Kenapa yang Punya Uang Lebih Suka Agile?

Rizky Syaiful

to scrum-i...@googlegroups.com

Setelah dua bulan vakum, Podcast Organisasi Agile (POA) akhirnya kembali lagi!

Kenapa vakum? Itu karena saya memang menunggu-nunggu kamera dan mic yang bagus ada di tangan.

Dan akhirnya.. B-)

Terakhir di episode 2 saya bahas tentang tiga ciri Scrum Master yang buruk:

  1. Tidak hapal & paham Scrum Guide
  2. Tidak berani (menegakan proses)
  3. Tidak punya sifat agile (baca: sifat tangkas memperbaiki sesuatu / mencapai tujuan—mulai dari individu sampai organisasi secara luas)

Niat saya waktu itu memang akan banyak bahas tentang Scrum Master. Tapi diurungkan, akibat salah satu celetukan peserta training Scrum saya:

“Memang agile itu apa?”

Faktanya, tidak sedikit yang baru dengar kata ‘agile’. Hal tersebut menyulitkan untuk memahami Scrum.

Jadi saya pivot. Saya akan buat konten-konten tentang agile dulu, khususnya dengan dibandingkan dengan Waterfall—sesuatu yang lebih familiar di kepala orang-orang.

Itulah kenapa episode 3 ini bertajuk: “Kenapa yang Punya Uang Lebih Suka Agile?”

Di episode ini dibuka dengan hal mendasar: “apa saja sih yang dikhawatirkan oleh para penyandang dana?”

Meski kamu sudah mengerti agile, episode ini mungkin bisa membantu memperkaya cara kamu menjelaskan agile ke orang awam.

Enjoy! 😀

NB: Sekarang kamu juga bisa menonton dari Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=jnhqDgIRnQo Jangan lupa langgan channelnya.