kampus saya dulu
> di daerah grogol, ada fakultas informatika sekitar tahun 1994an..
> sebelumnya.. boro2 bikin IC.. pake atari aja udah girang banget.. :-))

Salah!
Sebetulnya tahun 1985 sudah ada lab IC design di ITB!
Kebetulan angkatan saya (81) sudah ada yang mengerjakan tugas akhir
membuat silicon compiler. Design IC waktu itu masih pakai yang
namanya stick diagram.
Saya waktu itu lebih banyak ke proses (tungkunya, dll.)
Kemudian waktu ke LN bidang saya memang IC design & verification.
Kawan2 saya ada yang di Intel, Synopsys, Mentor Graphics, Magma,
xilinx, dsb.

Balik ke Indonesia akhir tahun 1997. Cita-cita membuat perusahaan
IC design. Bikin proposal "bisnis plan". gak ada yang tertarik.
Banting setir ... :)

Sudah 5 tahun terakhir ini banyak tawaran untuk membuat
perusahaan IC design. bahkan uang startupnya sudah siap.
Tapi, saya sendiri sudah sibuk dengan urusan lain.
Jadi gak bisa.

Nah, sekarang di tempat kami ada pak Trio Adiono yang "baru"
pulang dari Jepang dengan IC design. Rencananya kami mau
buat perusahaan IC design. Tapi ... ternyata susah cari
ornag juga ya :(

-- budi

baskara

to tekno...@googlegroups.com
On 3/2/06, Budi Rahardjo <rah...@gmail.com> wrote:

> Nah, sekarang di tempat kami ada pak Trio Adiono yang "baru"
> pulang dari Jepang dengan IC design. Rencananya kami mau
> buat perusahaan IC design. Tapi ... ternyata susah cari
> ornag juga ya :(

Betul pak. Cari orang Indonesia memang susah. Rekrut orang India saja. :-)
Para doktor bidang IC design seharusnya ada banyak, tapi kebanyakan
ada di seberang lautan. ^_^

Estananto

to tekno...@googlegroups.com

--- Budi Rahardjo <rah...@gmail.com> schrieb:

> [...]
> pulang dari Jepang dengan IC design. Rencananya kami
> mau
> buat perusahaan IC design. Tapi ... ternyata susah

- Modal tidak masalah -> banyak tawaran modal startup
- Infrastruktur -> sudah dibangun dari tahun 1981,
walaupun bukan state-in-art.
- Reputasi tidak masalah -> Prof. Samaun, Dr. BR, Dr.
TA:-)
- Mahasiswa banyak berminat -> hampir tiap tahun ada
yang ikut lomba IC Design di Okinawa dari PAUME ITB.
- Susah cari orang? Apakah susah cari engineer,
expert, manager, atau leader? Kalau dua yang terakhir,
ya hire saja dari luar ITB, hehehe

Salam,
Nano

m.c. ptrwn

to teknologia
David Sudjiman wrote:
> [...]

> berapa yang ikut2an minta diinstallin photoshop n AutoCad :-).
>
> Sama juga masalah kerjaan. Kalo networkingnya disitu2 juga, ya nda jauh

Persis banget !! orang India pun ternyata begitu.

Jadi memang *sepertinya* harus ada "a goup of know-how people" yang
memberi tahu , memberi contoh dan memberi bantuan tentang bagaimana
untuk melakukan sesuatu dari A-Z. Dan jadi konsultan gratis untuk
kawan2 dan adik2nya , seperti di mailing-list :-)

Mungkin karena itu kali ya networkers di Indonesia sekarang ini banyak
banget .. hahahaha ... kena influence kita semua :-))

Maunya saya supaya networkers Indonesia mendunia termasuk ke valley
sepertinya berhasil nich . Sudah dikasih tahu caranya soalnya.
Kemaren ada yang nyeletuk "ooh caranya gitu ya carlos, sama kayak masuk
ke lingkaran, masuk pertama kali susah, tapi kalo sudah masuk gampang
kemana-mana".

-mcp

Estananto Estananto

to tekno...@googlegroups.com
Test dari masa lalu...

Budi Rahardjo

to tekno...@googlegroups.com
ternyata masih ada milis ini. ha ha ha

kukuh T Wicaksono

to teknologia
pengiriman email tertanggal maret 2021 , sekarang kan masih maret 2006 ?..ada apa aja di tahun 2021 kalau boleh tahu ?

On Fri, Mar 5, 2021 at 9:12 AM Budi Rahardjo <rah...@gmail.com> wrote:
ternyata masih ada milis ini. ha ha ha

--
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
---

Wibisono Sastrodiwiryo

to tekno...@googlegroups.com
kalo sekarang top posting masih ada yg marah gak ya?

--
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
---
Anda menerima pesan ini karena berlangganan grup "teknologia" di Google Grup.

Octavianus Setiawan

to tekno...@googlegroups.com
Halo Salam Kenal,

Wah masih hidup milis nya.. Bisa seru lagi gak ya.. :D

yudha satya

to tekno...@googlegroups.com
On Fri, Mar 5, 2021, 09:12 Budi Rahardjo <rah...@gmail.com> wrote:
ternyata masih ada milis ini. ha ha ha

--
Masih pak buat iseng2 Kalo bosen di sosmed

http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
---
Anda menerima pesan ini karena berlangganan grup "teknologia" di Google Grup.

Herdiansah

to tekno...@googlegroups.com
masih ada yang monitor kah? :D

--
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
---
Anda menerima pesan ini karena berlangganan grup "teknologia" di Google Grup.

Estananto Estananto

to tekno...@googlegroups.com
lha ini ada 6 orang yang balas email saya. Artinya ya masih ada yang baca :)

Hendy I.

to tekno...@googlegroups.com
On Fri, Mar 5, 2021 at 9:17 AM kukuh T Wicaksono <kuk...@gmail.com> wrote:
pengiriman email tertanggal maret 2021 , sekarang kan masih maret 2006 ?..ada apa aja di tahun 2021 kalau boleh tahu ?

Di tahun 2021 ada orang-orang yang tua mas ^_^ bener ga? :P

Estananto Estananto

to tekno...@googlegroups.com
2006 saat indah di mana mau keluar group nggak bakal ketahuan... :)

--
http://teknoblogia.blogspot.com/2005/02/tata-tertib-milis-v15.html
---
Anda menerima pesan ini karena berlangganan grup "teknologia" di Google Grup.

Ariya Hidayat

to tekno...@googlegroups.com
Grup terindah atau mantan terindah? :-)

--
Ariya Hidayat, https://ariya.io

Koen Wastbow

to tekno...@googlegroups.com

Gustaff Harriman Iskandar

to tekno...@googlegroups.com
Wah, masih ada 🤓

--
Gustaff H. Iskandar
Common Room Networks Foundation (Common Room)

udhien.net

to tekno...@googlegroups.com

Muhamad Doris

to tekno...@googlegroups.com
Salam kenal juga semuanya. Saya Doris, dosen Fisika di ITK Balikpapan