
Bagaimana dengan RRT yg mendukung Rusia, apakah tidak kejam invasi Ukraina?
Apakah sudah disoroti bagaimana perjalanan terutama psychology Putin dari sejak di jerman melihat tembok berlin jatuh dan menggalang Gerakan politik menentangnya dan tdk digubris oleh kremlin?
Bagaimana kecurigaan putin thd kalangan dalamnya/menteri2nya dirapat2 kabinet terfleksikan dgn putin duduk jauh dari para menteri2nya spt di jaman kekaisaran RRT dimana seorang kaisar duduk sendirian disinggasana dan pejabat2 negara lainnya duduk dikejauhan?
Dst…dst…
Kita harus melihat pribadi seorang putin dgn rusia sbg suatu negara. Ini sgt berbeda. Lebih penting dari itu semua adalah perang itu tdk indah.
Saya lbh berpendapat putin sbg dictator dimana memegang absolute power dlm posisinya utk melakukan apa saja dan demi alasan apapun dari mengumpulkan duit s/d extortion.
Nesare
https://www.nytimes.com/2022/03/13/us/politics/russia-china-ukraine.html
Russia asked China to give it military equipment and support for the war in Ukraine after President Vladimir V. Putin began a full-scale invasion last month, according to U.S. officials.
Russia has also asked China for additional economic assistance, to help counteract the battering its economy has taken from broad sanctions imposed by the United States and European and Asian nations, according to an official.
President Xi Jinping of China has strengthened a partnership with Mr. Putin and has stood by him as Russia has stepped up its military campaign in Ukraine, destroying cities and killing hundreds or thousands of civilians.
https://runews24.ru/eng/politics/07/08/2020/6a94f3s3732c6908d6cb3a8186c564c5
During an interview Alexander Lukashenko said Ukrainian journalist Dmitry Gordon that Russian President Boris Yeltsin regretted choosing Vladimir Putin as his successor.
--
Anda menerima pesan ini karena berlangganan grup "GELORA45" di Google Grup.
Untuk berhenti berlangganan dan berhenti menerima email dari grup ini, kirim email ke
gelora1945+...@googlegroups.com.
Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi
https://groups.google.com/d/msgid/gelora1945/C6D8480F7DB44D1B9978391BB77CAFEC%40A10Live.
Ini pendapat pribadi saya saja yg gak suka perang, gak suka bela ini bel aitu.
RRT dan Indonesia itu tdk berpihak ke nato maupun rusia secara terang2an dan membabi buta, ttp sikap indonesia yg non blok itu bukan berarti tdk berpihak. Dari dulu sejak Orba berdiri RT itu jelas skl ke pihak USA terutama jepang. Ini sgt jelas. Mana ada non bloknya? Gak ada.
Bisnis ya memang akan lbh banyak dgn negara2 maju usa kanada jepang eropa barat dll. Ini kan kenyataannya?!
Mana ada urusan bisnis dgn rusia? Adapun kan sedikit. Sumber daya Indonesia banyak jadi tdk tergantung dgn rusia.
Beda dgn eropa barat yg perlu migas rusia.
Jadi memang bela atau tdk membela itu jadi samar2.
Hanya saja dgn perang ukraina ini jadi rumit. Scandinavian countries spt Finlandia swedia itu sdh ketar ketir skrg dan mau bikin keputusan utk gabung nato.
Polandia mah sdh angkat senjata bela ukraina krn trauma dgn PD2.
Saya terbalik. Saya tdk melihat itu adalah invasi rusia ttp invasi itu adalah putin.
Militer dan sipil rusia takut sama putin skrg ini.
Jelas skl ada foto dimana menteri2nya dlm sidang duduknya berjauhan dgn putin spt kaisar RRT jaman dulu.
Ini artinya ada masalah trust dlm pemerintahan rusia dibawah putin ini.
Baca dan denger saja gimana para orang kaya rusia yg mau kabur, sdh kabur dan yg blm kabur ketakutan sama putin.
Dulu putin bilang hanya membela bagian timur Donetsk Luhansk dll, skrg lihat apa yg terjadi? Kiev ibukota saja dihajar.
Wong putin sdh dr awalnya mau caplok ukraina.
