tanya tentang SMS gateway

Achmad Mardiansyah

to kpli...@googlegroups.com
halo semua,

mau nanya, ada yang pernah bikin sms gateway?
ada teman saya yang mau implementasi sms gateway di kantornya.
biaya pembuatannya berapa yah?(biaya hardware, software, jasa orang)
silahkan bagi temen2 yang udah punya pengalaman.

terima kasih sebelumnya

salam,

-- http://bit.ly/achmadmardiansyah

faisal_sani

to KPLI SOLO
Ada mas orang KPLI SOLO yang pernah mbuat sms gateway...
coba cari di facebook nama : Muh Yanun As'at dan Nasrul Kurniawan

keduanya pernah implementasi sms gateway, programmer handal juga..
joss pokoknya

On Nov 28 2011, 10:38 pm, Achmad Mardiansyah <a.mardians...@gmail.com>

angga wicaksono

to kpli...@googlegroups.com
selamat siang...
saya pernah membuat sms gateway untuk sebuah perusahaan televisi di banjarmasin. saya membuat sms gateway menggunakan linux. untuk hardware yang diperlukan 1 buah pc server untuk server database, server web administrator, dan untuk server sms gateway.harga pc sekitar 4jt an lah dengan spek minimal core2duo,ram 2gb an, hdd diatas 100 pokoknya. trus butuh juga sebuah handphone atau modem untuk menerima dan mengirim sms dari user, beserta kabel datanya. software buatan saya saya jual 2 juta (masih bisa nego dikit). biaya jasa orang g perlu. harga 2juta itu sudah sama biaya implementasi, tetapi tidak termasuk biaya kebutuhan hardware. silahkan jika tertarik :D

ini website saya www.jayamegatekno.com

kaka prakasa

to kpli...@googlegroups.com
2012/1/4 angga wicaksono <angga...@gmail.com>:

> [...]
> dikit). biaya jasa orang g perlu. harga 2juta itu sudah sama biaya
> implementasi, tetapi tidak termasuk biaya kebutuhan hardware. silahkan jika

Kalau menurut beberapa kali pengalaman implementasi untuk pembuatan
SMS-Gateway spesifikasi komputer yang dibutuhkan tidak perlu terlalu
tinggi cukup yang ada dipasaran saja, soalnya nanti yang bekerja pada
akhirnya adalah modemnya, yang kedua adalah pemilihan modem, beberapa
kali percobaan menggunakan merk wavecom fastrack dan menggunakan modem
GSM-Internet yang dapat digunakan untuk sms gateway macam huawei e156,
e220/210 , dapat berjalan baik namun modem yang disebutkan pertama
lebih sering mengalami kegagalan pengiriman, saya kurang tahu
penyebabnya sedangkan modem yang digunakan untuk internet belum pernah
mengalami kegagalan. tapi kelemahannya kalau menggunakan modem yang
digunakan untuk internet (Huawei) relatif lebih cepat panas. untuk
perangkat lunak antarmuka ada beberapa yang dapat berjalan di linux,
mulai dari Kannel, Gammu (dengan berbagai interface yang telah ada
seperti kalkun, play sms, dll), dan frontlinesms. ketiga perangkat
lunak yang disebutkan tersebut dirilis Opensource, dan mempunyai
kelebihan dan kekurangan masing-masing, sejauh ini yang paling mudah
digunakan untuk pengguna awam menurut saya adalah frontlinesms [0]
selain dapat diunduh dengan bebas antarmuka pengguna yang relatif
lebih mudah dipahami menjadikan perangkat lunak ini semakin menarik ,
kebetulan saya sempat membuat tutorial pendek dalam bahasa Indonesia
di [1], dan konfigurasinya tidak memakan waktu yang lama. silahkan
dibaca apabila berminat.

Sedangkan untuk Gammu saya kira sudah cukup mudah juga, apalagi
pengembang interface untuk gammu semakin banyak seperti Kalkun [3] ini
saya rasa sudah banyak kawan-kawan yang bisa, dan tutorialnya
bertebaran di Internet. dan semua perangkat lunak ini telah di desain
sedemikian rupa sehingga tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.

[0] www.frontlinesms.com
[1] http://w.blankon.in/Rx
[2] kalkun.sourceforge.net

http://about.me/kaka.e.prakasa

angga wicaksono

to kpli...@googlegroups.com
saya lebih menyarankan menggunakan modem krn lebih mudah koneksinya dr pada hp. untuk software menggunakan kannel dan interface nya menggunakan php.