[ASK] Membuat command line

Sukma Wardana

to id-slackware
Hallo,

Saya ingin bertanya mengenai membuat custom command di Slackware, saya membuat sebuah script .sh berlokasi di $HOME/bin yang berisi command yang sering saya pakai, saya sudah mendaftarkan path directory bin yang berada pada $HOME saya pada file .bashrc.

PATH=$HOME/bin:$PATH

Namun mengapa selalu error command not found ya?

berikut list dari $PATH saya

/home/sukma/bin:/usr/lib64/go1.8.3/go/bin:/usr/local/bin:/usr/bin:/bin:/usr/games:/usr/lib64/kde4/libexec:/usr/lib64/java/bin:/usr/lib64/java/jre/bin:/usr/lib64/qt/bin:/usr/lib64/qt5/bin:/usr/share/texmf/bin

Terima kasih

Herpiko Dwi Aguno

to id-sla...@googlegroups.com

Hallo,

Halo

[...]

Cobain,

export PATH=$HOME/bin:$PATH

/home/sukma/bin:/usr/lib64/go1.8.3/go/bin:/usr/local/bin:/usr/bin:/bin:/usr/games:/usr/lib64/kde4/libexec:/usr/lib64/java/bin:/usr/lib64/java/jre/bin:/usr/lib64/qt/bin:/usr/lib64/qt5/bin:/usr/share/texmf/bin

Di lihat dari sini, $HOME/bin tadi belum masuk. Coba tambahin export seperti yang di atas tadi.

Sukma Wardana

to id-slackware
Om herpiko maaf baru sempet bales, akhirnya masalah saya bisa solved. Bener sesuai saran om Herpiko untuk export PATH nya.

Anehnya adalah begini, saya menggunakan ZSH untuk shell saya, otomatis saya membuat file .zshrc, dan saya export PATH disitu, tapi selalu tidak berhasil. Tapi apabila perintah export path teresebut saya taruh di .bashrc berhasil.

Mungkin om Herpiko tahu kenapa file .bashrc saya terdeteksi padahal saya menggunakan ZSH?

terima kasih

Willy Sudiarto Raharjo

to id-sla...@googlegroups.com
> Mungkin om Herpiko tahu kenapa file .bashrc saya terdeteksi padahal saya
> menggunakan ZSH?

mungkin karena waktu Anda buka aplikasi terminal, defaultnya adalah
BASH dan file .bashrc akan selalu dijalankan oleh BASH

--
Willy Sudiarto Raharjo
Personal Blog : http://willysr.blogspot.com

Sukma Wardana

to id-slackware
Om Willy saya masih agak awam dengan shell, tapi bagaimana saya cek default shell untuk terminal saya ya? Soalnya ketika saya buka terminal secara otomatis sudah ZSH.

Dan juga saya dapati ketika export PATH di .bashrc dan .zshrc jadinya malah terdapat duplikasi PATH, karenanya saya berfikiran bahwa apakah mungkin ZSH membaca konfigurasi dari .bashrc saya juga.

terima kasih

Willy Sudiarto Raharjo

to id-sla...@googlegroups.com
> [...]
> terdapat duplikasi PATH, karenanya saya berfikiran bahwa apakah mungkin ZSH
> membaca konfigurasi dari .bashrc saya juga.

Aplikasi terminalnya pakai apa?

Sukma Wardana

to id-slackware
Saya pakai terminal konsole bawaan KDE pak

Willy Sudiarto Raharjo

to id-sla...@googlegroups.com
> Saya pakai terminal konsole bawaan KDE pak

Oh Konsole
dia defaultnya BASH setahuku

walecha

to id-sla...@googlegroups.com
Default shell untuk Konsole bisa diubah dengan mengedit profil, Settings -> Edit Current Profile, lalu ganti /bin/bash dengan /bin/zsh. Setelah itu restart Konsole

=============================ID-SLACKWARE=============================
Alamat pengiriman pesan : id-sla...@googlegroups.com

Sukma Wardana

to id-slackware
Om Willy, Om Walesa, setelah saya cek konsole saya sudah /bin/zsh. Jadi yang bikin saya bingung kenapa ZSH saya masih akses konfigurasi .bashrc ya?

Memang dalam machine saya terdapat .bashrc dan .zshrc, apakah .bashrc perlu saya hapus?
Karena saya kira meskipun ada .bashrc dan .zshrc secara otomatis ZSH hanya membaca .zshrc.

walecha

to id-sla...@googlegroups.com
Seharusnya sih tiap shell membaca konfignya sendiri-sendiri. Kalau mau bisa pakai yang seperti ini: https://stackoverflow.com/questions/764600/how-can-you-export-your-bashrc-to-zshrc

Alamat pengiriman pesan : id-sla...@googlegroups.com
Anda menerima pesan ini karena berlangganan grup "id-slackware" di Google Grup.

Untuk opsi lebih lanjut, kunjungi https://groups.google.com/d/optout.