Mari kita mulai belajar jaringan dengan ClearOS

komarudin syarif

to rpl-smkn5-solo
ClearOS ini yang Insya Allah akan kita pelajari pertama kali untuk RPL
Community di milis ini dan Kopasus IT pada khususnya. Untuk Kopasus
IT, kita mungkin akan adakan pertemuan setelah UTS (Insya Allah)..

ClearOS ini sangat bagus untuk orang yang baru belajar jaringan dan
saat ini banyak diterapkan di warnet, gameonline dan perusahaan karena
kemudahan dan kehandalannya.

Bagi yang tertarik untuk install di rumah akan kita uploadkan hari
kamis besok di http://192.168.102.254/smkn_tools

Saya sudah install ini di VirtualBox dan tertarik pada pandangan
pertama, karena biasanya setting server linux melalui layar hitam
putih, lha ini sudah lengkap di GUInya dan bisa diakses via web lagi..

Fasilitas jaringan cukup lengkap, antara lain PHP, MySQL, Apache untuk
Web Server, Squid untuk Proxy, Ip Tables untuk Firewall, Bandwidth
Monitoring, Load Balancing, Fail Over, Postfix untuk Mail Server..

Cuma DNS Server yang belum ada, tapi cukup mudah kalo mau install
paket di ClearOS, tinggal ketik "yum install bind" langsung deh DNS
Server di downloadkan dan diinstallkan secara otomatis..

Kita sambung lagi untuk review berikutnya ya..
Ato bagi yang sudah nyoba, silakan share disini (bisa opini ato pertanyaan)..

--
Regards,

Komarudin Syarif

Sucy Indrias

to rpl-smk...@googlegroups.com
ow gitu la trus pertemuannya setiah hari apa hari minggu apa hari apa pak?

to RPL SMK Negeri 5 Surakarta
permisi pak Komar kalau boleh ikut belajar jaringan seperti di atas
biar pengetahuan tentang jaringan lebih mendalam ???

On Oct 11, 10:29 pm, komarudin syarif <komarudin.sya...@gmail.com>
wrote:
> [...]
> kemudahan dan kehandalannya.
>
> Bagi yang tertarik untuk install di rumah akan kita uploadkan hari

anstand java

to rpl-smk...@googlegroups.com
misi pak , gak sabar dapet ilmu baru ... , he..he..he..

Yuda Pratama

komarudin syarif

to rpl-smk...@googlegroups.com
@sucyindrias, untuk pertemuannya nanti kita putuskan saat kita sudah ketemuan..

@yudha, kita pertimbangkan dulu, nanti kita putuskan setelah ada pertemuan..

guys, pagi sampe sore tadi saya ngajar mhs di salatiga tentang masalah
jaringan. Materi yang dibahas adalah firewall dan proxy server.
kebetulan sarana belajar disana sangat memadai sehingga prakteknya
bisa optimal. bayangin aja, bandwidth sekitar 8 Mbps langsung turun
melalui FO dari Indosat Semarang. trus untuk prakteknya kita dapat 8
ip publik yang bisa digunakan untuk bikin server semau kita.

Ngomong2 masalah proxy, pernah dikampus tersebut proxynya kena
serangan DoS sehingga koneksi 130 komputer di puskom menjadi lelet
sekali.
Pernah juga ada mhs iseng yang gunakan proxy tsb utk mempercepat akses
internetnya..

Nah, pertanyaannya bagaimana kita tahu proxynya terkena serangan Dos?
dan bagaimana juga kita tahu kalo ada mhs iseng yg gunakan proxy kita?
trus bagaimana cara menanggulanginya bro?

Ni bukan tugas sekolah lho, tapi bagi siapa yang tahu silakan share disini...
Masih ada yg belum tahu? Temukan jawabannya nanti setelah tim Kopasus
IT ini kita gembleng dan mensharenya disini..

komarudin syarif

to rpl-smk...@googlegroups.com
Yap. Insya Allah...

--
Regards,

Komarudin Syarif

Yuda Pratama

to rpl-smk...@googlegroups.com
kalau setau saya , ddos itu kayak serangan dengan memenuhi bandwith jaringan :D
jadi kalau semakin padat traffic kan semakin lelet pak .
analoginya kayak 1jalan raya kecil yang lewat 50truk pasti akan macet

CMIIW

komarudin syarif

to rpl-smk...@googlegroups.com
yap, benar..

tapi ada juga serangan DoS (Denial of Service) yang menyerang hardisk,
memory dan processor sehingga hardware tersebut menjadi hang ato
jebol..
jadi tujuan dari DoS ini adalah agar server not responding ato crash
sehingga tidak bisa diakses lagi..

dan perlu dingat baik-baik bro!! mereka membuat server crash itu
dengan teknik pemrograman dan script tertentu secara remote, bukan
dengan mendatangi server lalu membanting server tersebut..:D

Yudha Ariyanto

to RPL SMK Negeri 5 Surakarta
menurut saya klau pengen tau di lacak ip.nya dan di lihat waktu
penggunaannya ...

