[Oil&Gas] Flare

Tri Joko Mulato

to Migas_I...@yahoogroups.com

huy guys..
maw tnya nih..
dalam sbuah plant, peletakan flare itu jarak aman untuk equipment dan
ke lingkungan sekitar berapa ya??
mohon bantuannya.

trims...

Joko

__._,_.___
Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indon...@yahoogroups.com
Daily Digest    : Migas_Indon...@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indon...@yahoogroups.com
Administrator   : Migas_Indo...@yahoogroups.com
Mirror : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK DIPERLUKAN SEWAKTU REPLY
PENGIRIMAN ATTACHMENT KE MILIS HARUS MELEWATI ADMINISTRATOR
.

__,_._,___

Alvin Alfiyansyah

to migas_i...@yahoogroups.com

Waah Mas Tri,

Flare design itu ada perhitungannya baik radiasi vertikal dan horizontalnya.
Salah satu referensi adalah API RP 521, ada juga buku kecil mengenai flare design, cuma karena sedang di luar kantor saya lupa referensi lainnya.
Selain itu perhitungan diperlukan KO Drum juga akan mempengaruhi perhitungan process safety lainnya, deflagration atau detonation ya...:)? ;)
CMIIW.kawan2 process engineer pasti bisa membantu anda.

Wassalam,
*AAL**

On Sun, 03 Jan 2010 12:59 ICT Tri Joko Mulato wrote:

>huy guys..
>maw tnya nih..
>dalam sbuah plant, peletakan flare itu jarak aman untuk equipment dan
> [...]

Get your preferred Email name!
Now you can @ymail.com and @rocketmail.com.

__._,_.___
[...]

arna aryanie

to Migas_I...@yahoogroups.com

Saya tidak tahu amannya berapa.
Tapi setahu saya, untuk aman tidaknya, selain evaluasi radiasi yang sudah disampaikan mas Alvin.
Evaluasi Noise juga dilakukan.
Evaluasi Dispersi (consider kegagalan firing pada flare tip) juga dilakukan.
Evaluasi tersebut dilakukan pada kondisi maksimum flare load terhadap posisi (titik) terdekat dimana masih ada personel bekerja diarea tersebut.
Untuk radiasi, nilainya ada ditable 8 API RP 521.
Untuk noise, nilainya tidak boleh melebihi maxmum 115 db (A).
Untuk dispersi, nilainya pada titik terdekat dengan sumber panas tidak boleh melebihi %LFL tertentu (biasanya critical alarm setting gas detection system).

Setahu saya, perhitungan radiasi dan noise bisa dilakukan dengan FLARESIM simulation atau dengan persamaan yang tersedia pada API RP 521.
Sedangkan dispersi bisa dengan PHAST simulation.

CMIIW.

> [...]

>huy guys..
>maw tnya nih..
>dalam sbuah plant, peletakan flare itu jarak aman untuk equipment dan

http://mail. promotions. yahoo.com/ newdomains/ aa/

__._,_.___
[...]

saiful erwan

to Migas_I...@yahoogroups.com

Pak Joko,
Menurut pengalaman pribadi, mending berdasar radius radiasi "aman" pada saat blowdown scenario.
Mudah2an membantu.
Salam,
ES

2010/1/3 Tri Joko Mulato <jae_bloe@yahoo.co.id>

[...]

And Riawan

to Migas_I...@yahoogroups.com

Pak, Untuk LPG Plant ada di API 2510 . . . (min. 100 ft)

terimakasih

And1

Crootth Crootth

to Migas_I...@yahoogroups.com

Hai John,

Pertanyaan ente tidak jelas juntrungannya...

Fasilitasnya apa? industri kimia? industri oil and gas? industri pakan ayam?
Berapa besar fasilitasnya? Berap banyak pekerjaanya?Pekerjanya tinggal di sana apa engga? berap jam kerjanya? shift shiftan?
Ada di mana fasilitasnya? di tengah pulau? di tengah gurun? di tengah pasar?
Parameter process nya seperti apa?
Ada penduduk sekitar apa tidak? berapa banyak penduduknya? berapa jarak permukiman ke fasilitas anda?
Ada fasilitas umum di dekat fasilitas apa tidak? jika ada berapa m jaraknya? berapa besar fasilitas umumnya? berapa orang tinggal dalam seharinya di fasilitas umum tersebut?

Best Regards
Garonk
Lead Process Safety Engineer
Total E&P

harry alfiyan

to Migas_I...@yahoogroups.com

Banyak sekali referensinya, Pak..
Silahkan refers to:
API RP 521
API 573
Jhon Zink Combustion Handbook
EPA/452/B-02-001 VOC Destruction Controls, Chapter 1: Flares

Kalo simulasinya, bisa pake Flaresim atau yg lebih detail bisa pakai CFD

Monggo..

Salam,
HARRY ALFIYAN
PT. KOTA MINYAK INTERNUSA

denny'501

to Migas_I...@yahoogroups.com

Om Jhon..

Mungkin maksudnya kawan joko adalah plant secara umum yang tidak ditengah pasar.

Bisa pake API 521 kalo saya pikir bro, dan tergantung seberapa besar paparan radiasi yang mau dikonsider sehingga akan menentukan juga tinggi flare stack yang akan dibangun

Salam Laut,

Gideon Prajogo

to Migas_I...@yahoogroups.com

mas joko,

untuk kalkulasi jarak dan ukuran flare perlu data teknik: back pressure, temperature, gas composition, wind speed, dan lain-lain. masih banyak data yang harus diinputkan, baik kalkulasi menggunakan software maupun perhitungan menggunakan standard API secara manual.
jadi untuk sementara belum bisa ditentukan jarak aman minimumnya.

salam,

-gideon-
buruh migas

** Flare Internusa **