OJT / PRAKERIN / PKL

anstand java

to rpl-smk...@googlegroups.com
Assalamualaikum
selamat malam semua , masih bingung soal pkl , dari sekolah sendiri ada rekomendasi apa tidak siswa rpl ini nanti mau di bawa ke arus mana ? , soalnya jarang ada kejelasan secara detail dan bisa dipahami secara ringkas , bukan apa-apa , tapi kami butuh sebuah kejelasan kita nanti mau di arahkan ke mana setelah kami lulus nanti ?
tak usah jauh-jauh terlalu kedepan , untuk even yang dekat ini saja , pengarahan pklpun baru sekali , tapi langsung ada pemberitahuan kalo bisa ambil, formulir pkl , nah di sini kami temukan semacam bug (he..he..he..) seolah-olah belum ada persiapan tentang kegiatan pkl ini, bingung ? ya jelas... , pasti ... , bagaimana tidak , sekarang kita back lagi , pengarahan dilakukan berapa kali ? pengarahn itu mengacu tentang apa ? , standar minumum requirement ? standar yang harus mencakup materi pembelajaran disekolah ? , hemm kami belum terlalu paham n berikan penjelasan yang simpel dan jelas , sesuaikan dengan kemampuan kami menangkap sebua informasi, seoalh2 hanya sebuah formalitas untuk standaritas sekolah , lalu apakh setelah sekali kami di arahkan kami semua bisa menangkap apa yang disampaikan ? maaf bapak dan ibu guru kami yang sangat kami sayangi,cintai,hormati, dan yang sangat kami banggakan sebagai orang tua kami di sekolah , kami butuh perhatian yang real dari bapak dan ibu guru kami , tolong perhatikan kami , perhatikan apa yang akan kami temui setelah kami harus menghadapi arus kehidupan yang nyata , kami membutuhkan bekal yang bapak/ibu guru bekalkan kepada kami , mohon dengan sangat , lihat kami juga , maaf jika terlalu kritis , karna saya masih melihat banyak temen2 yang bingung dengan perihal pkl , yang mereka tahu , mereka akan melaksanakan pkl , tapi mereka masih bingung dengan itu , begitu juga dengan saya pak (he..he..he..) ini opini saya pak , bu , harapan saya , apa yang saya ucapkan ini tidak mengurangi kasih sayang da perhatian kepada kami / kususnya saya , mhon maaf bila ada salah kata , bila baik mhon di jadikan tolak ukur / koreksi / silahkan dimanfaatkan debagaimana mestinya , tapi apabila tidak berkenan di hati , anggaplah apa yang saya katakan ini hnya untuk sekedar bercengkrama / bercanda / hal-hal lain ......
sekiranya itu yang ingin saya sampaikan , terima kasih
wassalamualaikum .... :-)

Yuda Pratama

to rpl-smk...@googlegroups.com
nyimak sik , jujur sih bingung :D ....

2011/12/9 anstand java <anstan...@gmail.com>

--
Anda menerima pesan ini karena diwajibkan ikut milis ini oleh Guru RPL anda
Nama Group "RPL SMKN5 SOLO"

--

regards
-- yuda pratama --

Komarudin Syarif

to rpl-smk...@googlegroups.com
Ada apa bro, kok pada bingung?
Bingung nyari tempat PKL kah?
Ato bingung kemana stelah lulus nanti?
Ato bingung belum punya gambaran ttg PKL itu apa dan bagaimana?
Jujur bro, saya juga bingung, ttg apa yg dibingungkan

2011/12/9 Yuda Pratama <folk...@gmail.com>

Komarudin Syarif
330.gif

Yuda Pratama

to rpl-smk...@googlegroups.com
boleh tanya sesuatu ngga pak

contoh perusahaan It di solo itu mana ?
dan perusahaan yg sesuai dengan kompetensi yg kita pelajari itu apa saja
biar ada sedikit gambaran .

