DATE Notes Relationship_2 Feb 2018

Eliyana Soetedjo

to Dates Spark1
Morning semua nya ini yaah recap DATE 2 Feb 2018 by Rudy Setiady (DL Tanjung Duren 10)

Gue akan share related dengan relationship issue yang gue alamin dari fase jomblo - married bukan berarti hubungan yg gue bangun adalah yg paling hebat.

JOMBLO
Jodoh itu ngak langsung turun dari langit tetapi sebagai manusia ada upaya yg perlu di lakukan untuk perbaiki diri-sendiri. Cari orang yang jujur dan berani berkata sebenarnya tentang diri kita misal kamu bau badan hayok harus perbaiki, kamu terlalu bawel dll.

Dari Survey membuktikan kalau cewek mencari pria yang lucu di banding romantis dan biasa aja tapi rajin dibandingkan kaya tapi malas. Nah buat cowok "lucu" itu seperti mata uang ke wanita kalau ternyata wanita itu suka ama cowok lucu dan rajin.

Sebaliknya kalau cowok mencari wanita yang di liat dari muka nya dibanding bentuk badannya dan cewek biasa aja tapi rajin di banding cantik tapi males Nah penting buat wanita juga mampu merawat diri sendiri.

Nah dalam proses perkenalan ini "first impression" penting ngak ? Penting banget tetapi pada saat seseorang dari pdkt buat pacaran bukan krn faktor first impression nya tetapi krn proses dalam pdkt itu sendiri.

Nah dalam proses pdkt penting banget harus mengenal karakter nya krn 90% orang jadian karena karakter nya dan dalam pdkt seperti nay so sweet banget sehingga kaayak menutup mata sama keburukan nya sampai nanti pas menikah baru kaget. So penting untuk di uji dan kenalin karakter nya lebih dalam.

PACARAN
Dalam masa pacaran penting banget untuk membawa value-value kebenaran firman Tuhan sebagai fondasi dalam relationship yg di bangun.

Pacaran menjadi hal yg sangat menakutkan krn kita mempunyai persepsi yg salah krn pengalaman masa lalu yg buruk.

Pacaran jgn hanya untuk menyenangkan orang lain krn kita ngak bisa menyenangkan semua orang.

Jangan pernah mau married krn sayang hubungan nya udah lama padahal secara karakter tidak bisa di satukan. Sayang dengan relationship nya atau dengan orang nya ?

Karena orang berpacaran menyatukan 2 karakter yg berbeda sehingga penting untuk koreksi diri sendiri apakah kita mengeluarkan potensi-potensi diri yg terbaik ? atau kita saling berkompromi satu sama lain terutama untuk nilai-nila yg salah?

5 hal yg harus kita aware dalam masa pacaran :
a. Pasangan yg amarahnya meledak-ledak Amsal 22:4, Amsal 21:9
b. Control freak krn selalu memberi tahu apa yg harus dilakukan oleh pasangan dan berdampak pada posesif dan cemburuan.
c. Amoral secara seksual 1 Kor 5:11, hormati hubungan yg dibangun sejak awal, kalau ada kesalahan mulai bawa ke Tuhan dan minta ampun untuk tidak mengulangi.
d. Cara berpikir yg seperti anak-anak 1 Kor 13:11, jangan sampai menikah dengan anak-anak shg melahirkan anak-anak
e. Parkir di masa lalu & susah move on.

Penting untuk masa pacaran harus buka mata dan telinga serta kenali pasangan kita. Relationship yg kita bangun harus nya membuat diri kita bertumbuh dan memprioritaskan kepentingan orang lain di banding dengan diri sendiri.

Buat yg pacaran tetap jaga kekudusan sampai dengan menikah dan kenali karakter nya sedangakn buat yg jomblo jgn menutup diri tetap percaya pasangan itu sudah di sediakan.

MENIKAH
Kehidupan pernikahan banyak yg bilang 1-5 tahun pertama adalah fase yg suffer/sulit dan tidak bisa di enjoy. Tetapi dari pengalaman gue selama 1 tahun lebih ini tidak menyeramkan spt yg kebanyakan org bilang krn gue menikah dgn org yg awal nay sebagai temen baik gue sehingga dalam pernikahan gue jg bisa kayak temen dan bisa having fun bareng sampai sekarang.

Dalam jaman NOW kita sering denger sex bebas itu bukan jadi issue yg tabu dan gue inget banget facil R Rated gue menasehatkan untuk tetap jaga kekudusan sampai dengan menikah. Betul tantangan banyak banget makanya cewek juga harus bisa menahan nya dan hindari pacaran di tempat yg gelap seperti tiduran di kasur dll.

Menikah bukan juga sekedar 50:50 kalau today gue nyapu cuci piring, besok suami gantian harus cuci piring. Ada masa nya harus 90:10, 80:20 dll kayak sekarang fase istri sedang hamil udah porsi nya juga gue sebagai suami lebih banyak.

Masalah Financial juga hal yg penting banget krn ini issue yg sensitif makanya yg pegang duit hrs yg jago manage. Makanya di fase pacaran area ini pun harus mulai dibicarakan.

Masalah ngumpul-ngumpul nah istri gue jrg banget mau ngumpul ama temen-temen nya nanti takut mentrigger menuntut ke suami nya misal nya suami si A abis belikan taket, jalan-jalan keluar negri dll nah ini juga memicu keutuhan rumah tangga krn compare dengan rumah tangga orang lain.

Masalah Mertua dan Menantu juga jadi issue lain kalau di gereja di ajarkan once udah menikah lebih baik tinggal terpisah krn pernikahan ini bangun sebuah negara dan udah punay rules tertentu. Kalau pun krn kondisi tertentu pasangan harus tinggal dengan mertua maka hal ini jg jadi keputusan pasagan tersebut dan perlu di komunikasikan.

Memang pernikahan itu one way tiket jadi harus pilih yg benar-benar , buka mata dan buka telinga krn journey nya panjang. Selama milih org yg tepat pernikahan itu ngak seburuk seperti yg dibayangkan orang-orang jadi hati-hati juga bergaul nya.

Enjoy your weekend :)

Cheers
Eli