Butuh info: kamera/teknik yang bagus untuk foto close-up (makanan)

Achmad Mardiansyah

to GTX-Labz, glclearn...@googlegroups.com
halo semua,

Saat ini saya lagi buat foto close-up untuk makanan, namun hasilnya
kurang memuaskan.
kamera yang dipakai adalah ini (samsung), kadang menggunakan kamera nokia e63.

beberapa hasilnya dapat dilihat disini (harus login fb) dan disini.

beberapa cara udah dicoba:

dicoba pake blitz & ngak
dicoba pake DIS (digital image stabilizer) & ngak
dicoba pake auto & ngak
pake cahaya matahari juga udah dicoba
namun tetep hasil jepretanya kurang bagus euy. beberapa diantaranya:

gambar blur (ini sering banget)
kurang fokus (jadinya blur deh)
kurang tajam/jernih (detil objek ngak ketangkep)
terlihat lebih gelap (terutama kalo pake DIS)
meskipun nanti akan masuk image processing (gimp / photoshop), tetep
aja ga bagus, karena gambar aslinya emang kurang.

so, pertanyaan saya:

ada saran bagaimana teknik yang bagus untuk foto close-up? (terutama makanan)
perlu ganti kamera ngak?
kalo emang perlu ganti kamera, kamera merk apa yang bagus? (mohon
jelaskan kenapa, dan apakah punya pengalaman pribadi dengan itu).
budget kamera baru adalah max. 3 juta rupiah. sekalian info tempat
beli kamera yang bagus di indo.
silahkan bagi yang punya saran.

terima kasih sebelumnya

salam,

URL pendek email ini: http://wp.me/pRkxT-J4

--
http://bit.ly/achmadmardiansyah

Matius Gatot

to glclearn...@googlegroups.com, GTX-Labz, Achmad Mardiansyah
Mas Achmad,

Untuk foto makanan, terutama closed up, sebenarnya menggunakan kamera
pocket juga sudah bagus, keunggulan pocket terutama di makro (foto
jarak sangat dekat, biasanya dibawah 10 cm, dan hanya objek yang fokus
sekeliling blur).
Sementara, jika mau mencoba lagi, saran saya gunakan tripod, pasang
mode manual (M) atau jika ada mode shutter (S), gunakan di shutter
lambat ( 1/2 - 2 detik tergantung cahaya yang ada).
Karena untuk pengambilan gambar di kamera, ada 2 unsur penting, shutter
speed dan diafragma.
Foto terlihat lebih gelap karena menggunakan DIS, alasannya kamera
menggunakan shutter aga cepat untuk menghindari goncangan yang
mengakibatkan blur / gelap.

Jika mau ganti kamera, lebih disarankan menggunakan SLR, harga sekitar
4,5jt baru.

On 30 Nopember 2011 13:02:38, Achmad Mardiansyah wrote:
> [...]
>
> beberapa cara udah dicoba:
>

> dicoba pake blitz& ngak

> dicoba pake DIS (digital image stabilizer)& ngak

Rio Asnara

to glclearn...@googlegroups.com
coba buka www.tokocamzone.com mas
lumayan rekomended.
untuk ketajaman warna, nikon oke
untuk pilihan mode shoot yg agak banyak, ya canon
semoga membantu

2011/11/30 Achmad Mardiansyah <r41...@gmail.com>

ajak rekan anda untuk bergabung disini...
homepage: http://www.glclearningcenter.com
campus: http://campus.glclearningcenter.com

Achmad Mardiansyah

to asna...@gmail.com, glclearn...@googlegroups.com, GTX-Labz
wah terima kasih banyak buat semua yang ngasi masukan.
dari yang masuk, kliatannya pada nyaranin untuk mengoptimalkan kamera yang ada.
terutama harus pake tripod agar terhindar dari blur.

opsi beli kamera baru adalah yang paling akhir.
hehehe

andi saputro

to glclearn...@googlegroups.com
salam,

kalo cybershoot K800 jangan lupa di patch pake ini :

"http://www.esato.com/board/viewtopic.php?topic=161414"

Rio Asnara