SURAT TERBUKA UNTUK PDT SUGIH SITORUS SEHUBUNGAN DENGAN PERTEMUAN KOMITE KEPENDETAAN UIKB PADA HARI KAMIS, 16 SEPETEMBER 2021

292 views
Skip to first unread message

luke harahap

unread,
Sep 14, 2021, 5:56:10 PM9/14/21
to lukman harahap, Luke Harahap' via Advent Global, Luke Harahap
Kepada Yth Pdt Sugih Sitorus Ketua UIKB:

sehubungan dengan undangan untuk mengikuti Komite pendetaan pada hari kamis, !6 september 2021 dan supaya jangan diulang lagi KESALAHAN PEMECATAN PDT AYUN SUHARTONO karena memakai kata YAHWEH, bersama ini kami menghimbau jikalau ada beda permasalahan Doctrine seperti kata YAHWEH, maka UIKB perlu mengundang Pendeta2 Senior SDA yg mempunyai Gelar S3 dari USA dan Eropah-->> yang usulan kami sebagai berikut:
1. Pdt DR Edison Pandjaitan.
2. Pdt DR Robert Hancock
3. Pdt DR Jonathan Kuntaraf
4. Pdt DR Hudyard Muskita
5. Pdt DR Swindle Tandinio
6. Pdt DR Sabuin ( sebagai perwakilan Biblical research Institute GC di Asia)

Kami takutnya UIKB melakukan kesalahan yg sama dengan memecat pdt Maringan Lumbanradja, Gembala Gereja Tasikmalaya dengan alasan yg sama yaitu memakai kata YAHWEH.

Kami melihat kapasitas Pdt JF Manulang sebagai Direktur kependetaan UIKB agak KURANG CUKUP atau MUMPUNI dalam mengerti dan hafal Peraturan2 gereja yang ada didalam General Conference Working Policy. Karena 2-3 bulan yang lalu ada diskusi antara Sdr Dennis Tillon ( Yg Tamat BA Dari Ministry department Universitas ADvent, Avondale, AUSTRALIA) dengan Pdt JF Manulang di Grup WA. Setelah berlangsung tanya Jawab yg seru akhirnya Pdt JF manulang MENGAKUI bahwa dalam Bahasa asli Alkitab kata YAHWEH MEMANG ADA.

DARI KEJADIAN2 INI TERLIHAT BAHWA PDT JF MANULANG walaupun tamat S3 dari Universitas di Semarang atau Jogya (Tidak tahu Jurusan apa, mungkin Filsafat) ternyata Pengetahuan Alkitab dan Peraturan Gereja SDA agak kurang dibandingkan sdr Dennis yg hanya tamat Bsc dari Universitas Advent Avondale, Ausralia ( dengan 2 tahun terkhir dapat Beasiswa dari kantor Divisi SDA di Phipilina)

Besar harapan kami UIKB tidak MEMECAT sembarangan Pdt Maringan Lumbanradja karena kasus Kata YAHWEH. karena Perbedaan Doktrine & Pengertian SANGAT BERDEDA SEKALI DENGAN pelanggaran2 PERZINAHAN & PENCURIAN2 UANG GEREJA DI DAFTAR Breaking news dibawah-->> yang memang harus langusng DIPECAT & DISURUH LANGSUNG DISURUH KERJA DILUAR.

Kiranya Tuhan di Surga memberikan Hikmat & kebijaksanaan kepada pendeta2 di UIKB dan juga kami semua.

Lukman H Harahap (Church Corruption Watch) (CCW)

Oberlins Panjaitan

unread,
Sep 15, 2021, 11:12:11 PM9/15/21
to advent...@googlegroups.com
Selamat pagi,

Sptnya email ini sdh single fighter ya, krn yg satu baru almarhum karena sakit... :) GBU


Lukman H Harahap (Church Corruption Watch) (CCW)
Helmi Wattimena (+)


sebelumnya selalu tulis spt ini ya :

Lukman Harahap & Helmi Wattimena, Church Corruption Watch (CCW)


Waktulah yang akan menentukan ya, GBU


From: 'luke harahap' via Advent Global <advent...@googlegroups.com>
Sent: Tuesday, September 14, 2021 9:56 PM
To: lukman harahap <lukeh...@yahoo.com>; Luke Harahap' via Advent Global <advent...@googlegroups.com>; Luke Harahap <lukeh...@gmail.com>
Subject: [Advent-Global] SURAT TERBUKA UNTUK PDT SUGIH SITORUS SEHUBUNGAN DENGAN PERTEMUAN KOMITE KEPENDETAAN UIKB PADA HARI KAMIS, 16 SEPETEMBER 2021
 
--
You received this message because you are subscribed to the Google Groups "Advent Global" group.
To unsubscribe from this group and stop receiving emails from it, send an email to advent-globa...@googlegroups.com.
To view this discussion on the web visit https://groups.google.com/d/msgid/advent-global/283728765.67089.1631656562565%40mail.yahoo.com.

