Tanya miniform pc yg linux friendly

Daud Mukadar

to lug-stikom
Hi guys, ada yg pernah pake atau ngerakit miniform pc (pc dimensinya
mini, kayak samsung chromebox atau asuss eee box)

bisa sharing pengalaman dong, speknya kayak apa, sama howtonya
kalo bisa support:
- wifi
- dc power adapter
- on/off power button
- support on running apache/nginx+php, java, mysql
- kira2 costnya sekitar US$ 100 atau kurang

thanks in advance, guys!
.daudmukadar

Nuzli L. Hernawan

to lug-s...@googlegroups.com
yang costnya di bawah 100$ masih belum nemu apalagi support macam2 Ud.

Regards,

Nuzli L. Hernawan
http://bit.ly/nuzlilatief
nuzli...@gmail.com

--
STIKOM Linux User Group
"Geek Tested, Mother Approved."

To post: lug-s...@googlegroups.com

Dhanank Perdhana

to lug-s...@googlegroups.com
Kalau yang seperti Chromebox itu, apa ngga' datang dalam keadaan built-up bro?

Aku sih sering ngerakit server mini untuk pelanggan SN. Cuma ngga' sekecil itu. Aku biasanya pakai motherboard yang seukuran Mini-ITX. Ada Intel Atom D525 atau MSI H61I-E35 atau Asrock Z77 Mini-ITX. Rangenya biasanya sih $350 - $750. Aku sudah coba dengan macam2 part pengganti supaya bisa menyentuh $200, tapi sampai sekarang belum pernah tercapai. Selalu sedikit di atas $200 (untuk yang paling rendah).

Semoga bermanfaat.

--
Salam,

Dhanank Perdhana

# PERDHANAHOST - Affordable Business-ready Web Hosting - http://www.perdhanahost.net
# SoerabaiaNetworks - Heroic Cloud Platform - http://www.soerabaianetworks.com

Daud Mukadar

to lug-s...@googlegroups.com
so far found these config:
asus eee box (1.5jt)
atau raspberry pi (35 usd), belum termasuk script shutdown dan casing,
but seems to work.

mungkin ada pernah ngerakit home theater atau mini cloud, ane perlu
device serupa cuman gak tinggi2 amat speknya.
kalo wifi doang kan standart, fanless (dc power supply)-nya optional deh.

Nuzli L. Hernawan

to lug-s...@googlegroups.com
rapsberry pi kudu cari binary apache nya atau built sendiri. ini ada  http://www.jagatreview.com/2011/10/preview-zotac-a75-itx-wifi/

Daud Mukadar

to lug-s...@googlegroups.com
@dhanank, iya chromebox itu built up, cuman bisa dihack diganti linux
os-nya, masih cari alternatif yg lebih murah

hm.. 200an masih masuk sih kayaknya,
emang mobo yg mini-atx mahal2 ya nang, pake processor via biar gak
panas juga ternyata mahal euy.

btw, casingnya pake apa nang?
homebrew ato gimana?

thanks, bro

Daud Mukadar

to lug-s...@googlegroups.com
2012/9/21 Nuzli L. Hernawan <nuzli...@gmail.com>:
> rapsberry pi kudu cari binary apache nya atau built sendiri. ini ada
> http://www.jagatreview.com/2011/10/preview-zotac-a75-itx-wifi/
thanks, exacly why we need to look other options before pick it up :)

kita pingin fokus di bikin apps, bukan maintaining raspbery box.

.d

Daud Mukadar

to lug-s...@googlegroups.com
zotac keliatannya menjanjikan, cuman rangenya harganya untuk mobo
doang masih mahal, selisih dikit dapet asus eee box,
rata2 spek mini atx buat home theater sih, jadi canggih2,
kalo buat running apache / nginx doang cocok apaan ya?

ada yg pernah coba android / android cina gak dihack buat ginian, bisa
share pengalaman / performanya?

thanks,
.d

Daud Mukadar

to lug-s...@googlegroups.com
oya, goal akhirnya box bisa running aplikasi php+mysql untuk max 5 client.

thanks sharingnya,
.d

Nuzli L. Hernawan

to lug-s...@googlegroups.com

Guritno Mahardiko

to lug-s...@googlegroups.com
Kemaren sempat mainan router TP LINK TL-MR3020(murah cuma 200 rb an), di flash openwrt. Setup lighttpd+php disitu. Kalau space kurang gede bisa pake usb flashdisk, install2 diarahkan ke flashdisk. Kalau kebutuhannya load nya gak gede mungkin bisa jadi alternatif.

-http://wiki.openwrt.org/doc/howto/extroot
-http://wiki.openwrt.org/doc/howto/lamp

.d

Daud Mukadar

to lug-s...@googlegroups.com
thanks nuzli & ino,

cuboxnya kelihatan mantab, bisa dicoba kayaknya,
@ino wah keren juga tuh access point dibajak jadi lampp server, bisa dicoba juga

thanks guys,
.d

bbuud...@gmail.com

to lug-s...@googlegroups.com
Access point jadi lampp? Jgn berharap banyak. Kecuali dapat AP spek yg maknyus.

Daud Mukadar

to lug-s...@googlegroups.com
for 30 bucks, it worth trying lah, bukan aplikasi enterprise ini

.d

diyan christian

to lug-s...@googlegroups.com
woah, tp-link yang model nya inok itu cpu power nya gimana?
mumpuni gak? @400MHz
nok, ada hardware lebih tinggi dikit gak?
misal cpu chipset, ram, usb port, dan harganya masih dibawah 1jt?
kalau gak salah dulu kayak belkin ato asus ada yang range harganya
masih kisaran 600 s/d 800rb an dan bisa di ganti firmware nya ke openwrt.

daftar perangkat yang didukung openwrt:
http://wiki.openwrt.org/toh/start

Guritno Mahardiko

to lug-s...@googlegroups.com
Kemaren pake ini buat jalanin app php sederhana buat control arduino via usb masih mumpuni, tak rasa untuk maks 5 user yang ngakses masih bisa.

