[keuangan-guyub] KOMEN

ujang tea

to keuanga...@googlegroups.com
Bagus, sederhana, i like it, pengen bantu, sometimes...

Modularnya juga sederhana, tapi ada beberapa komen, yang mudah2an menjadi kritik membangun, walau saya belum bisa terjun langsung untuk bantu coding (maaf, insya allah suatu saat).
  • Mengenai view, nampaknya lebih menarik ketika view itu hanya HTML coding saja, tanpa campur2 coding logic PHP (looping or conditional) yang nampaknya lebih modular (MVC) kalo coding logicnya di controller saja, kecuali jquery (javascript). (menurut saya)
  • untuk model, mungkin teman2 pernah menggunakan Datamapper, saya tidak tau kelemahan atau kelebihannya lebih jauh, tapi saya pernah coba nampaknya lebih simple untuk query, boleh bertanya, apakah mungkin dalam pengembangan ini menggunakan datamapper?
hehe, baru gabung udah koment kayak beginian, bukannya bantu coding..
maaf ya, cuman share masukan saja.. :p

2010/5/17 muhammad subair <msu...@gmail.com>
Kalo untuk site admin, di keuangan guyub sekarang sudah ada pembagiannya, walaupun masih sederhana (hanya admin dan user biasa) dan manual (tidak dari database)..
Mungkin bisa dikembangkan dari situ untuk penambahan ACL (Access Control List kan? cmiiw).

Jujur saja kami mau ngembangin ke situ juga, di ToDoList udah kita tulis perbaikan pembagian menu, login dan hak akses pengguna (no. 4). Kita belum ngerjain, kalau memang akan kerjain yang itu, silahkan konfirmasi ntar kita update wiki-nya, dan bantu informasi yang dibutuhkan.

Untuk kartu utang piutang, saya nunggu tanggapan dari teman-teman yg lain apakah memang perlu dan dibtuhkan, soalnya nanti keluar dari tujuan sederhana. Kalaupun nanti tidak masuk ke daftar list utama, bukan berarti tidak dikembangkan, cuman nanti kita pikirkan apakah dia sistemnya jadi plugins atau modul tambaha, mungkin meniru cms yg sudah mature.

Terima kasih

2010/5/17 adesst <adesan...@gmail.com>
Hummm... utk kontribusi awal mungkin saya akan kontribusi di ACL,

Tetapi jika ACL di implementasi tentunya seluruh modul scr mayoritas
akan kena dampak, mungkin kita akan mencari jalan tengah nya.

Ada site utk admin, ini juga penting, krn dg ada nya ACL, site admin
menjadi kebutuhan yg tak terhindarkan. So in short yg urus siapa
yg bisa akses dll si superuser. Tidak semua regular user bisa akses.
Utk ACL sendiri terserah mau yg sederhana spt Joomla! atau spt yg
skg saya gunakan utk semua klien2 saya.

Selain itu saya melihat ada kurang fitur yaitu kartu piutang, hutang
dan DP.
Karena mnurut saya walau UKM Jasa, utk proyek nya biasa bayar ada yg
adavanced (kas keras) ada juga sistem hutang dan begitu pun juga
piutang
dan DP. Beserta laporan tentunya.

Oyah saya sempat lihat bbrp menu yg memiliki kemiripan,
mungkin bisa juga di buat semacam menu/modul accelerator.
Jadi cuman klik klak klik jadi tuh 1 modul dg coding template
yg siap di isi. Semacam JAVA Swing, VB, dll. Joomla juga ada.

Oyah saya sempat sebutin Joomla bbrp kali krn saya byk belajar dari
CMS ini.
Tidak ada salah nya kita jadikan system yg udah mature :D

Saya akan buat spek nya dolo dlm flowchart dan UML.
Setelah selesai saya kirim. Stl itu kita akan tentukan mau yg
seperti apa dan bagaimana.

Keep up the good work yo!

--
Muhammad Subair

muhammad subair

to keuanga...@googlegroups.com
Terima kasih banya Mas. Masukan, saran dan kritik itu juga salah satu kontribusi kok Mas. Salah satu tujuan buat aplikasi Open Source ini selain aplikasinya bisa dimanfaatkan dan bisa dikerjain rame-rame, juga untuk belajar.

Tentang masih ada login di PHP, akan kita perbaiki, itu emang salah kalo benar ada. Kalau boleh tau di bagian mana, biar mengurangi waktu mencari :D? atau jangan2 banyak yg looping dan conditional, kalau banyak minta contohnya aja, biar ntar sisanya kita cari.

Untuk datamapper, pernah implementasikan juga, cuman lagi liat yang paling gampang aja dan tim siap waktu itu. Kalau memang ternyata bagus dan masuk akal diterapkan, kenapa tidak. Share aja kalo ada info dll.

