AL BUSYRA BASNUR : Nak Rang Pikumbuah Jadi Konjen di Amerika

Nofend Marola

to rant...@googlegroups.com
Sabtu, 31 Juli 2010
SYAFRUDDIN AL

JAKARTA - Sepuluh hari setelah merayakan ulang tahunnya ke-50, Jumat (30/7),
Al Busyra Basnur, SH, LLM, resmi mamangku jabatan baru di Kementerian Luar
Negeri, yaitu sebagai Konsul Jenderal (Konjen) untuk wilayah selatan Amerika
Serikat, di Houston, dekat Teluk Meksiko. Ia dilantik bersama sepuluh Konjen
lainnya untuk sejumlah negara oleh Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa di
Pejambon.

Sebelum diangkat menjadi Konjen -eselon II dalam struktur Kemlu- Al Busyra
adalah wakil Dino Pati Djalal sebagai juru bicara Presiden SBY untuk urusan
luar negeri sejak 2005. Tidak heran, di mana ada presiden, terutama yang
berkaitan dengan masalah luar negeri, di situ pasti ada Dino dan Al Busyra.
"Sebagai teman, kami nampaknya memang akan terus jalan seiring. Saya Konjen
di Houston, beliau (Pak Dino) bakal jadi bos saya sebagai Duta Besar di
Washington DC," kata Busyra bercerita kepada Singgalang seusai pelantikannya
di Gedung Pancasila, Kemlu.

Jauh sebelum berkarier di Kemlu, Busyra dan Dino sama anggota Grup Leader
Pertukaran Pemuda Indonesia-Kanada tahun 1986 dan tinggal bersama di
Vancouver. Tahun berikutnya, mereka sama-sama masuk ke Kemlu.
Anak rang Danguang-Danguang, Kabupaten Limapuluh Kota ini juga dikenal
sebagai penulis. Sejak SMP di kampungnya, Al Busyra sudah mulai mengisi
sejumlah rubrik di Singgalang edisi Minggu. Tulisan pertamanya adalah
mengisi rubrik Takana Juo, tentang kisah masa lalu yang lucu dan mengundang
tawa. Lalu kemudian menulis puisi, cerpen, novel, cerita bersambung dan
esay.

Kebiasaan menulis ini terus berlanjut ke jenjang SMA di Bukittinggi dan
bangku perkuliahan di Fakultas Hukum Universitas Andalas di Padang. Ketika
menjadi siswa SMA 3 Bukittinggi, putra tunggal almarhum Basyaruddin
Syarbaini ini, langsung menjadi wartawan untul wilayah itu dan kemudian
dilanjutkan setelah menyambung kuliah di Padang.

Bakat jadi wartawan itu pula yang membuat Al Busyra banyak teman dan
pergaulan. Ia termasuk pemuda yang gigih untuk menggapai masa depannya.
Meski pekerjaan sebagai wartawan cukup terhormat apalagi pada masa itu cukup
disegani, namun Al Busyra tidak menyia-nyiakan kesempatan mengikuti program
pertukaran Pemuda Indonesia-Kanada.

Kesempatan mengikuti Group Leader itu menambah wawasannya ke dunia
internasional. Penguasaan Bahasa Inggrisnya yang kian fasih, membuat Al
Busyra barubah pangana dari semula ingin berkarier sebagai wartawan, menjadi
seorang diplomat. Setelah di wisuda sebagai sarjana hukum di Unand, ia
terbang ke Jakarta dan masuk ke Kementerian Luar Negeri (dulu Departemen
Luar Negeri).

Begitu menapakkan kaki di Pejambon, lokasi kantor Kemlu di Jakaerta, ia
langsung mengiktui pendidikan diplomat (Sekdilu). Baru setelah itu menjadi
staf di Direktorat Penerangan Luar Negeri (sekarang Infomed, Kemlu). Posisi
itu ditempatinya karena dirinya berlatar belakang wartawan. Tahun 1992
hingga 1996, ia memulai tugas diplomatnya di KBRI Manila, tetapi tetap di
bidang yang berhubungan dengan media massa.
"Ya, karena saya wartawan, langsung ditempatkan di situ," kata ayah tiga
anak; Vita Alwina Daravonsky Busyra, 21, jebolan Fakultas Hukum Universitas
Indonesia dan akan diwisuda 26 Agustus 2010, Fathie Alwina Sampaguita
Busyra, 16, kelas 3 SMA Negeri 87 Jakarta dan Kevin Alwino Tunasrluzon
Busyra, 15, kelas 1 SMA Negeri 86 Jakarta, sebagai buah perkawinannya dengan
mantan pacarnya yang adik tingkat di FHuk Unand, Wenny Oemar Busyra, SH.

Pulang dari Manila tahun 1996, ia bertugas di sekretariat Menlu RI, sebagai
sekretaris Menlu Ali Alatas. Karena posisi itu, ia sering mengikuti
perjalanan dinas sang Menlu ke luar negeri. "Saya banyak belajar dari
beliau. Pak Ali adalah salah satu sosok diplomat ulung yang pernah dimiliki
bangsa ini," katanya mengenang almarhum Ali Alatas.

