Menghitung jumlah item yang terkirim

Jajang Supriatna

to milis-bel...@googlegroups.com
Dear All,

Saya ingin menghitung jumlah item baru dengan mengeliminasi item yang sebelumnya sudah terkirim di tanggal sebelumnya.
Bagaiamana formula excelnya.
1. Untuk kolom B (Item) saya menggunakan formula =(SUM(1/COUNTIF(B3:B28,B3:B28)))
2. Bagaimana formula excel untuk jumlah item di tanggal berjalan?
Berikut kondisi formnya:
image.png
Saya submit juga soft file nya.

Terima kasih atas bantuannya,
Salam,
Jajang S
Menghitung jumlah item yang terkirim.xlsx

Nang Agus

to Jajang Supriatna, milis-bel...@googlegroups.com
Dear Jajang supriyatna,
anda dapat menggunakan formula sumproduct, countifs, sum, ataupun countif.
kita mencoba menggunakan sumproduct.
1. pada cells C32 ketik formula: =SUMPRODUCT((C$3:C$30>0)*1)
(berapa jumlah cell yang nilainya lebih dari nol (>0) pada area C3 sampai C30?)
2. Pada cell D32 formulanya masih sama, =SUMPRODUCT((D$3:D$30>0)*1)
namun masih perlu dikurangi dengan yang sudah diisi tanggal sebelumnya.
=SUMPRODUCT(($C$3:C30>0)*(D3:D30>0))
Jadi formula cell D32 adalah = SUMPRODUCT((D$3:D$30>0)*1)-SUMPRODUCT(($C$3:C30>0)*(D3:D30>0))
3. Kopi formula tersebut ke kanan sampai kolom terakhir.
Selamat mencoba.

Namun formula tersebut tidak mengakomodir data yang amburadul (tanggal 19 belum sesuai karena datanya tidak baik)
Salam
Agus

Jajang Supriatna

to Nang Agus, milis-bel...@googlegroups.com
Dear Pak Agus..

Terima kasih banyak atas support nya dan mohon maaf penyampaian datanya kurang rapi.
Untuk formula nya sudah saya terapkan dan solved.

Terima kasih,
Jajang S

Jajang Supriatna

to Nang Agus, milis-bel...@googlegroups.com
Dear Pak Agus.,
Dear Excelers..

Terima kasih atas koreksi datanya, ternyata setelah diterapkan ke form aktual hasil counting item ada yang minus.
Mohon bantuannya kembali,.
image.png
Terima kasih,
Salam,
Jajang S
Counting item.xlsx

Mr. Kid

to milis-bel...@googlegroups.com
oh kasus ini belum selesai ya...

ini maksudnya menghitung item baru yang dikirim ya... jadi kalau sudah pernah dikirim tanggal sebelumnya, tidak dihitung sebagai item baru.

asumsi, header tanggal bertipe numerik.
data di kolom B itu unique atau tidak ?
Jika unique, coba :
=SUMPRODUCT(1*(MMULT(1*(dtStartToCur>0),TRANSPOSE(tglStartToCur^0))*(dtCur>0)=1))

Jika tidak unique, maka buat daftar unique-nya di suatu tempat, lalu coba :
=SUMPRODUCT((MMULT(tglStartToCur^0,1*(MMULT(1*(TRANSPOSE(dtStartToCur)>0),1*(Items=TRANSPOSE(uniqueItem)))>0))=1)*(MMULT(TRANSPOSE(1*(dtCur>0)),1*(Items=TRANSPOSE(uniqueItem)))>0))

tglStartToCur : nilai tanggal di header tabel yang bertipe numerik, dari tanggal awal sampai tanggal current (yang sedang dihitung, 1 baris x m tanggal)
dtStartToCur : data nilai dari tanggal awal sampai tanggal current (yang sedang dihitung) untuk semua items yang ada di tabel data ( n items baris x m tanggal)
dtCur : data nilai di tanggal current (yang sedang dihitung, n items baris x 1 tanggal)
Items : data items di tabel data (n items baris x 1 kolom)
uniqueItem : daftar disuatu tempat tertentu yang bersifat unique yang berisi item-item yang ada di tabel data ( u item baris x 1 kolom)

selamat mencoba.

Regards,
Kid

Mr. Kid

to milis-bel...@googlegroups.com
Untuk item yang unique, bisa juga lihat video yang ada disini.

Regards,
Kid

Jajang Supriatna

to Mr. Kid, milis-bel...@googlegroups.com
Dear Pak Agus,
Dear Mr Kid,

Terima kasih atas bantuannya.
Solusi dari Pak Agus (skrip VBA) & Mr Kid (formula excel).
Saya trial solusi dari master semua -> hasilnya solved dan sangat membantu.

Untuk datanya bersyukur bersifat unique jadi pakai formula yang sederhana.
Untuk nilai tanggal di header "numeric" saya coba ganti pakai format "date" -> formula nya tetap bisa digunakan juga.

Terima kasih,
Salam hormat,
Jajang S

Kid Mr.

to Jajang Supriatna, milis-bel...@googlegroups.com
Alhamdulillah

Tipe datetime berisi numerik datetime serial.
Jika tanggal pakai tipe text, gunakan Len(teksnya)^0

Sent from my smart enough phone

Dear Pak Agus.,

Asep putra iriawan

to milis-bel...@googlegroups.com, Jajang Supriatna