On Oct 12, 8:56 pm, komarudin syarif <komarudin.sya...@gmail.com>
wrote:
> [...]
> Masih ada yg belum tahu? Temukan jawabannya nanti setelah tim Kopasus
> IT ini kita gembleng dan mensharenya disini..

komarudin syarif

to rpl-smk...@googlegroups.com
Bisa juga dilacak IPnya, tapi ada juga serangan jenis DoS yang
memalsukan IP Address, jadi penyerang menggunakan IP Address komputer
lain untuk menyerang sasaran. nama serangan ini disebut IP Spoofing..

Pertanyaan lebih teknis lagi, bagaimana cara melacak IP Address
penyerang dan waktu serangannya?

Yuda Pratama

to rpl-smk...@googlegroups.com
trace ip ?

Sucy Indrias

to rpl-smk...@googlegroups.com
waw bikin g sabar aja pak :)

> [...]

--
Anda menerima pesan ini karena diwajibkan ikut milis ini oleh Guru RPL anda

Sucy Indrias

to rpl-smk...@googlegroups.com
ilmu anak2 TKJ beneran di ajarkan kan pak?

Sent: Wednesday, October 12, 2011 9:32 PM

Yap. Insya Allah...

> [...]

--
Anda menerima pesan ini karena diwajibkan ikut milis ini oleh Guru RPL anda

Jan Adi Purwoko

to rpl-smk...@googlegroups.com
tkj tkj tkj

Yudha Ariyanto

to RPL SMK Negeri 5 Surakarta
waduh .... tambah detail ....

On Oct 12, 10:40 pm, komarudin syarif <komarudin.sya...@gmail.com>
wrote:
> [...]
> lain untuk menyerang sasaran. nama serangan ini disebut IP Spoofing..
>
> Pertanyaan lebih teknis lagi, bagaimana cara melacak IP Address

Yuda Pratama

to rpl-smk...@googlegroups.com
setau ku :D
kalo tkj itu lebih terfokus ke ISP :Peace:
CMIIW

jadi yg namanya web developper harus tau dong berapa bendwith yg kita butuh  , kita make ip berapa , kita make dns apa , dan kita juga harus tau pertahanan kita ( firewall )

CMIIW ( cendol me if i wrong :Peace: )

Yudha Ariyanto

to RPL SMK Negeri 5 Surakarta
kayak.nya masih banyak ilmu yang harus ... kita pelajari di sini ,,,,

On Oct 13, 6:36 pm, Yuda Pratama <folkwa...@gmail.com> wrote:
> [...]
>
> jadi yg namanya web developper harus tau dong berapa bendwith yg kita butuh
>  , kita make ip berapa , kita make dns apa , dan kita juga harus tau

anstand java

to rpl-smk...@googlegroups.com
say good , for u all

komarudin syarif

to rpl-smk...@googlegroups.com
Kurikulum TKJ tiap sekolah beda-beda, minimal ilmu yang harus mereka
kuasai adalah hardware komputer dan jaringan, bisa setting dan
troubleshooting keduanya..

Saya pernah ngelola sebuah ISP dan Warnet, pengalaman saya kalo kita
ingin melihat dari sisi bisnisnya, tenaga pengelola server itu lebih
mahal daripd tenaga teknisi jaringannya lho gan..

Kalo tenaga teknisi komputer dan jaringan fokus pada hardwarenya, maka
seorang server administrator fokus pada softwarenya. apa beda
keduanya? bisakah kedua skill ini kita kuasai semua?

Pada praktek dilapangan, kita sering melihat jarang yg melakukan kedua
skill tsb, meskipun secara teori menguasai tapi pd prakteknya mereka
harus memilih salah satu dari kedua skill tersebut..

Coba kita tanya pd teman yg ahli jaringan, yang biasa panjat tower,
melakukan pointing dan biasa setting mikrotik, apakah mereka juga
sering melakukan setting DNS Server, Web Server, Proxy Server, Mail
Server, dan Server2 lainnya? kalo ya, saya acungan jempol deh..

Maka dari itu, jaringan yang pas untuk dipelajari RPL Community ini
adalah pada software..hardware perlu kita kuasai tapi fokus kerjanya
adalah pada server administratornya..

