(ASK) Cara menggabungkan 2 fild menjadi 1 field

esti nailul

to BengkelProgram
bagaimana cara menggabungkan 2 field dari 2 tabel yang berbeda menjadi 1 field ke dalam field lain.
misalnya saya punya 3 tabel : tabel SMP, SMA dan PRESENSI.

tb SMP :
id_smp   nama
1            adi
2            budi

tb SMA :
id_sma   nama
1            ridho
2            andi

saya ingin menampilkan field nama dari tabel smp dan tabel sma ke tabel presensi dalam field nama_siswa. mohon bantuannya. jika bisa bagaimana caranya??

Ismail dahsyat

to bengkel...@googlegroups.com
kalau di MS.Acces
caranya :
1. buat dulu table presensi
id_presensi  id_smp   id_sma

2. kemudian buat Queri untuk menggabungkan sperti ini query nya :

SELECT tblpresensi.id_presensi, tblpresensi.id_smp, tblSMP.nama, tblpresensi.id_sma, tblSMA.nama
FROM (tblpresensi INNER JOIN tblSMA ON tblpresensi.id_sma = tblSMA.id_sma) INNER JOIN tblSMP ON tblpresensi.id_smp = tblSMP.id_smp;

semoga membantu

URL group: http://groups.google.com/group/bengkelprogram?hl=id
Untuk keluar dari grup ini, kirim email kosong ke bengkelprogra...@googlegroups.com
Website: http://www.bengkelprogram.com
---
Anda menerima pesan ini karena berlangganan grup "BengkelProgram" di Google Grup.

ismail.dahsyat
Jl. Brawijaya ilir Rt/Rw 08/02
Ds. Pabean Ilir Kec. Pasekan -Indramayu
45219 Hp: 081911444918
http:/ismaildahsyat85.blogspot.com

Ridwan

to bengkel...@googlegroups.com
insert into presensi (id,nama)
select id, nama
from
    (select id_smp as id,nama from smp
    union all
    select id_sma as id, nama from sma)

indra....@gmail.com

to bengkel...@googlegroups.com

Coba pake
select id_smp as idsiswa,nama from tsmp
union all
select id_sma,nama from tsma

--
Best Regards,
Indra Aditya Renaldi

                dari grup ini, kirim email ke  bengkelprogra...@googlegroups.com .

>--
>ismail.dahsyat
>Jl. Brawijaya ilir Rt/Rw 08/02
>Ds. Pabean Ilir Kec. Pasekan -Indramayu
>45219 Hp: 081911444918

esti nailul

to BengkelProgram
Kalau id_smp dan id_sma dibuat jdi 1 field id_siswa gmna gan?

esti nailul

to BengkelProgram
Yang ditampilkan hanya yg sudah masuk dftr presensi gan, bukan keseluruhan siswa. Gmna gan?
Mohon bantuannya..