Pemrograman Timbangan Digital

alung dragon

Jul 26, 2011, 10:40:36ā€ÆAM7/26/11
to bengkel...@googlegroups.com
Ada yang tahu gak gmn pemrograman Delphi utk Timbangan Digital?
Thx utk responnya...

Soesapto Joeni Hantoro

Jul 26, 2011, 10:34:05ā€ÆPM7/26/11
to bengkel...@googlegroups.com
Sekedar sharing.
Yang pertama musti diketahui koneksi device (timbangan) ke komputer pake apa?
Perlu juga tersedia referensi teknis dari device tersebut.
Kalo udah tau tinggal dibaca input dari koneksi tersebut.

Dulu aku pernah buat untuk Jembatan Timbang, koneksi pake serial port.
Jadi program dibuat pake Delphi dengan Comport LibraryĀ http://sourceforge.net/projects/comport/
Timbangan akan mengirim data berat saat itu dalam bentuk teks "STxxxxx",
jadi tinggal aku ambil datanya dari teks tersebut.

Ini contoh penggalan program (disederhanakan, cuma untuk menampilkan data berat saat itu ke Caption) :

procedure TForm1.cpRxChar(Sender: TObject; Count: Integer);
var Ā Str: String;
begin
Ā  cp.ReadStr(Str, Count);
Ā  sData := sData + Str;
Ā  if (Pos(#13 + #10,sData)>0) or (Pos(#13,sData)>0) or (Pos(#10,sData)>0)then
Ā  begin
Ā  Ā if copy(sData,1,2)='ST' then Ā pnlBerat.Caption := Copy(sData,3,10);
Ā  Ā sData := '';
Ā  end;
end;

Tapi itu program lawas, 7 tahun yll, koneksi masih pake port serial,
skr biasane koneksi pake USB, dan kebetulan aku belum pernah bikin program dengan koneksi pake USB.

--
URL group: http://groups.google.com/group/bengkelprogram?hl=id
Ā Untuk keluar dari grup ini, kirim email kosong ke bengkelprogra...@googlegroups.com

1_Utama.JPG

alung dragon

Jul 28, 2011, 1:30:10ā€ÆAM7/28/11
to bengkel...@googlegroups.com

Infonya sangat membantu mas Soesapto...

Trimakasih byk...

FB : http://www.facebook.com/alung.naga
Twit : http://twitter.com/AlungNaga

ana.ab...@gmail.com

Aug 22, 2020, 11:15:59ā€ÆPM8/22/20
to BengkelProgram
Mas Sapto, boleh minta contoh program ini mas?
untuk bahan belajar nih

Soesapto Joeni Hantoro

Aug 22, 2020, 11:17:14ā€ÆPM8/22/20
to bengkel...@googlegroups.com
Udah ga tau ke-mana, udah setidaknya 16 tahun yll šŸ˜‚

URL group: http://groups.google.com/group/bengkelprogram?hl=id
Untuk keluar dari grup ini, kirim email kosong ke bengkelprogra...@googlegroups.com
Website: http://www.bengkelprogram.com
---
Anda menerima pesan ini karena berlangganan grup "BengkelProgram" di Google Grup.