Yan Juneid Meninggal

Nofiardi

to Rant...@googlegroups.com

Senin, 06 April 2009

Yan Juneid Meninggal

Padang, Singgalang
Innallillahi wainnalillahi rojiun, telah berpulang ke Rahmatullah, Syofjan Yuneid, atau Yan Juneid 65, Minggu (5/4) di rumah duka Jalan Tamsis No. 5 B, Padang Barat Timur sekitar pukul 11.30 WIB. Semasa hidup dikenal sebagai penyanyi gamad kreasi baru dan musisi di Ranah Minang. Ia meninggalkan dua orang istri dan enam anak.
Bekas pemain dram ini, adalah penyanyi gamad ulung yang masih dimiliki Ranah Minang. Namun kini ia telah pergi. teman-temannya semasa penyanyi berjanji akan terus meniti garis sukses almarhum.
Kemarin di bawah derasnya hujan, menjelang Magrib, jenazah diusung menuju tempat peristirahatan terakhir di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tunggul Hitam.
Ferry YJ, putra sulung Syojan, kepada Singgalang, sela-sela keberangkatan jenazah menuju TPU mengatakan, bapaknya tersebut meninggalkan karena penyakit diabetes.
“Bapak saya sebelumnya sakit diabet, meski sakit beliau tetap menulis karya-karyanya. Bagi saya beliau seniman sejati,” kata Ferry.
Dikatakannya, Minggu pagi ayahnya sempat menunaikan Salat Dhuha. Sebelumnya Ferry, bersama ayahandanya juga telah mengarap sebuah album. Album itu Beat Minang Maimbau. Almbum tersebut sudah dikemas dalam CD, rencananya mereka mencari produser untuk menggarap album tersebut. Tapi sayang ayahandanya, telah lebih dulu dipanggil sang illahi.
“Saya punya tugas untuk mencari produser, ini bagi saya amanat dari papa. Papa juga pernah berkata, kelak kalau album itu laris di pasaran, seluruh hasilnya akan disumbangkan untuk pembangunan masjid,” sebut Ferry yang juga pencipta lagu Minang itu.
Masjid yang ia maksud, berada di Batusangkar. Masjid itu bernama Masjid Taqwa. Syofan, sudah berkiprah di dunia musik khusus gamad, sejak tahun 1965. Bakat itu juga menurun kepada Ferry. Dia berjanji akan melanjutkan kiprah orangtuanya tersebut.
Sebagai ahli waris, Ferry memohon maaf kepada seluruh rekan sesama musisi yang mengenal papanya semasa hidup. Sebab manusia tidak luput dari kesalahan. Almarhummah seangkatan dengan artis Minang Tiar Ramon.
Kepergian Syofjan ke pangkuan Illahi, mengundang duka yang mendalam bagi rekan-rekan seprofesinya. Baik di Ranah Minang ini maupun artis-artis senior ibukota seperti Titiek Puspa dan Dorce Gamalama.
Semasa hidup Yan, menjadi ikon gamad. Kaset dan CD nya yang beredar tak beranjak dari lagu-lagu jenis riang itu. Lagu yang sudah ada CD-nya antara lain, Biaian Buluah, Silimbau, Perak-perak, Jambatan Basi, Gayuang Piaman, Tanjuang Aua, Kaparinyo. 107

http://www.hariansinggalang.co.id/index.php?mod=detail_berita.php&id=1038

The above message is for the intended recipient only and may contain confidential information and/or may be subject to legal privilege. If you are not the intended recipient, you are hereby notified that any dissemination, distribution, or copying of this message, or any attachment, is strictly prohibited. If it has reached you in error please inform us immediately by reply e-mail or telephone, reversing the charge if necessary. Please delete the message and the reply (if it contains the original message) thereafter. Thank you.
image002.jpg
image002.jpg

Erizon

to Rant...@googlegroups.com
Assalamualaikum W.W,

Innallillahi wainnalillahi rojiun,
Kami sa keluarga turuik berduka ateh berpulangnyo Bpk. Yan Juneid,
InsyAllah amal ibadah Almarhum ditarimo Allah SWT dan kelaurga tabah
handaknyo. Amin.