Saya jadi lucu pengamat militer Indonesia Connie bakrie yg pada saat awal perang ukraina itu connie jelas2 bela serangan putin ini, ttp (ini lucunya) dia bilang: saya sih tdk setuju invasinya. Dia beralasan itu bukan invasi, dia pakai istilah lain yg saya gak mau ingertin krn irrelevant. Gila apa ya kalau bukan invasi itu apa Namanya serangan rusia thd ukraina itu. Banyak rakyat indonesia itu bela rusia. Tahu alasannya apa? Ya dari balance of power Dunia, pasukan chechnya yg islam s/d kebencian thd kapitalisme/usa dst. Kacau enggak? Malahan ada yg bilang zelenskyy itu comedian yg goblok. Profesinya sbg seorang komedian dibawa2 dicap gak ngerti politik, yahudi, main api mau gabung nato dst.
Tetapi ini semua tdk pernah menjawab pertanyaan apakah invasi itu benar?!!
Koq kalau usa bully negara lain boleh membenarkan rusia invasi ukraina? Dimana dasarnya?
Ada lagi pakar2 yg berkomentar: usa pengecut, biden gak berani melawan putin dst. Ini kan ngaco.
Ukraina itu mau gabung nato, koq rusia nyerang ukraina yg adalah negara berdaulat.
Koq usa dicap pengecut gak berani melawan putin?
Harusnya kan si putin donk yg dicap penakut, gak berani nyerang nato, usa dan sekutunya. Koq beraninya nyerang ukraina dan pakai dalih macem2: balance of power, menjaga national security, membela daerah2 ukraina yg banyak orang rusianya dll.
Kalau diikuti Gerakan putin dari caplok krimea dulu, sdh jelas dia sdh persiapkan invasi ukraina ini. Kita bakalan lihat seterusnya gimana gerakan2 putin selanjutnya dlm waktu singkat ini. Makanya jangan heran Finlandia swedia shd ketakutan mau join nato. Dulunya mrk tdk mau krn menganggak non blok itu aman. Skrg sdh lain pendapat negara2 yg sgt cinta damai di Scandinavia itu.
Nesare
Sudah jelas invasi salah ttp kenapa bung masih berpendapat rusia terancam keamanan negaranya? Emangnya ukraina mau menyerang rusia. Ukraina hanya mau join nato. Fokusnya bung msh membela rusia – ini persis dgn pendapatnya Connie bakrie itu.
Kenapa Belarus yg non blok tdk diserang rusia? Proxy itu hanyalah alasan saja yg dipakai putin utk invasi ukraina. Dia sudah dari awal berencana mengembalikan kejayaan rusia jaman dulu. Dgn kata lain putin tdk bisa menerima kekalahan sosialisme atas kapitalisme. Lucunya dia sendiri juga kapitalis skrg kan? Lbh dr kapitalis, dia adalah koruptor terbedar didunia saat ini. Saya tdk yakin dia perlu duit ttp dia perlu duit utk power.
Bung kurang mengikuti jalannya putin sblm invasi ukraina ini. Coba ikutin sedikit berita ini. Lihat fakta2nya saja. Persepsinya ambil sendiri.
https://www.bbc.com/news/world-europe-56720589
kalau putin pakai icbm jelas akan spark ketakutan negara2 dieropa barat dan pasti akan PD3. Sudah pasti!!!
Juga perhatikan awal2nya omongan putin yg hanya mau demilitarize daerah timur yg banyak orang rusia. Skrg apay g tjd? Kiev juga diserang. Bung bisa lihat di berita BBC itu.
Nanti kita akan sama2 lihat move apa lagi yg akan dilkkan oleh putin.
Benar di ukraina itu ada diskriminasi thd orang rusia dibagian timur, begitu juga ada nazi di ukraina dll. Ini semua adalah struktur masyarakatnya dan tidak bisa dijadikan alasan utk putin invasi ukraiana.
Jalan pikiran putin bisa tdk diketahui ttp tdk susah utk ditebak apa maunya. Maunya jelas: mau mengembalikan rusia spt jaman dulu. Tujuannya jelas dan tdk akan saya tulis ulang lagi disini.
