Rekap Ascending berdasarkan bulan

Dede Sulaeman

Feb 23, 2024, 3:50:02 AMFeb 23
to milis Belajar-Excel
Assalamu'alaikum Be-Exceler,

Mohon pencerahan atas kasus pada file terlampir.
cell yang berwarna kuning yang ingin diberi formula excel, bagaimana rumusnya?

Salam,

DD
Ascending by Month.xlsx

Mr. Kid

Feb 23, 2024, 5:40:48 AMFeb 23
to milis Belajar-Excel
Wa'alaikumussalaam wr wb

Cara 1 : dengan array formula
Cara 2 : dengan fitur Excel bernama Power Query (lihat di menu Data -> Get Data)

Cara 2 lebih mudah diotomasi dengan VBA dan mudah dikembangkan,
misal dikembangkan agar
- file entry data ada di file EntryData yang ada di dunia lain,
- file Hasil di file terpisah dan dibagi ke semua user yang berhak (pastikan user yang dapat file Hasil diberi hak akses ke folder lokasi EntryData [dikomputer manapun di dunia manapun asal bisa dicapai melalui koneksi data])

Wassalaam...
Kid

re-Ascending by Month.xlsx

Dede Sulaeman

Feb 23, 2024, 3:19:14 PMFeb 23
to Mr. Kid, milis Belajar-Excel
Alhamdulillah, terima kasih banyak atas masukan ilmunya Mr Kid.
Saya coba pelajari penjabaran formulanya.
Semoga Alloh mudahkan setiap urusan dan berkah untuk ilmu dan rezekinya.

Wassalamu'alaikum.

Mr. Kid

Feb 23, 2024, 4:23:37 PMFeb 23
to milis Belajar-Excel
Array formula yang dicontohkan tadi adalah untuk jumlah baris data terbanyak hanya 2 digit, artinya dari 1 baris data sampai dengan 99 baris data, karena menggunakan pengali 100
> banyaknya 0 setelah 1 dalam 100 adalah banyaknya digit tertinggi dari jumlah baris data terbanyak, jadi jika ada puluhan ribu data, maka digitnya adalah 5, pakai pengali 100000

1. ingin diurutkan dengan cara pengurutan : nama bulan secara asc lalu nomor urut data secara asc
    > karena nama bulan tidak bisa diurutkan secara langsung (berbentuk teks nama bulan), maka butuh noUrutBLN
    > karena nomor urut data tidak berdasar salah satu kolom tertentu dalam tabel data, maka butuh noUrutDATA
image.png

2. dari nomor 1, maka didapat output dengan Sort yang sesuai kriteria pengurutan (yaitu : nama bulan secara asc lalu nomor urut data secara asc)
image.png

3. Artinya, dibutuhkan data numerik (berupa bilangan) yang mengikuti kriteria pengurutan (yaitu : nama bulan secara asc lalu nomor urut data secara asc)
    dengan berisi susunan noUrutBLN diikuti noUrutDATA yang mudah untuk dipecah kembali menjadi kolom noUrutBLN dan kolom noUrutDATA
    Caranya adalah dengan :     noUrutBLN * 100 + noUrutDATA -> dengan angka 0 adalah sebanyak jumlah digit maksimal banyaknya baris data
image.png

Regards,
Kid