Talk Show Night Feb 22 2019

Eliyana Soetedjo

to Dates Spark1, kristia...@gmail.com, einstei...@yahoo.com
Hi all,

Ternyata ngak cukup yaah selama 1,5 jam jadi ini di tulis singkat inti DATE Friday, 22 Feb 2019 ternyata oh ternyata ada yang ketemu nya pas lagi sekantor, ada yang pacaran udah lama banget mulai dari SMA dan kuliah woowww lama banget yah, ada yg single tetapi selalu secure & ga lookdown her self :)

Nih wrap up hasil Talk Show Night about Relationship Matter with Nara Sumber "Jonteph, Yeremia, Anne, Theresia, Rainheart, Nita" & Moderator by Lina & Andre.

Nara sumber mewakili season yang berbeda mulai dari single available, in relationship, marriage & married life dengan topik terkait pressure, insecure, value, financial & sexuality. Here-we go:

1. Pressure apa yang di alami?
Single "pasti pernah ada tetapi tidak perlu di pikirin terlalu dalam toh masih punya banyak teman yg sama - sama belum married tetapi happy juga"

Relationship "Ga ada meski pacaran lama sekitar 7 tahun - 11 tahun justru dari kita yg memberikan pressure ke ortu untuk bertanya kapan nih buat di resmikan"

Marriage "justru pressure untuk bisa bagi waktu karena waktu berdua jadi berkurang & untuk mengatur shifting dengan benar anatra keluarga, teman, dll itu jadi sangat challenging"

2. Ada insecure yang pernah di alami & jelaskan?
Single "pernah insecure merasa diri kurang cantik, kurang pintar dll tetapi sekarang pemikiran itu sudah hilang dan berusaha untuk improve for my self. At the end apa ada yang salah dengan being SINGLE jadi yah sekarang santai aja"

Relationship "karena lokasi ada di Jakarta bukan di kota kecil kayak Malang dimana cewek seumuran gue udah pada married sedangkan di jakarta lebih santai dan tidak ada issue jadi nya"

Marriage "pernikahan bukan perlombaan dan tidak perlu di compare dengan orang lain. Dulu insecure masalah urusan anak kok anak si A udah jago ngomong, bisa nulis, dll tetapi yah belajar ga compare & embrace it every day. Sebagai seorang bapak justru insecure have I give them good foods, provide yang terbaik dll. Cara mengatasinya yah percaya kalau God campur tangan juga"

3. Value apa yang dilakukan & tidak diganggu gugat untuk bisa jadi batasan dalam menjalin hubungan?
Single "berusaha menjadi yg terbaik dan tetap cari pria yg punya value cinta God, humble, berani minta maaf, disiplin karena at the end jadi partner meskipun penghasilan lebih rendah selama mau kerja gue gpp"

Marriage "kembali lagi tujuan pernikahan bukan kompetisi tetapi one team dan bukan cari siapa yang lebih pinter / lebih jago dll tetapi peranan suami istri sama untuk bisa enjoy their marriage life dan punya prinsip kalau asumsi akan menghancurkan segala nya maka semua nya harus di komunikasikan sedini mungkin"

4. Cara pengelolaan keuangan / financial ?
Relationship "karena dulunya gue yang ga punya uang maka cewek gue terus yg selalu bayarin tetapi sekarang udah lebih settle sebisa mungkin pengeluaran tetap dari gue aja krn udah bisa provide. Dalam pacaran juga udah blak-blakan urusan penghasilan ke pasangan supaya tau kondisi keuangan gue kayak apa"

Marriage "punya budget yang di pilah-pilah baik untuk kebutuhan utama maupun kebutuhan tidak terduga serta selalu di komunikasikan"

5. Bagaiamana menjadi purity & tidak melakukan sex before marriage ?
Relationship "kesempatan selalu ada dan bisa aja di lakukan kalau mamu serta ada keinginan yang kadang datang muncul. Tetapi punay mindset kalau pasangan gue itu seperti ade gue sendiri dan gue punya ade cewek so gue ga mau ade g jg di perlakukan hal yang sama"

Marriage "sexual juga punya peranan penting dalam pernikahan & kadang timing nya ga pas aja karena salah satu pihak cape jadi yah memang perlu bisa mengakali & cari timing yang tepat "

Kemudian di lanjutkan QnA:
1. Pendapat kalian gimana posisi gue tinggal dengan pacar beserta keluarga pacar?
a. Ok - Ok aja selama keluarga pacar tidak keberatan
b. Jangan sok kuat dengan diri sendiri & belum dalam ikatan pernikahan jg kalau nanti ga jadi gimana kan pasti ga enak banget.
c. Tanya lagi tujuan nya apa & buat apa untuk tinggal bareng ?

2. Pendapat saat setelah marriage tinggal dengan mertua?
Semua nya itu pilihan dan ga ada yg benar / salah. Ada yg berhasil serta dekat dengan mertua & nothing change tetapi ada juga yg bermasalah semua tergantung dari pilihan & keputusan yg mau di ambil. Kalau dari kita pribadi memang sepakat mau ngontrak or punya rumah sendiri ga mau tinggal ama mertua jadi bisa lebih mandiri.

3. Bagaimana belajar untuk bisa submit / penundukan diri ?
Ini sulit terutama bagi orang dominan & punay ego tinggi nah ini masih belajar dan balik lagi kata firman Tuhan di suruh tunduk ya udah gue belajar tunduk aja meski sulit banget. Tunduk itu adalah perintah yg God ajarkan dan sifatnya benar.

4. Pernah ngak merasa terpaksa melakukan hubungan sexual dengan suami / istri sendiri ?
Pernah cuma sekarang udah bisa belajar untuk komunikasi sehingga tidak melakukan dengan paksaan.

Kemudian di tutup dengan doa ultah & kesehatan :)
Thank you for your contribution & have a nice day.

Cheers
Eli