Kiat hemat berkomunikasi seluler saat bepergian ke luar negeri

Buddy

to Obrolandroid
Saat bepergian, tentu saja keperluan untuk berkomunikasi dengan
menggunakan ponsel akan meningkat karena secara fisik kita akan
berjauhan dengan relasi, keluarga, atasan, bawahan, kolega dsb.
sehingga apa yang biasanya dapat kita sampaikan atau tanyakan secara
langsung, tidak dapat kita lakukan.
Untunglah saat ini penggunaan ponsel sudah mulai merata di semua
lapisan masyarakat sehingga jarak sudah tidak menjadi kendala untuk
tetap dapat berkomunikasi saat kita saling berjauhan.
Sayangnya bila perjalanan kita melintasi batas negara alias bepergian
ke luar negeri, operator akan mengenakan tarif yang sangat mahal baik
untuk bertelepon ataupun sekedar sms. Celakanya lagi tarif juga sangat
tinggi sekalipun hanya untuk menerima telepon ataupun sms dan juga
data.
Beberapa operator seluler memprogramkan paket murah untuk roaming di
luar negeri, namun bila dibandingkan dengan tarif domestik tetap saja
kantong kita akan menjerit karena biaya tambahan yang tidak sedikit,
sebagai contoh, ada yang menawarkan untuk terima sms tarifnya murah,
hanya Rp3500/sms. Belum lagi kalau kita salah setting koneksinya.
Walhasil untuk menenteng hp di luar negeri, bila kita tidak cari akal,
bisa kena charge jutaan rupiah atau isi pulsa terus-terusan sampai
habis jutaan rupiah.
Berikut ini tip yang bisa dipakai bila anda akan bepergian ke luar
negeri.
1. Cabut saja sim card anda, kalau tidak, anda akan mengeluarkan biaya
bila menerima telepon atau sms. Beritahu relasi penting anda, bila
ingin telepon agar menggunakan skype, tango, gtalk, ym dsb yang bisa
dipakai untuk voice call atau bahkan video call bila hp anda
mendukung. Umumnya ponsel berbasis android akan bisa mendukung
kegiatan ini. Dan bila ingin mengirim message, gambar atau data agar
menggunakan email, whatsapp, kakao talk, gtalk, ym, ebuddy, palringo
dsb.
2. Aktifkan wifi, Free wifi tersedia di hampir semua bandara, di
restoran2 dan di hotel2 dsb. Tanyakan langsung passwordnya kepada
petugas layanan informasi segera setelah anda tiba di tempat2 tsb. Cek
mailbox anda, kirim berita, lakukan hubungan telepon dengan skype,
tango dsb. sepuasnya, gratis.
3. Manfaatkan komputer umum gratis yang ada di setiap bandara untuk
komputasi yang membutuhkan layar besar. Jangan lupa, seperti setiap
selesai komputasi di warnet, tutup akun anda setelah selesai, karena
sesudah anda, akan ada orang lain yang akan menggunakan komputer tsb.
Hapus jejak anda sebelum meninggalkan komputer.
4. Beli kartu perdana negara yang anda kunjungi untuk telepon2 lokal,
sms lokal dan berinternet saat tidak ada koneksi wifi. Harganya
biasanya hampir sama dengan kartu perdana yang ada di negara kita,
bahkan tarif pulsanya juga cenderung sedikit lebih murah. Dan yang
terpenting, umumnya setelah dimasukkan, nomor anda akan langsung
aktif, tidak seperti di negara kita yang harus memasukkan nomor ktp
dsb.

Semoga bermanfaat.

Salam.

Aditya Primasana

to obrola...@googlegroups.com

Very nice infooo...
Thanks. :)

Buddy

to Obrolandroid
Bagi teman2 yang akan bepergian ke Singapura, info dari TRIPADVISOR
berikut ini mungkin akan sangat berguna.

Informasi dari tripadvisor <
http://www.tripadvisor.com/Travel-g294265-c21028/Singapore:Singapore:Places.With.Free.Wifi.html

SINGAPORE: PLACES WITH FREE WIFI

Wif-Fi service is good in Singapore, if a little tightly controlled by
the govenment.

Most public places in Singapore have free wifi, provided by the
government together with three wireless operators. Registration is
free. Wireless@SG program

However - you can only sign-up online if you have a local (singapore)
cell phone number. Tourists must visit a 'customer service desk' in
person at certain branches of SingTel, M1 or iCell and present
passport ID for security (same as when purchasing a SIM card).

