Fwd: [linux-aktivis] Terimakasih atas terlaksananya ILC dan KPLI Meeting 2015

herpiko dwi aguno

to kpli...@googlegroups.com

---------- Forwarded message ----------
From: A. Hardiena <ahar...@gmail.com>
Date: 2015-10-16 14:27 GMT+07:00
Subject: [linux-aktivis] Terimakasih atas terlaksananya ILC dan KPLI Meeting 2015
To: linux-...@linux.or.id

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tuntas sudah perhelatan akbar 2015 di Tegal, tuntas sudah tugas saya menghantarkan dan mewujudkan kebersamaan kita semua didalam satu wadah pergerakan bersama.

Mimpi untuk mengobarkan kembali gairah dan semangat perjuangan open source di Indonesia akhirnya terwujud, mimpi untuk menyatukan semua komponen dan melepaskan semua atribut agar kita bisa bersama-sama bisa berjalan dalam satu kesatuan utuh akhirnya tercapai, mimpi untuk menjadikan ILC sebagai tanggungjawab kita semua, mimpi untuk mengembalikan titah dan fungsi KPLI Meeting sebagai wadah tertinggi keputusan pergerakan open source akhirnya tercapai, dan banyak mimpi lainnya yang Alhamdulillah bisa kita wujudkan bersama-sama pada perhelatan akbar kali ini.

Ada suka, ada kecewa, ada perasaan ketidakpuasan, yang kita rasakan bersama, jadikanlah ini sebagai dinamika bahwa tidak selamanya sebuah keputusan akan seratus persen berjalan sesuai harapan kita masing-masing. Namun jangan jadikan itu sebagai penghalang, jangan jadikan itu sebagai perpecahan. Justru jadikan ini penyemangat agar kita tetap terus bersama. Komunitas ataupun organisasi bukanlah wadah untuk menyalurkan ego kita pribadi, komunitas ataupun organisasi adalah wadah untuk menggabungkan kekuatan, kemampuan, keahlian kita masing-masing untuk mewujudkan sebuah mimpi yang lebih besar, mimpi yang tidak akan bisa kita capai apabila harus kita lakukan seorang diri.

Jangan berpuas diri dengan tuntasnya perhelatan akbar kali ini. Perhelatan akbar kali ini bukanlah suatu akhir, perhelatan akbar kali ini adalah awal. Awal dari pekerjaan rumah besar kita bersama untuk memposisikan open source sebagai mahzab, sebagai arah, sebagai harapan, sebagai pilhan yang tidak hanya cukup untuk diperhitungkan, melainkan sebagai entitas yang harus diperhitungkan baik untuk pemerintah Indonesia, perusahaan-perusahaan, kita bersama maupun untuk masyarakat Indonesia secara luas.

Masih banyak pekerjaan rumah agar tahun depan kita bisa mewujudkan mimpi kita selanjutnya, mimpi yang telah kita putuskan pada kesempatan kali ini. Kegiatan akbar pengganti ILC, musyawarah akbar pengganti KPLI meeting, termasuk teknis untuk mencapai mimpi tersebut seperti persiapan pengurus steering commite, pengurus organizing commite dan lain-lain.

Terimakasih saya ucapkan sebesar-besarnya sehingga bisa mewujudkan mimpi kita bersama ini, dengan berakhirnya ILC, berakhirnya KPLI Meeting, secara otomatis berakhir pula tanggungjawab saya untuk menghantarkan perhelatan akbar gerakan open source ini. Sekian tahun sudah saya mendampingi, sekian tahun sudah saya bahu membahu dengan teman-teman yang tidak dapat saya sebutkan saking banyaknya agar kegiatan ini bisa terlaksana. Namun, izinkan saya menyebutkan sebuah nama, seseorang yang sangat-sangat besar kontribusinya, Farhan Perdana atau biasa kita kenal dengan sebutan Blek, dibalik kesederhanaannya, dibalik kekonyolan yang sering dilakukannya tanpa rekan kita ini, ILC tidak akan tetap ada sampai saat ini, tidak akan ada sampai kita memutuskan untuk mengakhiri dan mengubah konsep ILC ini menjadi lebih besar lagi. Sudah saatnya yang lebih muda melanjutkan estafet kegiatan ini, sudah saatnya yg lebih muda untuk menunjukkan eksistensinya.

Perlu dipahami, walaupun secara aturan saya sudah tidak lagi boleh memegang amanah ini, bukan berarti saya akan berlepas tangan, saya akan tetap membantu selama masa transisi, tentunya apabila memang tetap dibutuhkan bantuan saya, sampai terbentuknya pengurusan baru steering commite nanti. Silahkan dilanjutkan pembahasan tentang kepanitian sesuai dengan keputusan kita bersama kemarin didalam milis Linux Aktivis ini. Sekali lagi terimakasih, tanpa dukungan kalian semua, saya tidak akan dapat mewujudkan hal ini. Terimakasih.

Wassalam

A. Hardiena
www.ahardiena.web.id
www.linkedin.com/in/ahardiena

Catatan: Email ini tidak akan saya distribusikan melalui media lain selain milis Linux Aktivis, namun apabila teman-teman ingin mensharenya tetap saya persilahkan.