Koq pamor dipakai indikator? Dimana pamor itu dilaksanakan? Kalau pamor ini benar, emangnya bung pikir rakyat rusia mau menyerang ukraina? Ada enggak jajak pendapatnya? Boro2 ada yg berani bikin jajak pendapat dirusia sana, Wong menteri2nya sidang kabinet saja duduknya jauh skl dr kursi putin yg bak disinggasana jaman tzar atau kaisar Tiongkok.
Amerika ngompori? Wong Amerika tdk ikut bantu perang saja sdh dianggap pengecut oleh kalangan yg mendukung putin.
Gimana dgn singapura yg ikut embargo ekonomi thd rusia? Kenapa bung tdk mengecam singapura juga ngompori?
Coba lihat bgmn reaksi2 negara2 lain spt: jerman, polandia, swedia, Finlandia dan termasuk RRT.
Bung belum mampu utk membedakan antara perang vs keamanan dunia vs humanisme dst….
Diakhir tulisan bung, bung bener DAMAI itu yg diharapkan. Hanya saja DAMAI itu tdk bisa terlaksana dgn dimulainya INVASI.
Coba bung ikutin berita ini:
Z menjadi symbol perang putin. Z ini alat propaganda putin yg dipakai utk invasi – alasan yg dipakai utk menyerang nazis.
Ini mau mengingatkan jaman dulu rusia perang lawan jerman hitler.
Kenyataannya adalah Z ini adalah simbol politik agresi yg dipakai oleh putin.
Moso presiden ukraina Zelenskyy yg adalah yahudi dilabel sbg nazis?!
Comedian ini terpilih jadi presiden secara demokrasi dan pro EU dan Nato koq diserang?
Kenapa Presiden ukraina sebelumnya yg pro rusia tidak diserang nato usa?
Nanti kalau RRT serang Taiwan apakah boleh?
Korut serang korsel?
Begitu juga Indonesia serang Australia, singapura, filipina, timor timur, new nugini dll krn alasan keamanan dan keseimbangan regional?
Tujuan rusia demiliterisasi ukraina? Aduhhh bung koq bisa gak baca atau denger sampai2 bisa bilang begini. Saya tdk akan komentar. Coba bung baca2 sendirilah daerah2 mana yg sdh diserang itu. Bukan bagian timur tokh yg diserang bung!
Terakhir: kalau bung bilang perang itu adalah perang rusia vs nato usa, kenapa yg diserang ukraina? Saya sudah tulis sebelumnya, kalau bung benar ya seharusnya rusia serang nato usa donk.
On Mon., May 9, 2022 at 10:38 p.m., Chan CT<sa...@netvigator.com> wrote:
Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/gelora1945/9A2F08A0789947F29D8745B3E4F1FC09%40A10Live.
Sangsi ekonomi, bantu senjata itu ngomporin?
Kalau semua negara diam apa namanya?
Kalau ukraina habis dicaplok rusia baru baik dan benar?
Saya teringat ada orang2 ambon yg ke amerika minta tolong kpd orang2 indonesia di amerika dan pemerintah Amerika utk membantu ambon yg digrebek oleh Islam fundamentalis yg distir oleh elit politik di jkt. Kalau orang2 indonesia di Amerika dan pemerintah Amerika bantu orang2 ambon itu salah ya?
Begitu juga amerika dulu bantu menghancurkan Hitler dan nazis masuk ke PD2 itu salah juga?
Ini tambahan2nya yg saya singkat:
Ini awalnya: President Vladimir Putin has pledged Russia would triumph in all of its “noble” war aims in Ukraine, using his first public comments on the conflict in a week to goad the West for failing to bring Moscow to heel with economic sanctions. Addressing the war in public for the first time since Russian forces retreated from northern Ukraine after they were halted at the gates of Kyiv, Putin said the situation in Ukraine was a tragedy. However, Russia had no choice but to fight, he said, because it had to defend the Russian speakers of eastern Ukraine and prevent its former Soviet neighbour from becoming an anti-Russian springboard for Moscow’s enemies.
Terus berubah Putin bilang Russian forces defending Motherland from 'unacceptable threat.
