Pascal?

stwn

to Kuliax Project
Pendukung dan pengembang Kuliax,

Saya sedang bertanya-tanya, apa sekarang bahasa pemrograman Pascal
masih "laku" ya? artinya bahasa ini menjadi bahan ajar di sekolah,
kampus, dan umum di masyarakat?

Saya lihat sudah jarang sekali, termasuk penggunaannya di dunia nyata,
setahu saya bisa saja dasarnya dapat digunakan di Object Pascal
semacam Delphi, tapi apakah Delphi juga umum digunakan sekarang?
aplikasi desktop?

Pertanyaan tambahan, sebagai bahan dasar pemrograman apakah Pascal
cocok? saya baca beberapa tulisan mengatakan bahwa yang lebih mudah
dan efektif diajarkan adalah Python

Artinya begini, bagaimana caranya supaya kita bisa belajar hal yang
generik dan umum, serta tidak spesifik ke produk tapi teknologi,
selanjutnya kita dapat mengembangkannya secara fleksibel dalam hal
teknis di dunia akademis dan kerja, juga dapat diajarkan dalam waktu
cukup singkat misal 3-6 bulan (efektif)

Selain itu kita perlu melihat potensi dan manfaatnya dalam jangka
panjang dengan berbagai pertimbangan teknis dan non teknis

Pertanyaan: apa Pascal memenuhi kriteria-kriteria ini sehingga bisa
disebut "laku"?

Akhmad Fathonih

to kul...@googlegroups.com
Kalau dari segi esensi, yang penting dalam object Pascal adalah belajar OOP. Implementasi OOP sendiri diterapkan dengan cara yang berbeda-beda di antara banyak bahasa. Terpengaruh juga oleh sintaksnya. Javascript, Python dan C semuanya bisa OOP tapi caranya beda :D

Kalau mau mencari pedoman laku, harus cari statistik di scriplance, odesk, dll :D. Setahu saya sih jarang banget ada yang minta Pascal.

--
Kuliax Project: http://kuliax.org
IRC: #kuliax at irc.freenode.net

--
http://launchpad.navinot.com - Dukung Startup Lokal!
http://navinot.com - Slashing Web & Online Strategy

darmawan soenaryo

to kul...@googlegroups.com
[CMIIW]; setahu saya u beberpa olimpiade komputer msh menggunakan pascal;
cos kmrn bos saya pernah menta tolong saya u mencarikan guru buat privat anaknya belajar pascal guna ikut olimpiade komputer......

dsn-smg

Frans Thamura

Iwan Setiawan

to kul...@googlegroups.com
On Saturday 20 February 2010 13:53:19 Frans Thamura wrote:
> aneh kenapa gak java yah :0
>
> sebab bahasa ini marketsharenya dah turun terus .. searah dengan goncangan
> delphi dari borland masuk ke embacadero

Kenapa olimpiade komputer masih pakai pascal dan bukan java? ada yang tahu?
(http://twitter.com/neofreko/status/9386925699)

+1 mas e RT @valensriyadi: Adu logika, dianggap lebih terstruktur, minim
function built-in re: Kenapa olimpiade komputer msh pascal?
(http://twitter.com/neofreko/status/9387115365)

--
Numbers talk, bullshit walks.

- Dave Miller on linux-kernel

Indra Sutriadi الشافعئ‎

to kul...@googlegroups.com
Tidak tahu pasti kenapa Pascal yang digunakan. Tapi sebagai guru
fisika, saya melihat Pascal lebih bagus untuk mengenalkan hal-hal
sains untuk disimulasikan. Padahal memang Flash dan Java juga bisa,
tapi struktur bahasanya yang bagus berupa pengenalan variabel di awal
kode, dll gitu itu tuh yang kayaknya membuat orang-orang sains suka
menggunakan pascal untuk mengenalkan matematika dan sains. Uhm...
Ngelantur deh... :)