Kalo spec lebih tinggi mungkin ada juga ya, cuma kemaren memang cari yang harga 300 rb an, jadi gak liat2 yang lain.

to lug-s...@googlegroups.com
Halo,

Aku bikin sendiri pakai acrylic. Ini aku attach fotonya (ini kebetulan versi yang pakai LGA1155, Intel i3-2120 3.3GHz, total build cost $400an).

Ceritanya, ini dibuat seperti blade server, makanya bentuknya memanjang. Kalau mau dirancang sendiri untuk berbentuk seperti MacMini dan bekerja mandiri, tinggal diatur sendiri.

Mobonya pakai Mini-ITX, bukan Mini-ATX (beda jauh lho ukurannya, bahkan Mini-ITX dibandingkan dengan Micro-ATX pun kalah gede ukurannya). Processornya, kalau pakai Atom D525, itu ngga' pake fan juga gpp. Karena designnya memang fanless. Aku temui beberapa pelanggan anak2 (usia SMP / SMA), pakai server jenis ini untuk main Ragnarok online atau Minecraft. Ada juga satu pelanggan yang pakai server jenis ini untuk beri layanan hosting ke pelanggannya (multiple account, multiple domain, database, FTP). Waktu kerja optimal, biasanya heatsinknya cuma anget2 aja, ngga' panas.

Untuk HDDnya, ada beberapa pelanggan yang pakai HDD 2.5" atau SSD. Ini bisa ngirit listrik juga selain space.

Semoga bermanfaat.

=> O iya, sekedar info, di SoerabaiaNetworks untuk yang i3-2120 3.3GHz, 4GB RAM, 1TB WDC Caviar Black SATA3 cuma Rp500,000 per bulan lho :D

--
[...]

2012/9/21 Daud Mukadar <daudm...@gmail.com>
160920121147.jpg
160920121149.jpg

diyan christian

to lug-s...@googlegroups.com
Mmm mantebh rek, kreatif!
Patut diacungi jempol.
Jadi ingat purwarupa awal google dulu :)

modelnya "blade" yo, cuman yang ini nggak lewat backplane :)

Ntar kalo SN sudah besar kayak google, jangan lupa disimpan buat koleksi musem SN masa perjuangan :)

From: Dhanank Perdhana <dha...@gmail.com>
Date: Fri, 21 Sep 2012 20:52:54 +0700

Dhanank Perdhana

to lug-s...@googlegroups.com
Ini kemaren hasil dari mikir, gimana caranya masukin sebanyak mungkin server ke rack 20U dan harus dengan budget seminim mungkin. Cari2 di internet, nemu http://www.atxblade.com/

Produk yang mereka tawarkan sama seperti yang aku buat: blade tanpa backplane. Dan pakai motherboard umum, bukan motherboard propritary seperti yang digunakan blade server pada umumnya. Lebih enak, aku pikir. Karena komponennya lebih mudah dicari di pasaran dan digantikan, kalau2 ada yang rusak. Ngga' ada proprietary hardware di situ.

Pernah pengen beli jadi aja dari situs itu. Tapi setelah dihitung2, biaya kirimnya ke Jakarta luar biasa mahal (karena bobot barangnya). Jadi, sementara nunggu ada yang mau jadi distributor di sini, kita buat sendiri lah. Jatuhnya juga jauh2 lebih murah.

O iya, baru ingat. Dulu juga sempat pengen bikin PC kayak yang bigD mau buat itu. Ada situs yang jual barang2 khusus untuk PC dengan form factor Mini-ITX: http://www.mini-itx.com/ . Ada beberapa video yang bagus, yang kasih tunjuk bikin green PC. Salah satunya ada di sini => http://www.mini-itx.com/2010/08/06/building-a-green-pc

Semoga membantu.

[...]

Nuzli L. Hernawan

to lug-s...@googlegroups.com

Keren nank. Jadi inspirasi. Thanks infonya.

---
Nuzli L. Hernawan
Sent from My Shinobi®

Daud Mukadar

to lug-s...@googlegroups.com
Thanks masukannya nang,
jadi lebih banyak pilihan,
tinggal ngopreknya aja,

.d

Dhanank Perdhana

to lug-s...@googlegroups.com
Btw, kalo mau lihat2 bentuk yang lain atau mau oprek2 bareng, main ke workshop SN di Depok lah. Siapa tau kapan2 mau mampir ke pak Iqbal di Depok/Jonggol, bisa mampir ke workshop SN di Depok :)

Note: ini undangan untuk semua aja. Kalau lagi main ke Depok, silakan mampir :)

[...]

Daud Mukadar

to lug-s...@googlegroups.com
Hehehe...
sorry kemaren gak sempet singgah bro,
momennya agak kurang pas, takut disangka gerombolan si berat, eh .. si torik,

gimana depok, udah aman yah?

.d

Dhanank Perdhana

to lug-s...@googlegroups.com
Aman! Kan pilkadanya udah di-kotak-kotak-in ... #eh

--
[...]

2012/9/27 Daud Mukadar <daudm...@gmail.com>

.d

Budiwijaya

to lug-s...@googlegroups.com
Ngangkat thread taun lalu. Ini ud ada mas iggy yg oprek tplink versi kecil tl-mr3020 jadi server.

Rio Astamal

to lug-s...@googlegroups.com
mantab link nya :D

2013/1/4 Budiwijaya <bbuud...@gmail.com>: