Pertanyaan seputar market basket analysis untuk user friendly apps.

Susanto Ario

to penta...@googlegroups.com
Halo teman2. Perkenalkan. Nama saya Susanto Ario. Saat ini saya sedang mengerjakan skripsi dengan topik "Implementasi Market Basket Analysis menggunakan algoritma Frequent Pattern Growth dengan metode Association Rule".

Nah aplikasi yang saya buat bertujuan untuk para pemilik data (pengusaha/pemilik toko/ toko online) untuk dapat menganalisa datanya secara cepat dan sederhana (tidak serumit seperti menggunakan table analysis tools di excel).

Singkatnya, aplikasi ini sudah bisa melakukan generating beberapa rules sesuai aturan association rules.

Contohnya seperti ini (hasi sebagian screenshot beberapa produk kosmetik) :

Yang menjadi pertanyaan saya adalah :
  1. Bagaimana cara saya memberikan rekomendasi rules terbaik / terkuat / ter-efektif yang bisa diterapkan oleh pemilik data tersebut untuk di jadikan kombinasi produknya? Apakah saya harus melakukan sorting berdasarkan Nilai Lift kemudian Nilai Confidence kemudian terakhir Nilai Support? Atau apakah ada cara lain untuk memberikan recommended rules tersebut?

  2. Apakah pengertian lift secara sederhananya sehingga orang awam juga dapat mengerti maksud dari lift tersebut?

    Contohnya adalah seperti penjelasan ini:

    1. Support : Jumlah kemunculan produk pada kolom antecedent dan consequent secara bersamaan dalam sebuah transaksi dari total seluruh transaksi.

      Tujuan Support adalah melihat seberapa banyak kombinasi produk tersebut laku terjual.

      Contoh : Produk Shampo (antecedent) dan sabun (consequent) muncul secara bersamaan dalam 10 transaksi dari total 50 transaksi.
      Artinya nilai supportnya adalah 10/50 atau 20% dari seluruh total transaksi.

    2. Confidence :  Jumlah kemunculan produk pada kolom antecedent dan consequent secara bersamaan dalam sebuah transaksi dari total seluruh transaksi yang mengandung produk pada kolom antecedent.

      Tujuan Confidence adalah mengetahui seberapa kuat kombinasi produk yang dihasilkan tersebut.

      Contoh : Produk Shampo (antecedent) dan sabun (consequent) muncul secara bersamaan dalam 10 transaksi dari 20 transaksi yang mengandung produk shampo.
      Artinya nilai confidencenya adalah 10/20 atau 50% dari total transaksi yang mengandung produk shampo.

    3. Lift : ??

Terima kasih atas kesediaan teman2 memberikan jawaban ini. Salam, Susanto Ario

Contact :
085245606256 (WA)
santo_ario93 (LINE ID)