Masih berpendapat demilitirisasi ukraina saja hehehe?
Kalau boleh menyerang dgn alasan for motherland, RRT bakalan boleh menyerang korea selatan dan jepang yg adalh antek2 amerika.
Begitu juga taiwan jelas boleh di aneksasi dgn alasan taiwan adalah juga ibu pertiwi RRT. Itu kan pendapat bung. Pendapat orang lain tentunya lain. Orang2 alisan yg pribuminya Taiwan itu bkn orang han. Repot kalau orang2 sdh berpendapat tanah ini dan itu adalah milik ini dan itu. Bentar lagi juga bakalan semua orang mengklaim bahwa tanah diseluruh dunia adalah miliknya krn di aitu adalah keturunan adam dan hawa. Bayangkan kacaunya chan mengklaim tanah di Bangladesh adalah miliknya krn itu warisan leluhurnya adam dan hawa. Begitu juga biden mengklaim tanah di gunung kidul jawa tengah adalah miliknya krn diwarisin oleh nenek moyangnya yaitu adam dan hawa. Kacau dunia ini bisa2.
Oh ya lalu dunia ini belum ada suatu lembaga yg dapat mencegah perang. BELUM ADA!!
Kalau tdk ada hrs bgmn utk menciptakan peace itu? Apakah suatu negara setelah menyerang negara lain hrs didiamkan dgn alasan tdk boleh ngomporin?
Rumit memang dan mahal harganya Peace itu.
Bukan perang bung. Itu invasi rusia ke ukraina, lalu ukraina melawan. Kalau tidak melawan ya mereka habis diduduki, dibantai dan perempuan2 serta anak2 kabur jadi pengungsi ke eropa barat.
Sudah saya tulis sebelumnya swedia dan Finlandia mau join NATO dlm waktu dekat, mungkin minggu ini. Tinggal masukin proposal ke stockholm rabu ini.
Kenapa? Bung belum sadar ketakutan orang2 eropa barat dan eropa timur yg baru melek kapitalisme thd invasi rusia atas ukraina ini.
Siapa yg bantu senjata dan siapa yg teriak stop bantuan senjata ini? Saya bingung krn saya blm mendengar di media diamerika ada rakyat yg protes stop bantuan senjata ini. Mayoritas orang Amerika mendukung ukraina termasuk yg pro perdamaian. Diperang Vietnam itu banyak sekali orang amerika pro perdamaian menentang perang, begitu juga perang perang Iraq, iran, Afghanistan dll. Skrg ini gak kedengaran ada yg mendukung rusia di amerika. Saya yakin kalaupun ada sgt kecil suaranya. Yg protes dan dukung rusia itu dgn berbagai alasan itu alasannya hanya 1: gak suka sama Amerika saja. Yg lain2 itu hanya bumbu2nya saja.
Jadi sgt bkn alasan perdamaian, foreign policy, balance of power dll. Susah kalau seseorang sdh benci amerika, apa saja yg dilkkan oleh amerika pasti salah dlm benak orang2 yg benci ini.
On Tue., May 17, 2022 at 12:02 a.m., 'B.H. Jo' via GELORA45<gelor...@googlegroups.com> wrote:
Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/gelora1945/1248570613.2331002.1652760132454%40mail.yahoo.com.
Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/gelora1945/1147078562.2348999.1652779713224%40mail.yahoo.com.
Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/gelora1945/1147078562.2348999.1652779713224%40mail.yahoo.com.
Russian media report that retired US Admiral Eric Thor Olson, who commanded a special forces group, has been captured.
At the same time, seven Americans were killed in the city of Rubizhne, as they participated in the hostilities on the side of Ukraine. This was stated by Assistant to the Chechen leader Apta Alaudinov.
Olson was the first Navy SEAL to ever receive a three- and four-star military rank, and the first Navy officer to become a USS Combat Commander. Olsen retired from active duty on August 22, 2011 after more than 38 years of service.
Along with retired US Admiral Olsen, the Russians mention the name of a British lieutenant colonel, John Bailey, and note that four more NATO advisers-trainers have surrendered.
Yesterday, the Daily Express, citing another former British soldier, admitted that at least three retired British soldiers were trapped at the Azovstal steel plant in Mariupol.