Ada pengalaman menarik, saat saya crita pd teman kalo kita konfig
router, firewall, transparent proxy pake linux ubuntu server, dia
sangat kaget, oo ternyata ubuntu bisa juga ya buat yang demikian,
setahunya hanya mikrotik yang bisa spt itu (belum tahu dia kalo
mikrotik itu kernelnya juga pake linux lho :-))

Oke gan, kalo sudah tahu arah belajarnya nanti mo jadi apa, let's take
action together!!

--
Regards,

Komarudin Syarif

Yuda Pratama

to rpl-smk...@googlegroups.com
FYI ,, kemarin sempet ngomong" sama temen yg bisa mikrotik , katanya satu warnet sekali masang mikrotik bisa 1,5 juta , itu juga kerjanya cuman sehari
sedangkan mikrotiknya katanya gag terlalu susah untuk di pelajari , asal banyak pengalaman pasti bisa ,,, kata temen saya

tapi ...

samai sekarang gag ada yg nawarin tutorial mikrotik gratis :hammer:
butuh perjuangan kalo mau belajar itu , dan hasilnya juga sangat menggiurkan :D ....

so ,, pengalaman adalah segalanya .... :ngacir:

Jan Adi Purwoko

to rpl-smk...@googlegroups.com
betul mas yuda,
pengen belajar ga ada yang ngajari. :D

komarudin syarif

to rpl-smk...@googlegroups.com
Ga ada tutorial mikrotik gratis?
Ga ada yg ngajari?
Ga ada pengalaman?

Itu namanya mental block yang bisa menghalangi kita untuk menguasai
sesuatu..harusnya ini menjadi tantangan bro..

Saya pernah install mikrotik untuk warnet mengandalkan otodidak dan ga
punya pengalaman sama sekali dengan mikrotik sebelumnya lho..
Bukannya pengin narsis, tp kalo semua itu kita jadikan tantangan dan
kita enjoy dengan itu, hasilnya akan spektakuler..

Calon programmer tu harus siap dengan tantangan dan siap lembur..

note: "Bahasanya kayak motivator ternama ya" :D

Muhmmad Ridho Alfin Alfin

to rpl-smk...@googlegroups.com
Hmmmmm lama lama menyenangkan juga sedikit membaca diskusi diskusi dari Team Kopasus IT...
Sebenarnya dalam sebuah Team Garuda Di Dadaku terdiri dari 11 personil personil, tapi kok Team Kopasus IT ini di batasi 10 personil saja ya..?
Tambah satu mungkin bisa seperti Garuda Di Dadaku !
Dari nama Team nya saja sudah terlihat mencerminkan persatuan Ina Weeeessssseee ^_^

Dari: komarudin syarif <komarudi...@gmail.com>
Kepada: rpl-smkn5-solo <rpl-smk...@googlegroups.com>
Dikirim: Selasa, 11 Oktober 2011 22:29
Judul: [RPL SMKN 5] Mari kita mulai belajar jaringan dengan ClearOS
[...]

Yudha Ariyanto

to RPL SMK Negeri 5 Surakarta
mungkin klau mau belajar sendiri dengan memanfaatkan mbah google
mungkin bisa teman - teman karena klau ada niat dan kemauan pasti ada
jalan ...

On Oct 14, 8:03 pm, komarudin syarif <komarudin.sya...@gmail.com>
wrote:
> [...]
>
> Calon programmer tu harus siap dengan tantangan dan siap lembur..
>
> note: "Bahasanya kayak motivator ternama ya" :D

komarudin syarif

to rpl-smk...@googlegroups.com
@alvin: Kalo Garuda di Dadaku prestasinya bagus mungkin kita bisa
nambah 1 lagi, lha ini kalah kok terus-terusan, apa pelatihnya perlu
diganti ama wim cycle aja ya?? :D
Ini milis untuk RPL Community lho, bukan untuk Kopasus IT aja..Kopasus
IT kita bentuk karena untuk praktek ada keterbatasan fasilitas, jadi
timnya sementara 10 dulu...gitu bro..

@yudha: btul 3x...

Sucy Indrias

to rpl-smk...@googlegroups.com
iya pak betul

Sent: Friday, October 14, 2011 8:03 PM

> [...]

--
Anda menerima pesan ini karena diwajibkan ikut milis ini oleh Guru RPL anda

Sucy Indrias

to rpl-smk...@googlegroups.com
:) pasti

Muhmmad Ridho Alfin Alfin

to rpl-smk...@googlegroups.com
@Komandan 1 : kalo prestasi itu masih sementara ndan, masih bisa di rombak total.. yang penting semangat nya buat maju ada KENAPA TIDAK??? :) :)

Dari: komarudin syarif <komarudi...@gmail.com>
Kepada: rpl-smk...@googlegroups.com
Dikirim: Jumat, 14 Oktober 2011 21:50
Judul: Re: [RPL SMKN 5] Re: Mari kita mulai belajar jaringan dengan ClearOS