So you may just find it simpler to use the free hotspots below unless
your stay in Singapore is of a longer period:

Places with free wi-fi that non-locals may also tap on:

1. All McDonalds outlets. (Some of them have powerpoints too!)
2. Gloria Jeans outlets have free internet stations.
3. All Berrylite yogurt stores (e.g. at Novena Square and Parkway
Parade). Just approach the counter staff for the password.
4. San Benado on Church St.
5. All Coffee Bean & Tea Leaf outlets
6. Your hotel/hostel
-----
Info tambahan dari saya:
Setibanya di changi airport, langsung hubungi (tanya)  INFORMATION
BANDARA atau CUST SERVICE wireless@sg untuk daftar layanan wifi gratis
(berlaku 6 jam utk sim card luar singapur atau 3th kalau sdh beli sim
card singapur). wireless@sg ada dimana-mana di seluruh singapur, krn
itu jangan lupa daftar dulu di bandara, krn harus daftar sendiri
dengan menunjukkan paspor, untuk jaga2 kalau2 di tempat2 tsb juga free
nya harus daftar secara fisik dulu.

On Apr 7, 11:01 pm, Aditya Primasana <adita...@gmail.com> wrote:
> Very nice infooo...
> Thanks. :)

Hari Suwondo Sugiharto

to obrola...@googlegroups.com

Sangat menolong. Tapi sayang saya belum pernah keluar negeri.....

David Christian

to obrola...@googlegroups.com
Bagi yang mau ke Singapore, dan butuh access wireless@SG, tolong beritahukan kepada saya via JAPRI, nanti saya bisa bantu untuk registerkan ID pribadi kalian masing-masihng.

Biasanya saya butuh biodata passport kalian yang halaman pertama, untuk registrasinya. Ntar username boleh preferensi kalian, atau kalau tidak ada, saya yang buatkan.

2012/4/14 Hari Suwondo Sugiharto <hari.s...@gmail.com>

--
Warm Regards,

(\(\
( -.-)
o_(")(")

David Christian

~ Work to life, to love, and to serve ~

Buddy

to Obrolandroid
Nah, tawaran bagus tuh.
Terimakasih mas David.
Ngomong2 emang tinggalnya di Singapura?
Dan (sorry) apakah aman menyerahkan data passport kepada orang lain?
Sekali lagi terimakasih atas uluran tangannya, dan maaf kalau ada
kata2 yg menyinggung. Lebih jelas lebih baik kan ya?

On Apr 16, 10:55 am, David Christian <putra.kampun...@gmail.com>
wrote:
> [...]
> registrasinya. Ntar username boleh preferensi kalian, atau kalau tidak ada,

David Christian

to obrola...@googlegroups.com
Ah, kebetulan saya bekerja meng-handle project wireless@SG ini.
Untuk area coverage, bisa dilihat di website ini:

http://www.infocomm123.sg/wireless_at_sg/coverage_areas

Bagi yang tidak nyaman membagikan datanya, tidak apa-apa, tapi bagi yang bisa membagikan, saya akan bantu untuk create account wireless@SG nya.

Saat ini, pemerintah memberikan layanan gratis ini dengan kecepatan 1 Mbps donwload dan 256 kbps upload untuk setiap user.

Oh ya, sebenarnya Wireless@SG ini ada 2 macam profile.

Yang pertama: Open. User yang nyalakan wifi, bisa langsung teridentifikasi, dan belum bisa konek ke internet. Apabila ada buka browser, dan akses ke web (port 80), maka browser akan dialihkan ke halaman login. Setelah melewati halaman login, maka user bisa lewat ke internet.

Yang kedua: 802.1x. Yang ini, user cukup konfigurasikan profile nya ke dalam HH, atau komputernya. Konfigurasi cukup dilakukan sekali pada satu alat. Jadi, kalau sudah pernah konfigurasi sebelumnya, profile itu akan tinggal di dalam OS, sampai user membuangnya. Begitu wifi dinyalakan, system akan mengidentifikasi user, dan apabila cocok, langsung tembus ke internet, tanpa harus login lagi.

Saya sarankan pakai wireless@SGx untuk menggunakan fasilitas 802.1x. Karena lebih gampang, dan protokol ini disupport oleh android, blackberry, dan symbian. Selain itu, beberapa alat elektronik yang embeded bahkan sudah mendukung, seperti keyboard yamaha PSR3000, dan sekelasnya.