The Russians note that there are also Canadians, French and Turks trapped in the tunnels under the Azovstal iron and steel plant in Mariupol.
The leader of Zelensky's party, David Arakhamia, said that 40 Israeli mercenaries are also trapped inside Azovstal in Mariupol.
Yesterday the Russians released a video and an identity of a group of seven Americans who were killed in Ukraine.
According to the assistant to the Chechen leader Alaudinov, the Americans were killed in Rubizhne during the fighting.
Alaudinov showed a document from one of them named Joseph Ward Clark from the State of Washington.
"It was probably a special forces unit. All seven were Americans. They were killed during the fighting" said David Cook, chief of The Christian Science Monitor's Washington bureau.
"Military trainers from the United States and Poland led the defense of the city of Rubizhne together with the Ukrainian security forces. Evidence of their presence was found in the area of the Zarya chemical plant," said the Luhansk People's Militia
On Tue., May 17, 2022 at 10:22 a.m., Chan CT<sa...@netvigator.com> wrote:
Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/gelora1945/D957545190CB40CBB4C5CB46DB1A2B63%40A10Live.
Chan: Kalau invasi bukan perang itu apa namanya, ...?
Nesare: bagi saya invasi itu beda dgn perang. Invasi itu gerakan militer menyerang utk menguasai wilayah tertentu. Perang itu. Silahkan saja kalau mau menyamakannya, hanya bagi saya ada perbedaannya. Setelah yg diserang melawan ya baru disebut perang. Kalau setelah diserang/invasi dan tdk ada perlawanan itu namanya genocide.
Invasi itu bisa invasi turis asing, invasi HP, invasi fast food dll yg artinya serangan bukan perang.
Chan: Saya perhatikan bung BELUM juga bisa mengerti mengapa Putin melancarkan invasi ke Ukraina kali ini
Nesare: sudah saya tulis lbh dr sekali bahwa alasan putin invasi itu ada dan sudah dianalisa orang sampai ke pshychologynya apa motivasi putin menyerang ukraina ini. Bung berkali2 sdh menulis invasi itu salah, ttp juga berkali2 menulis alasan putin menyerang ini. Ini juga sdh saya katakan kontradiksi krn seakan2 kalau ada alasan maka seseorang boleh menyerang. Saya berhenti dialasannya, saya mengutuk invasi nya. Kalau alasan dipakai utk menyerang, semua negara punya alasan utk menyerang negara tetangganya.
Chan: Menganggap Rusia sama dengan Uni Soviet, KOMUNIS yang harus dimusnahkan dari muka bumi,
Nesare: ini kata bung loh. Orang lain belum tentu berependapat yg sama. Kalau mau dimusnahkan kenapa usa, nato dan temen2nya spt singapura, jepang, korsel dll dari dulu tdk memusnahkan rusia? Begitu juga kenapa cuba, korut tidak dimusnahkan dari dulu?
Chan: Jadi, menghindari adanya pakta militer, seperti NATO itu sudah harusnya di BUBARKAN,
Nesare: bung yakin dgn pendapat ini? Saya ksh 1 contoh saja (dunia ini banyak pakto militer diseluruh benua): sco shanghai cooperation organization adalah fakta militer RRT, rusia, india, kazhastan, Tajikistan, Uzbekistan dll. Kenapa masih ada? Seandainya saja dunia ini tdk ada pakto militer lagi, memangnya bung yakin Dunia ini akan lbh damai dan lbh baik? Bagaimana kalau ada diktator suatu negara menyerang negara lain?
Pengamat militer Indonesia connie bakrie yg lagi naik daun malahan bilang Indonesia hrs sdh siap siaga krn Indonesia itu sdh dikepung antek2nya amerika spt Australia, singapura dll. Begitu juga dgn kasus natuna yg diklaim oleh RRT dimana bikin melek Indonesia dgn persenjataannya. Jadi idenya malahan terbalik dgn bung spy Indonesia waspada dan bikin pakto militer dgn negara2 tetangga. Ini bisa diperpanjang keseluruh Dunia terutama daerah2 yg rawan konflik.
