running background query lambat

odong nando

Mar 15, 2024, 2:33:10 AMMar 15
to Milis Belajar-Excel
hai rekan sekalian,

mohon arahannya atas permasalahan yang saya hadapi saat ini mengenai lambatnya running background query.

saya mulai merasakan kendala ini dari bulan desember th 2023, saya ga tau jg kenapa.

saya punya  file excel A, yang menjalankan power query yang bertugas mengumpulkan data yang saya olah berdasarkan tahun untuk di load di file A tersebut, dimana file A ini mengambil data dari sebuah folder yang setiap bulannya folder tersebut ditambah filenya 1 file +- 100k row, saya sudah menjalankannya selama 2th, sehingga jumlah row data sudah lebih dari 2,4jt row. apakah ini berpengaruh pada running background query file A saya itu..? sebab selisihnya  lumayan banget klo sebelumnya itu (sebelum des23) paling lama 10 detik, sekarang bisa hampir 1 menit, kadang2 lebih.

mohon arahan dan masukan atau advice nya dari rekan rekan sekalian atas kasus saya ini, saya menggunakan win11, excel 2021, i7 ram 16.

terimakasih

odong nando

Mr. Kid

Mar 15, 2024, 1:51:45 PMMar 15
to Milis Belajar-Excel
Secara umum, semakin banyak file yang dibaca, akan semakin banyak proses yang dilakukan. Jadi, proses baca akan jadi lebih lama.
Tapi, untuk proses baca saja, waktu proses tidak akan meningkat drastis jika hanya bertambah 1.

Waktu proses komputasi (misal extract data yang ada dalam setiap file), juga akan bertambah lama, dan hal ini bisa meningkat secara drastis jika ada proses yang kurang efisien.
Jika perbaikan proses komputasi sudah dilakukan menjadi lebih efisien dan waktu proses tetap meningkat drastis setiap ada penambahan 1 file,
maka hasil dari sebuah proses tadi bisa disimpan ke worksheet, sehingga tidak perlu lagi memproses data yang sudah tersimpan tersebut.

Regards,
Kid

odong nando

Mar 17, 2024, 7:44:18 AMMar 17
to Milis Belajar-Excel
terimakasih atas balasannya bozkid...
sy masih bingung maksud dari "...disimpan ke worksheet"

saya ini bekerja di bidang akuntansi bozkid, intinya sy memanfaatkan power query untuk merangkum detil jurnal (sy buat perbulan/file), pada sebuah folder, dari sebuah folder tersebut saya memanfaatkan file A menggunakan powerquery utk mengambil data, merangkum serta mengelompokan (grouping) berdasarkan kode jurnalnya dari file2 yang ada dalam sebuah folder tersebut berdasarkan tahun yang saya pilih. jika tahun berjalan, dan data bulan yang baru baru saya masukan, berarti saya tinggal merefresh PQ saya.

klo ada masukan dan saran dari bozkid dan rekan2 sekalian, sedikitnya pasti sangat bermanfaat kepada saya...

terimakasih,

odong nando

Mr. Kid

Mar 17, 2024, 11:05:51 AMMar 17
to Milis Belajar-Excel
Jadi, kasusnya :
1. tiap bulan ada N files diletakkan di folder X
2. tiap bulan, dibaca oleh PQ di file A, dirangkum dan diolah, menjadi suatu tabel rangkuman dari N files bulan tertentu tadi.

Hasil nomor 2 ini, ditampilkan di sebuah worksheet, misal sheet Data tabel hasil query nomor 2.
dan nanti dibuat PQ yang membaca hasil tabel disheet Data tadi, lalu digabung dengan data bulan baru, dan ditampilkan tetap di sheet Data tabel yang sama tadi.
Misal file A ini adalah file TahunBerjalan2023, maka nanti akan ada file tahun berjalan lainnya.
Dengan file lain misal FileTahunan, ambil dari semua file tahun berjalan untuk jadi laporan data series.

Kira-kira begitu.

Regards,
Kid

Mr. Kid

Mar 17, 2024, 4:44:42 PMMar 17
to Milis Belajar-Excel
Step by stepney bisa dilihat disini.

Regards,
Kid

odong nando

Mar 18, 2024, 4:53:16 AMMar 18
to Milis Belajar-Excel
siap bozkid...
klo liat sekilas enak banget nih, tp perlu saya pelajari dulu, baru sekali liat jd blm mudeng banget.

oiya boz kid, itu klo saya perhatiin kan file lama harus di delet dulu dari folder, baru bisa di masukin file baru, klo file lama nya ga di delet dari folder itu bolehkah, sama yang ada pembaruan data, file yang ada ga di delet, setelah beberapa kali masukin file ke folder, ternyata ada file yang saya mau edit, bisakah ...?

mohon arahannya...

terimakasih,

odong nando

Mr. Kid

Mar 18, 2024, 5:10:26 AMMar 18
to Milis Belajar-Excel
Untuk desain prosesnya yang wajar, memang file lama itu gak perlu di-delete dari folder.
Yang di-video itu pakai desain yang wajar kok.

Hanya saja, saat menjelaskannya ke pengguna MS Office adalah menggunakan kebiasaan yang umumnya dilakukan user ms office,
yaitu file lama dihapus/dipindah ke folder lain atau external disk, baru copy paste file baru.
Oleh sebab itu, maka jadilah ada penampakan proses menghapus file di-video tersebut.

Regards,
Kid

odong nando

Mar 18, 2024, 5:53:41 AMMar 18
to Milis Belajar-Excel
baik bozkid, terimakasih atas arahannya...
EmojiEmojiEmoji