Tanya best practice backup mysql

Daud Mukadar

to lug-stikom
Guys,

bisa sharing solusi backup data mysql di lingkungan kerja kalian?
apakah, binary di rsync?, di dump dulu baru dibackup, pake zmanda, dll?

kalo pernah nyobain beberapa metode bisa share perbandingannnya,

thanks,
.daud

Dhanank Perdhana

to lug-s...@googlegroups.com
Halo,

Di kantor saya, mysql untuk pelanggan cuma dibackup tiap tengah malam. Di backup pakai mysqldump. Kalo pelanggan butuh lebih sering, bisa dikerjakan sendiri via control panel sesering yang mereka mau. Ini asumsinya untuk pelanggan shared hosting yah...

Untuk pelanggan VPS dan Dedicated Server, secara default mereka lakukan sendiri, kecuali pakai layanan tambahan.

"Best" itu IMHO adalah solusi yang paling fit dengan kondisi. Ada yang bilang block-based backup itu paling baik, karena fitur realtime dan off-site backup disediakan dalam satu sistem. Tapi, itu ngga' cocok buat keadaan di mana admin secara ngga' sengaja nge-drop database, misalnya :) Untuk kasus seperti ini, backup berkala seperti yang kami kerjakan, mungkin lebih membantu. Backup database tinggal di restore saja ke backup terakhir. Tetap ada yang hilang selama selisih waktunya, tapi tidak hilang babar blas.. :)

Dhanank Perdhana

# PERDHANAHOST - Affordable Business-ready Web Hosting - http://www.perdhanahost.net
# SoerabaiaNetworks - Heroic Cloud Platform - http://www.soerabaianetworks.com

2012/10/9 Daud Mukadar <daudm...@gmail.com>

--
STIKOM Linux User Group
"Geek Tested, Mother Approved."

To post: lug-s...@googlegroups.com

Daud Mukadar

to lug-s...@googlegroups.com
Ok, thanks masukannya nang,

baru aja ada horror story di sini, jadi pada mikir backup sekarang.
mungkin yg praktis pake mysqldump, incremental harian, mingguan,
bulanan, data abis 3 bulan dibuang.

cheers,
.daudmukadar

bbuud...@gmail.com

to lug-s...@googlegroups.com
Emang mysqldump bisa incremental?

Dhanank Perdhana

to lug-s...@googlegroups.com
I see.

Kalau ini soal Utan Kayu Headquarter, someone called me that night :) Mengerikan memang ceritanya. Itu data super duper penting, dan terbang tanpa backup.

Karena waktu itu, ceritanya dia pakai MyISAM, ada kemungkinan bisa direstore dengan extundelete.sourceforge.net (dikembalikan file fisiknya ke /var/lib/mysql atau direktori lainnya tempat data mysql disimpan). Yang paling penting pada kejadian seperti itu adalah: JANGAN SAMPAI ME-RESTART DAEMON MYSQL.

Good luck!

Zainal Abidin

to lug-s...@googlegroups.com
2012/10/10 <bbuud...@gmail.com>:
> Emang mysqldump bisa incremental?

Cek disini Bro http://standish.home3.org/mysql-backup

to BigD, pendapat saja. Sekarang ini kalo ngandalin backup dilevel aplikasi
untuk data yg katanya "Very Very Important Data", kayaknya masih tetep
was was dah
harusnya backup-nya paling gak lebih dari 1 level. OS dan Aplikasi

--
thank you,

Zainal Abidin

+ 081615295592 | @flym3
+ http://www.linkedin.com/in/abidinzainal

sastra...@gmail.com

to lug-s...@googlegroups.com
Shutdown db
Copy folder mysql
Compress dgn rar atau zip
Kelemahannya harus down sementara.
Kelebihannya. Table tetap tersembunyi dan lebih cepat
Kalau pake dump pernah kejadian tidak semua di dump. Karena keterbatasan besar filetext. Atau ada key tanpa sengaja hilang
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

to lug-s...@googlegroups.com
@logb gabungin ama logrotate (+bz2) bisa gak?

@dhanank, thanks, will go tkp

@jhe, thanks, willgo tkp,
iya rata2 gitu semua tuh modelnya bro,
walopun disedian button backup di aplikasi, boro2 diklik seminggu
sekali, dilirik aja nggak,
kalo udah kejadian aja, pucet panas dingin merah ijo, kayak kapan hari
ada klien, bela2in dari ke malang demi data sekian tahunnya itu,
sekarang, mereka udah punya backup procedure dan disaster recovery
procedure :)
Tapi ya gitu, nunggu disaster betulan baru dites prosedurnya :D

@sastra, o gitu ya, thanks masukannya bli

ane kepikiran, aslinya jualan solusi backup doang kayaknya laku loh,
katalog jualannya cukup bikin dbadmin horror story, ama kerugian dalam
(juta)rupiah yang ilang.
yg dijual prosedur backup ama recovery, baik onsite ama offpremise.
+implementasi kalo belum punya tim, model pembayarannya, ya dibikin
langganan lah :D
ada yg minat?

.d

Nuzli L. Hernawan

to lug-s...@googlegroups.com
Minaat... :D Sedang dijalanin sih :) Cuman sementara baru cover IBM DB2.

Regards,

Nuzli L. Hernawan
---
"Knowledge is my companion;
it is with me everywhere I go.
My heart is its container and not the bookshelf."
['Ali ibn Abi Thalib radhiyallahu'anhu
]

Budiwijaya

to lug-s...@googlegroups.com

to lug-s...@googlegroups.com
Pake teknik apa Nuz yg di DB2-nya? replikasi?

to BigD :
eniwei, baru2 ini aku POC di beberapa client pake TSM Fastback [*]
ini punyanya IBM Software termasuk murmer budget lah utk ukuran
small to mid range company ;)

[*] http://www.cdwg.com/shop/search/software-titles/ibm-tivoli-storage-manager.aspx

Linux support!

Utk storage-nya akalin pake FreeNAS, maknyusss dah.. tinggal dodolan e waee :D

Nuzli L. Hernawan

to lug-s...@googlegroups.com
Wuizz.. AM-nya langsung nyamber :P

Regards,

Nuzli L. Hernawan
---
"Knowledge is my companion;
it is with me everywhere I go.
My heart is its container and not the bookshelf."
['Ali ibn Abi Thalib radhiyallahu'anhu
]

Zainal Abidin

to lug-s...@googlegroups.com
hahahahaha.... Presales Engineer merangkap AM dan nyales juga

Dhanank Perdhana

to lug-s...@googlegroups.com

2012/10/11 Daud Mukadar <daudm...@gmail.com>
ada yg minat?

Aku mau!

Mulai dari infrastruktur sampai ikut jualan, aku mau. Kapan bisa diatur? :)