Yoshen Danun

unread,
Sep 16, 2021, 5:22:47 AM9/16/21
to advent...@googlegroups.com
Memang apa yg meninggal Pak Oberlins, kok tdk terdengar beritanya ya?
Kalau benar, semoga arwahnya tenang di alam sana, sampai Yesus datang menguji kita semua, layak masuk kebangkitan pertama, atau no 2.

Best regards,

Yoshen Danun



Naibaho Albert

unread,
Sep 16, 2021, 6:03:11 AM9/16/21
to Oberlins Panjaitan, advent...@googlegroups.com

Bernard Sagala

unread,
Sep 16, 2021, 6:08:19 AM9/16/21
to advent-global@googlegroups com
Bang Albert Naibaho,

Lae kan cukup pakar tentang Perauditoran ini; memang mau pakai Pak Harahap ini jadi auditor mu ?

Saya aja yang sangat tidak tahu mengenai perauditoran ini membaca segala tulisannya nggak akan mau membuat orang seperti beliau jadi auditor.

Regards,
Bernad

Dennis

unread,
Sep 16, 2021, 11:44:03 PM9/16/21
to advent...@googlegroups.com

Nggak tahu ini Nard, bingung saya. Yang tidak saya suka dengan Amerika adalah selalu ikut campur masalah dalam negri negara lain. Ada issu pelanggaran HAM di negara lain dia teriak nggak sadar di negara mereka juga banyak terjadi hal yang kurang lebih sama tapi negara lain tidak ribut. Ada penebangan hutan di negara lain mereka ribut, nggak sadar mereka sendiri sudah lebih dahulu menghabisi hutannya. Mereka begitu pastilah karena punya kepentingan, jadi demi menjaga kepentingannya mereka harus ribut. Kurang lebih sepert inilah yang dilakukan oleh saudara Lukman Harahap ini, dia di Amerika tapi ribut dengan keadaan di Indonesia, nggak tau apa kepentingannya, kata kasarnya, perpuluhannya juga tidak  dikirim ke UIKB, terus kontribusinya apa. Saya pribadi paling tidak suka orang lain mencampuri urusan saya

 

-Dennis Sitohang-

Naibaho Albert

unread,
Sep 18, 2021, 1:06:34 AM9/18/21
to advent...@googlegroups.com
Haha maksudnya mentalnya kuat dan jeli dgn kesalahan2 yg terjadi di organisasi ini lae B.Sagala. auditor itu hrs kuat mentalnya & punya skeptis yg kuat.

Happy sabbath

GBUS

Naibaho Albert

unread,
Sep 18, 2021, 1:19:03 AM9/18/21
to advent...@googlegroups.com
Dear All

Sy melihat ada positifnya juga yg diungkapkan oleh bang Lukman Harahap ini, jadi tahu kita ada masalah besar di negeri kita ini, yg tentunya akan mengancam/menghambat kemajuan penginjilan yg ada di Indonesia & pertumbuhan kerohanian kita.

Sy melihat tdk ada pergerakan yg significant dr jemaat di Indonesia, untuk membersihkan permasalahan2/kkn yg ada di organisasi kita ini(Indonesia), malah banyak kita yg not care dan ada sedikit yg care tp tdk berdaya  & tdk punya power. 

Sepertinya spy bagus ini organisasi atau lembaga2 bersih dr kkn , kita hrs kembali dipimpin oleh orang Barat spti zaman dulu.

Regard
DAN


Iman Agung Silalahi

unread,
Sep 18, 2021, 6:40:49 AM9/18/21
to advent...@googlegroups.com, Dennis
Jangan-jangan Sdr. Lukman Harahap ini cuma kuda tunggangan orang2 tertentu yg punya kepentingan2 pribadi/kelompok tertentu di Indonesia ... 

Mungkin saja dia merasa bukan sebagai kuda tunggangan siapa2. Tapi apa yg dia sampaikan secara terbuka bisa saja 'digoreng' oleh barisan sakit hati utk menjadi hidangan yg meracuni organisasi. 

Anyhow, Gusti ora sare. Dia pasti memiliki Indra penciuman yg super sangat tajam dan sensitif dalam mendeteksi 'bau amis' yg ada di dalam organisasi-Nya. Dan Dia tidak kehilangan kendali atas umat-Nya. 

