VLC lebih ringan dalam penggunaan cpu process dibanding MPlayer?

keripix

to archli...@googlegroups.com
Sebelumnya saya lebih sering menggunakan smplayer. Namun, baru kemarin nonton video, ternyata laptop sy kepanasan. Suhu sampai 70 C. Dan cpu process tinggi (8-10 %). Saya sudah mengganti mplayer2, dan ternyata lebih tinggi.

Akhirnya saya coba menggunakan VLC, dan ternyata VLC jauh lebih ringan.

Apakah VLC memang lebih ringan dibandingkan mplayer?

EIEN Mihoshi

to archli...@googlegroups.com
> --
> Alamat Milis: http://groups.google.com/group/archlinux-id
> Etika Milis:
> http://groups.google.com/group/archlinux-id/web/etikamilis?hl=id

Tampaknya iya sih, tapi VLC belum support h264 10-bit.

--
() ascii ribbon campaign - against html e-mail
/\ www.asciiribbon.org - against proprietary attachments

keripix

to archli...@googlegroups.com
Sebenarnya saya penasaran sekali. H264 10 bit anda bisa tonton pake player apa? dan decoder yang dipake menggunakan library apa?

keripix

to archli...@googlegroups.com
Ah...ternyata h264 10 bit di support di vlc 1.2. Klo mw make sekarang, bisa make versi devel. Mungkin make yang di aur itu ya?

EIEN Mihoshi

to archli...@googlegroups.com
On 11/16/2011 05:52 AM, keripix wrote:
> Sebenarnya saya penasaran sekali. H264 10 bit anda bisa tonton pake
> player apa? dan decoder yang dipake menggunakan library apa?

Mplayer2 pakai library FFmpeg, tapi statically-linked dan ambil bareng
source-tree mereka di git, kemungkinan agak beda dengan FFmpeg standard.

Btw, VLC itu sudah multithreading ya? Mplayer2 makan prosesor agak
banyak karena multithreading itu, tapi efeknya lebih lancar main video.
Saya sekarang masih penasaran dengan colorspace lain seperti 4:2:2 (dan
masih belum paham bedanya dengan colorspace standard 4:2:0).