2011/12/9 Komarudin Syarif <komarudi...@gmail.com>
330.gif

Komarudin Syarif

to rpl-smk...@googlegroups.com
Urun rembug. Sebelum kita mencari perusahaan untuk PKL ada baiknya melihat minat kita dulu tertarik IT pada bidang apa, apakah pada pembuatan web, web programming, teknisi komputer, jaringan, game, java progamming, multimedia atau yang lainnya..
Ini penting diidentifikasi karena salah satu tujuan dari PKL adalah untuk mengembangkan skill kita dibidang yang diminati. Akan kurang bermanfaat PKL kalo kita masih blm jelas arah dan tujuannya.
Jangan terjebak dengan materi yg diberikan guru di kelas, karena itu hanyalah batu loncatan untuk masing2 siswa agar dapat melompat lebih jauh sesuai dengan minat yg disukai. Semuanya kembali ke diri masing2.

Kalo minat sdh teridentifikasi, ada 2 pendekatan utk mencari tempat PKL:
1- Mencari tempat PKL utk studi kasus anda. Misal: kita minat pd pembuatan web, lalu kita mencari sekolah yg belum punya web dan kita tawarkan diri utk PKL disana dengan target utama membuatkan web sekolah tsb. Dari situ kita bisa belajar tahapan riil dlm membuat web mulai dr pengumpulan data, desain, sampai upload ke hosting. Biasanya yg cocok dengan pilihan ini akan memiliki mental wirausaha.
2- Mencari tempat PKL utk belajar budaya kerja. Misal: kita minat pd pembuatan web, lalu mencari perusahaan pembuatan web yg sdh mapan utk belajar proses bisnis dan kerja dlm pembuatan web tsb. Bagi yg berminat dengan pilihan ini disarankan utk mencari perusahaan yg besar dan bonafit. Tidak harus perusahaan IT karena saat ini banyak perusahaan besar terutama di Solo yg sdh memiliki Departemen IT sendiri. misal: Tiga Serangkai, Konimex, Batik Keris, Tyfountex, dll

So, banyak pilihan tempat utk PKL. Tapi yg terpenting dari itu adalah tentukan dulu minat anda pada apa, baru deh cari tempatnya..Kalo minat blm teridentifikasi pasti akan bingung seperti ayu ting-ting, kemanaa... kemanaa... kemanaa..
2011/12/10 Yuda Pratama <folk...@gmail.com>

Komarudin Syarif
330.gif
333.png

Muhmmad Ridho Alfin Alfin

to rpl-smk...@googlegroups.com
Wkwkwkwkkkkk Iki komentar opo gawe laporan sih breoo ? Wkakakakk Minimal tapi Elegan Dooonnnnggg :P

Dari: Yuda Pratama <folk...@gmail.com>
Kepada: rpl-smk...@googlegroups.com
Dikirim: Jumat, 9 Desember 2011 23:23
Judul: Re: [RPL SMKN 5] OJT / PRAKERIN / PKL

Komarudin Syarif

to rpl-smk...@googlegroups.com
@ Muhmmad Ridho Alfin: Karena keterbatasan ilmu, mohon kami diajarin bagaimana cara membuat komentar minimal tapi elegan..

2011/12/11 Muhmmad Ridho Alfin Alfin <alvin...@yahoo.com>

Komarudin Syarif

anstand java

to rpl-smk...@googlegroups.com
heeemmmm , gitu ya pak , nah kalo ada pengarahan gini kan enak pak , kami jadi punya sedikit gambaran , ha..ha..ha.. , terima kasih pak komar , atas pengarahan'nya ...

probo hasmoro

to rpl-smk...@googlegroups.com
hahahaaha..... begitu aja koq repot.... datangi pak agus s ato bagian yg mengurusi PKL.. tanya sejelas2nya... klo masih belum jelas ...wah baru repot beneran tuh... kwkwkw

dimas fahlevi

to rpl-smk...@googlegroups.com
bingung,muter muter kata"nya.maklum,susah memahami.wkwkwkwk

Yuda Pratama

to rpl-smk...@googlegroups.com
saya turut PRI-HA-TIN
:ngakak
:ngacir ......

vike wijayati

to rpl-smk...@googlegroups.com

bener kata Mr. Komar... harus dilihat dari minat dulu... eiittt tapi jangan lupa "BERANI" itu juga perlu dan penting... percuma kalo ada minat tapi mau bertindak apa-apa mesti malu 'n gak berani, pada akhirnya akan seperti pepatah para leluhur "malu bertanya sesat di jalan" tatap optimis ya...