Benar kalau dibilang usa dan nato sdh mengepung secara pelan2 rusia. Inilah hasil perang dingin dimana Amerika yg menang.
Kalau mau dilihat lbh jauh ttg ukraina itu negara berdaulat mau bergabung ke nato, salahnya dimana? Putin kalau bilang itu salah kan krn takut. Belarus itu non blok gak diapa2in. Ngomongnya non blok ttp Belarus itu diketiaknya putin. Coba Belarus bilang mau gabung nato pasti dihajar juga kan?! Belarus takut tdk? Ya jelas takutlah makanya non blok.
Sekarang ini Finlandia dan swedia mau gabung nato krn takut. Dulunya tdk mau walaupun tetangga2nya sdh masuk nato spt Denmark, Norway dll. Kenapa Finlandia dan swedia ini mau masuk nato skrg ini? Ya jelas ketakutan sama putin. Diterima atau tdk terganjal sama turki yg gak setuju (harus semua anggota nato setuju kalau suatu negara mau gabung nato). Turki ini satu2nya negara yg menolak. Dasar ada maunya si erdogan yg lagi pusing tujuh keliling dgn ekonominy skrg ini dimana lira jatuh babak belur. Dia mau masuk EU ditolak melulu, jadi yg skrg main2 bargaining chip.
Bener invasi itu cara perangnya, lbh tepatnya invasi itu bisa menimbulkan perang. Invasi itu bisa menghentikan perang. Jadi invasi dan perang itu beda.
Jadi memang bener rusia belum declare war krn yg dilakukan putin adalah invasi. Coba kalau dia menyerang salah satu negara anggota nato, pasti tjd perang krn itulah perjanjian nato bahwa kalau 1 negara diserang pasti yg lain bantu. Makanya Finlandia dan swedia yg ketakutan mau cepet2 join nato ttp diblok sama Erdogan turki
Nesare
Bung teliti.
Saya merasa operasi special = invasi dan jelas bukan perang.
Hanya ada bedanya antara kasus indonesia vs belanda dan rusia vs ukraina. Indonesia jajahan yg mau merdeka. Ukraina adalah negara berdaulat.
Nesare
Sudah saya tulis sebelumnya bahwa ada neo nazi di ukraina. Neo nazi ada dimana2 sampai diamerika utara: USA dan kanada, begitu juga ada diamerika selatan spt argentina dll.
Putin menggunakan simbol Z juga sdh saya tulis sebelumnya sbg propanda invasinya.
Adanya neo nazi itu tdk blh menjadi alasan putin utk invasi ukraina.
Koq ada menteri ukraina bisa berbahasa inggris aksin Amerika, disebut Amerika infiltrasi ukraina? Dimana logikanya? Banyak tu orang2 cia dan pentagon di Amerika yg berbahasa rusia ttp koq dibilang infiltrasi rusia ke Amerika? Koq bahasa dihubung2kan dgn infiltrasi? Kayak film spy aja hehehe.
Waktu presidennya Yanukovych emangnya gak ada orang2 ukraina dan atau lingkar dalamnya Yanukovych yg berbahasa inggris aksen Amerika? Kalau ada koq gak disebut2 infiltrasi? Logika koq dipermainkan seenak udel utk pembenaran?
Saya tdk komentari lagi ttg rumahnya zelensky di Amerika krn sama: logikanya gak nyambung. Moso zelensky punya rumah di Amerika lalu dibilang infiltrasi dan mungkin dicap zelensky kambingnya Amerika? Hehehe gimana dgn putin dan oligarkinya putin yg punya rumah, kapal pesiar dimana2 termasuk di eropa, Amerika dll? Apakah putin dan oligarkinya ini tdk disebut diinfiltrasi? Kacauuu logikanya.
Nesare
Setuju amerika berkepentingan membuat rusia tidak stabil dgn kata lain pusing. Kepentingan ini sdh dari dulu melemahkan rusia dgn halus.
