MOM DATE 13 Juli 2018_ Holy Spirit Part 1

Eliyana Soetedjo

to Dates Spark1

Herewego ini yah notes DATE 13 Juli 2018 & see u this friday :

Life Update by Nita

- Kerjaan akhirnya selesai juga masa hectic nya karena after lebaran & bisa achieve sales nya lumayan bagus tetapi ada issue mengenai perubahan pola insentif.
- Keluarga sekarang prepare ada mau married keponakan so bulan agustus akan pulkamp untuk hadir dalam acara pernikahan.

Life Update by Tri Odika
- Kemarin pergi ke Australia cukup mendadak karena stress kerjaan di kantor juga tetapi sampe di Australia juga bantu-bantu Greg pindahan rumah.
- Hubungan dengan Gred udah di plan tetapi dari planning nya itu baru sekitar 10% yg bsia di jalanin sisanya memang sedang on proses.
- Plan nya memang move ke Australia dan sambil cari kerjaan juga di sini tetapi sedang wait and see juga mengenai hal ini.
- Keluarga seperti biasa akan push terus mengenai hubungan yg sedang di jalanin dengan Greg ini.

Sharing by Eli - Holy Spirit

Ps. JR Tanpa Roh Kudus kita sudah menyerah di tengah jalan, tidak punya hikmat untuk menyelesaikan masalah.

Roh kudus yang menghidupkan, mengingatkan Firman Tuhan. Kita menjadi umat yang lebih sadar akan Roh Kudus daripada roh jahat. Dibalik setiap perubahan ada Roh Kudus.

Dalam hidup ini kita seringkali bertemu badai kehidupan. Masalah adalah bukti kehidupan. Persoalan adalah kesempatan untuk kita bertumbuh menjadi lebih kuat dan dewasa. Perlu waktu dan pengalaman berjalan dengan Tuhan.

We need holy spirit to face problem, menjalani kehidupan baik saat loe lonely, waiting for someone, married, punya anak, sedih, kecewa, marah, melakukan apa yang benar, mengalahkan kecanduan terhadap hal2 yang tidak baik (porno, sex, etc) hidup dengan iman, tidak menyerah dll itu kita perlu holy spirit karena saat kita lakukan sendirian kita ngak mampu.

Roh kudus itu bukan benda mati/produk tetapi adalah pribadi yang hidup di dalam diri kita. Karena ini adalah pribadi maka sifat nya “aktif” kalau kita ajakin komunikasi & meminta bantuan-Nya. Kita tidak hanya sekedar mendiamkan / cuekin , sama kalau manusia suka cuekin temen nya sendiri bisa marah/kesel nah kalau roh kudus sih ngak marah karena sifat roh kudus bukan marah/emosi.

Yohanes 14:15-17 (TB), 15 "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, 17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Pengalaman Roh Kudus

1. Perubahan Karakter (Advisor)

- Pengenalan akan Tuhan dan membangun hubungan sama Tuhan akan menghidupkan apa yang namanya “roh kudus” yg ada dalam diri kita.Pengenalan itulah yg akan mengubahkan kita dari “inside-out”

- Fakto keluarga yg melihat bokap suka marah-marah daily, bakar barang-barang daily dll sehingga kayak sedikit tertular jadi kyk pribadi yang kasar, suka marah-marah, dikit-dikit BT, suka iri sama orang lain, pikiran negative dll dan perlahan di ubah kan mulai dari sering baca firman, berdoa, gereja, ketemu lingkungan yg positif dll dan itu yg “perlahan tetapi pasti” mengubahkan cara berpikir gue sendiri sehingga bisa lebih sabr, mikir positif, tidak mudah tersinggung dll

- Karena pengenalan akan “KASIH” itu sendiri yg mengubahkan gue pribadi bisa menjadi pribadi yg semakin dewasa & sekarang bisa jadi sabar.

2. Kekuatan & Penghiburan

Kenapa saat ada orang yang tertimpa musibah (meninggal/masalah) seringkali kita bilang “semoga Roh Kudus memberikan kekuatan & penghiburan untuk keluarga yang di tinggalkan”

Coba mulai di pikirkan kembali apakah kita benar-benar mengerti arti “kekuatan & penghiburan” atau hanya sebagai slogan saja?

Seringkali kita mudah mengerti kata-kata tersebut karena kita mengalami nya & itu susah untuk di jelaskan dengan kata-kata saja. Sejak masalah Ade gue yg terjadi di tahun Nov 2017 itu adalah sepanjang sejara hidup gue bener-bener mengerti arti “kekuatan & penghiburan”. Apa sih artinya buat gue :

- Gue tetap bisa berpikir ada kebaikan Tuhan di dalam kejadian ini karena membuat gue bisa belajar berani bersaksi siapa Tuhan dalam keluarga gue.

- Gue bisa creative untuk coba bangun komunikasi lewat WA group serta mendoakan ade gue secara pribadi & keluarga inti gue secara langsung.

- Gue tetap bisa mengasihi ade gue & tidak mengharapkan balasan atas bantuan yg udah gue berikan ke dia.

- Gue menangis & down tetapi bukan berarti gue kalah justru menangis dan rasa down itu sebagai tanda berserah gue bukan tanda menyerah gue dengan keadaan tanpa bertindak.

3. Menegur & Menolong

Banyak hal sederhana yang gue percaya roh kudus itu bukan hanya bekerja terhadap sesuatu hal yang terlalu “muluk-muluk” gue seringkali sekarang ada aja teguran-teguran kecil/sederhana seperti:

- Malam udah ngantuk banget pulang ke kos liat sampah di depan kamar orang lain udah jalan beberapa langkah terus di ingetin “buah sampah nya meski itu bukan sampah loe”

- Tiap mau tidur tiba-tiba kepikiran nama seseorang di suruh “doain & wa” kadangkal itu juga bukan teman dekat tetapi ternyata saat di wa ada yg membutuhkan pertolongan.

- One o One review performance kantor terus dalam hati di suruh tanyain tentang “suami/istri” terus tiba-tiba nangis dan cerita kalau ada masalah dll.

- Saat rasa insecure & comparing gue datang dan punya pemikiran arti feminim adalah cewek yg super girly, dandan banget, heels, dress etc gue langsung inget “Tuhan ciptakan gue utuh, tidak ada cacat, beautiful made, personality yg unik dan berbeda dengan orang lain & punya purpose”

Keterlibatan roh kudus dalam diri kita tercermin dari perubahan hidup, sikap, perkataan, pikiran, berperilaku dll membantu orang lain melihat & merasakan Kasih Tuhan sehingga itu bisa jadi salah satu cara kita menjadi “agen Nya Tuhan.

Tetapi untuk kita bisa mengenal roh kudus kita harus mengenal suara Dia & Karakter Dia dengan cara apa mau tidak mau, suka tidak suka, yaitu bangun hubungan dengan Tuhan. Terlalu lama kita keluar dari jalur-Nya akan makin sulit untuk kita kembali melangkah dan memulai nya. Tetapi karena roh kudus ada di dalam diri kita maka Dia yg memampukan kita untuk bisa menjalani Nya.

Have a blessed day :)

Cheers
Eli