2012/4/16 Buddy <ourb...@gmail.com>

--
Warm Regards,

(\(\
( -.-)
o_(")(")

Minz Katro

to obrola...@googlegroups.com

╔╦╦╦═╦╦╦╗╔╦╦╗ⓜ
║║║║║║║║║║║║║
║║║║║║║║║╠╬╬╣
╚══╩═╩══╝╚╩╩╝  ˆ⌣ˆ thanks informasinya semoga bermanfaat buat yang lain

Indah Primavita

to obrola...@googlegroups.com

Mantap infonya... Smoga saya bisa ke singapura... :D

Buddy

to Obrolandroid
Terimakasih banyak.
Tambah lagi info2 nya ya pak.
Sangat bermanfaat untuk kita semua.

On Apr 17, 8:32 am, Indah Primavita <i.primav...@gmail.com> wrote:
> Mantap infonya... Smoga saya bisa ke singapura... :D

agung suko Raharjo

to obrola...@googlegroups.com

Sip,...keren nih milesnya

Buddy

to Obrolandroid
Iya pak, milisnya keren karena anggotanya keren2 :)
Ayo teman2, tolong invite teman2 lainnya, saya ga bisa nambahin lagi
karena ga ada alamat emailnya.
Dan jangan lupa ayo sumbangkan pengetahuan atau pengalaman kita, atau
tanya2 solusi problem kita.
Terimakasih.

On Apr 18, 3:04 am, agung suko Raharjo <agungsukoraha...@gmail.com>
wrote:
> Sip,...keren nih milesnya

David Christian

to obrola...@googlegroups.com
Ini bukannya jadi redundansi dengan milis id-Android?

Ya, bedanya di sana pada buka lapak untuk jualan, selain diskusi dan sharing.... :)

2012/4/18 Buddy <ourb...@gmail.com>

--
Warm Regards,

(\(\
( -.-)
o_(")(")

Hari Suwondo Sugiharto

to obrola...@googlegroups.com

Tenang aja nanti juga ada yang nyamber nih.....hehehehehe

Hari Suwondo Sugiharto

to obrola...@googlegroups.com

Nanti juga kita ada lelang Gadget Android kok. Siapa tau ada yg mencari dan butuh, yang penting kita ramein nih milisnya

Buddy

to Obrolandroid
Pindah ke topik ini ya..... (yang mau ngobrol soal wifi dsb silahkan
di topik lama).

@ Mas David, saya rasa tidak ada salahnya banyak media banyak juga
kesempatan untuk saling berbagi, mungkin yang bagus2 disana bisa
dicopy n share kesini dan sebaliknya. Ok?

@ kang Hari, ide bagus juga, siapa yang mau upgrade bisa tawarkan
gadget lama nya disini siapa tahu ada yang butuh yg speknya seperti
itu. Tapi jangan jadi lapak tetap untuk jualan ya. Nanti terlalu hiruk
pikuk orang jualan mengganggu yang lain.
Bagaimana menurut teman2 lainnya?
Bagaimana kang Adit (Aditya Primasana)?

On Apr 18, 9:06 am, Hari Suwondo Sugiharto <hari.suwo...@gmail.com>
wrote:
> Nanti juga kita ada lelang Gadget Android kok. Siapa tau ada yg mencari dan
> butuh, yang penting kita ramein nih milisnya

Hari Suwondo Sugiharto

to obrola...@googlegroups.com

Tetap kita fokus ngulik OS,ROM,Update Android. Dan jangan lupa Rootingnya

Aditya Primasana

to obrola...@googlegroups.com

Klo menurut saya sih milis ini bagus untuk sharing semua ttg Android.
Dari mulai applikasi, sampe aksesoris.
Kalo untuk jualan yg emang bukan penjual sih bagus aja, barangkali emang ada yg mau upgrade tapi biar lebih murah beli second. :D
asal jangan tiap hari jualan aja, klo sekali2 sih oke lah.. :)

Salam kenal,

-adit-

Hari Suwondo Sugiharto

to obrola...@googlegroups.com

Lanjuuuut......jadi jelas just sharing aja. Yang jiwa lapak, jangan keburu nafsu ya. Kita pasti juga butuh Gadget sekon kok yg penting terjamin dan sesuai apa yg dibutuhkan. Siapa tau ada yg mau jual Galnote sekon.....

Aditya Primasana

to obrola...@googlegroups.com

Nah klo kaya Bapak Hari yang lagi nyari GalNot gpp, barangkali ada yg tau, kan bisa dibantu... :)
Lanjut....

Hari Suwondo Sugiharto

to obrola...@googlegroups.com

Selamat Pagi......apa kabar dengan Milis kita?

Sz, Ins: harisuwondo
Twitter: Harisuwondos