Bantahan Asy Syaikh Abu Bakr Al Mishriy Terhadap Ali Hasan Al Halabiy

postmaster

to audio...@googlegroups.com

Penyusun dan Penerjemah:
Abu Fairuz Abdurrohman bin Soekojo Al Indonesiy
Al Qudsiy Aluth Thuriy
waffaqohulloh

بسم الله الرحمن الرحيم

Judul Asli:
“Min Aqwal Fadhilatusy Syaikh Abi Bakr bin Mahir Al Mishriy Fi Ali Hasan Al Halabiy”

Judul Terjemah Bebas:
“Bantahan Asy Syaikh Abu Bakr Al Mishriy Terhadap Ali Hasan Al Halabiy”

الحمد لله وأشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدا عبده ورسوله اللهم صل وسلم على محمد وعلى آله وأصحابه أجمعين، أما بعد

Ini adalah sebagian dari ucapan-ucapan Fadhilatusy Syaikh Abu Abdillah Abu Bakr bin Mahir bin ‘Athiyyah bin Jum’ah Al Mishriy hafizhohulloh tentang Ali Hasan Abdul Hamid Al Halabiy hadahulloh, saya saring dari risalah beliau yang berjudul “As Saiful Abiyy Fir Roddi ‘Aladh Dhillil Ali Hasan Al Halabiy,” dan saya memilih ucapan-ucapan beliau sesuai dengan keperluan dan yang mencocoki bidang yang saya inginkan.

Sebagian Ucapan Fadhilatusy Syaikh Abu Bakr bin Mahir Al Mishriy dalam risalah beliau “As Saiful Abiyy Fir Roddi ‘Aladh Dhillil Ali Hasan Al Halabiy,”

Fadhilatusy Syaikh Abu Abdillah Abu Bakr bin Mahir bin ‘Athiyyah bin Jum’ah Al Mishriy hafizhohulloh berkata: “Salah seorang saudara kita telah mengirimkan surat kepadaku sebulan yang lalu atau lebih, potongan suara Ali bin Hasan bin Abdil Hamid Al Halabiy, di situ Ali menjawab soal-soal yang terkait dengan orang-orang yang telah dikritik oleh para ulama, semisal Al Juwainiy, Al Maghrowiy, Al Qushiy, Ibnu Hassan, dan Masyhur. Tentang orang-orang ini para ulama telah mengkritik mereka dan selesai dari mereka, tapi Al Halabiy bangkit untuk membela mereka semua dengan kebodohan dan hawa nafsu sekalipun hal itu menjengkelkan para ulama, yang mana Ali Hasan memancangkan dirinya sebagai pembela dan pelindung orang-orang tadi, dan dirinya terjatuh ke dalam madzhab “muwazanat”  (menimbang kadar kebaikan dan kejelekan seseorang, yang ternyata ujung-ujungnya adalah membela dan memperkecil kadar kebid’ahan orang tadi), sekalipun Ali mengingkari dirinya berbuat itu. Dan ini adalah bagian dari kerancuan yang dibikinnya.

Selengkapnya:
http://www.isnad.net/bantahan-asy-syaikh-abu-bakr-al-mishriy-terhadap-ali-hasan-al-halabiy