Salam, 
Si-Iman


Bernard Sagala

unread,
Sep 18, 2021, 8:50:33 PM9/18/21
to advent-global@googlegroups com
Dennis,

* Yang tidak saya suka dengan Amerika adalah selalu ikut campur masalah dalam negri negara lain. Ada issu pelanggaran HAM di negara lain dia teriak nggak sadar di negara mereka juga banyak terjadi hal yang kurang lebih sama tapi negara lain tidak ribut.*

Aku kutip tulisanmu diatas.  Aku jadi punya pemikiran Jangan jangan Pak Harahap ini sama seperti negara tempat dia tinggal, suka ngurusin masalah orang lain; jangan jangan dia juga punya masalah juga tapi senang banget ngurusin orang lain.  

Kalau itu benar lebih memalukan dong ya sebenarnya; mudah mudahan saja nggak begitu ya...


Bang Iman Silalahi,
Aku juga yang kurang pintar ini jadi punya pikiran yang sama Bang.  Bisa jadi ada orang orang yang punya kepentingan tertentu di negara kita khususnya di konfrens DKI ini,  memanfaatkan Pak Harahap yang berada di USA, Kalau itu benar, hebat juga orang yang di negara kita bisa manfaatkan orang yang tinggal di negara hebat seperti USA; ini yang hebat yang tinggal dinegara kita atau yang bodoh yang tinggal di USA ya ? Ah mudah mudahan pemikiran saya ini juga nggak benar bang.

Salam,
Bernad

Bernard Sagala

unread,
Sep 18, 2021, 9:01:08 PM9/18/21
to advent-global@googlegroups com
Lae Albert,

Sebagai auditor yang handal sepertinya lae harus audit dulu lebih jauh apakah memang mentalnya kuat dan jeli dengan kesalahan orang  atau karena dimanfaatkan orang lain ? 

Kalau benar dimanfaatkan orang lain, menurut lae cocok nggak seorang Auditor dimanfaatkan oleh orang lain ? 

Mungkin bisalah Lae melakukan audit terhadap apa yang dilakukan oleh Pak Harahap ini, apakah memang 100% semua yang disampaikan benar benar dari penelitian dia atau hanya asupan dari orang orang, supaya saya bisa dapat informasi yang lebih mantap, karena Lae seperitnya lebih saya percayalah karena saya kenal lae sudah sangat banyak pengalaman dalam hal audit.

Nanti japri saya saja lae hasil penelitian dan audit mu ya lae, nggak usah di gembor gemborkan di media seperti ini, seperti nggak ada kerjaan dan cari perhatian saja,  Seperti ingin memperbaiki padahal bisa saja lebih merusak. 

Ditunggu japrinya ya lae

Salam,
Bernad

Naibaho Albert

unread,
Sep 18, 2021, 9:02:48 PM9/18/21
to Bernard Sagala, advent-global@googlegroups com
Kita ini kan satu dlm sprit keagamaan kan sama2 advent, dan satu spti tubuh, dan mari kita saling menegur & menasihati satu sama lain itulah perintah Tuhan Allah.
Kita menegur org lain atau mengkritisi organisasi ini krn kita sayang, mengasihi organisasi yg mulia ini.

GBUS

Naibaho Albert

unread,
Sep 18, 2021, 9:11:06 PM9/18/21
to Bernard Sagala, advent-global@googlegroups com
Lae B.Sagala

Ada sptinya organisasi mereka itu, ada perwakilannya di Indonesia ini.
Tujuannya utk mengawasi kinerja petinggi2 organisasi yg mulia ini. 
Semoga tujuannya kearah yg baik & benar, juga tulus tdk ada kepentingan.

Sy pribadi melihat memang sedikit tdk benar manajemen2 organisasi kita, msh ada aja ber kkn ria. Hal ini sangat merusak kemajuan penginjilan & pertumbuhan kerohanian kita.
Mari kita berdoa kencang, spy ada perubahan kearah yg lebih baik &  spy iman kita kuat melihat keadaan yg rusak ini.
Regard

Oberlins Panjaitan

unread,
Sep 18, 2021, 9:34:13 PM9/18/21
to advent...@googlegroups.com
Mhn maaf,
Sptnya pola yang dilakukan Sdr. Lukman Harapap, itu sudah tidak normal.

Sy sdh konfirmasi kepada pihak keluarga (krn keluarga sy juga yg Panjaitan dari istrinya), kesimpulan saya utk kondisi ini sbb :
  1. Ybs sudah dinasihati pihak keluarga, namun sudah susah utk berubah
  2. Ybs apakah digunakan orang-2 di Indonesia yang tidak berani tampil?, namun hanya kirim-2 info utk ditampilkan?
  3. Ybs klu sudah mati rasa, hanya Admin yang bisa menegur & mengeluarkan dari group milis ini
  4. Apabila milis ini sdh un-moderate lagi krn Moderator sdh tdk tau dimana, maka milis ini akan tetap spt ini digunakan ybs
  5. Untuk soal cara ingin : 
     menegur org lain atau mengkritisi organisasi ini krn kita sayang, mengasihi organisasi yg mulia ini (versi Sdr. A.Naibaho)
    masih banyak cara yang lebih Kristiani ( klu bukan Kristiani, pasti beda ya ) dapat dilakukan, itupun klu niat melakukannya.


