Lima (5) pertanyaan Kuliax

stwn

to Kuliax Project
Pemerhati dan pendukung Kuliax,

Saya ingin menanyakan lima (5) pertanyaan seputar Kuliax, jika Anda
ingin membantu dan mendukung proyek ini sila menjawabnya

1. Menurut Anda apa arti sebuah distribusi Linux dan seberapa penting
pengembangan distro Kuliax?

2. Apa yang menjadi kegagalan utama Kuliax dalam 3 tahun ini?

3. Menurut Anda, bagaimana cara mengurangi kegagalan tersebut di masa
mendatang?

4. Untuk dapat berkontribusi dalam sebuah proyek komunitas, apa yang
Anda perlukan ada?

5. Selain distribusi Linux, apa yang kira-kira dapat diproduksi oleh
Kuliax Project?

Bagi yang ingin membuat pertanyaan tambahan dan jawabannya
dipersilakan ;-)

Terima kasih.

* Pertanyaan terinspirasi dari http://j.mp/5mD27g

Akhmad Fathonih

to kul...@googlegroups.com

2010/1/11 stwn <este...@gmail.com>

[...]

Distro adalah sebuah end-to-end experience.

2. Apa yang menjadi kegagalan utama Kuliax dalam 3 tahun ini?
Not enough man power

3. Menurut Anda, bagaimana cara mengurangi kegagalan tersebut di masa
mendatang?
Focus on small things

4. Untuk dapat berkontribusi dalam sebuah proyek komunitas, apa yang
Anda perlukan ada?
Poin kontribusi yang cocok dengan kondisi saya, eg: small bandwidth, etc

5. Selain distribusi Linux, apa yang kira-kira dapat diproduksi oleh
Kuliax Project?
Oke, ini terkait dengan item2 di atas. Kuliax Project bisa lebih fokus ke package building. Hal ini bisa mengurangu kebutuhan man power. Misalnya jadi pemaket KDE terbaru, atau program2 untuk perkuliahan dan e-book2 yang terkait dengan perkualiahan. Hal-hal semacam boot manager, dan detil distro yang lain bsia kita tinggalkan sementara.

dengan fokus yang lebih spesifik, mudah2an Kuliax bisa lebih terkenal dan menarik lebih banyak orang untuk memakai dan kemudian berkontribusi. Dalam jangka panjang, targetnya tetap jadi distro. But we start small, with great packages.

--
Kuliax Project: http://kuliax.org
IRC: #kuliax at irc.freenode.net

--
http://launchpad.navinot.com - Dukung Startup Lokal!
http://navinot.com - Slashing Web & Online Strategy

Iwan Setiawan

to Kuliax Project
Setelah sekian lama menunggu, ternyata hanya Toni yang merespon hehe

Komentar saya ada di bawah

On Jan 11, 9:56 am, Akhmad Fathonih <akhm...@gmail.com> wrote:

> Distro adalah sebuah end-to-end experience.

Antara pengembang dan pengguna?

> Not enough man power

Yes

> Focus on small things

Baik, sedang kita lakukan

> Poin kontribusi yang cocok dengan kondisi saya, eg: small bandwidth, etc

Saya tidak paham ini Ton

> [...]
> jangka panjang, targetnya tetap jadi distro. But we start small, with great

Sebenarnya pemaketan sendiri butuh tenaga cukup juga lho Ton, apalagi
kalo berhubungan dependensi yang sekian banyak seperti di GNOME atau
KDE

Saya ada bayangan untuk menyiapkan paket-paket KDE SC minimal versi
4.3, bukan yang terbaru sih tapi ini cukup sebagai langkah awal.
Rencana ini dapat masuk di bawah Kuliax Backports, paket sumber KDE
4.3 dapat diambil dari Debian rilis unstable

Membangun KDE SC versi terbaru dari subversion, seperti yang dirimu
sudah lakukan, sebenarnya bisa dilakukan, tapi usaha untuk memaketkan
tiap komponen2nya yang butuh tenaga cukup. Ada ide?

Buku-buku elektronik sebagian kita coba sediakan sedikit2

Makasih Ton atas respon dan masukannya.