[Tanya] Road Map Belajar Pentaho

Andreas

to Pentaho User Group Indonesia
Dear Pug-ers,

Mau tanya donk, kira-kira Road Map yang efective untuk belajar Pentaho
dimulai dari mana? Pentaho yang saya maksud disini adalah keseluruhan-
nya mulai dari Pentaho Reporting, Mondrian, Kettle, Weka, dan BI
Server. Sebelum-nya saya hanya baru mencoba di Kettle saja, belum
sempat expan ke aplikasi yang lain. Sekarang numpung lagi ada waktu
kosong pengen juga play around ke yang lain.

Mohon bimbingannya.

Regards,
Andreas

Feris Thia

to penta...@googlegroups.com
Hi Bung Andreas,

Iya. Kemarin sempat teleponan sama teman, dan dia menghadapi masalah yang sama. Belum sempat bikin tutorial penuh sih :p hehehe

Roadmap yang saya usulkan - agak detil sedikit ya - adalah :
1. BI Server dan eksplorasi contoh-contohnya. Lihat berbagai reporting dan perhatikan perbedaannya. Reporting disini asalnya adalah dari 3 sumber : Pentaho Reporting, Pentaho Data Analysis (Mondrian) dan Pentaho Metadata.

Kemudian setelah itu eksplorasi contoh Kettle di BI Server. Itu berupa background process yang melakukan sesuatu, walaupun tampil di web hanya outputnya tapi prosesnya berjalan di console.

Setelah lihat sampel di web consolenya coba perhatikan folder-folder di [BI-Server]/pentaho_solutions. Walaupun pada tahap ini bingung tapi lihat-lihat aja untuk melihat apa saja yang ada disana. Perhatikan file2 xaction yang bertebaran dimana-mana. File ini adalah "glue" untuk semua komponen Pentaho.

O iya... jangan pusingin dulu cara-cara buatnya ;)

2. Pentaho Reporting, karena ini tidak membutuhkan pengetahuan yang banyak maka belajar ini dulu untuk buat reporting biasa. Kemudian cari tahu cara publish ke server. Perhatikan pada saat publish ke server file report ini akan jadi .xaction.

3. Kettle => ETL Serba guna. Cari tahu cara integrasi ke BI Server.

4. Mondrian => Ini tidak bisa hanya pelajari aplikasinya tapi perlu tahu data warehouse, multidimensional modelling (OLTP -> OLAP), dan cara membuat cube, dimension, measure melalui skemanya. Dari Mondrian ini pelajari juga MDX (bahasa query untuk cube)

5. Design Studio. Setelah tahu kesemua komponen di atas, pelajari Design Studio yang digunakan untuk membuat .xaction dan pada titik ini pelajari detil2 xaction dari forum, source code, dsbnya.

6. Weka, setelah data bersih semua dan kita bisa membuat dimensional modelling saatnya mengekstrak informasi sebanyak-banyaknya dengan menggunakan utilitas data mining (Weka). Disini harus punya pengetahuan/abstraksi yang kuat pemodelan data, strategi penggunaan algoritma dan metode statistik, dan berbagai pengetahuan AI yang berkaitan dengan machine learning. Karena disini kita akan "melatih" weka untuk mengenali data - bukan "mempelajari" data.

Begitu saja mungkin dari saya Bung Andreas. Saya rasa Pentaho adalah utilitas BI yang makin bisa menjawab kebutuhan dasar semua elemen yang ingin kita ketahui tentang DATA. Pernah ada satu client saya yang sangat bagus , pintar dan berpengalaman di bidang IT dan telekomunikasi berujar kalau "Pentaho adalah elitenya open source".

Semoga membantu !

--
Thanks & Best Regards,

Feris Thia
Business Intelligence Consultant
PT. Putera Handal Indotama
Phone  : +6221-30119353
Fax      : +6221-5513483
Mobile : +628176-474-525
http://www.phi-integration.com
http://pentaho.phi-integration.com

Andreas

to Pentaho User Group Indonesia
Pak Feris,

Terima kasih untuk quick response-nya. Jelas sekali penjelasannya Pak
Feris. Kayaknya Road Map yang ditulis di-atas harus dipasang di
homepage nya pentaho phi - integration nih Pak. ;)

Btw untuk tahap 4-6, apakah harus mempunyai background menguasai data
warehouse & data mining terlebih dahulu atau bisa langsung nyemplung
gitu aja Pak?

Regards,
Andreas

Feris Thia

to penta...@googlegroups.com
Hi Bung Andreas,

[...]

Sip.. akan saya pasang neh ;)

Btw untuk tahap 4-6, apakah harus mempunyai background menguasai data
warehouse & data mining terlebih dahulu atau bisa langsung nyemplung
gitu aja Pak?

