cloud computing dan hosting

kee

to Komputasi Awan - Cloud Computing
Halo semua,

Saya punya pertanyaan bodoh, apa beda cloud computing dengan hosting?

Thanks.

Feris Thia

to komputa...@googlegroups.com
Hi Pak Kee Permana,

Coba jawab ya...

2011/9/21 kee <kee.p...@gmail.com>

Halo semua,

Saya punya pertanyaan bodoh, apa beda cloud computing dengan hosting?

Mungkin bedakan dulu Cloud Computing dan Cloud services ya ?

Kalau cloud computing menurut saya lebih ke arah penggunaan berbagai teknologi terutama virtualisasi untuk skalabilitas aplikasi.

Sedangkan cloud services adalah hosting aplikasi kita dengan berbasiskan cloud computing. Jadi sama dengan hosting juga. Tapi kalau dikaitkan dengan tradisional hosting seperti shared hosting (satu server dipake rame-rame) ataupun dedicated hosting yang biasa ditawarkan tentu jauh beda.

Cloud services sendiri beda-beda, ada yang menyediakan virtualisasi dari sisi kebutuhan resources secara tersendiri mulai dari CPU / computing resource & memori, storage tersendiri, relasional db tersendiri seperti Amazon Web Services namun konfigurasi load balancer harus kita lakukan sendiri.

Ada yang menyediakan keseluruhan services tersebut dalam satu kesatuan tinggal kita adapt dari sisi programming aplikasi, seperti Google AppEngine sehingga mengklaim dirinya sendiri Platform As A Service (PAAS).

CMIIW.

Demikian Pak, semoga cukup menjawab.

--
Feris Thia