Tanya KVM switch

Dhanank Perdhana

to STIKOM LUG
Halo Sluggers,

Adakah yang sudah berpengalaman membuat remote KVM switch sendiri?

Pertanyaan saya ini maksudnya adalah untuk mengurangi cost untuk tidak membeli IP KVM switch. Dan ini untuk mengontrol server yang tidak mempunyai manage module (out-of-band management module) semisal IPMI di server Supermicro atau DRAC di server DELL. Jadi servernya adalah server biasa, a.k.a OEM a.k.a jangkrik :D

Idenya adalah mencari KVM switch yang bisa dikontrol dari satu komputer (dedicated). Kemudian, pengguna satu server harus login ke server tersebut via SSH, dan kalau berhasil login akan langsung diarahkan ke server yang dia punya (server yang diassign untuknya) via bash profile script. Mungkin bisa juga, waktu user berhasil login, bash profilenya berisi script yang langsung mengaktifkan VNC session untuk dia. Jadi dia bisa langsung kontrol servernya sendiri. Dia bisa install ulang sendiri. Kalau bisa lagi, dia bisa nyalakan server itu kalau server itu sedang dalam keadaan OFF.

Adakah yang sudah punya pengalaman membuat KVM seperti di atas? Atau, ada artikel yang bisa saya pelajari untuk itu?

Adakah yang tau merk-merk yang memungkinkan hal tersebut? Saya baca2 di beberapa forum dan mailing list, merk Avocent yang paling banyak disebutkan.

Terima kasih banyak sebelumnya.

Dhanank Perdhana

# PERDHANAHOST - Affordable Business-ready Web Hosting - http://www.perdhanahost.net
# SoerabaiaNetworks - Heroic Cloud Platform - http://www.soerabaianetworks.com

diyan christian

to lug-s...@googlegroups.com
aku juga pingin tahu apakah ada yang pake solusi kvm over ip kayak gini,
ini harusnya Jhe ngomentari dan merangkul awakmu..sambil mengeluarkan
jurus sales produk2 nya dia ;)

afaik, produk2 nya ATEN, RARITAN ada kvm over IP, yang nancep lewat PCI
maupun lewat VGA, SERIAL, dan aku nggak tahu kayaknya juga bisa mount/loop
local media atau .iso images kalo mau remote install.

dulu produk terminal server yang terkenal kayaknya punya cyclades, barusan cek,
sekarang jadi avocent, tetapi aku nggak tahu dia bisa power-cycle gak,
soalnya kalau butuh fitur bisa power-cycle, kayaknya kudu beli PDU
(power distribution unit) yang bisa di remote juga)

selain itu, mungkin bisa dipertimbangkan, kalo pake prosesor intel,
milih seri yang ada fitur VPRO, atau yang AMD, OPMA (mobo tyan kl gak
salah).

Zainal Abidin

to lug-s...@googlegroups.com
isok ae Blek! gak ngerti nek KVM over IP

ngertine meh PC over IP (PCoIP)

http://www.amulethotkey.com/solutions/pc-over-ip
http://www.teradici.com/pcoip/pcoip-technology.php

2012/7/16 diyan christian <slash...@gmail.com>:
> --
> STIKOM Linux User Group
> "Geek Tested, Mother Approved."
>
> To post: lug-s...@googlegroups.com

thank you,

Zainal Abidin

+ 081615295592 | @flym3
+ http://www.linkedin.com/in/abidinzainal

diyan christian

to lug-s...@googlegroups.com
bentar lagi ace card nya keluaaaar #eeaaaaaaaaa