RE: [belajar-sql] cara menampilkan transaksi berdasarkan bulan

Salman El Farisi

to indigo carmine, belaj...@googlegroups.com
Coba gunakan query GROUP BY
misal:
SELECT bulan, COUNT(id) as jumlah FROM tbl_transaksi GROUP BY bulan

to belaj...@googlegroups.com, indigo carmine
nah itu dah saya coba bro,,tapi masalahnya disini format waktu kapan transaksi itu berlangsung di tulis yyyy mm dd,contoh 2012 01 11 jadi misal saya ingin menampilkan jumlah transaksi yang terjadi per bulan gmn?sesuai output yg diminta,,btw thx jawabannya :)

Salman El Farisi

to indigo carmine, belaj...@googlegroups.com
Hmm.. Kalo GROUP BY MONTH(field_date) bisa ga ya?

Sent from my Windows Phone

to belaj...@googlegroups.com
Wah maaf saya baru sadar kalo format tanggalnya itu yyy mm dd (pake spasi) bukan yyyy-mm-dd seperti standardnya mysql. Kalau begitu mas harus convert dl tanggalnya pake fungsi STR_TO_DATE()

Jd query nya:
SELECT COUNT(id) as jumlah, MONTH(STR_TO_DATE(tanggal, '%Y %m %d')) AS bulan FROM tbl_transaksi GROUP BY bulan

Saya coba di laptop hasilnya
Jumlah   bulan
4               1
5               2
3               3

indigo carmine

to belaj...@googlegroups.com
jd smangat SQL,masi pake database phi_minimart,,
kalo misal outputnya

kodeitem bln1 bln2 bln3
123          3      2     2

mksdnya jumlah item yg ditmpln perbulannya,item a pd bln jnuari sgini,dst,,gmn mas?