Wassalam,
Erizon (35+, Koto, Kajai Pariaman), Jakarta
--
Please do not print this email unless you really need to. “Think Green“.
---

an...@yahoo.com

to Rant...@googlegroups.com

Akhirnya sang pemusik gamad kembali ke Komposer Abadi, sumber dari segala melodi dan harmoni yang pernah terdengar di bumi.

Semoga keluarga almarhum bapak Yan Juned ikhlas dan dunia musik Minang diberkahi Allah SWT dengan munculnya yan juned-yan juned baru yang lebih kreatif dan inovatif.

Ikut berduka,

Akmal Nasery Basral, 40 thn
Koran TEMPO, Jakarta

Powered by ANB BlackBerry®

From: "Nofiardi"
Date: Tue, 7 Apr 2009 08:11:52 +0700
To: <Rant...@googlegroups.com>
Subject: [R@ntau-Net] Yan Juneid Meninggal

Boediman Moeslim

to Rant...@googlegroups.com
SELAMAT JALAN SANG PAHLAWAN semoga ALLAH memberi tempat yang layak bagi mu.
Kreasi-kreasimu sudah mendunia. Hanya tinggal, bagaimana penerus-penerusmu melanjutkan. Percayalah, penerus-penerusmu masih banyak. Selamat jalan. Semoga ibadahmu diterima Allah, dan dosa-dosamu dihapuskanNya. Bagi keluarga yang ditinggalkan, semoga tabah dan sabar dalam menerima cobaan ini.

Wassalam,
Tan Lembang (L,52+)
Lembang, Bandung

Riri Chaidir

to Rant...@googlegroups.com

Innalillahi wainnailaihi rajiun.

Seingat saya, Yan Juneid – bersama grup band LimeStone (?) Semen Padang – adalah yang pertamakali membawakan lagu gamaik dalam format band. Dua lagunya dalam album itu adalah Serunai Aceh dan Talang Siligi.

Disamping Gamaik, Yan Juneid dikenal juga dengan lagu2 Melayunya (di YouTube ada beberapa lagu beliau).

BTW, mohon pencerahan dari dunsanak di palanta, apo beda lagu Gamaik jo lagu Melayu? (ambo baru takana kalau ambo indak tau)

to Rant...@googlegroups.com
Innalillahi wainnailaihi rajiun....
Ambo sebagai penggemar musik Gamad Syofyan Yuned ikuik baduka cita lah
bapulang ka Rahmatullah King of Gamad kito..semoga almarhum diampuni
segala dosanya di dunia dan segala amal ibadahnya memberikan
kelapangan baik dialam kuburan maupun di hari akhir nanti oleh Allah
Swt....Amin

Da Riri

Batua bana..Alm Syofyan Yuned adalah personil Group Band Lime Stone
nan populer di Sumbar katiko tu...ambo masih ingek sangenek lagu
Talang Suliki tu

"Talang lah suliki baliak lah batimbo"
"Dipapek pangka sarato jo ujuangnyo"
salanjuiknyo lupo...he..he

apo Beda Musik Malayu jo Gamad..
kalau Da Riri "baru takana kalau lupo"..kalau ambo "Lupo, baru takana
kalau ado perbedaanyo"..artinyo..kito samo minta pencerahan sajo lah
ka nan tahu di palanta

Wass-Jepe
'

Muhammad Hanif

to Rant...@googlegroups.com
Innalillahi wainnailaihi rajiun

Ambo sakeluarga turut berdukacita atas berpulangnya ke rahmatullah salah seorang musisi dari Ranah Minang, semoga ibadahnya diterima Allah, dan dosa-dosanya dihapuskanNya. Bagi keluarga yang ditinggalkan, semoga tabah dan sabar dalam menerima cobaan ini. Amin
Wassalam

Hanif  Sutan Mangkuto ( L ,36 - )
Bekasi

ricky avenzora

to Rant...@googlegroups.com

Kami turut berduka atas wafatnya Pak Yan Juned, semoga arwah beliau mendapat tempat terbaik di sisi ALLAH, serta segala khilaf dan salahnya diampuni pula oleh ALLAH. Kiranya seluruh anggota keluarga beliau tawakal.

Salam,
r.a