Kuliax 7.0RC0-test0

stwn

to Kuliax Development
kuliax-devel,

Sistem dan konfigurasi build dengan hasil pengujian image ISO Kuliax
7.0RC0-test0 telah cukup bagus sebagai dasar pengembangan lanjutan.

Komponen-komponennya persis seperti yang ada di
http://imgs.kuliax.org/devel/kuliax_base-0.1.png minus kernel dan
modul 2.6.31-1-kuliax.

Isi hasil build adalah sebagai berikut:

- sistem: Debian stable (lenny)

- kernel Linux 2.6.30 dari backports. versi 2.6.31-1-kuliax sedang
dioprek resep dan proses masaknya

- kode sumber modul aufs diambil dari ubuntu, karena versi terakhir
yang ada di testing/unstable tidak ada di repo debian manapun,
sepertinya terhapus

- installer menggunakan d-i, masih menggunakan stok kernel 2.6.26-2.
belum ada dukungan ext4 saat instalasi. sudah dilakukan percobaan
instalasi dan berhasil, baik mode teks maupun grafis/gtk

- backport oleh Kuliax: squashfs-tools 4.0, ktechlab 0.3.7 dan semua
dependensi build di stable

- karya seni: syslinux dengan splash Kuliax 7.0 berlatar belakang
hitam, cuma itu aja :D

- cups dan driver2 printer, gutenprint, hpijs, hplip, hpoj

- aplikasi-aplikasi yang terdaftar di http://kuliax.org/roadmap/7.0/apps/cd1

- paket-paket debian dari backports: OpenOffice.org 3.1, Pidgin 2.6.4

- paket debian yang diambil dari proyek upstream: freemind,
freepascal, ganttproject, partclone, usb_modeswitch

- paket debian dari Kuliax: cnet

- buku-e: cakephp-id, debian-book-id, htlacs-id, sistemoperasi-book-id
di $HOME

dokumentasi progres sudah ada di wiki.

demikian.

stwn

to Kuliax Development
On Jan 6, 11:23 am, stwn <estew...@gmail.com> wrote:
> [...]
>
> Sistem dan konfigurasi build dengan hasil pengujian image ISO Kuliax
> 7.0RC0-test0 telah cukup bagus sebagai dasar pengembangan lanjutan.

Seharusnya gambar base kuliax yang ini, lebih baru:
http://imgs.kuliax.org/devel/kuliax_base-0.1.2.png

stwn

to Kuliax Development
On Jan 6, 11:23 am, stwn <estew...@gmail.com> wrote:
[...]

> [...]
>
> - kode sumber modul aufs diambil dari ubuntu, karena versi terakhir
> yang ada di testing/unstable tidak ada di repo debian manapun,

http://packages.qa.debian.org/a/aufs.html:

This package is neither part of unstable nor experimental. This
probably means that the package has been removed (or has been
renamed). Thus the information here is of little interest ... the
package is going to disappear unless someone takes it over and
reintroduces it into unstable

Ada masalah kompilasi modul aufs dengan kernel 2.6.31. Sebenarnya ini
sudah diperbaiki di aufs-source_0+20090302-*3* tapi paket ini tidak
ada, yang tersedia hanya aufs-source_0+20090302-*2* itu pun di repo
karmic ubuntu dan masih bermasalah dengan versi kernel tersebut, tapi
*tidak* dengan *2.6.30*

pengembang sidux juga sudah pernah melaporkan permintaan dukungan aufs
di 2.6.31 di bugtracker debian: http://bugs.debian.org/cgi-bin/bugreport.cgi?bug=539928

Cara cepat untuk masalah ini, kita pakai 2.6.30 dari backports,
dikonfigurasi dan dibangun ulang *belum berani ngoprek jeroan modul
aufs*

stwn

to Kuliax Development
On Jan 7, 5:32 am, stwn <estew...@gmail.com> wrote:
[...]
> Cara cepat untuk masalah ini, kita pakai 2.6.30 dari backports,
> dikonfigurasi dan dibangun ulang *belum berani ngoprek jeroan modul
> aufs*

Sudah diintegrasikan linux-image-2.6.30-1-kuliax-686 ke sistem Kuliax
dan berjalan dengan baik. Alhamdulillah

stwn

to Kuliax Development
On Jan 8, 8:29 am, stwn <estew...@gmail.com> wrote:

> Sudah diintegrasikan linux-image-2.6.30-1-kuliax-686 ke sistem Kuliax
> dan berjalan dengan baik. Alhamdulillah

Saya sudah mencoba kernel tersebut di notebook dengan partisi ext4,
ternyata untuk melakukan proses mount sistem berkas ini dengan fitur
huge_file dibutuhkan konfigurasi CONFIG_LBD (Large Block Device) aktif
di kernel, jadi saya perlu mengaktifkannya dengan cara mengkompilasi
ulang

Ok proses kompilasi dan pemaketan akan dimulai sebentar lagi