[Calling for Speakers and Ideas] Kopi Darat Medan Linux Community 13 Februari 2016

Adi Ginting

to Conf-me...@googlegroups.com
Salam,
sekadar meneruskan informasi bahwa kopi darat perdana tahun ini akan
dilaksanakan di pada:

tanggal: 13 Februari 2015, pkl. 15.00 (pintu dibuka pkl 13.00)
tempat: Webmaxindo, Jl. Halat, Medan

Bahwa hari Sabtu malam yg lalu sudah dibicarakan bahwa topik-topik
kopi darat tahun ini akan berkaitan dengan topik2 di uji LKS SMK TI.

Untuk itu, saya membuka forum di milis ini bagi yang berminat sebagai
pembicara atau menyampaikan saran dan idenya.

Adi Ginting

Muhfi Asbin Sagala

to conf-me...@googlegroups.com

Aku bersedia di. Boleh dapat semacam term of reference untuk topik yg mau dibicarakan? Terimakasih

--
Official site : http://medan.linux.or.id/

Adi Ginting

to conf-medanlinux
Halo, Bang.

Dalam pembicaraan dengan Bang Irwan Daniel dulu untuk tahap pertama, bahasannya:
1. instalasi server (debian versi ?),
2. setting IP di server,
3. membuat gateway (NAT) di server,
4. ..

Mungkin ada yang bisa menambahkan untuk kopdar pertama ini supaya skop-nya pas?

Adi Ginting

Irwan Daniel

to conf-medanlinux
Salam Linuxer

Saya Ingin Meluruskan Tempat Kejadian Perencanaan,
Tempat yang di sediakan untuk tanggal 13 Februari 2016  adalah rumah kontrakan kosong yang berada di Jalan Bilal Ujung Gg. Dwikunti No 70A Medan.
ditempat sudah di sediakan koneksi hotspot Up 4 Mbps, limit tempat mencukupi max 15 orang peserta/pendengar.

--
Official site : http://medan.linux.or.id/

------
CV Webmaxindo - www.webmaxindo.com

Adi Ginting

to conf-medanlinux
Untuk materi pembicaraan mungkin kita rembuk di sini juga, Bang?

Adi Ginting

Irwan Daniel

to conf-medanlinux
Rencana Silabus Demo/Pelatihan Newbie

A. SISTEM OPERASI JARINGAN BERBASIS TUI ( 13 Februari 2016)
Pembahasan ini bertujuan peserta memahami:
2. Instalasi Linux
3. Menginstalasi sistem operasi berbasis text
4. Konfigurasi jaringan
5. Sistem berkas jaringan
6. bekerja dengan Command line Interface
7. Menangani File dan Direktori
8. Menjelaskan Pipeline dan Redirection
9. Melakukan Administrasi Sistem
10. Melakukan Backup Data

Pokok Bahasan Dalam pembahasan ini meliputi:
1. Jenis-jenis sistemoperasi berbasis text
2. Pembuatan partisi
3. Menginstalasi sistemoperasi berbasis text
4. Konfigurasi jaringan /Konfigurasi network Interface
5. Sistem berkas jaringan
1. Command Line Interface
2. Penanganan file dan Direktori pada shell
3. Pipeline dan Redirection
4. Administrasi Sistem
5. Backup data
6. pengunaan webmin

B. PENGELOLAAN SERVER PADA JARINGAN KOMPUTER ( ...... Maret 2016 )
Pembahasan ini bertujuan agar peserta dapat :
1. Menentukan jenis-jenis aplikasi klien server jaringan komputer.
2. Menetapkan konfigurasi server aplikasi yang meliputi File Server, Printer Server, Proxy Server, DNS Server dan DHCP Server.
3. Membangun dan Mengkonfigurasi server
4. Menguji server

Pokok Bahasan
Dalam pembahasan ini meliputi:
1. DNS ( Sekilas DNS, Instalsi, Konfigurasi, membuat server DNS utama, membuat server DNS Cadangan ) <---------- ( ...... Maret 2016 )
2. DHCP ( Sekilas DHCP, Konfigurasi Dasar, menjalankan daemon dhcp, dhcp untuk banyak jaringan, shared-network Group, memberikan IP statis) <---------- ( ...... Maret 2016 )
3. Server Samba (konfiurasi samba, tambah user, konfigurasi jaringan share wincok ) <---------- ( ...... Maret 2016 )
4. Firewalldan NAT (iptables,pengunaan iptsbles, nat dan iptables, gateway dan iptables, gateway dan iptables, kasus umum) <---------- ( ...... April 2016 )
5. proxy Server (skilas squit, instalasi, konfigurasi dasar, melarang situs berbahasaya, transparan proxy, masalah keamanan, menjalankan squit)<---------- ( ...... April 2016 )
6. Web server ( mengenal Apache, Intalasi, menjalankan, konfigurasi dasar, Virtual Host, menigkatkan Performa)<---------- ( ...... Mei 2016 )

Lanjutan ................

Untuk materi pembicaraan mungkin kita rembuk di sini juga, Bang?

Adi Ginting

--
Official site : http://medan.linux.or.id/

Adi Ginting

to conf-me...@googlegroups.com
Terima kasih untuk tanggapannya, Bang Irwan.

Gmana tanggapannya Bang Muhfi?

Adi Ginting

Muhfi Asbin Sagala

to conf-me...@googlegroups.com

Wah, satu sesi untuk mencakup semua gag cukup kurasa. Kalau kita pecah2 misalnya? Untuk yang kali ini kita buat sampai Instalasi dan pengenalan dasar perintah.

Irwan Daniel

to conf-medanlinux

Saya setuju dengan bang muhfi materinya di pecah lagi, dan sekalian bang muhfi yang menjadi pembicaranya. Dan distro yang di gunakan yang mana?

Rindo Mika

to conf-me...@googlegroups.com

Boleh ikut gak bg irwan daniel???

Franheit Sangapta

to conf-me...@googlegroups.com

Salam hangat untuk abanganda semua,

Bang Adi bisa dimasukkan juga pembahasan biar aktif lagi kontribusi ke akun github KPLI Medan.
Seperti bikin tutorial di page wikinya kah, atau bikin config-config automation sederhana dan sebagainnya. Semacam cool project gitu tapi yang susah-susah juga.

Mohon masukan untuk abanganda lainnya.

Salam.

Franheit Sangapta

to conf-me...@googlegroups.com

Versi ralat:

Salam hangat untuk abanganda semua,

Bang Adi bisa dimasukkan juga pembahasan biar aktif lagi kontribusi ke akun github KPLI Medan.

Seperti bikin tutorial di page wikinya kah, atau bikin config-config automation sederhana dan sebagainya. Semacam cool project gitu tapi yang gak susah-susah juga.

Mohon masukan untuk abanganda sekalian.

Salam.

Adi Ginting

to conf-me...@googlegroups.com
Bang Muhfi & Bang Irwan: Aku setuju, Bang. Jadi tinggal distronya ni
yang belum ditentukan.

Bro Franheit: Betul sekali tapi sejujurnya aku belum mengerti sekali
dengan config-config yang dimaksud. haha. Kalau paling bagusnya sih,
kita bisa pengembangan untuk fitur di situs medanlinux.com.

Salam

Adi Ginting

to conf-me...@googlegroups.com
Sudah H-3, bagaimana dengan kesiapan kita untuk kopi darat. Apa saja
yang kira-kira dibutuhkan, ya?

Adi Ginting