Klop ketika ukraiana jaman skrg zelenskyy minta masuk nato disambut gayung oleh amerika dan nato. Marahlah putin plus dgn psychologynya dia melihat jatuhnya tembok berlin dan mimpi motherland Russia jaman dulu jadilah saat yg tepat utk invasi ukraina. Kalau diikutin jejak rekamnya putin, dia sdh mempersiapkan semuanya sejak dulu kala. Sejak awal dia disinyalir ngibulin boris Yeltsin, korupsti duit rusia, menciptakan oligarki dilingkar dalamnya yg semuanya takut sama dia s/d persiapan2 cyber warnya. Ini yg ditakutin dan diwaspadain barat. Bukan masalah ideologi lagi koq krn ideologi sosialisme sdh habis dan kalah. Begitu juga korut itu diwaspadai bkn krn ideologinya melainkan nuklirnya.
Bellingcat ini sdg investigasi invasi putin ini skrg. Bakalan jadi Nuremberg trials yg mengadili para nazi.
https://en.wikipedia.org/wiki/Bellingcat
Nesare
.
Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/gelora1945/CAG8tavg0SVyFyc7gH6p9CHDMtv3znaeXP-4fFu0V0VAzinCbbg%40mail.gmail.com.
On Tue., May 17, 2022 at 10:54 a.m., BILLY GUNADIE<billyg...@rogers.com> wrote:
Saya ngerti pendapat bung chan: invasi tdk benar ttp putin ada alasan utk invasi ukraina. Ini yg sdh saya ulang2 katakan adalah kontradiksi. Invasinya gak boleh ttp krn ada alasan jadi boleh? Moso tetangga bung marah2 sama bung krn bung lempar sampah kerumahnya, mau bung gebuk/tonjok. Ini salahkan? Ini kan kira2 rule of thumb nya kan? Ukraina yg berdaulat mau masuk nato, salahnya dimana? Presiden ukraina sebelumnya yg pro rusia gak diserang sama nato kan? Kenapa?
Dasar saya melihat putin itu adalah dia pribadinya sdh ada ilusi dr dulu sejak tembok berlin jatuh. Dia protes ttp tdk digubris. Dia naik dari kgb msk lingkar dalamnya boris Yeltsin yg akhirnya menyesal (ini msh diperdebatkan sampai skrg) yg memilih putin menggantikannya jadi presiden rusia. Kelompok putin bilang Yeltsin bukan ksih kursi kepresidenan ke putin. Sayang tdk bisa lihat link yg ksh tempo hari. Coba aja kalau tertarik lihat kronologis bgmn putin berstrategi sampai skrg crimea dan ukraina.
Bung tempo hari bilang putin pinter, ya jelas pinter makanya dia tdk mau menyerang salah satu negara nato. Coba dia berani menyerang negara nato. Sudah pasti diserang balik nato krn inilah komitmen nato. Makanya Finlandia dan swedia yg buru2 mau join nato skrg ini, sedangkan negara2 tetangganya yg lain di skandinavia itu sdh lama masuk nato spt Denmark, Norway dll.
Dari awal sdh saya katakan dasar saya adalah saya suka peace bukan perang. Mestinya bung sdh tahu saya bukannya membela amerika. Begitu juga sdh saya katakan kalau alasan bisa digunakan utk menyerang negara lain, Dunia ini bakalan banyak invasi dan perang. Jelas2 ada alasan utk serang menyerang antara korut dan korsel, RRT dan taiwan, indonesia dan Australia dst…..
Koq biden usaha gabungin ukraina ke nato? Gak salah? Wong itu datangnya dari ukraina koq ya mau join nato EU spy hidupnya lbh enak. Emangnya bung juga berpendapat biden mendorong Finlandia dan swedia masuk nato?
Masalah Amerika kasih duit, embargo ekonomi, pelosi pergi ke ukraina itu silahkan dikomentari macem2 ttpsatu yg bung katakan: ngomporin itu saya tdk setuju sama sekali.