Ketika Indonesia menghadapi krisis, tahun 1999, Al Busyra diangkat sebagai
Kepala Bidang Penerangan Sosial dan Budaya KBRI di Roma, Italia. Saat di
Italia inilah Busyra berhasil meyakinkan Duta Basar Fredy Numberi (sekarang
Menhub) untuk menerima kehadiran misi kebudayaan dan kesenian Minangkabau
Aquistic Minang Tradisional (AMT) Music Group yang dipimpin Syafruddin AL
(awrtawan Singgalang bersama Mafri Amir dari Jakarta.
"Bung, kalau ada sponsor, nanti misi kebudayaan Minang itu kita gelar
kembali di Houston dan ke negara-negara bagian lainnya di Amerika Serikat,"
katanya kepada Singgalang kemarin.

Tugas berat

Tentang tugas barunya sebagai Konjen, Al Busyra mengaku adalah sebuah tugas
berat tetapi sekaligus tantangan untuk menciptakan peluang, baik untuk
kepentingan negara dan bangsa, maupun untuk kepentingan daerah sendiri,
termasuk bagi Sumatra Barat.
"Insya Allah, sesuai pesan Pak Menlu, saya akan coba menjalankan amanah
negara ini dengan baik, untuk meningkatkan hubungan Indonesia dengan wilayah
kerja saya di Amerika Serikat, terutama di bidang ekonomi, perdagangan,
investasi, sosial budaya dan perlindungan warga negara RI," kata pehobi golf
yang menyebut dirinya sebagai wartawan dari mudiak, sebutan untuk daerah
Danguang-Danguang dan sekitarnya di Kabupaten Limapuluh Kota. (*)

http://www.hariansinggalang.co.id/sgl.php?module=detailberita&id=293

rahyuss...@yahoo.co.id

to rant...@googlegroups.com
Masa SMA dulu, saya termasuk yang tidak pernah melewatkan pengalaman2 Pak Busyra Basnur yang dimuat di koran Haluan. Selain BB penulis yang tulisan nya sering saya lahap di masa itu adalah tulisan Desni Intan Suri. Begitu melekatnya gaya menulisnya sering saya contoh ketika itu.

Selamat untuk orang2 hebat dari ranah. Semoga saja bisa berbuat sesuatu untuk kampuang.

Rahyussalim
Powered by Telkomsel BlackBerry®
--
.
Posting yang berasal dari Palanta RantauNet ini, jika dipublikasikan di tempat lain wajib mencantumkan sumbernya: ~dari Palanta R@ntauNet http://groups.google.com/group/RantauNet/~

sjamsir_sjarif

to rant...@googlegroups.com
Kito ucapkan Selamat kapada Konjen baru kito di Houston. Mudah-mudahan kok ado pertemuan-pertemuan di Konjen nanti indak lupo baliau mandatangkan Kuliner-kuliner Martabak Kubang jo Sate Kubang asli tembak langsung dari Pasa Danguang-danguang, Pek Mudiak...
jan pulo lupo para kuliner tu mambawo Cik Minyak nan Harum dari Talago ...

Tabaun-baun Martabak Kubang jo Sate Kubang
Di Tapi Riak nan Badabua
Santa Kuruih Kalipornia

Salam,
--MakNgah
Sjamsir Sjarif

--- In Rant...@yahoogroups.com, rahyussalim2007@... wrote:

> [...]
>
> Selamat untuk orang2 hebat dari ranah. Semoga saja bisa berbuat sesuatu untuk kampuang.

noveri maulana

to rant...@googlegroups.com
Assalamu'alaikum

Mamak, Bapak, Ibu nan di Palanta....
lamo ndak mancogok, kini kamanakan ikuik basuaro saketek...

Selamat untuak Pak Al Busyra nan lah sukses di rantau. Mudah-mudahan ambo bisa maikuti langkah sukses baliau. Sanang hati anak kamanakan mamak sakampuangnyo lah manjadi urang gadang di nagari urang. Mudah-mudahan kesuksesan itu juo bisa dibagi ka kampuang halaman.

Wassalam,
Noveri -23- asa Danguang-danguang, mudiak
tingga di Banduang.

to rant...@googlegroups.com
Indak ragu lai Thaf:
Sapuluah sakali lopeh, Ogam juo nan monang... :)

http://id.wikipedia.org/wiki/Dino_Patti_Djalal
http://www.dinopattidjalal.com/
Salam,
--MakNgah

--- In Rant...@yahoogroups.com, Elthaf Hidjaz <elthaf03@...> wrote:

> Selamat kepada bapak Al Busyra Basnur, semoga makin banyak urang awak
> manjadi diplomat, amiin
> Smg Pak Dino Patti Djalal diangkat jadi Dubes di AS, amiin
> Wassalam,

Muljadi Ali Basjah

to rant...@googlegroups.com
Assalamualaikum Wr.Wb. Yth. Mak Ngah dan Bapak Elthaf.

