emulator mesin sparc

Achmad Mardiansyah

to osug-In...@googlegroups.com, id-lin...@googlegroups.com
hello all,

mo nanya,
ada yang punya info tentang emulator mesin SPARC yang ada OBPnya?

salam,

Mulyadi Santosa

2010/5/27 Achmad Mardiansyah <a.mard...@gmail.com>:

> hello all,
>
> mo nanya,
> ada yang punya info tentang emulator mesin SPARC yang ada OBPnya?

Maaf, gak ngerti apa itu OBP, tapi udah coba Qemu terbaru? Emulasi
SPARC nya sudah diimprove dan dari posting2x di milis qemu-devel,
booting Linux versi SPARC sampai titik operasional sudah bisa. Tapi
memang belum sempurna, banyak bug.

--
regards,

Mulyadi Santosa
Freelance Linux trainer and consultant

blog: the-hydra.blogspot.com
training: mulyaditraining.blogspot.com

Digit Oktavianto

to osug-in...@googlegroups.com
Kemarin temen saya berhasil. make Qemu, cuma ga mau detek drive CD ROM
kalo mau boot lewat cdrom dari OK Prompt

Mas Mulyadi OBP : Open Boot Prompt :D

--
Digit Oktavianto
www.digitoktavianto.web.id

Achmad Mardiansyah

to osug-in...@googlegroups.com
saya udah install qemu + program tambahannya di ubuntu, termasuk plugin
untuk SPARC.
cuman ketika exekusi command "qemu" dari console kok langsung booting DOS?

apa ada UI untuk configure qemu?

Martinus Ady H

to osug-in...@googlegroups.com
Achmad Mardiansyah wrote:
> [...]
> untuk SPARC.
> cuman ketika exekusi command "qemu" dari console kok langsung booting DOS?

qemu ga ada konfigurasi via GUI :D Smuanya by console. Dan setahu saya
klo mau ngejalanin qemu ada opsi sendiri deh :D Cuma lupa, sudah lama ga
pakai qemu lagi :(

Martinus Ady H.
Registered Linux User #410906
Personal Blog : http://martinusadyh.web.id/
Planet NetBeans ID : http://planetnetbeans.org/id/index.html
Planet Slackware ID : http://planet.slackware-id.org/

riam budhi

to osug-in...@googlegroups.com, id-lin...@googlegroups.com
Pak Mulyadi,

Apakah Qemu ini semacam VMware, virtual box...?? Jika sampai level OBP bagus tuch...

salam
wisnu

2010/5/27 Mulyadi Santosa <mulyadi...@gmail.com>

--
Now I am using
OS :Karmic Koala Linux ubuntu 2.6.31-23-generic

Mulyadi Santosa

to osug-in...@googlegroups.com
> [...]

> untuk SPARC.
> cuman ketika exekusi command "qemu" dari console kok langsung booting DOS?

Maaf,saya kurang jelas, maksud dari "langsung booting DOS" apa ya?
masuk ke command line ?

Program konfigurasi Qemu...mungkin tepatnya "launcher" sekaligus
berfungsi menunjukkan opsi2x yang bisa kita pilih. Saya barusan
googling dan ketemu http://perso.wanadoo.es/comike/ (QGUI). Tapi jika
boleh saya sarankan, coba dipelajari parameter2x nya Qemu dan langsung
jalankan dari command line. Launcher Qemu cenderung terlambat
mengadopsi parameter2x baru.

Mulyadi Santosa

to osug-in...@googlegroups.com
2010/5/27 riam budhi <riam...@gmail.com>:

> Pak Mulyadi,
> Apakah Qemu ini semacam VMware, virtual box...?? Jika sampai level OBP bagus
> tuch...

Halo Mas Riam...

Yup, bisa dikatakan seperti VMWare atau VirtualBox, dalam artian
sama2x software virtualisasi/emulasi. Mungkin tidak banyak yang tahu
bahwa VirtualBox sebagian kode virtualisasinya terutama untuk emulasi
device, "meminjam" dari Qemu.

Nah soal apakah sampai level OBP, saya tidak tahu.Coba join qemu-devel
atau tanya ke qemu forum (http://qemu-forum.ipi.fi/). Di komunitas
developer Qemu, maintaner emulasi sparc setahu saya blue_swirl dan
Artyom Tarasenko. Mereka nanti yang biasanya akan bantu menjawab.

Digit Oktavianto

to osug-in...@googlegroups.com

Digit Oktavianto

to osug-in...@googlegroups.com
Mantap, fasih sekali nih kayaknya mas :D Iya betul Artyom itu salah
satunya, tadi link yang saya sertalan untuk coba2 biar bisa make OBP
tadi adalah blog Artyom. Dulu kita iseng2 ngoprek krna merasa ga asik
dan ga seru ga bisa make OBP karena cuma make x86.

--
Digit Oktavianto
www.digitoktavianto.web.id

Mulyadi Santosa

to osug-in...@googlegroups.com
2010/5/28 Digit Okhtavianto <digit.ok...@gmail.com>:

> Mantap, fasih sekali nih kayaknya mas :D

Daripada membuat salah paham, maksudnya gini: daripada salah ngomong
malah bikin bingung, mending diarahkan buat nanya + konsultasi ama
pakarnya. Nah kebetulan saya inget namanya, jadi mending ditulis aja
namanya :)

Tapi ini sekedar OOT, Artyom menulis bahwa patch2x dia untuk SPARC
cenderung minim komentar (tapi yang tetep di merge kalo berguna). Lalu
dia menyimpulkan sejauh ini, bahwa emulasi SPARC tidak terlalu banyak
dibutuhkan.

Nah, mungkin kalau yang di forum ini banyak yang perlu emulasi SPARC,
mungkin bisa menyatakan dukungan pada aspek emulasi SPARC di Qemu.
Memang sih, emulasi Sparc masih lebih mending dibutuhkan ketimbang
Alpha :D

NB: Saya sendiri so far tertarik emulasi sparc biar bisa belajar
Solaris versi lama yang jalan di SPARC....