Stop Penangkapan HIU!!

Iflah Hussein

to marine...@googlegroups.com
Kok sepi ya hehe. . .
Assalamu'alaikum wr.wb
newbie mau ngikut sharing2 n diskusi

Maap ane mau curhat perihal penemuan ane sewaktu hari minggu kemaren, ane pada waktu itu lagi belanja, (belanja lauk pauk buat stock bulanan di rumah) di sebuah pasar yaitu, Kab. Tangerang, yang namanya belanja ya otomatis pilih2 dan juga nyari2, mana yang harganya murah dan juga berkwalitas bagus hehe . . .

NAHH!!! Sewaktu berkeliling pasar nyari2 lauk itu ane nemu suatu makhluk laut yang imut bin unyu2 (alias masih baby)

nih emputunya

karena penasaran, ane tanyain dah tuh pedagang ikannya, pak ini anakan hiu dapat darimana? kemudian dijawab dapat dari tanjung kait pak

nah yang mau ane diskusikan itu, apakah nelayan2 di negara kita itu tidak mengetahui ikan apa saja yang tidak boleh ditangkap? besarnya harus seberapa besar?
yang parahnya lagi kan ini yang ane temuin itu yang dijual (dah jadi bangke) anakan HIU *kalo gak salah hiu karang* (maap kalo salah), apa gak sebaiknya diadakan sosialisasi terhadap masyarakat pesisir pantai yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan, juga kepada komunitas2 memancing, agar tidak menangkap ikan2 yang tidak boleh ditangkap. (dilihat dari segi ukuran dsb), ya mungkin itu aja sih uneg2 dari ane, mohon maap kalo banyak salah kata terucap ^^

Dwi Ariyogagautama

to marine...@googlegroups.com
Wa'alaikumussalam,

Sedih kalau lihat hiu ada dipasar :(
Umumnya tangkapan hiu merupakan tangkapan sampingan (by catch), bukan target sebenarnya nelayan
namun masyarakat kita sendiri masih membeli hiu tersebut, sehingga nelayan tidak tetap memanfaatkan tangkapan sampingan tersebut.

Terlepas dari mereka paham jenis hiu yang diatur dan belum diatur, pembeli juga berkontribusi besar dalam menjamin perdagangan hiu itu terus berjalan. Lebih sulit lagi ketika daging-daging hiu yang sudah diolah menjadi daging asap,sulit dibedakan dengan daging pari tentunya.

Biasanya yang saya sampaikan ke orang-orang rumah jika ingin beli daging asap, lebih baik ditanya terlebih dahulu untuk memastikan yang dijual bukan daging hiu olahan. Jika bisa disampaikan sekaian ke penjual, bahwa hiu populasinya sudah mulai terancam dan beberapa jenisnya sudah diatur oleh pemerintah

thanks
Yoga

WEB: http://groups.google.com/group/marinebuddies
Anda menerima pesan ini karena berlangganan ke Grup "MarineBuddies"
Google Groups.
Untuk memposting ke grup ini, kirimkan email ke
marine...@googlegroups.com
Untuk keluar dari grup ini, kirim email ke
marinebuddie...@googlegroups.com
Untuk pilihan lain (setting pengiriman dan lain-lain), kunjungi grup ini di
http://groups.google.co.id/group/marinebuddies?hl=id?

---
Anda menerima pesan ini karena berlangganan grup "MarineBuddies" di Google Grup.
Untuk opsi lebih lanjut, kunjungi https://groups.google.com/d/optout.

Aul

to marine...@googlegroups.com
haduhh sedihnya.

itu ukuran baby atau memang hiu yang berukuran kecil?

oiya, kalau browsing2 rasanya belum ada jenis hiu yang ditangkap atau dimanfaatkan secara lestari, misalnya dibudidayakan, diijinkan utk dikonsumsi krn populasinya byk, dll. ada gak ya?

au;

achmad mustofa

to marine...@googlegroups.com

Wah nek ngene carane suwe-suwe ndladrah amarga pengelolaan ora sustainable,peraturane ana (urung kabeh hiu sih ) tapi juga law enforcement-e ijek rendah.

Sebagai komunitas sebaiknya kita tetep membantu mengawasi dan mengingatkan.