Untuk 4 sebaiknya data warehousing dulu karena berkaitan. Tapi bisa langsung nyemplung aja asal  memiliki contoh data yang sudah star schema ;)

Untuk 6 bisa langsung coba karena sebenarnya tidak terlalu terkait dengan yang lain ;)

Regards,
Andreas

--
Thanks & Best Regards,

Feris Thia
Business Intelligence Consultant
PT. Putera Handal Indotama
Phone  : +6221-30119353
Fax      : +6221-5513483

ibnu mubarok

to penta...@googlegroups.com
roadmap yang bagus pak feris..
saya setuju kalau pentaho the best bi platform di opensource..
(compare with other opensource bi tools, such as jasper :)

salam kenal pak.. :)
--
regards,
-ibnu-

Feris Thia

ga...@ancol.com

to penta...@googlegroups.com
Pak Feris,
Terima kasih atas penjelasan Road Map nya. sangat membantu
persoalan saya sama dengan bung Andreas,walaupun sudah mendapat background tentang datawarehouse(skripsi)tapi untuk Pentaho saya belajar bener2 dari nol, sehingga tidak tahu mesti dimulai darimana.
Tolong dibetulkan pak. saya belajar Kettle, data dari kettle saya buat  *.mondrian.xml di Pentaho Workbench, dari pentaho workbench saya publish dan saya tampilkan di Dashboard BI-server dan berhasil meskipun hasil MDX-nya kurang sesuai.
apakah ada yang perlu saya pelajari lagi selain tool diatas.soalnya belajar 3 ini aja belum paham secara mendalam,untung ada forum,hehehehe.......
karena dari Roadmap pak Feris kok ternyata masih banyak yg belum saya pelajari

regards,
ganna

reki ardiansyah

to penta...@googlegroups.com
sekedar sharing,
road map saya mungkin agak ngaco menyesuaikan dengan pekerjaan dan eksplore sendiri.
pertama disuruh membuat dashboards, saya menggunakan biserver-ce-2.0.0.stable dan cdf-3.0-lisbon-installer
sebagai framework dashboards nya. lalu sempet kettle, namun blm banyak eksplor. dan yg terakhir adalah mondrian.

yang jelas saya benar2 terbantu dengan adanya Pentaho User Group disini.
dengan adanya road map dr pa Feris, mungkin saya lebih bisa teratur untuk mempelajari pentaho scr keseluruhan.

Regards

2009/9/4 <ga...@ancol.com>
&gt

Henry Suryawirawan

to penta...@googlegroups.com
gue lebih suka talend open studio (jasperETL) daripada kettle.
lebih enak pakenya dan konsep contextnya cukup bagus
deployment juga lebih enak sih karna gak perlu install/extract kettle nya dulu di mesin deployment.
tapi mungkin gue nya aja yg cupu pake kettle :)

Feris Thia

to penta...@googlegroups.com
Hi Pak Henry,

2009/9/4 Henry Suryawirawan <henr...@gmail.com>

gue lebih suka talend open studio (jasperETL) daripada kettle.

Wah.. senang sekali ada yang pakai ETL selain Kettle di community ini. Kalau bisa sering sharing juga Pak jadi kita ada perbandingannya.

Terima Kasih.

--
Thanks & Best Regards,

Feris Thia
Business Intelligence Consultant
PT. Putera Handal Indotama
Phone  : +6221-30119353
Fax      : +6221-5513483

Feris Thia

to User Group Pentaho Indonesia
to penta...@googlegroups.com
Pak Oscar,

2013/1/3 <oscar...@gmail.com>
untuk rekan-rekan ada yang punya info ga tentang tools alternatif selain schema workbech
untuk pembuatan schema mondrian

Mungkin sudah telat banget replynya. Tapi sampai sejauh ini, tidak ada Pak. Setelah mengenal cukup dalam mengenai schema di Mondrian, lebih baik menggunakan text editor Pak. Jauh lebih cepat dan karena Schema Workbench tidak bagus untuk penambahan node-node tertentu.

Semoga bermanfaat....

--
Thanks & Best Regards,

Feris Thia
Business Intelligence Consultant
PT. Putera Handal Indotama
Phone  : +6221-70387738
Mobile : +628176-474-525

zul vcar

to penta...@googlegroups.com

ada yg bisa bantu mencari algrotma dan program dari kasus optimasi task pada multicore

Mohon bimbingannya.

Rian Falam Simanjuntak

to penta...@googlegroups.com
Selamat Sore rekan2,
maaf saya ingin belajar pentaho dan bisnis intelijen, mm
bagaimana saya memulainya? dan apa yang harus saya lakukan pertama kalinya?
maklum saya masih nubi.

hormat saya,

edward silalahi

to penta...@googlegroups.com
Dear bung Feris,

Roadmap sudah ada. untuk instalasi softwarenya apa saja yang diperlukan ya pak.
Saya masih newbie pak.

Regards

Edward

Rian Falam Simanjuntak

to penta...@googlegroups.com
horas tulang silalahi,

mohon dishare roadmap nya tulang..

regards,

--

@rianfalam Simanjuntak
alt Mail        : rian...@live.com

Anda menerima pesan ini karena Anda telah terdaftar di Google
Groups "Pentaho User Group - Indonesia".
Untuk mengirim pesan ke grup ini, kirimkan email ke penta...@googlegroups.com

Anda menerima pesan ini karena berlangganan topik dalam grup "Pentaho User Group Indonesia" di Google Grup.
Untuk opsi lebih lanjut, kunjungi https://groups.google.com/d/optout.