Startup: noob question indosat INP vs INIX

Jack Azzedan

to IDNOG
Salam para operator dan sysadmin berpengalaman. Saya sedang menjajaki usaha ISP dan mempelajari masalah upstream provider. Sekarang ketemu provider FO IP transit Indosat dengan harga bersaing, namun ada pilihan International dan Domestik. Yang saya bingung, jika IP transit international terhubung langsung dengan exchange international di Singapura dan terhubung langsung ke backbone global, apakah sebaliknya IP transit domestik terbatas hubungannya ke IIX/INIX dan saya sebagai ISP yang hanya tersambung via jaringan domestik tidak bisa mengakses situs2 luar negeri?

Diky Mulyana

to id...@googlegroups.com
sy coba jawab nih. biasanya Indosat dan teman2 sekelas NAP lainnya
menawarkan IP Transit Internasional dan IP Transit Exchange "lokal"
mereka. contoh IP Transit lokal exchange itu INIX, MCIX, MoraIX, dll
... tiap Nap beda2. Lokal Exchange nya NAP-nap ini biasanya
melingkupin bbrp exchange di Singapore (SGIX, Equinix Exchange, dll)
dimana didalamnya ada conten2 seperti netflix, google cache, fb cache,
dll.

Lalu ada juga Exchange Lokal Indonesia seperti APJII-IIX, OpenIXP,
PalapaRingExchange ??? yang isinya konten2 lokal dan bbrp cache
internasional ... seperti detik.com, kompas.com, dll.

Jadi jika cuma konek ke NAP lokal Exchange yah dapetnya konten/network
yg terhubung disitu, tp jika terhubung ke internasional, dapat akses
konten semuanya.

Jadi jawabannya, jika ISP mas cuma konek ke INIX dan IIX saja ... maka
cuma dapat konten dari jaringan yg konek ke exchange tersebut. Dalam
hal ini cuma konten indonesia dan sebagian konten yg ada di singapore.

Mungkin ada orang indosat disini, INIX kl gak salah ada sedikit konten
MegaIX Hongkong.

Semoga membantu ...

*disclaimer: saya udah gak di dunia ISP, jadi mungkin infonya banyak salah :)

-diky-
On Tue, Oct 23, 2018 at 3:44 PM 'Jack Azzedan' via IDNOG
<id...@googlegroups.com> wrote:

> Salam para operator dan sysadmin berpengalaman. Saya sedang menjajaki usaha ISP dan mempelajari masalah upstream provider. Sekarang ketemu provider FO IP transit Indosat dengan harga bersaing, namun ada pilihan International dan Domestik. Yang saya bingung, jika IP transit international terhubung langsung dengan exchange international di Singapura dan terhubung langsung ke backbone global, apakah sebaliknya IP transit domestik terbatas hubungannya ke IIX/INIX dan saya sebagai ISP yang hanya tersambung via jaringan domestik tidak bisa mengakses situs2 luar negeri?

> [...]

Harijanto Pribadi

to IDNOG
dear Jack Azzaden yang lagi bingung,

sebagai ISP kudu berlangganan upstream ke NAP salah satunya Indosat INP (dulu ada indosat m2 sekarang cuman ada indosat INP)

saran saya ISP harus berlangganan IP transit Global = INP dan  Konten IIX+OIXP+GGC+Akamai dan CDN  lainnya yang ada di Equinix Singapore = INIX , jadi sebagai ISP yang punya ASN dan blok IP sendiri melakukan dua peer BGP ke INP dan INIX , adapun berapa kapasitas INP dan berapa kapasitas INIX itu tergantung kebutuhan , tetapi umumnya saat ini polanya adalah 30% INP dan 70% INIX tetapi kembali lagi kepada behaviour pelanggan ISP anda, jika banyak user rumahan maka pasti cukup 30% INP dan 70% INIX karena umumnya user rumahan itu banyak akses ke youtube / facebook / instagram dkk, tetapi jika banyak corporate mungkin bisa coba 50% INP dan 50% INIX, tentunya harga INIX lebih murah dibanding harga INP per mbps nya

Harijanto Pribadi

Informasi Training Mikrotik:
----------------------------
1. Training Mikrotik @ DCS Jakarta, https://tinyurl.com/y8ekd38p

Informasi Layanan dan Promosi:
------------------------------
1. Informasi lengkap paket layanan HTSNET https://paket.hts.net.id/
2. Dapatkan penawaran terbaik dari kami dengan mengisi INQUIRIES di http://promo.hts.net.id/
3. Blog PT. Hawk Teknologi Solusi http://blog.hts.net.id/

On 23 Oct 2018, at 14.16, 'Jack Azzedan' via IDNOG <id...@googlegroups.com> wrote:

[...]