Dari: anstand java <anstan...@gmail.com>
Kepada: rpl-smk...@googlegroups.com
Dikirim: Minggu, 11 Desember 2011 21:34

Komarudin Syarif

to rpl-smk...@googlegroups.com
Kalo malu bertanya sesat di jalan masih belum seberapa..
Lha kalo sudah sesat di jalan tp masih malu bertanya, nah ni yg parah..

2011/12/12 vike wijayati <vike_w...@yahoo.com>

Komarudin Syarif
333.png

anstand java

to rpl-smk...@googlegroups.com
hemmm , wah kayak'nya saya kena sindir terus nihh , ha..ha..ha.. , niatnya bela'in kawan sperjuangan malah , pada ikut nyindir , ha..ha.. , nasib..nasib.. , rekasanya jadi orang yang belum paham macam saya gini .. , iya terimakasih saja buat para MASTER2 semua , ya kalo saya belum bisa itu mbok ya d bantu gitu , ha..ha..ha.. , it's fine , ok thank's........... (uchup rpl b)
333.png

Yuda Pratama

to rpl-smk...@googlegroups.com
tanya lagi ahh sapa tau tambah dong :D

kalo PKL minimal mencakup berapa kompetensi
terus kopetensi yg di sediaiin apa aja ?

kalo misal saya di toko komputer ( jualan Hardware ) itu uda termasuk komptensi apa aja
kalo misal saya di web developer itu apakah juga udah mencakup kopetensi yg di butuhkan ???

sebelumnya makasih
regards

yuda pratama

2011/12/13 anstand java <anstan...@gmail.com>
983.png
333.png

Komarudin Syarif

to rpl-smk...@googlegroups.com
Wah kalo itu silakan tanyakan pada yg berkompeten..
Tapi sekedar sharing aja, dulu waktu buka kursus Linux Learning Center cabang Solo, kita pernah nerima PKL dari beberapa sekolah, seingat saya dr TKJ STM 1 (SMKN 2), D1 Magistra Utama dan D3 TI UNS..

Karena ketrampilan yg dimiliki beda2, maka kita kasih kerjaan sesuai dengan skillnya:
D1 MU --> krn skill komputer yg dikuasai baru Office, kita kasih deh kesibukan berupa membuat administrasi kursus dan pembuatan modul kursus utk Office..
SMKN 2 --> krn skill yg dikuasai jaringan, maka kita kasih tugas membuat server berbasis linux dan bantu2 asistensi pas ada proyek pelatihan di instansi ato perusahaan..
D3 UNS --> mhs yg minat web programming kita kasih tugas membuat web elearning, mhs yg minat ke jaringan kita kasih tugas membuat jaringan berbasis linux..

Kesimpulannya, sama spt sebelumnya, identifikasi dulu minat/skill kita baru nyari tempat PKLnya. Lha kalo kita tidak jelas minat dan skillnya, maka perusahaan juga akan bingung mo ngasih kerjaan apa.. bisa2 kita tdk mengerjakan apapun ato malah kita mengerjakan sesuatu yg bukan kompetensi kita, misalnya disuruh nyapu, ngepel, nyuci baju, nyuci piring, bawain tas,dkk...mau?? :-)

2011/12/15 Yuda Pratama <folk...@gmail.com>

Komarudin Syarif
983.png
333.png

Yuda Pratama

to rpl-smk...@googlegroups.com
nah , kalo seumpama saya tertarik di bidang web pak

saya cocoknya pkl di web developer kan , contoh perusahaan web di solo yg lumayan besar itu mana pak
mungkin saya bisa saja kesana ?

2011/12/15 Komarudin Syarif <komarudi...@gmail.com>
983.png
333.png

Komarudin Syarif

to rpl-smk...@googlegroups.com
Monggo di search aja di google, banyak kok..
tapi sambil jalan saya akan coba carikan informasinya..

2011/12/16 Yuda Pratama <folk...@gmail.com>

Komarudin Syarif
983.png
333.png