  6. Demikian pandangan saya, semoga kita tidak buang-buang waktu kita yang berharga untuk mendukung/sejalan dengan cara-2 Sdr. Lukman Harapan ini.

    GBU all

From: 'Naibaho Albert' via Advent Global <advent...@googlegroups.com>
Sent: Sunday, September 19, 2021 1:02 AM
To: advent...@googlegroups.com <advent...@googlegroups.com>; Bernard Sagala <berna...@gmail.com>; advent-global@googlegroups com <advent...@googlegroups.com>

Subject: Re: [Advent-Global] SURAT TERBUKA UNTUK PDT SUGIH SITORUS SE
 
Kita ini kan satu dlm sprit keagamaan kan sama2 advent, dan satu spti tubuh, dan mari kita saling menegur & menasihati satu sama menegur org lain atau mengkritisi organisasi ini krn kita sayang, mengasihi organisasi yg mulia ini.

H. M. Siagian

unread,
Sep 19, 2021, 9:16:00 PM9/19/21
to advent...@googlegroups.com, lukman harahap, Luke Harahap
Kata Yahwe--sama dgn kata TUHAN dalam Alkitab. Krn tetangga dekat kita  selama ini selalu pertanyakan ,kenapa kita gunakan Tuhan.Sy.pikir Krn kita TDK biasa menggunakannya selama ini padahal setelah kita memahaminya, no problem Krn kita mengucapkan kata asli yg tepat utk TUHAN...

--

Dennis

unread,
Sep 20, 2021, 1:14:26 AM9/20/21
to advent...@googlegroups.com, Bernard Sagala

Lae DAN,

 

Saya setuju dengan tulisan lae pada kalimat pertama di paragraf kedua. Yang saya tidak setuju adalah “orang luar” terlalu dalam mencampurinya. Kita yang di UIKB dan UIKT yg sama-sama di Indonesia saja tidak saling mencampuri, komentar sih boleh-boleh saja, tapi ada batasannya juga.

 

Saya juga sama tidak setujunya pimpinan di Indonesia (UIKB) malah ditentukan oleh segelintir  orang yang berada dan menetap di luar negeri. Mungkin sistim seperti itu menguntungkan bagi mereka secara  pribadi/kelompok sehingga nyaman dan bertahan dengan status quo. Indonesia sudah banyak perubahan kawan, dulu gubernur, bupati, wali kota ditunjuk secara terpusat, sekarang warga setempat yang memilih pimpinannya, UIKB sampai saat ini nasibnya masih ditentukan  oleh segelintir orang di Manila itu (walaupun katanya masih orang Indonesia juga  mereka itu)

 

-Dennis Sitohang-

S. Simbolon

unread,
Sep 20, 2021, 1:26:43 AM9/20/21
to 'Naibaho Albert' via Advent Global
Lae Naibaho,
KKN itu tidak bisa dihilangkan, karena di rumah kita sendiri pasti ada KKN. Ada anak yang disenangi ayah dan/atau ibunya.
KKN itu sangat baik jika dikelolah dengan baik (Kacuali Korupsinya yaEmojiEmojiEmoji). Jadi jangan salahkan KKNnya. Salahkanlah pribadi yang tidak mengelolah KKN itu dengan baik.
Semoga kita tidak hanya melihat kesalahan orang lain, tetapi marilah kita buat diri kita menjadi contoh yang baik kepada orang lain, dan persiapkanlah diri kita untuk kedatang Tuhan Yesus yang kita tunggu-tunggu, dan jangan persiapkan orang lain masuk sorga tetapi kita tidak masuk sorgaEmojiEmojiEmoji

Salam sehat selalu,
S. Simbolon
Anggota awam

Dennis

unread,
Sep 20, 2021, 1:28:03 AM9/20/21
to advent...@googlegroups.com, Bernard Sagala

Benar laeku. Lae pasti sering mendengar istilah  “gerea local” atau “Jakarta Local Conference”. Kalau anda bukan  “orang local” jangan terlalu jauh ikut campur, kalau merasa harus ikut campur, suarakan lewat orang-orang local, karena ada yang namanya kearifan local. Sebagai contoh, kalau misalnya saya melihat ada yang tidak beres di jemaat lae, msekipun saya juga anggota Advent, tapi saya tidak boleh ikut campur secara langsung, walaupun itu untuk memberikan solusi. Jangan atas nama kita sama-sama Advent dan SDA adalah organisasi bersifat global lantas semua mau dicampuri.

 

 

-Dennis Sitohang-

Reply all
Reply to author
Forward
0 new messages