Apakah dengan "urang awak" sebagai Diplomat adalah suatu garansi jaminan mutu?

Apakah sebagai JuBir dari Presiden lebih utama dibandingkan dengan jadi DuBes di USA?

Menurut saya, JuBir President lebih utama, karena bisa langsung bertukar fikiran atau memberi pendapat kepada President (bilamana perlu) berarti kwalitativ lebih akut/penting.
Selain dari itu hubungan kekeluargaan mincro/macro cosmos Bapak Dino Pati Djalal dan pendidikan anak2 dari Bapak Dino Pati Djalal, lebih terfokus ke-Indonesiaannya, dibanding di USA. Sebab imbasan dari system sosial di USA dimasa (pra)/remaja (pertumbuhan) akan mengimbas putra putri beliau. Untuk rerintegrasi assimilasi kembali di Indonesia ini tidak mudah.
Walaupun beliau sendiripun (juga) pernah mengalaminya sendiri.

Wassalam,
Muljadi
-------- Original-Nachricht --------

--
Neu: GMX De-Mail - Einfach wie E-Mail, sicher wie ein Brief!
Jetzt De-Mail-Adresse reservieren: http://portal.gmx.net/de/go/demail

Eri Bagindo Rajo

to rant...@googlegroups.com
Assalamualaikum WW

Kalau ambo indak salah Pak Triansyah Djani  (Wakil/Dubes RI di PBB ?), adolah anak panca urang awak juo sabab ayah baliau adolah Urang awak, ibunda beliau Solo (?)

Erinos M Tanjung Bgd Rajo (52)

Dari: Elthaf Hidjaz <elth...@gmail.com>
Judul: Re: [R@ntau-Net] AL BUSYRA BASNUR : Nak Rang Pikumbuah Jadi Konjen di Amerika

Zulkarnain Kahar

to rant...@googlegroups.com
Waalaikumsalam wr wb.

"Apakah dengan "urang awak" sebagai Diplomat adalah suatu garansi jaminan mutu?"

Yang pasti mulut awak tertutup rapat, ndak bisa kompelen lai, saat pertemuan minang Houston ampek bulan nan lalu lah beredar berita pengganti sang konjen adalah beliau.

Wassalam.
ZK

to rant...@googlegroups.com
Sanak ZK, Assalamu'alaikum WW

Nan manjadi garansi mutu tantu indak ado jaminan.
Namun dibaliak pado itu, nan muncua dalam lapau adolah sorak sato bangga urang dek ado urang awak nan naik KA ATEH.

Iko lah fenomena nan sajak ketek ketek ambo simak dan paratikan manjadi KAKOBEH urang awak..
Fenomena "AWAK JUO"untuk maambiak TUAH, sato mangapik daun kunyik...
Sudah tu di cari pulo selah/slah dan kesempatan nan bisa maambiak paedah dari penjabat urang awak ko

Tapi bagi  nan TARAMBAU, iyo sabana bapiliah  rang awak nan amuah sato maluluang....
Wassalamu'alaikum WW

Erinos M Tanjung Bgd Rajo(52)

Tapi, iyobana juo, walaupun Sainyiak, namun Mutu Anak Cucu Nyiak Adam ko kan indak samo juo doh kan...

Salam,
--Nyiak Sunguik

--- In Rant...@yahoogroups.com, Eri Bagindo Rajo <sianok57@...> wrote:

> [...]
> anak panca urang awak juo sabab ayah baliau adolah Urang awak, ibunda beliau

Zulkarnain Kahar

to rant...@googlegroups.com
Waalaikumsalam wr wb. Pak Muljadi

Klau tibo diawak tentu tak mungkin lagi awak membakar semangat kawan2 sambil berkata, " Masak passport RI dikeluarin tanpa barcode, berapa sih harga mesin pembuat barcode untuk passport,mungkin pak konjen tak melihat wajah aneh dan kesal petugas Imigrasi dimanca negara melihat Passport kita tak punya barcode". Kini nrimo sajalah kita. Kalau dengan orang lain tentu lantas angan kita. Kini hanap hanap sajalah, kalau perlu melihat dari jauh saja dulu..

Kalau saya pribadi pemimpin lebih baik bukan dari suku saya, Kalau suku lain tak amanah bisa langsung kita tembak, nah kalau tiba dikita berat bang,

Wassalam, mohon maaf bila ada yang enak didengar Pak.
Karena sedang dalam perjalanan raun sabalik

Baru lapeh dari Midland Texas menuju four corner USA
Zulkarnain Kahar

Alah, lah buliah manuka paspor lamo jo paspor baru nan babarcode.
Walaupun alun habis masalaku paspor awak, bawo sajolah ka konsulat,
lah buliah dituka jo nan baru. Satidak-tidaknyo baitu kami di San
Francisco. Indak tahu kalau di Houston. Kok alun iyo hoyaklah dunsanak
awak sinan tu nanti. Tapi lapehanlah angahnyo dahulu. Mudah-mudahan
lai takona dinyo mambawo Cik Minyak Talago untuak pambukak pintu di
Houston.

Salam,
--MakNgah