Saya sdh ksh contoh orang Kristen ambon datang ke amerika utk minta tolong krn ada genocide thd kelompok ambon Kristen dijaman SBY dimana saat itu pahlawannya adalah yusuf kala yg seakan2 adalah penengah dan akhirnya dipahlawankan, ttp skrg banyak yg curiga dan tdk percaya dan malahan mendakwa yusuf kalla adalah aktor dibalik masalah ambon dan juga tempat2 lain spt di poso, sampit dll dijaman SBY. Dunia ini banyak org jahat bung. Kalau dibiarkan mrk bisa seenak udelnya. Saya lihat disini peran amerika besar. Ini tdk bisa dipungkiri. Ini realitas. Tentu saja ada batas2 amerika dlm membantu ini. Spt masalah iraq, iran, afghanistan yg akhirnya tentara Amerika ditarik krn sdh tdk ketolongan lagi. Begitu juga di afrika masalah sudah, boko harám, somalia dll. Itu semua ada campur tangan Amerika. Hanya saja memang kepentingan Amerika juga ada terlibat disitu. Satu yg penting yg perlu kita ketahui bersama bahwa new world/amerika itu adalah negara imigran terbesar skrg ini. Semua orang datang ke Amerika dr persekusi sara terutama agama, pelarían politik s/d mencari kehidupan yg lbh tenang dan akhirnya imigran2 ini menyokong kembali negara asalnya dgn perspektif yg lbh luas. Saya ambil contoh konflik palestina vs Israel itu banyak sekali orang palestina yg tinggal di Amerika ini. Mereka ini bukan islam saja, banyak yg kristen. Saya pernah kenal baik dgn seorang palestina Kristen punya restoran mexican food di Houston yg sampai skrg sangat menyokong palestina merdeka. Sayangnya dan lucunya orang Indonesia terutama para isfun kelompok fpi, hti dll itu menyokong palestina krn dasar agama islam. Masalah palestina vs Israel itu jelas2 adalah masalah politik social ekonomi bukan agama krn di palestina itu hidup manusia2 islam kristen s/d yahudi. Sori jadi ngalur ngidul hehehehe.
Koq ukraina mau masuk nato disebut menantang? Ukraina itu negara besar bung. Bung salah besar. Orang rusia itu serumpun dgn ukraina (crimea itu masuk ukraina), ini dasarnya putin mau mrk bersatu. Bung bener kalau bilang ukraina lbh lemah ttp salah kalau bilang Ukraine kecil dan lemah, ini salah. Ukraina lebih lemah drpd rusia itu benar. Siapa yg lbh kuat drpd rusia dlm militer didunia ini? Kan gak banyak.
https://www.cbc.ca/news/world/ukraine-russia-military-comparison-1.6365115
Ukraine has will, but Russia has might: How their military forces match up
https://en.wikipedia.org/wiki/Shanghai_Cooperation_Organisation
The Shanghai Cooperation Organisation (SCO), also known as the Shanghai Pact,[2] is a transcontinental political, economic, security, and military alliance.
SCO ini jelas pakta militer, hanya saja jalannya tersendat2 tdk sekuat nato. Asean itu bukan pakto militer ttp seato dulu itu adalah pakto mliter ttp sdh bubar.
Saya bbrp kali menyinggung connie bakrie pengamat militer Indonesia, dia ini gak tau kenapa sgt antusias dgn hankam ala pakto militer makanya dia setuju beli2 senjata, bikin aliansi ini itu seakan2 indonesia itu sdh tdk aman. Masalah natuna dan senjata2 yg usang digede2in dst. Bukan masalah beli senjata atau masalah natuna versus RRT yg jadi masalah. Itu tetap hrs diawasi oleh indonesia ttp maksud saya gak usah digede2in. masalah natuna misalnya koq bisa takut sama RRT yg jelas2 motifnya adalah duit. RRT itu tdk doyan perang. Wong dia sdg keenakan skrg dgn prospek ekonominya. Taiwan juga enggak diserang kenapa menyerang Indonesia yg adalah negara yg sgt diperlukan oleh RRT krn sda dan sdm nya. Beli2 senjata ganti2 dgn yg baru itu weleh2 korupsinya minta ampun. Saya sendiri denger sejak dulu kalau ada beli2 senjata wah parah jendral pada ketawa ketiban durian jatuh hehehehe bisa pensiun enak. Diasia tenggara itu emagnya mau perang sama siapa? Filipina, singapura, malaysia? Aduh semuanya sdg sibuk ngurusin negaranya masing2. Itu ketakutan yg enggak aja. Ttp kewaspadaan itu tetap perlu hanya gak usah digede2in.