Terima kasih sekali lagi

2010/5/17 ujang tea <uja...@gmail.com>

--
Muhammad Subair

ujang tea

to keuanga...@googlegroups.com
contoh ini ada di file view/user/display.php

<thead>
<th>Nama Depan</th>
<th>Nama Belakang</th>
<th>Username</th>
<th>Cek</th>
</thead>
<tbody>
<?php
if($user_data)
{
$i = 0;
foreach ($user_data as $row)
{
echo '<tr>';
echo '<td>'.$row->nama_depan.'</td>';
echo '<td>'.$row->nama_belakang.'</td>';
echo '<td>'.$row->username.'</td>';
echo '<td>'.form_hidden($i, $row->id).form_radio('selected_data', $i).'</td>';
echo '</tr>';
$i++;
}
}
?>
</tbody>
<tfoot>
<th>Nama Depan</th>
<th>Nama Belakang</th>
<th>Username</th>
<th>Cek</th>
</tfoot>

       ini adalah coding HTML
       ini adalah coding logic (looping dan conditional) PHP

kalo masalah performa saya sendiri belum analisa, tapi kalo dari segi modular, bukankah lebih enak, kalo tabel ini di generate (logic process) di controller, lalu dilempar ke view...

sehingga isi dari view hanyalah coding html dan coding PHP tidak logic, hanya bentuk varible <?=$variable?> reference dari controller. misalkan coding diatas menjadi:

<thead>
<th>Nama Depan</th>
<th>Nama Belakang</th>
<th>Username</th>
<th>Cek</th>
</thead>
<tbody>
<?=$content?>
</tbody>
<tfoot>
<th>Nama Depan</th>
<th>Nama Belakang</th>
<th>Username</th>
<th>Cek</th>
</tfoot>

tidak campuraduk antara coding logic PHP dengan coding HTML, akan lebih terasa MVCnya, dimana View digunakan sebagai view, dan Controller digunakan sebagai controller (logic), hehe...

hehe, inimah sekedar saran ya boz... bukan keharusan... mungkin ada yang lebih berpengalaman dengan hal semacam ini.

adhe kania

to keuanga...@googlegroups.com
Makasi banget mas atas masukannya..
Jujur aja masalah coding logic di view, saya baru tau kalo ga boleh.. Soalnya menurut pendapat saya, logic looping dan conditional dalam kasus itu kan hanya untuk menampilkan data html.. Dan saya juga lihat di beberapa aplikasi CI yg sudah cukup stabil, juga ada logic looping dan conditional kalo emang dibutuhkan.. Tapi mungkin juga memang pemahaman saya akan MVC yg kurang..
Nanti akan kita pertimbangkan sejauh mana pengaruhnya terhadap performa, dll.. Kalo emang membuat aplikasi ini semakin bagus, ya kenapa tidak untuk diterapkan..

-ad-

ujang tea

to keuanga...@googlegroups.com
hehe, bukan tidak boleh teman, tapi kerapihan modular, hehe... tanpa perbaikan itu juga, aplikasi ini sudah bagus koq, apalagi jadi opensource, keren lah.. :D

salam kenal
ujang tea ti tataran sunda...

muhammad subair

to keuanga...@googlegroups.com
Hmm.. teman-teman ada yg punya ide, info, soalnya kalau kasusnya seperti ini jika dipindah ke controller, sebaliknya maka ada 'echo code HTML' yg harusnya di view muncul dsana;

if($account_data)
                {
                    $i = 0;
                    foreach ($account_data as $row)
                    {
                        echo '<tr>';
                        echo '<td>'.$row->groups_name.'</td>';
                        echo '<td>'.$row->nama.'</td>';
                        echo '<td>'.$row->kode.'</td>';

[...]

Atau ide lain, soalnya berurusan degan Array dan harus ada logic perulangan.

Terima kasih

2010/5/17 ujang tea <uja...@gmail.com>

--
Muhammad Subair

Sugeng Doyle

to keuanga...@googlegroups.com
Setau saya di CI bisa pake begini di viewnya

<?php foreach($content as $item):?>
<?php endforeach;?>

Biasanya saya sendiri jarang langsung generate HTML langsung dari controllerny, selalu saya jadikan array lalu di parsing ke view.

2010/5/17 muhammad subair <msu...@gmail.com>

--
Blog : sugengfiles.wordpress.com
Twitter : sugeng_doyle

Arie W. Subagja

to keuanga...@googlegroups.com
FYI, <?=$some_var?> hanya bisa jika kita set short_open_tag=On

--
Arie W. Subagja
www: http://malam.or.id

adesst

to Keuangan Guyub
humm... mnurut saya view yg Guyub buat tidak ada msalah.
Tetapi mungkin Mas Ujung Tea ada contoh bagaimana
menyederhanakan view yg sudah ada.

Maksud saya, kita semua coder hampir sama seperti koki,
Bumbu sama beda cara penyajian dampak citarasa akan
sangat kentara. Mungkin Mas Ujung Tea ada ide yg bisa
dishare.

Terima kasih.