Jack Azzedan

to IDNOG
Terima kasih pak @harijanto dan @Dicky Mulyana, info nya mencerahkan kebingungan saya. Memang baca2 brosur Indosat mengenai INP vs INIX, ada pembagiannya dimana INP dpt akses INIX tp tidak sebaliknya. Nah, sekarang masalah BGP, apakah dengan multihoming INP dan INIX routing nya akan otomatis semua trafik menuju lokal exchange akan lewat koneksi INIX, yang mana dari INP sendiri juga ada akses langsung ke INIX? Berdasar pemahaman saya, kalo dibiarkan default aja peeringnya, nanti kalau BGP decide hop nya lebih dekat via INP takutnya akses client ke Youtube cache misalnya malah tidak lewat INIX yang kapasitasnya lebih besar.

Harijanto Pribadi

to IDNOG
Dear Jack,

kalau mau misahin traffic global dengan iix atau conten maka caranya default route nya ke INP tapi utk INIX harus terima full prefixnya agar konten lokal/cdn nya belok dulu ke INIX karena spesific routing itu di eksekusi terlebih dahulu

Harijanto Pribadi

Informasi Training Mikrotik:
----------------------------
1. Training Mikrotik @ DCS Jakarta, https://tinyurl.com/y8ekd38p

Informasi Layanan dan Promosi:

Nielson Assa

to id...@googlegroups.com
Jack,

Sebaiknya ikut training BGP an sama um HP atau trainer lainnya, masalah BGP apalagi sudah di level berhubungan dengan IP Transit & eXchange tidak boleh sambil belajar, kalau salah setup bisa bikin kacau network orang nanti :)

Cuman saran saja loh :)

|Nielson.Assa|

Jack Azzedan

to IDNOG
terima kasih @harijanto dan @assa atas tambahan info nya. Jelas sekali, saya tidak mau main2 dengan BGP, apalagi denger2 kasus Verizon beberapa waktu yang lalu yang bikin error internet dunia. Saat ini masih dalam penjajakan saja. Lagipula perhitungan bisnisnya dan peluang growth masih belum kelihatan kalau harus kompetisi dengan incumbent, di daerah saya list price IP transit mahal sekali (liat di lkpp). Boleh minta bocoran juga gak, kalau tarif backbone masih bisa di nego sampai berapa % dari list price? Wajar juga sih dia jualan mahal, berhubung kalau usaha jalan mereka juga kekurangan konsumen residensial. Sementara ini masih belum mau kontak langsung ke account manager provider, takutnya di underestimate tanya macam2 padahal ilmu masih dangkal.

Firdaus Rachmawan

to id...@googlegroups.com
Dear Pak Jack,

sekedar menambahkan, untuk negosiasi harga sebenarnya bergantung dari area dan seberapa konsumen yang menggemari layanan provider tersebut. Saran biasanya negosiasi bisa dilakukan di sekitar 15-20%, namun jika beruntung bisa ditawar hingga 30%. Adapun semacam layanan ini provider juga sebagai pundi" keuntungan juga untuk mereka.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Salam
Firdaus

Jack Azzedan

to IDNOG
Terima kasih banyak pak Firdaus atas info nya. Senang rasanya kalau sudah ada panduan untuk negosiasi dengan provider. Terima kasih banyak anggota milis yang sudah mau bagi2 pengetahuannya. Tidak hanya menjawab pertanyaan saya, tapi juga menambahkan info-info yang masih harus saya cari dan pelajari dulu sebelum benar2 serius mau masuk bisnis ISP.